Ustadz Firanda Kebakaran Jenggot!

Tanggapan Atas Sanggahan Berapi-api Ustdaz Firanda Derngan judul Sekali lagi: Tipu muslihat Abu Salafy CS (bag-2)

.

Sejak awal sudah saya katakan, bahwa saya tidak tertarik meladeni ustadz Firanda dalam hujatannya atas tulisan saya, mengingat sepertinya ia tidak memahami dengan baik apa yang menjadi tema dan permasalah inti yang saya angkat! Dan sekarang, dengan sanggahannya atas tanggapann saya kekhawatiran itu makin terbukti. Dia semakin menjauh dari pokok permasalahn itu!

Para pembaca saya ajak mengingat kembali apa yang saya tulis, yang karenanya ustadz Firanda mengerahkan segenap kemampuannya dan dengan mengandalkan gaya Wahhâbi-Salafi yang sudah sama-sama kita ketahui bersama!

Apa yang saya katakan dalan kritikan saya terhadap Syeikh Ibnu Abdil Wahhâb adalah bahwa ia salah besar ketika ia menvonis kaum Muslim dengan anggapan mereka telah bersyirik dalam penyembahanan/Ulûhuhiyyah, dan karenanya mereka berhak diperangi dan dihalalkan darah-darah mereka, kendati sekali pun mereka mentauhidkan Allah dalam Rubûbiyyah. Sebagaimana juga kaum Musyrik di zaman Nabi saw. kendati mereka mentauhidkan Allah dalam Rubûbiyyah akan tetapi mereka syirik dalam penyembahanan/ Ulûhuhiyyah. Saat itu saya katakan bahwa Syeikh Ibnu Abdil Wahhâb salah ketika mengatakan bahwa kaum Musyrik Arab itu muwahhid dalam Rubûbiyyah dan musyrik dalam Ulûhuhiyyah.

Ayat-ayat yang seakan mengesankan bahwa mereka mengiqrarkan bahwa Pencipta langit dan bumi, Pemberi rizki dan beragam bentuk khâliqiyah dan tadbîriyah/penciptaan dan pengaturan alam adalah hanya mereka nyatakan dengan mulut mereka ketika tidak ada jalan di hadapan mereka untuk mengelaknya! Dan itu adalah yang difahami oleh sebagian ahli tafsir!

Dan jika pemahaman itu tidak juga disetujui serta dianggap lemah, saya katakan bahwa sekedar mengiqrarkan dan mengimani Allah sebagai  Dzat yang Maha Pencipta (Khâliq), Maha Pemberi izki (Râziq) tidaklah cukup menjadikan mereka dikelompokkan sebagai kaum beriman, jika ternyata mereka menyembah selain Allah SWT! (baca lebih lanjut ketererangan saya di antaranya dalam Kitab Kasyfu asy Syubuhât Doktrin Takfir Wahhâbi Paling Ganas (3) !

Menanggapi pernyataan saya itu ustadz Firanda memamerkan “kedalaman dan keluasan ilmunya” dengan menyerang saya seperti yang dapat Anda saksikan langsung dalam artikelnya! Ia hendak memaksakan bahwa pemahaman Syeikh Ibnu Abdul Wahhâb (pendiri sekte Wahhâbiyah yang sekarang para mukallidnya berkedok dengan nama Salafi), dan saya adalah mengada-ngada tafsir yang tidak diwariskan oleh kaum Salaf!

Menaggapi gugatannya yang panjang lebar itu dan kental dengan gaya Wahhâbi, saya mencoba menyajikan sedikit bukti tambahan yang mendukung apa yang saya katakan sebelumnya bahwa kaum musyrik Arab itu benar-benar telah menyekutukan/memusyrikkan Allah SWT tidak hanya sekedar dalam penyembahanan/ Ulûhuhiyyah (seperti yang diklaim oleh pendiri sekte Wahhabi yang bertaklid kepada Ibnu Taimiyah dalam hal ini dan kemudian para wahhâbiyyûn bertaklid kepada Ibnu Abdil Wahhâb), akan tetapi juga dalam Rubûbiyyah!

Namun sayang, sekelumit bukti yang saya ajukan itu tidak ditanggapi oleh sang ustadz Firanda! Semantara masih banyak bukti lain yang juga perlu mendapat tanggapan serius dan penuh kejujuran dan semata hanya mencari kebenaran dan bukan membela pendapat yang sudah terlanjur diikuti! Karenanya saya nanti diskusinya dalam malasah ini!

Dan sekali lagi, andai bukti-bukti yang saya ajukan dan yang nanti akan saya sajikan belum mampu menjadikan ustadz Firanda menerimanya, maka bagi saya juga tidak mengapa. Tetapi saya berharap ustadz Firanda mau memamahi bahwa sebenarnya letak inti masalah perbedaan tajam antara pemahaman para ulama Islam dan pemahaman Imam Besar Sekte Wahhâbiyah yang bertaklid kepada Ibnu Taimiyah  (aneh imam kok taklid?!) adalah pada pendefinisian makna ibadah yang ia perlebar sehingga mencakup beberapa ritual yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan kemusyrikan dalam penyembahan, seperti meminta syafa’at, beristighâtsah, bertabarruk dan sejenisnya, kemudian atas dasar itu ia menvonis kaum Muslim selain Wahhâbi yang memahami konsep tauhid seperti yang ia fahami! Itu letak inti masalahnya. Dan sudah saya singgung!

Senjata Kaum Lemah

Teror intelektual dan melempar tuduhan dan penggelaran tidak berdasar adalah gaya lama kaum lemah yang terus akan dipilih dan dijalankan sebagai model favorit membunuh karakter lawan diskusi!

Mengawali hujtannya, ustadz Firanda meragukan kesunnian  saya (abusalafy) dan atau bahkan sudah menuduh kami sebagai Jahmi! Sebagai Syi’ah! Saya khawatir beliau tidak mengerti apa dan siapa sebenarnya Jahmi itu? Sebab seperti telah diketahui bersama bahwa Imam Fakhruddâin ar Râzi yang sunni Asy’ari itu pun digelari Jahmi oleh Ibnu Tamiyah –gembong kaum Mujassim dan pentolan yang selalu dibanggakan penyimpangan akidahnya dan kegilaan sikapnya terhadap Imam Ali dan Ahlulbait lainnya oleh kaum Wahhâbi, khususnya yang berbau Nashibi!

Sebagaimana kami khawatir pula bahwa beliau tidak memahami apa Syi’ah itu? Dan apa inti ajaran Syi’ah? Apa perbedaannya dengan Rafidhah? Bagaimana sikap ulama Islam terhadap Syi’ah?

Sebab alat deteksi yang beliau andalkan untuk mengenali apakah seorang itu Syi’ah atau bukan, semuanya serba lucu dan menggelikan dan semakin membuat kami kenal siapa sejatinya ustadz Firanda dan hakikat teman-teman Salafi-Wahhâbi. Sebagaimana menjadikan kami mengetahui sejauh mana kesunnian kaum Wahhâbiyyûn dan kemiripan mereka dengan kaum Nawâshib/para pembenci dan yang selalu menampakkan sikap sinis kepada keutamaan Ahlulbait Nabi saw., disamping tentunya bangga bermesraan dengan para pembenci Ahlulbait ra.

Coba perhatikan alat ukur yang diandalkan ustadz Firandah dalam tuduhannya bahwa kami ini jangan-jangan adalah Syi’ah!

Pertama, kami mengutuk Mu’awiyah –‘alaih mâ yastahiq/semoga atasnya apa yang pantas baginya-.

Kami memaklumi jika ustadz Wahhhâbi kita yang satu ini keberatan apabila tuannya dibongkar kejahatan, kefasikan dan kemunafikannya. Sebab sepertinya kecintaan beliau dan juga kaum Wahhâbyyûn lainnya kepada Mu’awiyah terlalu dalam dan telah menyatu dengan qalbunya, seperti menyatunya kecintaan bani Israil kepada ‘ijl/patung anak sapi buatan Samiri! (maaf tanpa harus menyerupakan dengan bani Israil dalam segala sisinya, sebab ustdaz pasti mengerti bahwa dalam kaidah ilmu Balaghah/sastra Arab, wajhu syabah antara musyabbah dan musyabbah bihi/ titik temu keserupaan antara yang diserupakan dengan yang diserupai itu tidak mesti harus dalam segala sisinya!)  Allah SWT berfirman:

وَ أُشْرِبُوْا فِيْ قُلُوْبِهِمُ الْعِجْلَ بِكُفْرِهِمْ

Dan karena kekafiran mereka, (kecintaan menyembah) anak sapi telah meresap di dalam hati mereka.” (QS. Al Baqarah;93)

Dan Allah SWT juga telah menetapkan sebuah kaidah baku dalam Al Qur’an bahwa:

الْمُنافِقُونَ وَ الْمُنافِقاتُ بَعْضُهُمْ مِنْ بَعْضٍ.

Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama… .”(QS at Taubah;67)

Karenanya, Allah SWT melarang kita menjadikan kaum kafir dan munafik sebagai kekasih kita. Allah SWT berfirman dalam awal surah al Mumtahanah:

يا أَيُّهَا الَّذينَ آمَنُوا لا تَتَّخِذُوا عَدُوِّي وَ عَدُوَّكُمْ أَوْلِياءَ تُلْقُونَ إِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَ قَدْ كَفَرُوا بِما جاءَكُمْ مِنَ الْحَقِّ يُخْرِجُونَ الرَّسُولَ وَ إِيَّاكُمْ أَنْ تُؤْمِنُوا بِاللَّهِ رَبِّكُمْ إِنْ كُنْتُمْ خَرَجْتُمْ جِهاداً في‏ سَبيلي‏ وَ ابْتِغاءَ مَرْضاتي‏ تُسِرُّونَ إِلَيْهِمْ بِالْمَوَدَّةِ وَ أَنَا أَعْلَمُ بِما أَخْفَيْتُمْ وَ ما أَعْلَنْتُمْ وَ مَنْ يَفْعَلْهُ مِنْكُمْ فَقَدْ ضَلَّ سَواءَ السَّبيلِ.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil musuh-Ku dan musuhmu menjadi teman-teman setia yang kamu sampaikan kepada mereka (berita- berita Muhammad), karena rasa kasih sayang; padahal sesungguhnya mereka telah ingkar kepada kebenaran yang datang kepadamu, mereka mengusir Rasul dan (mengusir) kamu karena kamu beriman kepada Allah, Tuhanmu. Jika kamu benar-benar keluar untuk berjihad pada jalan-Ku dan mencari keridaan-Ku (janganlah kamu berbuat demikian). Kamu memberitahukan secara rahasia (berita-berita Muhammad) kepada mereka, karena rasa kasih sayang. Aku lebih mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Dan barang siapa di antara kamu yang melakukannya, maka sesungguhnya dia telah tersesat dari jalan yang lurus.”

Dan apalagi membela dan berusaha mengajak orang lain untuk membelanya. Allah SWT berfirman:

وَ لا تُجادِلْ عَنِ الَّذينَ يَخْتانُونَ أَنْفُسَهُمْ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ مَنْ كانَ خَوَّاناً أَثيماً.

“Dan janganlah kamu berdebat (untuk membela) orang-orang yang mengkhianati dirinya. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang selalu berkhianat lagi bergelimang dosa.”

يَسْتَخْفُونَ مِنَ النَّاسِ وَ لا يَسْتَخْفُونَ مِنَ اللَّهِ وَ هُوَ مَعَهُمْ إِذْ يُبَيِّتُونَ ما لا يَرْضى‏ مِنَ الْقَوْلِ وَ كانَ اللَّهُ بِما يَعْمَلُونَ مُحيطاً.

“mereka bersembunyi dari manusia, tetapi mereka tidak bersembunyi dari Allah, padahal Allah beserta mereka, ketika pada suatu malam mereka menetapkan keputusan rahasia yang Allah tidak ridai. Dan adalah Allah Maha Meliputi (ilmu-Nya) terhadap apa yang mereka kerjakan.”

ها أَنْتُمْ هؤُلاءِ جادَلْتُمْ عَنْهُمْ فِي الْحَياةِ الدُّنْيا فَمَنْ يُجادِلُ اللَّهَ عَنْهُمْ يَوْمَ الْقِيامَةِ أَمْ مَنْ يَكُونُ عَلَيْهِمْ وَكيلاً.

“Beginilah kamu, kamu sekalian adalah orang-orang yang berdebat untuk (membela) mereka dalam kehidupan dunia ini. Maka siapakah yang akan mendebat Allah untuk (membela) mereka pada hari kiamat. Atau siapakah yang jadi pelindung mereka (terhadap siksa Allah).” (QS an Nisâ’;107-109)

Lagi pula, kelak di hari kiamat, mereka yang saling membela di dunia atas dasar kebatilan seperti ini jusretu akan bermusuhan dan saling mengutuk!

Perhatikan Allah SWT berfirman:

وَ قالَ إِنَّمَا اتَّخَذْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْثاناً مَوَدَّةَ بَيْنِكُمْ فِي الْحَياةِ الدُّنْيا ثُمَّ يَوْمَ الْقِيامَةِ يَكْفُرُ بَعْضُكُمْ بِبَعْضٍ وَ يَلْعَنُ بَعْضُكُمْ بَعْضاً وَ مَأْواكُمُ النَّارُ وَ ما لَكُمْ مِنْ ناصِرينَ.

“Dan berkata Ibrahim:” Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu sembah selain Allah adalah untuk menciptakan perasaan kasih sayang di antara kamu dalam kehidupan dunia ini kemudian di hari kiamat sebahagian kamu mengingkari sebahagian (yang lain) dan sebahagian kamu melaknati sebahagian (yang lain); dan tempat kembalimu ialah neraka, dan sekali-kali tak ada bagimu para penolong pun.” (QS. Al Ankabût;25(

 

Pintu Taubat Masih Tetap Terbuka!

Tetapi Anda tidak perlu berkecil hati dan berputus asa, sebab pintu taubat selalu terbuka lebar-lebar bagi hamba yang mau kembali kepada Allah SWT. perhatikan lanjutan ayat di atas dalam surah an Nisâ’. Allah SWT berfirman:

وَ مَنْ يَعْمَلْ سُوءاً أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللَّهَ يَجِدِ اللَّهَ غَفُوراً رَحيماً.

“Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(QS. An Nisâ’;110)

Dan saya hanya berharap ustadz Firanda mau merenungkan beberapa bukti kecil yang kami tulis dalam artikel kami dengan judul Mengapa Salafiyyûn Wahhâbiyyûn Membela Yazid?! Mungkin ketika Anda menulis gugatan Anda atas kami ini belum sempat membacanya. Harapan kami hanya satu agar ustadz memahami hakikat I’tiqâd Ahlusunnah tentang gembong penganjur ke api neraka Jahannam yang Anda banggkan dan bela itu! Dan semua tuduhan dan dhajjah mufta’alah/keributan yang mengada-ngada yang menuduh kami Syi’ah adalah hembusan napas kebencian kepada keluarga Nabi Muhammad saw., tidak lain!!

Dahulu para aimmah Ahlusunnah, kerena kecintaan mereka kepada Ahlulbait Nabi saw., mereka dikecam dan dituduh Syi’ah bahkan Rafidhah! Dan karena sikap tegasnya terhadap imâmul fiatil bâghiyah/pemimpin sekawanan kaum bughât/pembangkang/pemberontak yang disebut Nabi saw. (dalam hadis Imam Bukhari) sebagai penganjur kepada api neraka; Mu’awiyah putra Abu Sufyan -salah seorang aimmah kekafiran dan buah kemunafikan yang masih tersisa dan selamat dari tajamnya pedang para sahabat- … karena sikapnya itu, mereka juga dikecam sebagai Syi’ah! Dan tidak sedikit yang dibunuh oleh jiwa-jiwa busuk pembela kemunafikan dan kefasikan! Seperti Imam Syafi’i, Imam an Nasa’i dan lainnya.

Perlu Anda ketahui bahwa di antara ulama yang mengaku sebagai Ahlusunnah juga terdapat mereka yang nashibi/membenci dan mendendam kedengkian kepada Ahlulbait Nabi saw.! Di antara mereka adalah, Al Jauzajâni dan Ibnu Taimiyah (Syeikhul islamnya kaum nashibi) yang tak hentinya-hentinya dibanggakan dan dibela dengan ta’ashshub oleh para muqallid butanya!

Sekedar membuktikan, perhatikan keterangan di bawah ini tentang Al Jauzajâni yang nama lengkapnya adalah Abu Ishaq; Ibrahim ibn Ya’qub Al Jawzajâni Ad Dimasyqi. Adz Dzahabi –ahli hadis kebanggan kaum Salafi, khususnya dalam penolakan terhadap hadis-hadis keutamaan Imam Ali ra.- menegaskan bahwa Al Jawzajâni adalah gembong Nawâshib yang sangat membenci Ali as. dan menyimpang darinya. Ibnu Adi berkata, “Ia sangat condong kepada mazhab penduduk Syam dalam kebencian kepada Ali.” As Sulami berkata menukil ad Dâruquthni, “Ia menyimpang dari Ali. Pada suatu hari, banyak orang berkumpul di depan pintu rumahnya, lalu ia perintahkan seorang pembantu wanitanya untuk keluar dengan membawa seekor anak ayam agar ada seeorang yang mau menyembelihnya, tapi tidak ada orang yang mau melakukannya. Maka al Jawzajâni berkata, “Subhanallah! Seekor anak ayam tidak ada yang tega menyembelihnya, sementara Ali dalam satu pagi menyembelih dua puluh ribu sekian orang Muslim!.”[1]

Ibnu Hajar menegaskan, “Al Jawzajâni adalah seorang Nashibi yang menyimpang dari Ali, ia lawan Syi’ah….[2] Dalam kesempatan lain Ibnu Hajar menyebutkan bahwa al Jawzajâni adalah seorang yang ghâlin fi an Nushbi/ekstrim dalam penyimpangan dan kebenciannya terhadap Ali…”[3] Dalam Lisân Mizânnya, Ibnu Hajar kembali mempertegas kenashibian Al Jawzajâni, Ibnu Hajar berkata, “… Maka sesungguhnya seorang yang jeli jika ia memperhatikan pencacatan Abu Ishaq Al Jawzajâni tehadap penduduk kota Kufah pasti ia menyaksikan hal dahsyat, yang demikian itu disebabkan ia sangat menyimpang dalam kenasibiannya, sementara penduduk kota Kufah tersohor dengan kesyi’ahnnya. Engkau tidak menyaksiannya segan-segan mencacat siapa pun dari penduduk Kufah yang ia sebut dengan lisan sadis dan redaksi lepas. Sampai-sampai ia melemahkan seorang perawi seperti al A’masy, Abu Nu’aim, Ubaid ibn Musa dan tokoh-tokoh hadis dan pilar-pilar riwayat... .“[4]

Selain itu, saya merasakan ada keanehan dari sikap ustadz Firanda CS, mengapa ia jadi bungkam tidak menyebut-nyebut sikap dan pandangan Imam Ahmad dan ulama Salaf lainnya yang kerap ia banggakan kelurusan akidahnya tentang Yazid putra Mu’awiyah? Mengapa giliran Imam Ahmad dan ulama Ahlusunnah lainnya bersikap tegas dan mewakili pandangan Islam yang Qur’an dan Sunnati tentang Yazid dan kebejatan serta kemunafikan dan kefasikannya, ustadz Firanda CS menutup mata dan telinga dan tidak mengabaikannya?! Mengapa mereka mendadak mengabaikan akidah Imam Ahmad dkk. dan berubah menjadi seakan ‘bajing loncat’ berpindah ke sana ke sini mencari seorang alim A atau B yang menyanjung Yazid untuk digelari sebagai Salaf dan yang tulus kepada Salafi dan kemudian ditaklidi?!

Kami benar-benar berharap dan menanti-nanti dari kaum Wahhâbi-Salafi untuk sedikit meluangkan waktu mereka membela Sayyidina Ali –karramallahu wajhahu- dari hujutan kaum sesat dan menyimpang seperti Ibnu Taimiyah dan kaum Nawâshib lainnya dan dari laknatan dan caci-makian para pendosa yang munafik! Mengapa kecemburuan atas Salaf itu sepertinya hanya terbatas pada Salaf yang fasik dan cenderung munafik?! Di mana Anda wahai ustadz Firanda dan kalian wahai kaum Wahhâbiyyûn ketika Sayyidina Ali –karramallahu wajhahu- dilaknati oleh Mu’awiyah dan bani Umayyah dan mereka menjadikannya sebagai ‘sunnah’ yang wajib dijalankan dan dilakukan oleh kaum Muslim di berbagai kesempatan, khususnya ketika kumpul shalat Jum’at atau perkumpulan lainnya? Apakah Anda akan membela Mu’awiyah dan bani Umayyah dengan mengatakan bahwa mereka itu berijtihad dan karenanya dengan pelaknatan atas Sayyidina Ali –karramallahu wajhahu- mereka berhak mendapat pahala dan keridhaan Allah? Lalu bagaimana dengan kaum Muslim lainnya yang menaati perintah pelaknatan itu, apakah mereka itu mena’ati perintah sesat bani Umayyah dengan penuh keikhlasan? Atau karena terpaksa dan melakukannya padahal hati mereka tidak menyukainya? Itu namanya TAQIYYAH yang biasanya kaum Wahhâbi mengecam Syi’ah atasnya setelah memaknainya dengan makna menyimpang!!

Jadi saya berharap Anda wahai ustadz Firanda juga tidak hanya membela kaum munafik Salaf, tapi juga membela Sayyidina Ali –karramallahu wajhahu-! membela Sayyidina Husain –radhiyallahu ‘anhu wa ardhâhu- dari hujatan dan caci-makian kaum munafik! Lebih dari itu Anda harus jujur dan berani melaknati Yazid karena Imam Ahmad juga melaknatinya! Walaupun sikap itu Anda tampakkan dengan tidak terlalu ikhlas dan hanya berpura-pura agar tidak terbongkat hakikat jiwa Anda dan supaya Ahlusunnah tidak mencurigai Anda sebagai agen kaum Nashibi yang berkedok Salafi-Wahhâbi!!

Semoga Allah merahmati pujangga Arab yang berkata:

لقَدْ رابَنِي مِن عامرٍ أنَّ عامِرا ** بِعَيْنِ الرضَا يَرْنُو إلىَ مَن جَفانِيَا

يَجِيْئُ فَيُبْدِي الوُّدَّ وَ النُّصْحَ غَادِيَا ** وَ يُمْسِي لأَعْدائِي خَلِيلاً مُؤاخِيَا

فَيَالَيْتَ ذَاكَ الودَُّ و النصحُ لَمْ يَكُن ** و ياليتَهُ كانَ الخَصِيْمَ الْمُعادِيَا

Amir benar-benar telah membuatku ragu, karena Amir dengan mata rela bermesraan dengan orang yang memusuhiku

Ia datang di waktu pagi menampakkan kecintaan dan ketulusunnya untukku, sementara di sore hari ia menjadi teman mesra musuh-musuhku

Duhai andai kecintaan dan ketulusun Amir itu tidak ada dan andai si Amir itu adalah musuh bebuyutanku.

.

Kata Ulama Islam, Ibnu Taimiyah Adalah Seorang Nashibi yang Munafik!

Alat ukur lain yang diandalkan ustadz Firanda untuk menuduh kami Syi’ah adalah kami mengecam dan membongkar penyimpangan akidah Ibnu Taimiyah! Dan alasan sungguh terkesan lugu, kalau tidak boleh dibilang dungu (walaupun saya tidak setuju menuduh beliau begitu!). Sebab siapa sih yang tidak mengenal Ibnu taimiyah dan penyimpangan-penyimpangannya?! Para ulama pun telah membongkar habis penyimpangan-penyimpangan itu dengan bukti dan data akurat! Hanya orang buta-lah yang tidak mampu melihatnya dan hanya orang tuli-lah atau pura-pura tuli yang tak mampu mendengarnya!

Dan penyimpangan Ibnu Taimiyah itu tidak terbatas hanya pada satu sisi dari ajaran Islam ini. Tetapi sudah menjalar ke berbagai masalah, tidak terkecuali malasah akidah yang sangat serius!

Dan sikap para ulama Islam terhadap Ibnu Taimiyah telah dirangkum oleh Ibnu Hajar dalam kitabnya yang berjudul ad Durar al Kâminah… di antaranya adalah seperti di bawah ini:

“Di antara para ulama ada yang menggolongkannya sebagai berakidah Tajsîm… ada pula yang menggolongkannya sebagai zindiq (tidak beragama dengan benar), ada pula yang menggolongkannya sebagai orang munafik, sebab ucapannya tentang Ali seperti telah lewat (di antaranya yaitu bahwa Ali, ia salah dalam tujuh belas kasus, di mana Ali menentang nash al Qur’an…), dan dikarenakan ucapannya bahwa Ali selalu terhina (tidak ditolong Allah) ke mana pun ia menuju. Dan beliau berulang kali berusaha merebut kekhalifahan namun tidak berhasil. Ali berperang hanya karena ingin berkuasa bukan demi agama!”

Ustadz Firanda berkata mengurai bukti bahwa kami (abu salafy) adalah Syi’ah:

Sang ustadz sangat getol membantah dan mengejek-ngejek Syaikhul Islaam Ibnu Taimiyyah yang sangat getol membantah aqidah orang syi’ah. Kita tahu betapa besar kebencian orang-orang syi’ah kepada Ibnu Taimiyyah rahimahullah yang telah mengupas habis syubhat-syubhat mereka dalam kitab beliau “Minhaajus Sunnah An-Nabawiyaah.”

Apakah Anda wahai ustadz Firanda belum tahu seperti apa kualitas kitab Minhaj Sunnahnya Ibnu Taimiyah yang Anda banggakan telah mengupas habis syubhat-sybhat Syi’ah! Baca keterangan Ibnu Hajar tentangnya. Dalam kitab Lisân al Mizân, ketika menyebut biografi Ibnu Mutahahhar  al Hilli –seorang tokoh mazhab Syi’ah yang kitabnya sedang dibantah oleh Ibnu Taimiyah-, Ibnu Hajar juga menuliskan demikian, “Ia (al Hilli) menulis buku tentang keutamaan Ali ra., buku tersebut telah dibantah oleh Taqiyyuddin Ibnu Taymiah dalam sebuah kitab besar. Syeikh Taqiyyuddin as Subki telah menyebut buku itu dalam bait-bait syairnya… dalam akhir bait syair itu ia mengecam akidah Ibnu Taymiah.

Beliau melanjutkan, “Aku telah menelaah buku tersebut, aku temukan seperti yang dikatakan as Subki dalam al Istîfâ’, tetapi ia (Ibnu Taymiah) sangat subyektif dalam menolak hadis-hadis yang dikemukakan Ibnu al Muthahhar (al Hilli)… ia banyak menolak hadis-hadis yang jiyâd (bagus) ….

Betapa sering, demi melemahkan ucapan al Hilli, ia (Ibnu Taimiyah) menghinakan Ali ra.. lembaran ini tidak cukup untuk menjelaskan hal itu berikut contoh-contohnya.”

Ustadz Firanda yang saya hormati, apakah pantas kita membela orang seperti Ibnu Taimiyah yang sudah jelas sikapnya terhadap Imam Ali ra. dan juga terhadap Sayyidina Umar ra.? apa yang dikatakan Ibnu Hajar tentang Ibnu Taimiyah dapat Anda rujuk langsung dalam kitab-kitabnya, khususnya kitab Minhaj Sunnah! Sebelum Anda terhanyut membelanya dan atau menuduh para ulama Islam sebagai menghasut Ibnu Taimiyah, seperti yang sering dituduhkan oleh para mukallid butanya terhadap siapapun yang mengecam Ibnu Taimiyah!

Akhirnya, saya tertarik menyampaikan komentar Ibnu Hajar al Haitami tentang siapa hakikatnya Ibnu Taimiyah itu!

.

إبنُ تيمية عبدٌ خذلَهُ اللهُ و أضَلَّهُ و أعماهُ و أَصَمَّهُ و أذلَّهُ. و بذلكَ صرَّحَ الأئمةُ الين بيَّنُوا فسادَ أحوالِهِ و كِذْبَ أقوالِهِ و من أراد ذلكَ فعليه بِمُطالَعَةِ كلامِ الإمام الْمُجتهد المُتَّفق على إمامتِهِ و جلالَتِهِ و بلوغه مرتبةَ الإجتهاد، أبي الحسن السبكيْ ولدِهِ التاج و الإمام العز إبن جماعَة، و أهلُ عصرِهِ و غيرهم من الشافعية و المالكية و الحنفية. و لم يقتصر أعتراضه على مًتأخري الصوفية، بل اعترض على مثل عمر بن الخطاب و علي بن أبي طالب رضي الله عنهما……

و أياكَ أن تصغِيْ إلى ما في كتب إبن تيمية و تلميذه إبن القيم الجوزية و غيرهما مِمن اتخذ إلهَهُ هواه و أضلَهُ اللهُ على علمٍ و ختم على سمعه و قلبه و جعل على بصرِهِ غشاوَةً، فمن يهديه مِنْ بعد الله… و كيف تجاوز هؤلاء المُلْحِدون الحدودَ و تعدَّوا الرسومَ و خرقوا سياجَ الشريعة و الحقيقة، فظنوا بذلك أنهم على هُدًى مِن ربهم، و ليسوا كذلك بل هم على أسوأ ضلالٍ و أقبحِ خصالٍ و أبلغ المقتِ و الخسران و أنهى الكذب و البهتان… فخذل الله مُتَّبعيهِم و طهَر الأرضَ م أمثالهِم.

“Ibnu Taymiah adalah hamba yang telah ditelantarkan Allah, disesatkan, dibutakan, ditulikan dan dihinakan. Demikian dijelaskan para imam yang telah membongkar kejelakan keadaannya dan kepalsuan ucapannya. Siapa yang mengetahui hal itu hendaknya ia menelaah komnetar Imam Mujtahid yang telah disepakati akan ketokohan dan keagaungannya serta sampainya ke derajat ijtihad; Abu al hasan as Subki dan putranya, serta Imam al ‘Izz ibn Jama’ah, demikian pula komentar mereka yang sezaman dan lainnya dari kalangan ulama mazhab Syafi’yah, Malikiyah dan Hanafiyah. Ibnu Taymiah tidak terbatas hanya mengkritik para pemuka sufi mutaakhkhirîn, tetapi ia juga mengkritik Umar ibn al Khaththab dan Ali ibn Abi Thalib ra….

Hati-hatilah kamu dari menelaah buku-buku Ibnu Taymiah dan muridnya; Ibnu al Qayyim al Jawziyah dan selain keduanya dari orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhan dan disesatkan Allah kendati ia pandai, serta Ia tutup telinga dan hatinya serta Ia jadikan atas penglihatannya penutup, lalu siapakah yang akan memberi hidayah selain Allah… Bagaimana kaum Ateis itu menerobos batas dan melampaui garis serta menerjang pagar syari’ah dan hakikat, mereka mengira dengan itu mereka berada di atas hidayah dari Tuhan mereka. Tidak demikian! Mereka berada di atas kesesatan paling jelek, keadaan paling buruk, puncak murka dan kebohongan dan kepalsuan paling puncak… Allah menghinakan para pengikut mereka dan membersihkan permukaan bumi dari orang-orang seperti mereka.”

Tentunya setelah ini semua Anda bertanya-tanya, ‘Jika demikian kenyataan penyimapangan dan keterhinaan Ibnu Taimiyah, mengapa masih ada juga yang tertarik mengikuti dan membelanya? Maka jawabnya saya serahkan kepada Imam besar ahli hadis andalan kaum Wahhâbi-Salafi, yang juga murid dekat Ibnu Taimiyah yang banyak tahu tentang seluk beluk pemikiran dan kehidupannya –sebelum akhirnya mengecamnya-.. ia adalah Imam adz Dzahabi. Perhatikan komentar beliau di bawah ini!

Dalam sepupcuk suratnya yang dikenal dengan nama Risalah Dzahabiah, ia menasehati dan menegur keras Ibnu Taymiah, di antaranya adz Dzahabi menulis,

“Hai Anda, engkau telah banyak menelan racun para filsuf dan buku-buku karangan mereka berulang kali, dan disebabkan banyaknya pengaruh racun, badan menjadi ketagihan dan menguasainya…. (kemdian ia melanjutkan), “Duhai sialnya orang yang mengikutimu, sesungguhnya ia menyodorkan dirinya dalam kezindiqan dan keterlepasan dari agama…. Tidaklah mayoritas pengikutmu melainkan orang-orang rendahan yang tak berkualitas, qa’îd marbûth, atau ringan akalnya, khafîful aqli, atau orang awam pembohong, ‘âmiyun kadzdzâb, dungu pikirannya, balîdudz dzihni, atau orang terasing yang terdiam, kuat makarnya, atau penyerap yang shaleh tapi tidak memiliki pemahaman. Jika engkau tidak percaya apa yang aku katakan, maka periksalah mereka dan takarlah mereka dengan penuh keadilan…. Sampai kapan kamu memuja-muja omonganmu sendiri dengan pujian yang tidak engkau berikan bahkan kepada hadis-hadis Bukhrai dan Muslim, andai hadis kedua selamat dari kecamannya, bahkan setiap saat engkau menyerangnya dengan mendha’ifkannya dan menggugurkannya dengan ta’wil atau pengingkaran. Tidaklah telah tiba saatnya engkau sadar? Tidaklah tiba waktunya engkau bertaubat dan kembali… usiamu telah mencapai lebih dari tujuh puluh tahun, masa berangkat (kematian) telah dekat… Benar, demi Allah aku tidak pernah tahu engkau ini ingat/menyebut-nyebut kematian… bahka engkau mengejek-ngejek orang yang menyebut-nyebut kematian… Akupun tidak yakin engkau mau menerima ucapanku dan memperhatikan nasihatku… . “

Kami Dituduh Menukil Dari kitab Syi’ah!

Ustadz Firanda juga dengan tanpa tanggu-jawab menuduh kami menukil dari kitab Syi’ah! Saya tidak mengerti apa yang beliau maksud? Dalil mana yang kami nukil dari kitab Syi’ah?  Mungkin penukilan ucapan Imam Ali, Imam Zainal Abidin putra Imam Husain atau ucapan Imam Ja’far ash Shadiq – radhiyallahu ‘anhum ajma’în- yang membuatnya buta dan mengatakan bahwa kami menukil dari kitab-kitab Syi’ah! Sejak awal kami memaklumi bahwa penukilan ucapan atau pendapat dari seorang tokoh Ahlulbait Nabi saw. akan membuat kaum Nashibi kebakaran jenggot dan tak mampu menyembunyikan apa yang selama ini tersimpan rapi dalam jiwanya! Sepertinya mereka alergi dengan sekedar menyebut Ahlulbait ra.! Na’udzubillah minal Khidzlân wa adh Dhalâlah!

Ustadz Firanda perlu tahu, bahwa kami tidak butuh kepada kitab-kitab Syi’ah untuk membongkar kesesatan kaum sesat… Andai kami juga mengambil dari kitab-kitab Syi’ah, pasti kaum Wahhâbi-Salafi akan lebih babak belur, sebab kami menggunakan dua kekuatan dan meninju dengan dua kepalan tangan! Tapi itu tidak kami butuhkan!

Jadi sekali lagi, kami meminta dengan hormat ustadz Firanda bertanggung jawab atas ucapannya dan mengajukan bukti dalam masalah apa kami mengambil dari kitab Syi’ah?

Salahkah Menukil Dari Syi’ah?!

Ustadz Firanda menuduh kami menukil dari kitab Syi’ah –padahal itu tidak benar- dan menjadikannya seakan dosa tak terampuni. Sementara itu apa beliau tidak mengerti bahwa penukilan dan menimba ilmu dari kalangan Syi’ah itu bukan hal terlarang apalagi dosa tak terampuni dan dijadikan bukti kesyi’ahan! Apa ustadz Firanda terhormat tidak pernah membaca sejarah ilmu hadis, bagaimana para ulama dan ahli hadis kita banyak meriwayatkan hadis (materi agama paling sakral setelah Al Qur’an) dari para perawi bermazhab Syi’ah?! Apakah ustadz tidak membaca keterangan Ibnu Hajar dalam mukaddimah Fathul Bâri-nya ketika beliau menyebutkan sederetan nama parawi bermazbah Syi’ah yang diandalkan Imam Bukhari kita?! Apakah Anda akan menuduh para ulama hadis kita sebagai Syi’ah? Atau mereka itu terpengaruh Syi’ah? Atau berkhianat atas agama karena menukil dari orang Syi’ah?

Ustadz Firanda yang terhormat, keterbukaan adalah mental yang mendasari sikap para ulama kita… mereka tidak segan-segan mengambil manfaat dari ulama betapapun mereka berbeda mazhab! Hanya kaum berjiwa kerdil sajalah yang menutup diri!

Ketika menyebut al Jâjidz –seorang tokoh mazhab Mu’tazilah- adz Dzahabi memohon rahmat untuknya dan memuji kitabnya yang bertemakan kenabian. Sebab kitab itu sangat bermanfaat dalam menandaskan bukti-bukti kenabian! Lalu apakah kita akan mencampakkan kitab penuh manfaat itu hanya kerena pengarangnya berbeda mazhab dengan kita?! Jika demikian, maka sungguh kerdil jiwa kita dan alangkah cupetnya pikiran kita!

Ustadz Firanda Bangga Menukil Dari Tokoh Mu’tazilah!

Tetapi Anda wahai pembaca yang budiman juga berhak terheran-heran, karena ustadz Firanda yang mengecam saya karena menukil dari Syi’ah (padahal sekali lagi itu tidak benar dan henya sekedar tuduhan palsu) , sementara beliau sendiri dengan bangganya menukil keterangan dari seorang mufassir bermazhab Mu’tazilah yang bernama az Zamakhsyari dalam kitab tafsirnya al kasysyâf. Saya (abusalafy) tidak akan mempermasalahkannya apalagi mengecamnya karena sikap terbuka itu. Sebab di mana pun kita dapat menemukan dalil yang bertanggung jawab, maka kita berhak memanfaatkannya.

***

Meluapkan Emosi Tanpa Kontrol Itu Tidak Baik!

Ustadz Firanda yang terhormat, Anda akan lebih terhormat jika tidak terhanyut dalam luapan emosi dan tidak menampakkan ciri asli kelompok Anda!

Kami tetap abusalafy, walau kariha as Salafiyyûn wa al Wahhâbiyûn wa al Musyabbihûn wa al Mujassimûn wa an Nawâshib al Munâfiqûn!

Tentang keinginan menggebu-gebu Anda untuk bertatap muka dengan kami… karena kami selama ini –seperti kata Anda- tidak berani menampakkan diri sehingga Anda menyebut kami sebagai al majhûl/yang tidak dikenal jati dirinya… Walaupun itu hal itu tidak penting bagi kami… sebab yang penting adalah

انظر إلى ما قال ولا تنظر إلى من قال

Perhatikan apa yang dikatakan dan jangan melihat siapa yang berbicara!

Selama ucapannya benar dan berdasar, maka mengapa Anda harus sewot ingin kenalan dan bertatap muka! Mengapa Anda bernafsu ingin kenalan dengan saya?! Bukankah ajaran sekte Anda memerintahkan pengikutnya untuk memboikot kaum bid’ah! Apa Anda tidak percaya bahwa napas ahli bid’ah itu beracum dan berbahaya?! Dan karena alasan itu pula kami tidak tertarik menghirup napas kaum sesat, sebab ia sangat beracun!

Coba perhatikan, bahwa kemajhulan seorang itu bukan penghalang untuk mengambil manfaat darinya selama yang dia ucapkan itu benar!

Allah SWT berfirman:

وَ قالَ رَجُلٌ مُؤْمِنٌ مِنْ آلِ فِرْعَوْنَ يَكْتُمُ إيمانَهُ أَ تَقْتُلُونَ رَجُلاً أَنْ يَقُولَ رَبِّيَ اللَّهُ وَ قَدْ جاءَكُمْ بِالْبَيِّناتِ مِنْ رَبِّكُمْ وَ إِنْ يَكُ كاذِباً فَعَلَيْهِ كَذِبُهُ وَ إِنْ يَكُ صادِقاً يُصِبْكُمْ بَعْضُ الَّذي يَعِدُكُمْ إِنَّ اللَّهَ لا يَهْدي مَنْ هُوَ مُسْرِفٌ كَذَّابٌ.

Berkata seorang yang merahasiakan keimannya: “Apakah kamu akan membunuh seorang laki-laki karena dia menyatakan: ‘Tuhanku ialah Allah.’, padahal dia telah datang kepadamu dengan membawa keterangan-keterangan dari Tuhanmu. Dan jika ia seorang pendusta maka dialah yang menanggung (dosa) dustanya itu; dan jika ia seorang yang benar niscaya sebagian (bencana) yang diancamkannya kepadamu akan menimpamu. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang melampaui batas lagi pendusta. (QS. Ghâfir;28 (

Allah juga berfirman dalam Surah Yâsîn ayat 20:

وَ جاءَ مِنْ أَقْصَا الْمَدينَةِ رَجُلٌ يَسْعى‏ قالَ يا قَوْمِ اتَّبِعُوا الْمُرْسَلينَ.

Dan datanglah dari ujung kota, seorang laki-laki dengan bergegas-gegas ia berkata:” Hai kaumku, ikutilah utusan-utusan itu.”

Dalam kedua ayat di atas Allah SWT tidak menyebutkan jati diri si pengucap kalimat penuh hikmah dan kebenaran itu! Apakah Anda tidak akan memerhatikannya sebelum Anda mengenalinya?!

Setiap Muslim yang tidak terjerat dengan ‘Edan Salaf’ pasti akan mampu menyerap pesan demikian dari ayat-ayat di atas! Tatapi bagi yang  ‘Edan Salaf’ pasti akan mengatakan, ‘Adakah seorang dari Salaf yang memahami ayat seperti yang difahami Abu Salafy?! Tafsiran itu tidak pernah dikenal oleh Salaf Shaleh.. oleh Mu’awiyah… oleh Yazid… oleh Marwan …

Setelah Ini Semua!

Setelah panjang lebar menanggapi mukaddimah ustadz Firanda yang membuka kedok aslinya, kami akan menambahkan bukti lain bahwa kaum musyrik Arab juga bermusyrik dalam Rubûbiyyah Allah bukan hanya dalam Ulûhiyyah! Insya Allah pembuktian dan pembahasan soal ini akan kami bahas dalam artikel kami yang berseri: Benarkan Kaum Musyik Arab Beriman Kepada Tauhid Rububiyyah Allah? Bantahan Untuk Ustad Firanda (2) dan seterusnya. Nantikan !

Dan kali ini, saya mengharap semua pemerhati di sini untuk merenungkan ayat-ayat dan pembuktian yang akan saya ajukan… sebab terus terang saja saya katakan bahwa tulisan ini tidak hanya dialamatkan kepada kaum Salafi-Wahhâbi, khususnya yang tenggelam dalam lumpur taklid buta sehingga tidak lincah dalam memfungsikan akal sehatnya yang merupakan anugerah Allah SWT yang dengannya manusia dapat mengenal Tuhannya… mengenal bukti-bukti ketauhidan-Nya! Dan tanpanya, manusia tak lebih dari sekedar gumpalan daging yang dibalut kulit yang disebut Allah dengan firman-Nya:

صُمٌّ بُكْمٌ عُمْيٌ فَهُمْ لاَ يَعْقِلُوْنَ

Mereka tuli, bisu, dan buta. Oleh sebab itu, mereka tidak berakal.” (QS. Al Baqarah;171)

Karenanya saya berharap Anda tetap setia mengikuti artikel-artikel blog kesayangan Anda dalam tema ini, khususnya tanggapan saya atas ustadz Firanda al muhtaram!


[1] Baca Al ‘Atbu al Jamîl; Sayyid Muhammad ibn Aqil ibn Yahya Al Alawi asy Syafi’i:76.

[2] Hadyu as Sâri Mukaddimah Fath al Bâri,2/144.

[3] Ibid,160.

[4] Lisân Mizân,1/16.

About these ads

630 Tanggapan

  1. Saya suka judulnya, sangat pas dan menarik bikin penasaran. Dan setelah saya baca, memang isinya juga sangat bernas. Saya kuatir nanti Ustadz Firanda belum baca ini, atau baru baca judulnya lang nulis jawaban di blognya. Kan bisa berabe? Sebab menurut pengalaman saya berdiskusi dengan anak-anak Wahabi, rata-rata mereka tidak memperhatikan apa yg kita katakan langsung jawab aja, jadi banyak yang tidak nyampbung. Rasanya seperti berdiskusi dengan sapi ompong yang hobby gayemi itu, jadi mulutnya bergerak terus, he he he….

    Selama ini saya aktif coment di sini

    http://ummatiummati.wordpress.com/anti-virus-wahabi/#comment-3111

  2. Ayat Qur’an yg dicantumkan di akhir artikel ini sangat mirip dengan karakter Wahabi secara umum.

    • Dengar dan bacalah dahulu dengan teliti Wahai kawan ‘sebelum kita bicara sejauh itu’ coba antum Baca ini ,ikutilah dg Baik

      http://www.firanda.com/

      http://radiomuslim.com/category/nara-sumber/ustadz-firanda-andirja/

      Lebih teliti’lah dalam menilai sesuatu.ikuti duludg baik
      Balas

    • Ente sekolah dimana?…Ustad firanda itu S2 madinah.

    • emang abu salafi pinter sampe sampe kitab 2 yang aslinya di scan trus di rubah trus di pamerin he he he

      • cocok….pinter ngapusi berarti ya…..
        untk yang komen tntg ust firanda….ente gelare apa y….beliau S2 bidang Aqidah…smtr abu salafi mungkin kitab hadis yang tipis aja lom kelar bacanya n apalagi mempelajari syarahnya serta tak satupun hadis yang hafal akan sanad dan para perawi yang nyambung sampai rosulluloh

      • Percuma saja membantah orang-orang itu. Hatinya sudah tertutup Jenggotnya. Mata hatinya tak seterbuka mata Kakinya

      • Rosululloh SAW berjenggot…sahabatpun berjenggot…jenggotpun ko hina…? taubat ko nak!!!

    • anti bicara tentang wahabi apa sudah tau siapa itu wahabi?siapa tokah’y?bagaimana dia berdakwah?dari sumber asli’y…jangan hanya bicara tapi tidak tau siapa wahabi,siapa tokah’y dan bagaimana dakwah serta aqidah’y…jangan2 anti sudah tertipu dari artikel2 yg tidak bisa di percaya…banyak cerita bohong tentang wahabi dari orang2 yg tidak mau terima dakwah kembali kepada ALLAH TA’ALA…contoh saja ABU SALAFI…dia tidak terima syi’ah di kafirkan…apa anti tau siapa itu syi’ah?siapa tokoh2’y?
      kaji dulu sebelum bicara…karna setiap omongan yg keluar itu akan di mintai pertnggung jawaban’y..

      • Ya jelas Abu Safy ga bakalan terima Syiah di kafirkan wong dia itu tokoh syiah di Indonesia mungkin big bos nya Syiah di asia ya?

      • Bukan omongan kang, ini Artikel Kang

      • Orang Syiah pastinya gencar membela Syiah :).

        Dan Korban Paham Syiah di Indonesia adalah Orang NU dan orang yang awam akan syariat Islam.

        Semoga kita semua Allah berikan hidayah dan taufik untuk kembali kepada Al Qur’an dan As Sunnah dengan berdasarkan pemahaman Para Sahabat Radiyallahu Ajma’in.

      • Jelas ustadz firanda tidak akan menanggapi dan membuang waktunya berdebat di BLOG ini,sebab :
        1. Anda kurang sopan dan tidak menggunakan adab dalam dialog dan berdebat,sehingga dikhawatirkan akan terjadi debat kusir.
        2. Dengan kapasitas ilmu yang anda miliki,anda sudah berani menghujat kesana kemari,sedang hal ini dilarang tanpa ilmu.

        Saran saya,perdalam lagi ilmu anda dan fahami adab dan tatacara berdialog.

  3. mantab bos…!!!!!

  4. Diskusi ini sangat menarik dengan dalil-dalil masing masing para ustadz. Saya banyak mendapatkan ilmu.

    Jazaakumullah
    InsyaaAllah masih akan terus menyimak.

  5. mungkin saya baru kali ini menulis komen di sini… tapi kalau ngikuti diskudi di sini sih sudah lama…
    kalau ana amati memang ada benarnya kata ust. abu kalau si wahabiyyin itu memang agak kelewat batas cintanya sama muawiyah dan keluarga bu Hindun (yang kata cerita ustadz ana dulu sih tante hindun itu DOYAN ANAK MUDA YANG KEKAR, KHUSUSNYA YANG WARNA KULITNYA HITAM KAYA’ WAHSYI) dan pak abu… maaf bukan pak abu salafy. tapi pak abu sufyan yang juga (DOYAN NJAJAN WTS DI WARUNG RWMANG-2 DAN SALAH SATU HASIL KECEKAANNYA ADALAH ZIYAD)
    Ana menag jadi heran ya kenapa ya wahabiyyin kok cintanya sama mereka? Eh selidik punya selidik saya baru ngerti setelah baca di sini… bahwa seperti yang dikatakan pak abu salafy:

    “Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama… .”(QS at Taubah;67)

    • Cukuplah bukti kebatilan tuduhan Anda terhadap Hindun binti Utbah, dan Abu Sufyan bin Harb; bahwa Anda tidak menyebutkan satu referensi yg shahih pun tentang klaim Anda. Lagi pula, betapa bodohnya Anda tentang Islam… Bukankah Nabi bersabda: Al Islaamu Yahdimu Maa Qablahu, wal Hijratu Yahdimu Maa Qablaha? Islam itu menghapus semua dosa yg dilakukan sebelumnya dan hijrah juga menghapus semua dosa yg dilakukan sebelumnya. Artinya, jika seseorang masuk Islam dan menjadi seorang muslim yg baik, maka semua dosa lalunya terampuni. Alangkah kotornya mulut anda terhadap para sahabat Nabi… segeralah bertaubat sebelum mereka menjadi seteru Anda di hadapan Allah kelak dan Anda gigit jari karena tidak ada yg menolong Anda, dan menyaksikan betapa besar dosa yg Anda pikul setelah mencaci maki mereka dan menuduh mereka sebagai munafik. Subhaanallaah, haadzaa buhtaanun ‘adhiem.

      • Al Islaamu Yahdimu Maa Qablahu, wal Hijratu Yahdimu Maa Qablaha?,….iya tetapi DNA-nya ternyata tidak khan,…..

      • maklum al…otak’y sudah tidak bisa mencerna mana yg haq dan mana yg bathil….seharus’y dia tidak berbicara masa lalu para shahabat…banyak para sahabat yg sebelum masuk islam\masih jaman jahiliyah yg tidak benar….tapi itu semua jangan di ungkit2..karna nabi saw bersabda”apabila di bicarakan tentang kejelekan sahabatku maka diam lah”
        sekarang mereka telah beriman maka HARAM hukum’y membicarakan kejelekan mereka.

      • Lah, klo menghina Sahabat Ali dan Sahabat Umar seperti yg dilakukan Ibnu Taimiyah gimana?

      • ntuk sodara budi berikanlah referensi di kitab manakah Syaikh Ibnu Taimiyah menghina ali apalagi umar apa tidak terbalik dengan pemahaman si pembuat blog ini (abu abu ) jngalah anda serti beo kata orang a alau anda bilang A

      • biarkan aja ya akhi…ga ada untungnya ngomong sama si fulan yg hasad dan faftau bighoiri ilm hadza.

    • wah ini ini kalo ngomong ga peke ilmu

    • ente katakan muawiyah dan keluarga bu Hindun (yang kata cerita ustadz ana dulu sih tante hindun itu DOYAN ANAK MUDA YANG KEKAR, KHUSUSNYA YANG WARNA KULITNYA HITAM KAYA’ WAHSYI) dan pak abu… maaf bukan pak abu salafy. tapi pak abu sufyan yang juga (DOYAN NJAJAN WTS DI WARUNG RWMANG-2 DAN SALAH SATU HASIL KECEKAANNYA ADALAH ZIYAD). sebaiknya berhati-hatilah dalam memvonis. saya rasa karena ente sering begitu sehingga ente katakan orang seperti yang selalu ente katakan..
      kalu ndak ada ilmu baiknya diam aja.. jangan nambah dosa… belajar-belajar dan beradablah……

    • Wah memang beda

      • subhanallahu sungguh mirip antara pembuat blog dan pengidolanya … tunggu saja bagaimana sisi pendalilan dari Benarkan Kaum Musyik Arab Beriman Kepada Tauhid Rububiyyah Allah? Bantahan Untuk Ustad Firanda (2) dan seterusnya

    • astagfirullah…. anda menghina sahabat rosulullah…..!!! yg sudah jelas-jelas mrk lebih baik dari pada anda!!! segeralah anda bertaubat sebelum ajal menjemput anda!!!

    • jadi orang jangan kurang ajar banget! berani2 nya be”en mencela sahabat nabi, memangnya kamu merasa lebih baik dari sahabat,apakah kamu uda siap untuk merasakan panasnya api neraka

  6. ajib. kena batunya tuh firnda… namanya aja mirip nama minuman MIRANDA

    • haha. . . . mamang benar orang bodoh itu hanya bisa menghina!!!! hai akh muladi anda jangan tertipu dengan kata” yg indah coba pahami baik” yg mana yg benar dan ya salah . . . walaupun saya belum bertemu dengan keduanya tapi saya bisa menilai dari tulisannya . . .

    • afwan akhi MULADI..
      ada baiknya akhi DIAM aja..!!!!! dr pada hrs komentar tp g ada muatan hanya bs mencela.. dan ana jg g tau klw akhi ini paham g dengan tulis diatas A’llohu a’lam..

      • rosulullah jugabersabda:barang siapa yang mengmatmmakan kepada sadrx wahai kafir dan ternyata kekafmiran it tdk ada padmanya maka ucapannya itu akan kembali kepadanya.

    • eh lu kira nama lu keren
      MULADI = Biang keladi
      alah, nama kok ga ada bagus2nya
      apalgi orangnye
      bisanya cuma hina orang
      kunyuk lo

  7. terima kasih ustad abu… banyak manfaatnya baca tulisan anta…
    kami di negeri jiran biar jadi TKI danbertetanga dengan ipin&upin… tapi juga haus ilmu agama dan rindu kebenaran… kami banyak tau kesalahan wahabi dari sini…
    selamat melanjut perjuangan Salaf yang saleh

  8. Kelompok wahabi telah menyimpang dari jalan salaf tapi tidak sadar. Lucunya malah menuduh orang lain sesat. Akibatnya semua tuduhan itu kembali kedirinya sendiri. Coba kita perhatikan, semua yg dituduhkan itu ada pada mereka sendiri. Itu namanya orang bodoh membodohkan orang pandai, karena dia tidak sadar dia bodoh dan dia tidak bisa memahami ilmu orang pandai.

    • saya senang dan bangga dikatakan wahabi karena dinisbatkan kepada nama Alloh “al WAhab”, dan penisbatan Wahabi oleh moyang-moyang kesesatan dan para pengagung kubur terhadap Muhammad Bin Abdul WAhhab salah. dan mungkin ndak pernah belajar bahasa arab kalee ya… atau karena telah membabibuta dan taklid sehingga salah menisbatkan.

    • contohnya Dian?

    • ” HANCURKAN BID’AH TEGAKAN SUNNAH “

  9. referensi kitab2nya abu salafy benar 2hebat sayang q gk punya tuh……para wahhabiyyun kok pada diem aja ya.,……

    • sayangnya ulama islam yang mana yang di maksd oleh akhi abu salafy rohimahllah

    • Diem apaan? dah dijawab dengan tuntas gitu loh! semua sudah “clear” abu sapi itu pendusta, kok dibilang hebat, aneh betul ente! bantahan ttg dia dah banyak…dan terbukti abu sapi ini pengadu domba dan pendusta umat…dia tidak pernah berani menunjukkan batang hidungnya secara jantan di forum apapun dan manapun juga (ayo coba, tantang abu sapi ini untuk menunjukkan identitas sebenarnya dan berdebat terbuka di forum ilmiah, disaksikan oleh banyak manusia…, apakah dia bisa ngomong serupa dengan tulisannya itu (jangan2 ayat kursi aja dia gak hafal, baca kitabulloh mungkin jarang atau bakan gak pernah tapi senengannya baca majalah kompas dan time)), kalau mau fair lho…pertemukan saja si sapi ini dgn ust.firanda=dijamin 100% si sapi/pendusta ini tidak bakalan berani muncul=lihat saja).cuman berani mengaku2 sebagai abu salafi. si pengadu domba ini jelas dah terlena dengan harta, sehingga sampe mati2an menghina sunnah dengan berbagai macam dalih. dia dah banyak menerima uang yahudi/syiah/ijabi…dan paling2 dia konconya si paid(yg dibilang orang sebagai cendikiawan muslim tapi telah datang dengan hangat ke kuburanannya khamaini untuk bertawassul ke kuburan syiah tu)

      • akhi edi biarkan mereka,karna percuma kita bicara dengan orang yang jahil dan ta’liq buta seperti mereka..kita doakan saja semoga ALLAH memberikan mereka hidayah

    • walaupun referensinya banyak, tapi otaknya abu salafi tuh tumpul tau gak! gak tau apa arti/Maksud sebenarnya dari referensinya tersebut.

  10. he…he…masih ada ngga jenggotnya ???? jangan jangan …habis …..he…he…..

  11. jgn lupa bapaknya salafy menyanggah tulisan beliau

    http://www.firanda.com/index.php/artikel/31-bantahan/76-mengungkap-tipu-muslihat-abu-salafy-cs

    agar diskusi lebih linear.

    Abu Salafy:
    Sabar akhi, kita tuntaskan dulu satu tema. semua juga bakal ditanggapi, insya Allah.

    • bukanny sy tdk bersabar, tetapi cobalah anda lihat artikel yg mana yg lebih dulu di publish dibanding dari artikel yg anda sanggah diatas?
      Agar diskusi ini runut, bukankah lbh baik anda membahasny runut jg dr awal sanggahan beliau?

      Abu Salafy:

      Insya Allah Tidak lama lagi juga ditanggapi. Selain itu dua tema itu tidak saling terkait kan? Yang satu tentang Tuhan di langit sedangkan yang satunya kaum Musyrik Aras menyauhidkan ALlah dalam Rububiyyah?!
      Syukran.

      • ust. apakan anda tidak jrang membaca al-qur’an sampai habis ta, atau g pahm kandungan atau arti al.qur’an, coba anda lbh banyk blejar,,, anda tamatan mana sich,,, anak SMA disekolh ana mungkin lbh paham tetg isi al-qur’an ketimbang ust. Abu Salafy. wassalam.

      • kalo ALLAH TA’ALA tidak di langit…lalu Dia ada di mana????????
        coba di jawab pertanyaan saya Abu Salafi….dengan dalil2 yg SHAHIH dan kasih tau referensi’y dari kitab2 para ulama yg mu’tabar….
        kaum kafir di indonesia kalo di tanya siapa pencipta langit dan bumi…pasti dia jawab ALLAH.tapi kalo di katakan kenapa kamu tidak mau menyembah hanya kepada Zhat yg menciptakan itu…??apa yg akan dia jawab….???coba jawab Abu Salafi…??
        bukankah sama saja dengan orang musyrik….

        _______________

        Abu Salafy:

        Maafkan jika saya prihatin terhadap cara berpkir Anda… Menanykan di mana itu khusus bagi yang berfisat fisik! Apakah mennurut Anda Dzat Allah berfifat FISIK?
        Renungkan dan perbaiki cara berpikr Anda pasti Anda akan menikmati konsep Tauhid Islam yang murni!!

  12. ilmu…ilmu…ilmu…

  13. ANEH JUGA ABU SALAFI INI DIAJAK BERTEMU LANGSUNG KAGAK BERANI, TAKUT YA MA SALAFY….? KALO KAU JANTAN TEMUIN USTAD FIRANDA, AJAK DIALOQ BENER2 JANGAN CUMA BERANI LEWAT INTERNET. ITU MAH ANAK KECIL JUGA BISA…… APA TAKUT GAK LANCAR BAHASA ARAB AND BACA KITAB.

    • @KHOIRUL ANWAR,

      ha…ha…ha.. bukan nya debat tertulis itu yang lebih pas, mas? biar ustad abu & firanda punya banyak waktu untuk buka2 referensi….

      bukannya kalo tatap langsung akan dibatasi dengan waktu?
      jadi lebih sip artikel dibantah artikel, buku dibantah buku…

      jadi saya lebih asyik ngikuti debat wahabi dan ahlussunnah dengan cara begini….!

      kalo mau liat debat lansung ulama ahlussunnah yang dikeroyok ulama wahabi seluruh negara arab tidak mundur dan wahabi dicukur gundul silahkan anda nikmati disini:

      kalo mau liat dari awal disini:

      debat ini berlansung 10 hari itupun tidak tuntas karena keterbatasn waktu… terus debat Abu Salafy dan Mas Firanda dirancang untuk berapa hari menurut anda?

    • ya akhi….sudah. jangan terlalu menuruti kehendak syaitoni kamu,…. benar apa yang dikatakan misbah. kita harus fer. jangan gegabah, saya banyak dapat ilmu dari ustad abu salafi. klo ntar hadep hadepan, bisa2 berantem dah.!!! bukan malah mufakat tp za’at. teruskan ustad abu….semoga banyak lagi yang bisa sadar seperti saya…
      maklum temen2 kita yang wahabi masih banyak yang AKALNYA dibawah rata2

      • unk Miranda coba km buka ini danpelajarilah dg baik,

        http://muslim.or.id/manhaj/rambu-rambu-mengkritik.html

      • Kamu faham bahasa Arab gak….? bahkan video tersebut menjadi hujjah bagimu, dari video tersebut jelas sekali kesombongan, kebodohan dan kesesatan si Saqqof. dia lebih pantas di gelari Naasirul Bid’ah bukan Naasirussunnah.

      • ya akh.apa kamu pernah dgr scra langsg gmana sich ceramah ust2. wahabi too, shg km mencla da’wa salafy.. nich lok mau tua byk gmn sich da’wah salafy itu ” http://www.kajian.net & radio rodja.com

      • komentar dari orang bahlul ini bikin ketawa ketiwi aja, semoga Allah azza wa jalla memenangkan manhaj salaf ini dan menghinakan para musuh-musuhnya, aamiin!!!

      • YA ALLAH LINDUNGI UMAT INI (ISLAM) DARI PERPECAHAN YANG AKAN SALING MENGKAFIRKAN …. PADAHAL ENGKAULAH YANG MAHA AGUNG …. MELALUI RASUL KECINTAAN MU MUHAMMAD SAW TIDAK PERNAH MENKAFIRKAN SESAMA ORANG YANG BERSYAHADAT KECUALI JELAS KEMUNAFIKANYA …. MUSUH KITA SUDAH JELAS YAHUDI DAN NASRANI DAN UMAT YANG BELUM BERIMAN LAGI MEMERANGI KITA …. KENAPA SIBUK DIDALAM … SEJARAH KAN BERULANG LAGI … ROBBANA LA TA TAJ’AL FIQULUBINA GHILALILADZI AMNU………. ILMU BOLEH TINGGI TAPI LIHAT HATI KITA ….. TERHADAP ALLAH

    • Yang jelas ust Firanda itu tidak jantan. Beraninya hanya menampilkan komentar wahabiyyun salafiyyun yang mendukungnya. Komentar yang kontra jelas tidak ditampilkan. Biasalah kelakuan blog wahabi-salafi memang pengecut. Cuman berkoar-koar doang menuduh lawan tidak jantan, padahal dia sendiri sangat tidak jantan.

      Kalo ust Firanda memang jantan, ayo tampilkan semua komentar. Berani?

      • saya rasa apa sebalikanya ustad abu sapi ini yang ga jantan,nyantumin identitas diri aja kagak apa kita tahu siapa dia lahirna dimana tahun sabaraha.sakola dimana mesantren dimana?coba sampean bandingkan dgn ustazd Firanda jelas kan data dirinya,gentle kan..?

    • nyang aneh mah ente bang, nyang namanya lagi debat sesi artikel truz, minta ketemuan mah namanya ngajak berantem…..???? udeh gak zaman ribut pake fisik bang, nyang enak mah ribut pake otak….., debat langsung juga gak ada manfaatnya, cuma gede-gedean emosi aja, apalagi salafy, ngomongnya pake otot mulu, ribet dah…….

      Lanjut bang abu salafy….. lanjut al-ustadz al mukarom firnda….

      nah ente-ente nyang pada nonton kagak useh ikutan nyampur ya!

      Kite ikutin jalannya, kite ambil sarinya (ilmunya), terapin deh buat sendiri, eits awas kebablasan….. pinter-pinter memilih dan memilah yak….

      ntar kalo kagak, ikut-ikutan emosi lagi……

      salam

      • iyo kang ilmu itu kan yang paling ilmiah, masuk akal dan fakta(kitab2 sejarah yang otentik, hadits2 shohih) jadi kita lihat aja mana yang argumennya paling ok sesuai dg standar kebenaran bukan yang cm ngomong tanpa ilmu. oya ilmu itu kan alquran dan sunnah jd itu deh standar nya, setuju nggaaa???
        ayo kita pada rame2 ngecek mana yang banyak dalil, dan sesuai dg fakta sejarah dahoeloe kala hayooo
        gimana akang udah nemu blm, obyektif lho ya…

    • benar skli bro. sdh jelas abu salafy itu orang bodoh jadi mana berani dia jumpa lsng dgn ustad firanda

      • bentul mas gan,
        Beraninya belakang layar.

        Apakah seperti ini ilmu ???

        udah FACE to FACE
        terus RECORD pake KAMERA
        sampai TUNTAS.

        Setelah itu mubahallah
        sebenernya siapa yg ingin menebarkan KEBENARAN dengan mengikuti sunnah NABI.
        dan siapakah Al-Kadzab.

        ditunggu CD RECORD nya….

      • @iqbal: antum jangan buru2 minta mubahallah. iya kalo yang salah ust abu salafy. kalo yang salah u. abu firanda kan gawat bisa kena laknat dia. kalo dia kena laknat dan sampai tersebar ke publik, ntar MUI ngeluarin fatwa sesat buat wahaby

      • Memang kalo abu salafi itu cuma pandai bicara,sebenarnya mah ilmu gak ada.yah saya doakan semoga abu salafi di beri hidayah.

    • itulah aqidah kaum tak bermoral al…..tidak mau mempertanggung jawabkan apa yg di katakan…..hanya bisa sembunyi2…kan kalo kita buka forum dialog…kita juga bisa tau…siapa ABU SALAFI ITU….yg suka gembar gembor di internet tentang wahabi salafi….yg ane liat sih dia dari kalangan syi’ah al…..ya sama kaya pendahulu’y…yg membunuh husein secara diam2…tanpa keberanian….dia tidak punya apa2 dari dalil2 syar’i….dia hanya baca…lalu yg pas buat madzhab dia ya dia pake….tapi kalo ga pas ya dia tolak…..
      ayo ABU SALAFI…kita buka forum…bair jelazzz siapa yg haq dan siapa yg batil…..jangan takut di keroyok…HARAM bagi kami kaum salaf\wahabi bertindak seperti itu….pedang kami hanya hujjah dan dalil yg shahih….

      • kalau menurut antum semua tulisan Ustadz Abu Salafy ini salah dan tak bermoral silahkan bantah dengan Ilmiyah jangan cuma nge grutu gak karuan , kaya oarang kebakaran jenggot.

    • http://www.sarkub.com
      Buya Yahya dg Prof Salim Bajri
      percuma kalau ketemu AMA UST FIRANDA, sudah pernah dialognya malah AMA PROF nya WAHABI… ujung2nya berkelit… ini itulah

  14. masa sih penjelasan cak Abu kurang jelas? koq si Firanda itu gak ngerti2 juga, ustadz beneran apa bukan? makanya bermazhablah aswaja…..jangan wahhabi,
    kalau kata arek suroboyo : “gak enthos blass”

    • Coab baca dengan berimbang bro,..terlihat kan yang nyomotnya kurang ilmiah,..satu komplet satunya lagi gak komplet,..menterjemahkan dan menyimpulkannyapun ternyata tidak pas,…jadi yang gak paham itu siapa kalau begitu?

    • alias kenteo…… kokehan teori

    • “ABU SLAFY” ini orangnya yg mana ??
      KAJIANNYA di mana ???

      Biar kami pencari kebenaran mengikuti “beliau”
      MANHAJ nya apa ??
      PEMAHAMAN Al-quran Sunnah nya seperti apa ??

      Kalau benar Gak usah ditutup2i.
      ” KEBENARAN ITU DARI TUHANMU JANGAN SEKALI-KALI JADI ORANG YG RAGU”

      Tampakan wajahmu Mas gan…. :) :)

    • si pembela manusia jadi-jadian ni lucu ya…otaknya ga nagkap2 terus!

  15. kepada abu salafy yang telah mengatakan:
    sekedar mengiqrarkan dan mengimani Allah sebagai Dzat yang Maha Pencipta (Khâliq), Maha Pemberi izki (Râziq) tidaklah cukup menjadikan mereka dikelompokkan sebagai kaum beriman, jika ternyata mereka menyembah selain Allah SWT!…….

    maka ada satu pertanyaan untuk ust abu salafy:
    mereka tidak menyembeh Allah itu dalam arti

    1. menyembehNya dengan menyekutukanNya dengan para berhala, atau
    2. atau sama sekali tidak mau menyembahNya

    ?????????????????

    Abu Salafy:

    Apa yang saya katakaan sudah jelas dan memberikan jawaban atas pertanyaan Anda. Jadi coba Anda perhatikan lagi!
    Syukran.

    • klo abu salafy lumayan bagus kata katanya,,,

      yang nge fans sama abu salafy… keliatan jarang ngaji nya,,,

      kepada Allah ‘azza wa jalla Segala pujian tercurah…

      semoga Allah merahmati orang-orang yang mencintainya dan mencintai Rasulullah… dan mengikuti jalannya dengan baik dan benar.

    • ” Apa yang saya katakaan sudah jelas dan memberikan jawaban atas pertanyaan Anda. Jadi coba Anda perhatikan lagi!” Ah cocote nipun abu salafy mun ngajawab yo koyo ngono ngelesnya,belekok dia abu salef…..

  16. sy takutny anda ‘lari’ dari diskusi ini seperti yg sudah2, ex :

    http://abusalafy.wordpress.com/2007/12/30/abu-salafy-menjawab-blog-salafyitbwp-tentang-hadis-menyamakan-wanita-dengan-keledai-dan-anjing/#more-142

    sdh dijwb di 2 tmpt :

    http://salafyitb.wordpress.com/2008/01/02/menjawab-abu-salafy/

    http://salafyitb.wordpress.com/2008/01/04/menjawab-abu-salafy-2/

    sudah lupa dgn file lama anda? :)

    sudah banyak kritikan utk tulisan2 anda. Tapi *sayangnya* tetap sj anda bersikeras dan terlalu berlebihan dlm tulisan anda.
    Cobalah menggunakan bhs yg manis dan elegan dlm menulis jgn terlalu berlebihan dan melebih2kan dlm berbahasa.

  17. BUAT GANTENGKU pujoko_abu_shamil
    kamu mestinya itu jangan ngebahas yang tidak inti di sini… apa kamu tidak baca?! temanya di sini kan ngebongkar kedok si firanda yang benci keluarga ahlul Baitnya Nabi SAW… dan ngebongkar kepalsuan fitnahnya atas ustadz abusalafy yang dia tiduh syi’ah!!! kok kamu melenceng ya?
    jangan berpaling dari tema GANTENG!!!!

    • @ mas aj…justru inti permasalahan ada di sini…..coba mas aj baca artikelnya ustadz abu salafy…jangan-jangan belum baca ????????????????????????

    • Kok namanya Abu Salapy? tapi ga mencerminkan Salaf

      • dia kan manusia penakut yang jahat, karena suka mengadu domba umat dan berdusta! coba suruh dia tunjukin identitas aslinya dan berdebat dgn ust firanda live ditempat yg bisa dilihat banyak orang….(mana si sapi pendusta ini berani…he…he…he…)

  18. makanya kalau fitnah yang kira-kira…
    dengar semua ya saya sudah jenggel kalau masuk ke situs/blognya bocah2 wahabiyet-salafyet.. sebab komentar saya seringbtidak ditampilkan……. jadi saya putuskan menuangkan keluh kesah di sini…….
    kapok!!!!kapok!!!!kapok!!!!kapok!!!!
    tobat bat!!!!!!!tobat bat!!!!!!!tobat bat!!!!!!!tobat bat!!!!!!! tidak mau lagi kunjung ke wahabi

  19. untuk sobatku KHOIRUL ANWAR
    kenapa ya kalian ini kok sangat syahwat mau ketemuin ustadz firanda sama ummi bid’ah (nama baru yang dilaqabkan Firanda untuk ustadz abu Salafy) apa gara-gara kamu mulai yakin kalau abu salafy itu harim/cewek?
    Mas khairol anwar… apa sih maunya dengan ketemu tatap muka itu?
    dari blog ini aja kelihatan mutu diskusinya shigharil wahabiyyin wa kibaruhim.. semua asbun…
    jawab itu tanggapan ust. abu salafy di sini…. semua alasan tuduhan palsu sudah dikelentei oleh ust. abu!!! tuntas tas!!!
    saya tidak bisa bayangkan apa kira-2 firanda yang manis bisa tidur seq kena tanggapan ust. abu!!! pasti keringatan terus!!!
    Ayo kami semua di sini nunggu lho tangapan ust. gagah wahabi yang namanya MIRANDA eh salah Firanda!!!!!

    • maka itu mas….kalo temu muka jadi jelaz…siapa yg dalil’y jelaz…dan siapa yg dalil’y ga jelaz…diskusi via internet tidak sama dengan bertemu muka mas…bisa jadi dia ambil kitab ibnu hajar…lalu dia selewengkan makna’y….atau dia berdusta atas nama ibnu hajar asqalani….sudah banyak contoh’y mas…hanya bisa gembar gembor di internet nyata’y dia yg berdusta…..antum bisa bayangkan wajah ABU SALAFI yg memerah pasi lantaran terbuka kebohongan’y di muka khayalak umum jika dia di hadapkan dengan ust firanda…
      TIADA HUJJAH TANPA DALIL YG SHAHIH….

  20. @ ust abu salafy
    sudah saya perhatikan……tetapi saya belum menemukan kejelasan, coba ustadz bisa menjelaskan bagaimana keadaan kaum musyrik arab ketika itu….mereka tidak mau menyembah Allah. apakah pada konteks poin 1 atau poin 2 seperti pertanyaan saya di atas

    Abu Salafy:

    Coba Anda cermati baik-baik kata menyekutukan Allah, pasti jawabannya ketemu!

    • maaf ustadz….saya tetep belum paham dengan tulisan pak ustadz…mereka tidak mau menyembah Allah dalam konteks poin A, atau poin B ???

      Abu Salafy:

      Mereka menyukutukan Allah dalam penyembahan!

      • siapa yang mereka jadikan sekutu-sekutu Allah, ustadz ?????

        Abu Salafy:

        Anda ikuti tulisan-tulisan kami di sini pasti jelas siapa mereka itu?

    • Abu apa anda tidak pernah sampai keayat yg menyatakan
      ” ما نعبدهم إلا ليقربنا إلى الله زلفا ” dimana dlm ayat ini sgt jls Allah menceritkan kita bahwa org musyrikin itu mengakui adanya Allah,, dan mereka mnyembh patung2 to untk mendekatkan dri mreka kpda Allah,, bgtu juga kaum muslimin sekarang ini, menyembah kuburan para wali2 yg mereka anggap keramat untuk mendekatkan dri mereka kepada Allah.. apakah g sama perbuatan kaum musryikin dlu dg kaum muslimin skrang ini.. atau termasuk juga anda ust. yg mengagungkan penymbahan terhdap kuburn wali2. semoga Allah membrikan anda Hidayah kejalan yg benar dan bertaubat. ada juga berani mencela pr sahabat rasulullah ” apa ada tidak pernah membaca hadist Rasulullah yg berbunyi ” لا تسبوا أصحابي”, tapi anda ust. mencela bahkan mengatakan sahabat nabi Munafik dll.

  21. tanggapan yang bagus. silahkan temen2 salafy untuk berfikir jernih dengan akal sehat bukan dengan akal sewot.
    untuk ustdz abu, semakin antum merahasiakan jati diri antum, semakin penasaran orang untuk tahu. tetaplah dalam kemisteriusan anda yang penting artikelnya bermutu selalu ditunggu dan tentunya buat temen2 salafi banyak yang tersipu malu.
    antum benar, lihatlah apa yang dibicarakan bukan lihat siapa yang bicaranya. kalo sudah menjadikan patokan lihat siapa yang bicara itu pangkal fanatik buta dan akan berfikiran keras kaya batu.

    • @ abuaghis
      artikelnya bermutu?
      jelas jelas ustadz abu salafiy berdusta atas nama para ulama.
      dan menukil keterangan yang tidak lengkap untuk mendukung hawa nafsunya.
      ini sudah jelas mengabaikan amanat ilmiah
      apakah ini yang dimaksud dengan artikel bermutu?

      @ Abu salafy
      ya ustadz abu salafy bertobatlah sebelum terlambat.
      bisa jadi apa yang kau tulis akan menjadi hujjah atasmu di akhirat kelak
      Allahu yahdik

      • ahmad muchlis…
        ga usahlah nyuruh-nyuruh abu salafy untuk taubat. kamu sendiri udah banyak istighfar belon ? interospeksi ajalah klis……..?!mendingan kamu inkutin aja diskusi ini. sambil kita menimba ilmu….

      • @ahmad muchlis
        Antum benar. sebaiknya tdk usah mengajak bertaubat biar nanti apa2 yg dituliskan abusalafy menyerang dirinya sendiri diakherat kelak…

    • bukan tersipu malu tapi geli kok ada ya orang jahil tapi menganggap diri pintar…dalilnya kesana-kemari semau-maunya keinginan si penulis (si sapi)

      • Mengapa sampeyan harus bawa sapi segala. Apa ada hubungan sapi dengan artikel ini. Sampeyan aneh dalam sapi kita bisa temukan banyak manfaat. Dari ujung ekor sampe hidung sapi semuanya halal dan enak.

  22. ANA TELAH MEMBACA ARTIKEL UST FIRANDA YG UST ABU SALAFY BANTAH.
    TAPI MENURUT ANA, BANATAHAN UST ABU SALAFY INI MASIH KURANG MENGENA PADA APA YG DITULIS OLEH UST FIRANDA.
    BEGITU JUGA DENGAN IKHWAN2 YG COMMENT DI SINI, ANA PERHATIKAN LATAR BELAKANG MEREKA SUDAH BENCI DULU AMA SALAFY. HAL INI MEYEBABKAN PENILAIAN MEREKA KURANG OBYEKTIF. HAL INI SGT NAMPAK DARI COMMEN2 MEREKA.
    ANA MERASA, KARENA SUDAH BENCI DG SALAFY, KETIKA ADA PIHAK YG MENYERANG MEREKA, LANGSUNG AJA DIDUKUNG. MAKA ANA KATAKAN INI SAMA SEKALI TIDAK OBYEKTIF.
    SEMOGA KITA SEMUA DIBERI PETUNJUK OLEH ALLAH UNTUK MENCINTAI SIAPA SEBENARNYA YG SALAFY (PENGIKUT AHLUSSUNNAH).

    • amien….

      ikhwah semua…saya merasa sangat prihatin membaca beberapa komentar-komentar di sini….

      saya paham semua merasa sebagai seorang mukmin dan ahlussunnah…dan merasa perlu membela pemahamannya. tapi ingatlah sabda Rasulullah yang kita cintai shalallahu’alayhi wa sallam:

      من كان يؤمن بالله واليوم الأخر فاليقل خيرا أو ليصمت

      dan jika benar kita ASWAJA, mengaku mencintai Rasulullah, maka taatilah sabdanya…jika ada kalimat yang baik mengapa pilih kata-kata yang buruk. jadi tolonglah pilih kata-kata yang baik, yang menggambarkan niat yang lurus untuk mencari kebenaran.

      semoga Allah membuka hati kita semua kepada kebenaran.

    • Setuju……. saudara Muslim

      Ayo donk……. Abu Salafy…. kemukakan donk dalil-dalil atau hujjah dari ulama-ulama salaf jangan nama aja antum salafy …..
      NAMA itu tidak akan merubah Hakikat antum……..
      kalau hakikat Antum Ahli Bid’ah atau ahli Syiah….. itu tetep aja……

      trus kalau antum menamai Abu Salaf berarti antum seneng donk dengan ulama dan kaum salaf……
      karena di indonesia itu sudah mafhum memberikan nama itu merupakan bukti cinta dirinya pada yang di pakai untuk nama tersebut…….

    • Mau tahu siapa Ust. Firanda ??
      Apa kata sesama salafy wahaby bahwa FIRANDA itu salafy Surury bahkan dapet julukan “KADZAB” dari para syeikh wahabi…

      Kami Ucapkan selamat kpd antum yg sudah membela Ust. Firanda Salafy Surury…

      Berikut tulisanya :
      Firanda memfitnah ulama ahlus sunnah
      Gelar “kadzdzab” (gemar berdusta) yang disematkan oleh salah seorang ulama besar di Madinah Asy-Syaikh Abdullah bin Abdirrahim Al-Bukhari Hafizhahullah kepada seorang pelajar di Madinah yang bernama Firanda Andirja memang merupakan gelar yang layak disandangnya. Mengapa tidak, Firanda seakan tiada henti menghembuskan fitnahnya dengan menyebarkan berbagai kedustaan dikalangan salafiyyin dengan menyebarkan berita-berita palsu yang kandungannya adalah upaya merendahkan kedudukan para ulama dan Da’i Ahlus sunnah ditengah umatnya.

      Belum lama kita mendengarkan “haditsul ifk” Firanda yang menyebarkan fitnah dusta dengan mengatasnamakan Asy-Syaikh Rabi’ bahwa Beliau meninggalkan kota Madinah dan menetap di Makkah karena diusir dari Madinah. “Subahanaka hadza buhtaanun ‘azhim”, betapa lancangnya anda berdusta atas nama seorang yang disebut oleh Imam Al-Albani sebagai “pembawa bendera al-jarhu wat-ta’dil” dizaman ini.

      Berikut linknya :

      http://www.salafybpp.com/categoryblog/97-dusta-firanda-ditengah-badai-fitnah-yang-sedang-melanda-bag1.html

      Jadi wajar saja kalo AL USTADZ FIRANDA rajin memfitnah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, lah wong di manhaj nya sendiri aja suka bikin ulah….duh Ustadz Firanda alangkah luasnya ilmu mu…hehehehe

      Buat antum yg nge FANS dgn AL USTADZ FIRANDA kami ucapkan selamat membaca… ^_^

      Salam ukhuwwah

  23. dikatakan imam adz-dzahabi menegur keras kepada syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah (yang isinya tertera diatas:

    beliau telah menulis beberapa biografi sang guru dan lengkap beliau tulis tahun lahir dan wafatnya, berarti kitab-kitab tersebut selesai ditulis setelah syaikhul Islam wafat….dan tidak satupun dari kitab-kitab beliau berisi celaan kepada syaikhul Islam, seperti yang tertulis dalam surat tersebut.

    kalaupun surat nasehat itu benar, pertanyaan kepada ust abu salafy:

    kapan surat untuk syaikhul Islam itu ditulis oleh Adz-Dzahabi kepada guru beliau Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah.

    apakah tidak mungkin apabila surat itu benar berarti telah gugur celaan tersebut dikarenakan sampai akhir hayat sang guru, beliau tetap memberikan pujian kepada sang guru lewat kitab-kitab yang beliau tulis

    ataukah yang benar surat itu adalah kebohongan mengatasnamakan imam Adz-Dzahabi

    • ….nah g usah dijabarkan kang…siapa yang bohong…
      …yang menjadikan bohong sbg salah satu dasar …aqidahnya…

      moga-moga…dioberikan pencerahan…
      dan terbuka hatinya…dan selalu berlapang dada…
      dan ikhlas…

      sorry nubie…sang penikmat ilmu…

  24. Sebenarnya untuk mengetahui mana dalil-dalil yang lebih kuat cukup dengan tulisan. Jelas rujukannya. jika berdebat tatap muka bisa jadi yang benar bisa kalah karena kalah dalam metode debat dll.

    Saya kira dari pertama tulisan-tulisan berikut jawaban-jawaban sudah jelas mana dalil yang lebih kuat. WaAllahua’lam

  25. pa abu saafy terus lanjutkan perjuangan anda dalam menunjukkan kesalahan faham I`tiqod dan amaliyah sekte Wahabi/Salafi.

    agar ummat Islam tidak terjerumus dalam tiga Tauhid yang Bid`ah dan bertentangan dengan Qur`an dan Hadsit , agar ummat Islam tidak terjerumus dalam Manhaj Wahabi/Salafi yang Musyabih dan Mujassim, agar Aqidah mereka sesuai dengan yang diajarkan Rosulallah SAW.

    lanjutkan Abu salafi semoga Allah dan Rosulnya merestuimu.

  26. Akhsannya abu salafy dialog langsung saja sama ustadz Firanda, jadi klop….! betul gak?

  27. iya terserah aje.

    kalo mas Abdulloh mau, kita nobatkan aja Pak Ustadz Firanda sebagai Sang Juara.

    soal piala kemenangan atau hadiah apa, kami semua ga mau menanggung biayanya.

    • ya dah setuju… kita nobatkan aja firanda sebagai juara…. kasian dia….

      • pointnya bukan mencari pemenang tapi menelaah dalil dalil yang dijadikan rujukan secara faktual sehingga dapat dipecahkan masalahnya..Ali RA dan Mu’awiyah RA adalah para sahabat Rosulullah SAW dan kita tahu keutamaan amalan mereka..

      • rata-rata pembela abu salepi ini…kaya manusia2 pembeci sunnah…e…yang sudah pasti jelas tuntunannya ga dikerjakan lha yg tidak ada tuntunannya ko malah di kerjakan mati-matian…ajib! kalau ngomong gak pakai dalil shohih…banyakan dalil dalil dari hadist2 maudlu dan majhul…top2nya doif….sudah jelas abu salepi tidak jelas manusianya, tapi hanya krn membenci wahabby lha kok langsung di support setengah mati. ajib!

  28. Abu salafy almajhul (tidak dikenal)

    Kenapa orang-orang harus percaya pada antum, ana heran

    Antum seorang periwayat yang tidak dikenal (majhul)
    Bagaimana periwayatan antum bisa diterima

    Antum pasti tahu mustalahul hadits
    Bagaimana ulama menghukumi hadits yang ada perawi yang majhul didalamnya

    • abu dazaki@.
      semoga anda cerdas , kenapa anda juga memprovokasi dan mentadlis ? kenapa pula orang orang harus percaya pada anda ?

      abu dzaki, emangnya abu Salafi ngeriwayatkan apa ? hadist ? Hadist yang mana hingga dikatakan Majhul ? bagaimana perkataan anda bisa diterima jika mengatakan sesuatu yang tidak ada dasarnya ?

      kalo anda ngerti Mustholahul hadist , hadist yang mana yang diriwayatkan Abu Salafy ? dan jika anda tidak dapat menunjukkan Hadist yang diriwayatkan abu salafy , perkataan andapuntidak bisa diterima. karena anda melakukan Buhtan benarkan ?

  29. assalamu alaikum

    saya belum ingin komentar dulu, soalnya belum ada bantahan “substansi” ente ke firanda.com

    ana tunggu kesaktian ente

  30. Saya telah berulangkali membaca tulisan ini, tetapi yang saya temukan kebanyakan adalah sindiran halus terhadap kaum wahabi.. Apakah itu fair? Bukankah kalau ust.firanda menggunanakan dalil , ust.abu salafy juga harus gunakan dalil, tapi sebaliknya koq saya lihat lebih banyak mengatakan syubhat-syubhat halus.. Bagi mereka yang tidak paham dan awam, saya yakin syubhat anda akan masuk.. Intinya permainan kata-kata anda lebih hebat dari ust.firanda tapi dari segi dalil anda tidak cukup hebat karena lebih menonjolkan kemampuan lihai anda dalam berkata-kata.

    Kedepannya sih saya berharap bisa lebih fair, jangan cari kemenangan tapi cari kebenaran, boleh jadi antum menang tapi belum tentu benar

    Abu Salafy:

    Salam Akhi, apa yang Anda maksud dengan bahwa “ust.firanda menggunanakan dalil” dan saya hanya “lebih banyak mengatakan syubhat-syubhat halus” dan “permainan kata-kata” Apakah ketika ustadz Firanda menuduh saya Syi’ah mengajukan dalil? atau jusrtu yang ia ajukan sekedar syubhat. dan saya pun telah membabantahya dengan dilil?!
    Apakah yang saya ajukan menurut Anda bukan dalil? Lalu apa defenisi dalil menurut Anda?
    Terima kasih, akhi.

    • kepada segenap komentator, alangkah baiknya jika bisa membaca kitab berbahasa arab terlebih dahulu sehingga kita dapat menilai dari kedua nya. Dari segi ilmiah, sepanjang pengetahuan saya abu salafy lebih banyak dikoreksi oleh firanda ( dalam segi penukilan kitab ) dan abu salafy lebih suka berbohong dengan maksud penulis kitab yang dinukil. maaf itu sekedar pengamatn saya

    • afwan ust abu salafy, ust firanda tidak menuduh anda sebagai orang syiah, beliau hanya mengira2 saja dengan adanya ciri2 syiah pada diri anda. jadi ini bukan kesalahan.
      sebagai contoh: misalkan seseorang kehilangan seorang anak dengan ciri2 kepalanya gundul dan memakai baju biru. pengumuman itu dipasang di jalan2. kemudian lewatlah seorang anak yang kebetulan mirip dengan ciri2 di atas. lanataskan apakah salah jika orang2 mencurigai anak inilah yang dimaksud? tentunya tidaklah salah, meskipun belum tentu benar.
      begitu juga persangkaan ust firanda terhadap antum. karena ada ciri2 syiah yg menonjol pada diri antum. toh ust firanda tidaklah menuduh antum sebagai orang syiah. hanya persangkaan saja.
      jada ana kira persangkaan itu tidak perlu di bantah.
      sebanarnya gampang agar anda tidak lagi dituduh sebagai orang syiah.
      antum tinggal nulis tulisan di sini ” wallahi ana bkan orag syiah” mungkin masalah antum orang syiah atau bukan akan selsesai.
      kemudian dalam bantahan anda di atas anda tidak menanggapi inti dari tulisan ust firanda. tapi anda malah lebih banyak menanggapi pendahuluannya saja. ana ingin antum membantah balik apa yg sudah ust firanda bantah dari tulisan antum.

    • salah satu ciri org syi’ah adalah mengkafirkan ulama terdahulu..bukankah anda telah melakukannya?

  31. Ustadz mengatakan:
    Anda ikuti tulisan-tulisan kami di sini pasti jelas siapa mereka itu?

    pertanyaan saya:
    aku tidak menemukan kecuali ketidak jelasan dari perkataan ustadz….. lalu mereka itu siapa ????

  32. Abu salafi almajhul (tidak dikenal) riwayatnya tertolak dan tidak diterima….

    • abu dzaky
      perkataan anda lebih layak untuk ditolak , di blog Ummati anda memplintir sejarah dan memberikan keterangan dusta, di Blog inipun siapa yang mengenal anda , berarti anda juga Majhul.

      • antum itu cuma bisa bicara anta itu hanya mengadangada klo berani berhujah jgn ngomng aza sampai ber busa ahmad syhid>>>

    • @abu dzaky

      sekolahmu di SD mana nak ?….
      apa sekelas sama Ipin dan Upin ?
      nitip salam buat Jarjit ya……

    • BAHASA ARAB taunya almajhulapa ??????

  33. Ciri akhir jaman dengan banyaknya bermunculan fitnah2 Dajal. Saat itu orang2 beriman “mereka yang menggenggam bara api’ layaknya ada di negeri asing. Pada saat itu orang2 bodoh diangkat jadi imam, memberi fatwa dan diikuti oleh orang2 jahil.
    Kalau saya perhatikan komentar di atas seperti itulah.
    Berbicara agama tanpa landasan ilmu janganlah diterima, wahai saudara-saudaraku.

  34. Kenapa orang masih percaya kepada orang yang tidak dikenal……????

    • x siapa memaksa anda percaya.. truskan aja percaya dengan ibnu tammiyah anda.

      • butuh dalil2 yang valid untuk menyalahkan/membenarkan ulama. selama kita belum punya ilmu yg cukup apalagi identitas yang jelas harusnya berhati-hati supaya umat Islam tidak terpecah. bersatunya umat Islam menuntut pemahaman akidah yang benar..saling cela tanpa dasar hanya akan memperkeruh suasana..

  35. http://www.firanda.com/index.php/home/31/76-mengungkap-tipu-muslihat-abu-salafy-cs

    Sudah tiga bulan ngak bisa dibantah, malah lari kemana-mana…????

    Abu Salafy:

    al ‘ajalatu minasy syaithan!

    tunggu saja pasti akan datang gilirannya.

  36. @ ABU DZAKY…betul ente…tulisan abu salafy adalah majhul, mangkanya abu dzaky klo baca jangan judulnya doang baca pula isinya…saya sih yakin abusalafy udah jadi momok yg menakutkan bagi perkembangan salafy wahabi…

    BTW jangan jangan nanti ust FIRANDA nggak jadi nyelesain TESISnya gara gara malu sama penggemar setia bahwa ternyata udah dibongkar duluan sama abusalafy

    Judul Tesis :
    أَجْوِبَةُ شَيْخِ الإِسْلاَمِ ابْنِ تَيْمِيَّةَ رحمه الله عَنِ الشُّبْهَاتِ التَّفْصِيْلِيَّةِ لِلْمُعَطِّلَةِ فِي الصِّفَاتِ الذَّاتِيَّةِ
    Jawaban Ibnu Taimiyyah terhadap syubhat-syubhat terperinci yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah dzatiyah yang dilontarkan oleh para penolak sifat

  37. setelah kta teliti dlm keadaan netral,ternyata abu salafy ini dlm menjawab ato kmentar punya ustadz firanda.jwabnya muter2.sperti orang yg tersentak kaget akhirnya bingung…karena jelas,saat ustadz firanda menyampaikan dalil dya psti menggunakan ayat n langsung perkataan dia.cba lihat ustadz firanda…lengkap dengan dalil…hbis itu perktaan ulama…wah,itu baru ilmiah mas….

  38. @ABU SARAPY….. KALO NGERASA HUJJAH ANDA BENAR JAWAB AJA TANTANGAN UST. FIRANDA DIALOG & DISAKSIKAN UMAT, GITU AJA KOQ REPOT!!!!!!!!! KECUALI KALO DUGAAN UST. FIRANDA BENAR BAHWA JANGAN2 ANDA BUKAN LAKI-LAKI…

    • ABU SALAFY TAKUT KETAHUAN BELANGNYA, KARNA DIA SEBENARNYA TIDAK SENDIRI, TAPI DIA SEBUAH KONSPIRASI, KELIATAN BANGET KOMPLOTAN SYI’AHNYA. KALO DIALOG LANGSUNG BISA KETAHUAN GOBLOGNYA, DAN AKAN LARI SEMUA PENGGEMAR BUTANNYA

  39. Maaf, kalo link jawaban Abu Salafy thd tulisan Ust Firanda yg pertama (Mengungkap Tipu Muslihat Abu Salafy CS) di mana ya? Baru lihat yg ini langsung membantah bag 2?

  40. Penjelasan ust Firanda lebih mengena, mudah dipahami, jelas dan maksud dan maksud dari tex dalil lebih jelas dari pada punya ust abu salafy.. Oya sekedar ushul kalo bisa identitas abu salafy dicantumkan biar dialognya berjalan dan kami orang awam bias mengikutinya… Trimk

  41. “Sejak awal sudah saya katakan, bahwa saya tidak tertarik meladeni ustadz Firanda dalam hujatannya atas tulisan saya, mengingat sepertinya ia tidak memahami dengan baik apa yang menjadi tema dan permasalah inti yang saya angkat! Dan sekarang, dengan sanggahannya atas tanggapann saya kekhawatiran itu makin terbukti. Dia semakin menjauh dari pokok permasalahn itu!”…..
    Abu Salafy Abu Salafy, antum memang pintar bersilat lidah, mengatakan Ustadz Firanda yang menjauh dari permasalahan.. Justru antum sendiri yang menjauh dari permasalahan.
    Salah satunya, dibahas tentang kedustaan antum terhadap para ulama, tidak amanah dalam menukil dll, tapi belum ada balasan, karena memang sudah sangat telak ya..
    Allahu yahdik

  42. Orang Salafy ini memang aneh. Katanya abu salafy majhul maka riwayatnya tertolak. Justru karena majhulnya abu salafy inilah yang menyebabkan mereka golongan Salafi sering pula berkunjung ke situs ini. Yang bener, situs abusalafy ini sudah bertahun-tahun menjadi referensi baik untuk Sunni mau pun Salafi, teman mau pun lawan.

    Saya kira, apa yang dialami oleh Ustadz Abusalafy ini bukan satu hal yang luar biasa. Barangkali ramai temen – temen ASWAJA diluar sana, yang pernah berdiskusi dengan Salafi lewat Internet, akhirnya akan diundang berdebat secara bersemuka. Saya pernah mengalami hal yang serupa.

    Anehnya, Salafi yang mencabar saya berdebat secara bersemuka itu seorang Mahasiswi alias gadis, padahal dia tau saya seorang pria. Saya tidak meladeninya karena acara debat secara bersemuka itu pastinya melelahkan, butuh waktu, energi malah uang juga.

    Padahal berapa ramai yang boleh hadir untuk mengambil manfaatnya isi debat, malah semua isi debat itu mungkin saja akan dilupai, tidak seperti di situs Internet yang akan kekal lama. Siapa saja yang punya Internet boleh membacanya tak kira di mana saja, Afrika, Amerika, Eropa atau di mana-mana.

    • @pria desa,

      sangat tepat betul
      saya setuju…. di internet tdk bisa diplintir plintir lagi karena tertulis, bisa diakses smua orang dari smua tempat dan dunia…. dan lebih kekal..

  43. Memang ustad abu salafy ini senang menggunakan dalil yang lemah, kalau tidak dalam mengambil perkataan tidak lengkap. seperti perkataan ibnu taimiyah. Lebih jelasnya lihat di

    http://www.firanda.com/index.php/artikel/31-bantahan/117-tipu-muslihat-abu-salafy-cs-3-qtuduhan-ustadz-abu-salafy-bahwasanya-ibnu-taimiyyah-mencela-ali-dan-umarq

  44. Tipu Muslihat Abu Salafy Cs (bag 3), “Tuduhan Ustadz Abu Salafy Bahwasanya Ibnu Taimiyyah Mencela Ali dan Umar”

    http://firanda.com/index.php/home/31/117-tipu-muslihat-abu-salafy-cs-3-qtuduhan-ustadz-abu-salafy-bahwasanya-ibnu-taimiyyah-men

  45. Ustadz mengatakan:
    Anda ikuti tulisan-tulisan kami di sini pasti jelas siapa mereka itu?

    pertanyaan saya:
    aku tidak menemukan kecuali ketidak jelasan dari perkataan ustadz….. lalu mereka itu siapa ????

  46. abu salafi cocok buat pengarang cerita “misteri” dan dunia “mistis”……………..sangat tidak cocok utk membuat artikel ttg dunia islam……..(team abu salafi musti “uyun rembug” lagi)

  47. bismillah
    mohon tanggapannya ust. abu biar kami yang awam tidak bingung & keyakinan kami semakin kuat!

    firanda.com/index.php/home/31/117-tipu-
    muslihat-abu-salafy-cs-3-qtuduhan-ustadz-
    abu-salafy-bahwasanya-ibnu-taimiyyah-
    menwww.cela-ali-dan-umarq

  48. @ cerdas,,
    afwan, coba antum baca tulisan beliau (Abu salafy) dengan benar, dan dengan menggunakan mata terbuka, jangan dengan mata tertutup. Alangkah tidak bijaknya bila gunung yang besar itu kita katakan tidak kelihatan hanya karena 2 kerikil kita gunakan di depan mata kita..

    salam

    @ abu zaky,,
    anta juga seorang yang majhul, riwayat anda juga tertolak dan tidak diterima, dan saya yakin, sanad anda juga tidak ada yang bersambung ke ustadz salafy wahaby

  49. Allahuakbar, mulailah dakwah dengan cara-cara yang santun. Bukankan Nabi Muhammad telah mencontohkannya kepada kita. Bukankan Allah Maha Pengampun bagi hamba-hambanya. Bukankan sesama muslim kita bersaudara.

  50. Kpd. Abu salafi

    semoga allah memberi hidayah sunnah kpd anda
    saya rasa abu salafi orang syiah
    buktinya menyebut ali dengan kata sayidina dan karomallohu wajhah, itukan ciri khas orang syiah
    yang begitu ghulu melebihkan ali daripada yang lain padahal allah sudah memberikan panggilan yang lebih baik yaitu RADIALLOHU ANHU dan kepada seluruh sahabat bukan karomallohu wajhah.

    Abu Salafy:

    Orang bijak berkata: Jika si jahil diam tidak berbicara pastilah dunia ini menjadi aman dan kebenaran tidak diperkosa!
    Jadi banyaklah belajar biar tidak memalukan diri sendiri.Sebab hanya kaum jahil-lah yang mengatakan seperti yang Anda katakan.

    • Benar yang diucapkan akh idris affandi, bahwa dalam Al Qur’an Alloh telah memberi gelar untuk para sahabat dengan gelar yang sangat baik yaitu “RADIALLOHU ANHU” mengapa kita tidak mencukupkan apa yang telah Alloh berikan??

      Abu Salafy:

      Apa arti gelar? Dan apakah “RADIALLOHU ANHU” itu gelar?
      كن عاقلا و إلاّ فالسكوت أسلم

      wasssalam.

      • betul antum ustad abu beginilah jika orang jahil ikut berkata…

        saya yakin pasti mereka nggak ngerti apa tulisan arab yang antum tulis itu كن عاقلا و إلاّ فالسكوت أسلم

  51. saya baca disitusnya ustad firanda, kebanyakan subhatnya dibandingkan dalil, aneh saja ketika subhatnya di kritik, eh …. posting saya dihapus sama dia, dasar tidak jantan dan tidak sejati, takut kalah dalil kali, hehe…

    • ya itulah ciri khas semua blog/situs WAHABI salafi kurang fair… didunia maya aja gitu apalagi didunia nyata bisa ngacir dia

      • ngacir?aneh aja ente ini. Ustadz2 salafy/wahabi yg ente bilang ntu, secara terbuka dialog dgn kawan2 dr NU, PERSIS dll (bs ente dptkn mp3 or videonya).
        Lha,kalo pemilik blog ini malah g mau?yah apa mau dikata.

      • situ aja (red. mas abu abu) yg ngga jantan, kasih kajian dan tuduhan tapi ngga mau memperlihatkan batang hidung….

    • hm…oh begitu ternyata ya..banyak postingan di hapus..hmm ane jadi tahu deh…

  52. BUAT SI:
    uut, on Januari 24, 2011 at 2:44 am said:

    Tipu Muslihat Abu Salafy Cs (bag 3), “Tuduhan Ustadz Abu Salafy Bahwasanya Ibnu Taimiyyah Mencela Ali dan Umar”
    Apa Anda mau tau kebohongan dan kesesatan si anak tay miah itu, silahkan masuk ke sini bos:

    http://ibnutaymiah.wordpress.com/2007/06/18/jihad-imam-ali-ra-tidak-ada-nilanya/

    Pasti mata Anda dibuat terbe-lalak menyakisakan seribu satu bukti penyimpangannya Syeikh kesayangan utsdz firanda al wahabi an najdi!
    Janga takut ya… kalia pasti diedel-edel di situ!!!!
    Siapkan jantung kamu, jangan sampai putus nanti menyaksikan imam kamu dibantai habis di situ!!!

    • @atasku
      udah baca ini blm mas : http://syaikhulislam.wordpress.com/
      silahkan dibaca juga, dan silahkan terbelalak juga. :wink:

    • ikhwah semua…saya merasa sangat prihatin membaca beberapa komentar-komentar di sini….
      saya paham semua merasa sebagai seorang mukmin dan ahlussunnah…dan merasa perlu membela pemahamannya. tapi ingatlah sabda Rasulullah yang kita cintai shalallahu’alayhi wa sallam:
      من كان يؤمن بالله واليوم الأخر فاليقل خيرا أو ليصمت
      dan jika benar kita ASWAJA, mengaku mencintai Rasulullah, maka taatilah sabdanya…jika ada kalimat yang baik mengapa pilih kata-kata yang buruk. jadi tolonglah pilih kata-kata yang baik, yang menggambarkan niat yang lurus untuk mencari kebenaran.
      semoga Allah membuka hati kita semua kepada kebenaran.
      Balas

  53. buat si jahil bin majhul yang pakai nama: idris affandi
    ente kalau mau pamer “kepandaian” jangan di sini!!!
    wallahi ente buat malu kita sebagai manusia aja di hadapan bintang yang sering kita katai bahlol.. eh ternyata di kalangan manusia ada pula yang percis mereka

  54. Assalamualaikum Abu Salafy,

    Untuk mencegah fitnah, yang mana berdakwah harus terang2 an tidak dengan sembunyi2 apalagi sembunyi dengan memakai nama samaran. Seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam berdakwah.
    Bisa tolong utk ustd Abu Salafy menampakkan diri sebagaimana ustd Firanda (wajah dan kajiannya ada di internet). agar kita tahu wajah dan kajian2nya ustd Abu Salafy, jadi jelas manhaj dari ustd Abu Salafy.

  55. Tambahan info:

    Ternyata pembuat blog ABU SALAFY (SALAFY TOBAT) itu pemuja setan (SATANIC) dari malaysia (Anti wahabi abusalafy.wordpress.com l0rd666@ymail.com 64.255.180.94 Submitted on 2009/11/28 at 5:31pm) sebagai bukti. http://salafyindependent.wordpress.c…lis-sufisyiah/

    BERHATI HATILAH DENGAN PEMILIK BLOG ABU SALAFY

    TERNYATA ORANG ATHEIS DARI MALAYSIA
    PEMUJA SETAN ANTEK ZIONIS TERNYATA AHLU PAGAN

    DI TUGASI DARI GEREJA SETAN 666 SIMBOL

    akh ternyata pemilik blog abu salafy di bloknya mengunakan email palsu

    TERTERA DI BLOKNYA MENGGUNAKAN EMAIL PALSU

    ABU.SALAFY@YAHOO.COM

    CEK http://abusalafy.wordpress.com/diskusi-tamu/

    • ustadz Firanda hanya takut orang2 terkena syubhat abu salafi. Kalo berurusan sama orang ini langsung gw juga males. mending langsung geret ke pengadilan

  56. @abu salafy:koq hanya muawwiyah yg disalahkan??? bukankah Ummul mu’minin Aisyah Radiallahu anha juga bersama muawiyyah dalam menuntut qishas terhadap pembunuh khalifahUtsman bin affan???

  57. kalo pemilik blog ini merasa benar kenapa harus menyembunyikkan identitas..????????

  58. dikit2 wahabi, dikit2 wahabi…. cape deh. tulisan ini kebanyakan ngeledeknya sampe males bacanya

  59. Hai SBY jika tidak mampu membantah dalil kang abu ya tobat saja dan kembali ke jalan Allah… tidak usah menudh-nuduh seperti itu.. nanti malah ketauan kobodohannya

  60. @dufal, on Januari 27, 2011 at 1:41 pm said:
    emangnya muawiyah menuntut qishas atas pembunuhan sayidina utsman? diakan memberontak karena ingin jabatan khalifah….. apakah ada riwayat setelah muawiyah jadi khalifah dia menangkap / mengadili para pembunuh sayidina utsman ?

  61. @abu habib, on Januari 28, 2011 at 3:15 am said:

    kalo pemilik blog ini merasa benar kenapa harus menyembunyikkan identitas..????????
    =====================

    kalo salafy/wahaby merasa benar kenapa salafy/wahaby ga pernah menjawab pokok permasalahan dari artikel? kita sebagai pengunjung blog sama2 ingin belajar

  62. afwan, ana sbg org yg awam ga tau mana yg bener mana yg salah, mau menyarankan berdebat boleh asal jgn mengumpat dgn kata2 kotor dn tdk sopan..

    ana liat kok pendukung ust abu salafy ini banyak mengumpatnya ya.. bukankah ciri2 ahlussunnah itu berakhlak sebagaimana Nabiyullah SAW.. klo ngelihat komen2 ini kyknya kok pendukung ust firanda yg beneran ahlussunnahnya ya..

    • ahahahah, ente awam.. jangan menilai dulu. anda seharusnya tanya. kenapa disini komennya banyak yang “ngawur”. karena…. disini SANGAT FAIR.. apapun komennya masuk semua. TIDAK SEPERTI DI FIRANDA.COM YANG HANYA MENAMPILKAN KOMENT YANG BERSEFAHAM DENGANNYA. DIA TIDAK MAU DIDEBAT. DIA TERLALU CIUT NYALINYA UNTUK MELADENI KOMENTAR-KOMENTAR YANG TAK SEPAHAM. TIDAK SEPERTI BLOG INI, SANGAT FAIR.. APAPUN KOMENTANYA SILAHKAN MASUK. HAHAHAHA
      jadi, anda awam, sebaiknya bertanya dan JANGAN MENILAI. TERIMAKASIH

  63. Bagaimana bisa mempercayai orang yang tidak berani menampakan dirinya…??? tujukan jatidirimu abu sarafi..!
    adakah Ulama ahlussunnah yg mencaci Shahabat mu’awiyah radliallahuanhu..?
    justru ente lah yg kebakaran jenggot saat wajah Syi’ah ente di buka Ust. Firanda.
    krn ente takut ditinggalkan pendukung ente yg
    ” mengaku.” ahlussunnah dan berbalik menghujat ente, Syi’ah yg mengaku Ahlussunnah. yg mengaku-ngaku cinta ahlul bait.
    bila ente katakan
    انظر إلى ما قال ولا تنظر إلى من قال

    Perhatikan apa yang dikatakan dan jangan melihat siapa yang berbicara!

    bagaimana memperhatikan perkataan orang yg tidak jelas jati dirinya….? hanya seorang penakut sejati yg takut menunjukan jatidirnya.
    bagaimana Ust. Syi’ah..?

    • kalo saya sih cukup yang diperhatikan itu omongannya…

      betul kata pepatah yang anda kutip

      انظر إلى ما قال ولا تنظر إلى من قال

      Perhatikan apa yang dikatakan dan jangan melihat siapa yang berbicara!

      • kalo identitasnya jelas tapi omongannya sampah lalu apa guna ya?

      • lha makanya yang bicara itu siapa? abu salapi itu siapa? siapakah dia itu jahil? itu maksud dari siapa yg berbicara? kalau firanda dah jelas orangnya/batang hidungnya jelas tapi kalau yg menghina wahabby tu mana orangnya????? kamu kok gak faham2 sih? orangnya jadi2an kok kamu pegang omongannya? itu namanya aneh!

      • Ngapain sih sampeyan nafsu banged pengen tahu siapa ustad abu salafy. Coba ente jalan di mal atau pasar apa ente kenal sama semua orang. Tiap pagi ada orang lewat juga gak masalah kan. Misal ada kucing yang kelaparan past ente kasih makan juga. Terus yang jadi masalah itu apa

      • masalah, dong itu si abu salafy perisi kayak maling lempar batu sembunyi tangan

      • ngomong masalah dunia aja dalam kehidupan sehari2nya harus jelas siapa, dari mana, apakagi akhirat.

  64. @ awam

    Ustad Firanda dan pendukungnya itu bukan Ahlussunah mas, mereka itu bermazhab Wahabi-Salafi. Jelas beda banget. Kalo Wahabi-Salafi imamnya adalah Ibnu Taimiyyah/ Muhammad bin Abdul Wahab. Sedangkan imam-imam Ahlussunnah adalah Imam Hambali, Imam Maliki, Imam Hanafi dan Imam Syafii.

    Kalo bicara jantan atau tidak jantan, sudah terbukti ustad Abu Salafi sangat jantan. Buktinya? Beliau berani menampilkan komentar wahabiyyun-salfiyyun yang jelas-jelas sangat kontra dengannya. Dan terbukti pula ustad Firanda sangat tidak jantan. Buktinya? Beliau tidak berani menampilkan komentar-komentar yang kontra di blognya. Yang dia tampilkan cuma komentar para pendukungnya. Gini kok nantang2 ngajak bertemu muka segala. Lagipula di sini kan forum diskusi ilmiah bukan dunia preman. Ketinggalan jaman deh kalo masih suka nantang2 kayak gitu.

  65. @abah zahra:
    Abah Zahra menulis :
    kalo salafy/wahaby merasa benar kenapa salafy/wahaby ga pernah menjawab pokok permasalahan dari artikel? kita sebagai pengunjung blog sama2 ingin belajar

    Apa benar demikian salafy tidak menjawab pokok permasalahan??
    Kalau anda orang yang berpendidikan pasti mengetahui sebenarnya siapa yang tidak menjawab pokok permasalahan. Malah lari kesana kesini. Contohnya ustad abu salafy ini yang sampai saat ini tidak dapat membantah tulisan ustad firanda di http://www.firanda.com/index.php/home/31/76-mengungkap-tipu-muslihat-abu-salafy-cs.Malah lari ke mana-mana. tidak terarah. satu pokok bahasan belum diselesaikan ke bahasan yang lain.

  66. klo seandainya antum merasa benar (abu salafy) kenapa harus takut untuk berdialog langsung,hanya dengan alasan yang kurang ilmiah spt diatas..adakah Ahlussunah pada zaman dulu yang pengecut ketika diajak berdialog??

  67. @awam: ” sudah terbukti ustad Abu Salafi sangat jantan. “….???
    masih lebih jantan bencong taman lawang mas…mereka masih berani keluar menunjukan dirinya..:) ketemu utk diskusi ilmiah koq dibilang preman…? preman itu identik dg kriminil mas, dan pelaku kriminal biasa nya bersembunyi, gak berani keluar krn takut ketangkap aparat…:)

    • putu
      anda cuma bisa koar-koar , kalo anda jantan dan memang punya Ilmu bantah oleh anda saja tulisan abu salafi ini ga usah ngadu orang , ente sendiri aja hadapi abu salafi kalo memang ente pun lebih jantan dari bencong taman lawang ?

      • yap mas,…mesti nya…
        lanjut kang…

      • he….he…..mas Syahid ……jantan maksudnya apa ini ? urusan pemahaman kok jadi “jantan2 an ” sih ????? ketemu di Monas aja tgl 15 besok kalau benar2 JANTAN……

      • heheheheh.. sampeyan iki piyye tho..!!

        org yg diminta nongol-nya ora wani nongol..???

        lagian koq ente mau2-an berguru pd makhluq “MAJHUL” ?

        Nti yg didapet ‘ilmu majhul” dweh..??

        cara istinbath hukumnye aje majhul..
        cara nukil pendapat juga majhul (yg shohih ga pernah membelak-belok-an arti, mas)..
        ngambil riwayat dgn sanad2 yg majhul (klo kesinggung disebut ga punya sanad..)
        jangan2 die, ILAH-nye MAJHUL juge bro..??

  68. @ahmadsyahid: mungkin ilmu ane blm bnyk ky ente..:) udah brp kali ane tanggapin/ bantah tulisan ust. ente ini kl ente ngikutin tulisan2ny. kalo gak bisa jawab suka keluar dr topik, justru skrng ust. ente nuduh ust. firanda suka ngalihin topik…aneh emang ust, ente ini.
    skrng buktiin aj..ust, ente ini berani gak nunjukin jati diriny..? hati2 ente tipuan begundal2 Syi’ah yg lg berkembang / berkeliaran di indonesia manfaatin perbedaan pemahaman dg mendompleng nama Ahlussunnah.

  69. Haha … Wahabi-wahabi buat apa ketemu .. Mau adu kelahi ya ..
    Kalau mau adu hujjah dan dalil ga perlu berhadap-hadapan …
    Lagipula mau apa … Kalo ketemuan juga dalil dan hujjah ga bakalan nambah .. Malah saling emosi jadinya …

  70. aku mendukungmu 100% saudara abu salafy.

    aku jg pengen beli buku terbitan abu salafy ah, biar lebih jelas terungkap kebusukan wahaby.

    __________
    Abu Salafy

    Matur nuwun

    • begini saja untuk menuntaskan polemik sekarang, berani gak abu salafy nantang ustad firanda untuk mubahalah. biar ketahuan siapa yang aqidah,manhajnya yang benar. seperti dulu yang di lakukan oleh ulama ahlusunnah mengajak mubahalah mirza gulam ahmad, akhirnya mirza yang mati secara mengenaskan,karena memang ajarannya sesat. kalo abu salafi merasa paling berani, segera ajak ustad firanda untuk melakukan mubahalah tsbt dan harus di saksikan o banyak orang,jika perlu disyuting.

  71. Kulitin sampai tuntas penyimpangan Wahaby/Salafy p’ Abu Salafi……………

  72. Penganut Wahabisme itu sangat lucu-lucu, maklum orang awam terkena virus wahabi, ya udah jadinya lucu-lucu. Kasihan ya, sudah gitu yang dianut aqidah TRINITAS yaitu TAUHID TIGA. Lha aqidah TAUIHID TIGA ini kan bid’ah dholalah kok dijadikan pijakan dalam bertauhid. Sudah gitu merasa sebagai kaum yg paling bertauhid, na’udzubillah….

    Ustadz Abu Salafy, tolong sekali-sekali dikupas tuntas masalah Tauhid tiga Wahabisme. Sebab pembagian ini tidak pernah ada pada Zaman Nabi Saw, Sahabat dan masa-masa mutaqaddimin. Juga efek samping dari TAUHID TIGA adalah gampang menuduh kafir musyrik kepada kaum muslimin.

    Kira-kira kalau yg bahas tema TAUHID TIGA ini Blog Abu Salafy insyaallah akan menjadi rujukan MUI dalam mengambil keputusan atas kesesatan Sekte Wahabi. Syukron….

  73. @ putu
    terus lu kalo udah ketemu abusalafy mau ngapain ? berantem? paling juga mau debat doang kan ? ya udah lewat tulisan aja… sama aja kan…? toh ujung2nya adu statement kan ? kalo misal abusalafy itu emang syiah, terus kenapa? yang penting yang diomongin bener apa nggak.
    gue heran sama orang2 salafy, semakin belajar semakin keliatan “gobloknya”. he, salafy lu tau gak kalo gerakan salafi adalah “peluru gratisannya yahudi” ? lu tau gak kalo lu udah bertasyabuh secara karakter dengan bani israil? tau dimana letak tasyabuhnyA ? merasa benar sendiri, merasa menang sendiri. lu boleh aja bergamis diatas mata kaki , boleh aja berjenggot, boleh aja beratribut sunah2 yang lain, tapi kalo lu punya karakter kaya bani israil, tetep aja namanya bertasyabuh dengan bani israil. itu juga kalo lu mau mikir.

  74. @ putu
    setelah gua cermati. lu emang goblok ! udahlah gak usah ikut2 komen ntar makin keliatan gobloknya..

  75. Salam.
    ana pecinta nabi dan keluarganya, juga ana mencintai sahabat nabi yang setia, tidak munafik. Demi Allah ana nyatakan disini, ana mengajak bermubahalah dengan ust. firanda atau siapapun anda yang berfaham wahabi, tentang siapa keyakinannya yang benar, kalo bisa disaksikan oleh semua yang mau menyaksikan.
    ana tinggal dikarawang, komplek galuh mas dekat RSU. ini no telpon ana 0267419092.

    • antum belajar agama dimana akhi sdh hafal al qur”an atw msih mengeja sdh pernah buka sahih bukhari muslim atw pernah baa kitab2nya Imam Syafii jgn antum sombong gitu nanti antum seperti ghulam ahmad

      • percuma yk. udah sering dari kami begitu. mereka kabur.. qiqiqiqi

  76. ABU SALAFY KEBAKARAN JENGGOT
    bahkan pendukungnya pun ikut terbakar dengan komentar-komentar bodohnya.
    komentar dan link yang saya sampaikan knp gak dberani ditampilkan..?
    takut ketahuan kedoknya ya ustd…?
    jadi begini karakter orang yg “berilmu” yg sok pinter.?

  77. YAA ABAA SALAFY (lebih pantas ganti nama jadi Abu Mubtadi’) BERTAUBATLAH KEPADA ALLAH agar anda benar-benar menjadi ABU SALAFY.

  78. TERNYATA USTAD FIRANDA TAK SEBERANI ABU SALAFY DALAM MENAMPILKAN KOMEN PEMBACA

    Saya lihat di blog Abu Salafy baik komen-komen yang sefaham maupun yang tak sefaham dengan Abu Salafy baik yang bicaranya halus maupun yang kasar tak ilmiah tetap di tampilkan, BEGITU JUGA LINK-LINK TULISAN SALAFY/WAHABI yang dititipkan/atau di tempelkan di blog ini tetap di muat…

    Hal ini tidak saya dapatkan di blog-blog atau situs salafy yang mensensor keras komen atau link yang bertentangan dengan mereka apalagi yang membantah argumentasi mereka..

    contohnya saya 3 kali memberi komen di blog/situs Ustad Firanda pada Pada Artikelnya yang membahas masalah jarah dan takdil… disitu saya sisipkan artikel Ibnu Jakfari yang berhubungan erat tentang tema yang di bahas… sampai tiga kali saya postingkan tetap saja USTAD FIRANDA TIDAK MENAMPILKAN KOMEN SAYA… silahkan periksa di blog/situsnya disini…

    http://www.firanda.com/index.php/artikel/manhaj/95-praktek-jarh-wa-tadiil-membutuhkan-taqwa-dan-waro

    DIBAWAH INI SAYA TAMPILKAN KOMEN SAYA YANG TIDAK DITAMPILKAN OLEH USTAD FIRANDA.

    KOMEN PERTAMA (TIDAK DITAMPILKAN)

    Ustad terkait kajian antum diatas tolong artikel Ibnu Jakfari ini antum tanggapi syukron:

    Ulama Ahlusunnah Saling Cacat-Mencacat 1

    http://jakfari.wordpress.com/2008/05/07/ulama-ahlusunnah-saling-catat-mencacat/

    ulama Ahlusunnah Saling Catat-Mencacat 2

    http://jakfari.wordpress.com/2010/08/25/ulama-ahlusunnah-saling-catat-mencacat-2-3/

    _____________________

    KOMEN KEDUA (TIDAK DITAMPILKAN)

    Ustad Firanda Kenapa Komen saya kok belum ditampilkan dan di tanggapi?
    dibawah ini saya copas lagi komen saya…

    ______________

    Ustad terkait kajian antum diatas tolong artikel Ibnu Jakfari ini antum tanggapi syukron:

    Ulama Ahlusunnah Saling Cacat-Mencacat 1

    http://jakfari.wordpress.com/2008/05/07/ulama-ahlusunnah-saling-catat-mencacat/

    lama Ahlusunnah Saling Catat-Mencacat 2

    http://jakfari.wordpress.com/2010/08/25/ulama-ahlusunnah-saling-catat-mencacat-2-3/

    14/1/2011

    ____________________________

    KOMEN KETIGA (TIDAK DITAMPILKAN)

    Ustad Firanda yth
    Selama menunggu ditampilkannya komen saya tempo hari,
    tolong tulisan blog Ibnu Jakfari yang terkait tulisan diatas juga ditanggapi, untuk perbandingan

    Imam Bukhari dan Perawi Pencaci-Maki Sahabat Nabi saw.!! (1)

    http://jakfari.wordpress.com/2009/11/30/imam-bukhari-mengandalkan-para-pembenci-imam-ali-as-dalam-menimba-informasi-agama-1/

    Imam Bukhari dan Perawi Pencaci-Maki Sahabat Nabi saw.!! (2)

    http://jakfari.wordpress.com/2009/12/15/imam-bukhari-mengandalkan-para-pembenci-sahabat-nabi-saw-2/

    Imam Bukhari dan Perawi Pencaci-Maki Sahabat Nabi saw.!! (3)

    http://jakfari.wordpress.com/2009/12/15/imam-bukhari-mengandalkan-para-pembenci-sahabat-nabi-saw-3/

    Syukron!

    • @Solihin

      Mas Solihin nggak usah kaget en nggak usah heran, begitulah salafi/wahabi dan blog2 nya sangat pengecut sekali…. tidak berani menampilkan komen2 orang yang tidak sependapat dengan mereka

      kalo sekaliber ustad firanda saja tidak berani, lalu gimana dengan kerocok-kerocok nya ya?!

    • ooooo begitu ya….. kalo gitu males ah mau buka-buka blog nya wahabiyyun

  79. situs penuh kedustaan begini kok masih ada saja yang bilang bagus? kelak kita akan mengetahui siapa orang-orang yang benar dan siapa yang dusta. Semoga Alloh melaknat orang-orang yang berdusta.

  80. Ya Alloh kami memohon kepadaMu hidayah untuk bisa menerima kebenaran dan berpegang teguh di atas kebenaran itu…..jagalah Ust Firanda -rohmatulloh ‘alaih- dan berkahilah ilmu beliau, dan berilah hidayahMu kepada kami dan kepada Ust Abu Salafy -rohmatulloh ‘alaih-…Dan tanamkanlah kecintaan di hati kami kepada para sahabat Nabi kepada Abu Bakr, Umar, Utsman, Ali, Al Hasan dan Al Husain, dan Mu’awiyah bin Abi Sufyan rodhiyallohu ‘anhum wa ardhoohum….Dan kumpulkanlah kami kelak di surgaMu bersama para Ulama kami, bersama Imam Syafi’i, Imam Ahmad, Al Hafidz Ibnu Hajar, Imam Nawawi, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, Ibnul Qoyyim, Imam Adz Dzahabi, Imam As Subki, Imam Ibnu Rojab Al Hambali dan para ulama yang semisal mereka…dan hilangkanlah kedengkian dan hasad dalam hati kami….Innaka ‘alaa kulli syaiin qodiiir…Ya arhamar roohimin..

  81. Assalamu’alaikum….1)Ustadz, di kitab Taqribut Tahdzib dan kitab Al Ishobah fii Tamyiz Ash Shohabah karya Al Hafidz Ibnu Hajar Asy Syafi’i -rohimahulloh- disebutkan kalo Mu’awiyah bin Abi Sufyan termasuk sahabat Nabi yang mulia bukan orang munafik seperti yang Ustadz tuduhkan….coba Ustadz teliti lagi barangkali saya salah baca…kenapa kita justru mencela sahabat Nabi dan menuduh munafik…bukankah Rosul bersabda “Laa Tashubbuu Ashhaabii” artinya “Janganlah kalian mencela para sahabatku” atau yang semakna….2) Jika dikatakan sahabat Mu’awiyah memiliki kesalahan-kesalahan, maka kita pun tidak mengingkarinya karena beliau pun manusia. Tetapi kesalahan-kesalahan beliau telah dimaafkan oleh Alloh -insyaAlloh- karena itu pun berasal dari ijtihad beliau dan kesalahan-kesalahan beliau tenggelam dalam keutamaan yang beliau dapatkan karena termasuk sahabat Nabi yang mulia (ayat-ayat dan hadits ttg keutamaan sahabat kan banyak)…3) Ustadz, yang pernah saya baca di kitab-kitab Aqidah Ahlus Sunnah, Kita harus menjaga lisan-lisan kita terhadap perselisihan yang terjadi di antara para sahabat, mereka semua mujtahid sehingga diberi pahala oleh Allah atas ijtihad mereka…Tidak boleh mencela salah seorang dari mereka (para sahabat)….apakah saya salah Ustadz, mohon dikoreksi….Semoga Alloh merohmati kita dan memberikan hidayahNya pada kita…amin

    Abu Salafy:

    Yang mengatakan Mu’awiyah Cs itu munafik bukan saya bung… tapi banyak sahabat Nabi dan tabi’in bil ihsan, seperti sayyiduna Ammar bin Yasir dkk.
    jadi kalau mau jadi salafi sejati ya ikuti pendapat dan keyakinan Ammar dkk.

    • Abu Salafy:
      Yang mengatakan Mu’awiyah Cs itu munafik bukan saya bung… tapi banyak sahabat Nabi dan tabi’in bil ihsan, seperti sayyiduna Ammar bin Yasir dkk.
      jadi kalau mau jadi salafi sejati ya ikuti pendapat dan keyakinan Ammar dkk.

      Ben Nashr : Kalo boleh dikitab mana yang mengatakan Ammar bin Yasir dkk mencela Muawiyah …

  82. makin jelas status SYI’AH abu salafy dan pendukungnya ini.
    blog Syi’ah pun dijadikan referensi.
    (silahkan buka link diatas.)
    masihkah anda2 yg mengaku AhlusSunnah mendukung abu salafy…?

  83. agama islam ini akan tetap dijaga oleh allah di kota tauhid maka supaa tidaksalah ara antum neragama belajar mekkah n madinah mas atau sama ustad2 yg yang menimba ilmu disana

  84. wong goblok vs orang bodoh

  85. …………….كل حزب بما لديهم فرحون

    Shodaqallahu wa rosuuluhu

    • Tolong nt sebutkan disini difinisi menurut nt punya Imam nt yg paling top tentag difinisi hizb itu? hizb menurut al Qur’an itu dan contoh2nya di zaman nabi saw…. dan bedanya dengan hizb yg nt aksud sekarang…

      kalo baca alQur’an jangan seperti khowarij hanya sampai di kerongkongan saja!

      Terus kalo dinasti kerajaan seperti pujaan ente kerajaan dholim muawiyah bin abi sufyan dan dan kerajaan Saudi itu gimana menurut qur’an hadis? APA TIDAK BID’AH YANG BESAR?

      kalo nggak faham agama lebih baik diam biar selamat

  86. Assalamualaikum

    saya tidak mendukung salah satu semoga Allah memberikan hidayah dan mengetahui yang benar yang mana sebelum kita masuk ke liang lahat amin,

    minimal saya tahu gimana suara dan wajah ustadz firanda di situ ini siapa abu salafy apakah sebuah team masalahnya ada tulisan “kami” atau memang sendiri seperti pepatah tidak kenal berarti tidak sayang gimana saya bisa membela abu salafy sedang wajah dan suaranya

    terima kasih

  87. apa salahnya klo sesama muslim bertemu.bukan kah itu termasuk silaturahmi..dia menyebut orang lain pengecut !!!lalu menurut kalian-kalian siapa yang pengecut…! siap yang benar-benar ber ilmu dan siapa yang hanya menyontek artikel-artikel lain sudah jelas…

  88. Setelah ana perhatikan hujjah2 dari abu salafy majhul dan ustadz firanda, saya melihat bahwa si majhul ini aqidahnya gado2, hujjahnya lemah spt sarang laba2, klo antum memang benar, mubahalah saja dengan ustadz firanda kalau berani……

  89. Apa yang diucapkan oleh lidah juga dihisab oleh Allah sebagaimana amalan, lantas kenapa kita begitu berhati-hati dalam beramal namun tidak berhati-hati dalam berucap?
     Bukankah lidah lebih cepat beraktifitas dibandingkan amalan? dalam satu menit terlalu banyak kata yang bisa dilontarkan oleh lidah, sedangkan amalan terbatas ruang geraknya

     Bukankah lidah bisa menyakiti orang yang sedang hidup maupun yang telah lama meninggal dunia bahkan para ulama (dengan mengghibah mereka)? adapun amalan hanya bisa menyakiti orang yang masih hidup?

     Bukankah lidah bisa menyakiti orang yang tidak dihadapannya bahkan berada di tempat yang jauh di ujung dunia, sementara amalan hanya bisa menyakiti orang yang dihadapannya?

     Bukankah lisan merupakan salah satu sebab terbesar yang menjerumuskan orang dalam api neraka?
    Lantas kenapa kita bisa berpikir dan berhati-hati tatkala bertindak sementara tidak berfikir dan berhati-hati dalam berucap?
    Fa’tabiruu yaa ulil abshor…

  90. Assalamu’alaikum,.
    Bpak Abu Salafy,.. sya mencintai bpak sebagai seorang muslim,. sya adlh pemuda yg br sja memulai bljr Islam,.. sya hnya ingin adnya keihklasan, kejujuran, dan sifat amanah yg ada pd diri seorang da’i ilallah,.. sya mencintai bapak sebgai seorang da’i yg mau menghabiskan umurnya utk mengkaji kalamullah dan sunnah rosullullah utk kemudian dismpaikan kpd saudar2 muslim yg lain,.. saya memohon smoga ini smua Ikhlas krn Allah dan benar2 brtujuan untk mengembalikan ummat kpd kehidupan beragama yang sesuai dngn kehidupan beragamanya Rosullullah dan para sahabatnya,..

  91. pembaca! gampangnya nih menilai ustad salafy atau firanda siapa yg mengajak menuju kebenaran (surga) dan siapa mengajak kesesatan (neraka) ….. akal sehat kita mengatakan ustad firanda lah yg mengajak menuju kebenaran (surga) dalilnya jelas shahih dan gamblang, orangnya jelas, manhajnya jelas … sementara ustad salafy orangnya tdk jelas, manhaj tdk jelas ? yg keluar hanya mengumpat wahaby ini wahaby itu ,lebih gila lagi mengkafirkan segala. Jujur saya katakan ustad firanda banyak mengomentari pendapat abu salafy krn tdk ingin banyak orang awam yg tersesat dan utk rekan yg masih terkena subhatnya abu salafy belajarlah kembali baca pendapatnya ustad firanda jg dilandasi rasa benci dulu krn itu bisikannya setan.

    • beberapa indikator dalam menilai tingkat keimanan dan kedalamam ilmu seseorang adalah “kesantunannya” dalam menyampaikan pendapat. mari kita liat juga websitenya ustdz firanda. nilailah secara subyektif. wallahu a’lam..!

  92. Kepada ikhwah sekalian hendaklah berhati-hati dalam berkata. Karena yang paling banyak menjerumuskan manusia ke dalam api neraka adalah sebab lisannya…Wallohua’lam…Jazaakumullohu khoiran…

  93. Kita harus pahami bersama bahwa suburnya Gerakan salafi wahabi diberbagai negara adalah disebabkan oleh pendirian mereka yang meyakini bahwa HARAM HUKUMNYA MENJATUHKAN SEORANG PEMIMPIN YANG MUSLIM DALAM SUATU NEGARA WALAUPUN DIA ZOLIM…itulah yang menjadikan pergerakan mereka dinegara ini sangat didukung oleh pemerintah….jadi jelas bila ada pemerintah yang dekat2 sama kaum salafi wahabi maka sudah pasti dia zolim….

  94. Sudahkah Anda tau…kalau Ust.Firanda yang kalian puja-puja tersebut ..adalah seorang pendusta atau Khazab….Coba kita lihat disini” http://www.salafybpp.com/fataawa/106-dusta-firanda-ditengah-badai-fitnah-yang-sedang-melanda-bag3.html

  95. Bagaimana jadi para anak murid……dari Ustad Firanda Khazab..ini….Kalau Ustad Pendusta….maka bisa jadi….maka pendukung dan murid-murid..bakalan menjadi penipu…dan akan menipu umat ini..dengan atas nama Agama…alias memalsukan dan memperkosa dalil-dali Agama untuk membenarkan paham Wahabi yang memmakai lebel Salafi…..Diharapkan kita dan ahli keluarga berhati-hati dengan tipu daya dan muslihat dari para pendusta dan para penipu ini…..!!!!!

    • Yang berdusta itu siapa pak,..yang suka memotong-motong penjelasan para ulama siapa pak? yang menggunakan hadits-hadits dhaif untuk menunjang pendapatnya juga siapa pak?. Berkaca dululah,..Ta’ashub dan taqlid hanya akan menjerumuskan anda sendiri dari al haq…

    • subhanallah…..

      ternyata USTD. FIRANDA sudah dicap MENYEBARKAN KEDUSTAAN, KEFAJURAN dan KEJAHANAT. yang tentunya dicap oleh sayikh salafy sendiri dari kota nabi, MADINAH, Syaikh Abdullah Bin Abdurrahim Al-Bukhari Hafizhahullah Ta’ala.,,, Subhanallah….

      ternyata yang ngaku dan berani mengambil posisi ORANG YANG TIDAK MAJHUL KEBERADAANYA MALAH SEBAGAI PENDUSTA…. subhanallah…. ini bukan DHOIF LAGI…. TETAPI MUNKAR….. RIWAYATNYA ADALAH MUNKAR…

    • @Wak Gimin
      Kalo rajin buka-buka situs ustad Firanda, sdh ada penjelasan dari beliau ttg masalah tsb, hrs tuntas dan benar rujukannya, jgn sepotong-sepetong spt abu salapi ini…

  96. bismillah..
    hati ni trasa amat sesak liat bgtu bnyk org yg diskusi hnya tuk menang2an, smpe brani bo’ong atas nama ulama kaum muslimin & kitab2na.
    tdk takutkah bl nanti anda wahai bapak/ibu abu salafy (entah anda it bner2 ada ato cm samaran, yg jelas Allah mlht styp kata yg Anda tulis).
    d dunia anda blh tak terlihat & smbnyi dmi brkata sebebas2na, tp d akhirat tiada yg trsmbnyi.
    d dunia blh aja anda mnisbatkan pd ulama2 yg sesuai dg kebutuhan karna mreka sdh wafat dan tak bs mlakukan apa2, tp nanti mreka akan mnuntut atas keharuman namany yg km pinjam tuk kejahatan.
    antum jahat..
    smg ada pihak netral baik dr polisi maupun kominfo tuk mnylidiki syp pemilik situs abu salafy ini, dan bs dlakukan diskusi dg ringan dan damai brsama ust firanda.
    klu tdk brani jg tdk apa2, asal mau brtobat dan diumumkan.
    bgtu bnyk org (baik dr pihak ahlusunnah maupun pihak abu salafy ini) yg pngin tau bgmn muka & ekspresi antum ktika diskusi.
    karna pandangan mata yg khianat dan yg jujur sangatlah jelas brbeda.
    wallahua’lam

  97. andai apa yg anda tulis ni dibukukan, sy ga yakin anda brsedia diundang tuk seminar ato bedah buku??
    bgmn bl salah satu yg datang di acara bedah buku itu trnyta ustadz firanda sndiri yg antum lempar batu smbunyi tangan??
    lalu dia brtanya dg santai sdgkn anda keringatan tak sanggup mnjawab??
    pdhl ini baru d dunia.
    sayang, anda cm tokoh fiktif.

  98. Kerusakan di BLOG ini silahkan Tanggu akibatnya di Akherat.

  99. Wak Gimin, on Februari 28, 2011 at 12:25 pm said:

    Sudahkah Anda tau…kalau Ust.Firanda yang kalian puja-puja tersebut ..adalah seorang pendusta atau Khazab….Coba kita lihat disini” http://www.salafybpp.com/fataawa/106-dusta-firanda-ditengah-badai-fitnah-yang-sedang-melanda-bag3.html

    @ ustadz abusalafy
    antum buang2 waktu diskusi sama ustadz firanda..
    dia sendiri dicap pendusta oleh Syekhnya sendiri..
    Kalau bisa antum diskusinya sama Syekhnya aja langsung…. he…he…

  100. pokoknya kalau yang ngomong wahabi udah banyak yang nggak percaya
    karena ulahnya sendiri

  101. gimin…gimin..khazab koq teriak khazab…:)
    abu salafy sdh ditelanjangi komentarny ngawur gak jelas…kasihan. disinyalir para pendukung abu salafy budak2 syia’h. koq msh ngaku aswaja…kasihan.
    kl aswaja baca artikel ust. firanda http://www.firanda.com/index.php/artikel/31/129
    pasti ngerti siapa itu abu salafy sebenarnya.
    mudah2an komentar saya ditampilkan nih sm yg punya blog..:)

  102. kayaknya abu salafi nggak menampakkan jati dirinya biar nggak riak nggak sombong nggak sok pinter nggak sok bener ,aku salut sama orang spt dia .itu ciri 2 orang ihlas .teruslah berdakwah abu salafy….semoga rahmatNYA selalu bersamamu.

    • amiiin……. teruslah berdakwah melalui media ini…. abu salafy ga perlu ladenin untuk bertatap muka langsung dengan firanda….. teruslah menjadi orang yang rendah hati…..

  103. salam untuk para pembaca semua….ana mau tanya apakah antum semua kenal dengan ust Firanda..? kalau ada yang berpendapat beliau pembohong atau tidak mencintai ahlul bait…itu bohong besar dan tuduhan yang tidak berdasar…..
    dan untuk abu salafy….juga konco2nya…saya ingin tanya apa mootipasi anda ? apakah ingin menjerumuskan umat kpda kegelapan seperti pada masa jahiliah….apakah anda tidak berani bertemu langsung dengan beliau (ust firanda)….saya faham kenapa beliau menanggapi artikel anda (abu salafy) karna beliau takut akan banyak orang awam yang terjerumus….karna tulisan anda… smoga ALLAH membuka kedok kalian ….

  104. ass wrwb
    wak gimin to situs gaaaak bisa d buka aku ikut
    meramaikan juga situs wak gimin kayaknya menarik

  105. Abu salafy : when and where can i find Ust. Firanda, as you know to shut s1 mouth up, u have to meet the person for doin s’thin like Shhabat Umar said to Quraisy musyrikin : ” any one of you want your wife become a widower and your children become alone without father”??, give me his address or his phne number i like to visit him or her

    • yes i understand if you want address or phone number, i give you my friend. this:
      home: JL. Hutan Belantara Kav. 5A.
      Kecamatan Wanghabrot, Kelurahan Sawah Bego
      Rt. 002 Rw: 007 Roger More
      New Jenggotrawi – West Jakarta
      Mobile number : +6287654321007 i am James Bond
      regard and thank

  106. Keilmuan kan dengan sanad, tulisan Ust Firanda juga jelas siapa penulisnya, kalau di sini saya berasa membaca bualan kosong sampai identitas penulis dijabarkan denggan jelas.

    Akan lebih elok diskusi ini kalau identitas penulis dibuka, ana tunggu.

    Bukan hanya perkataan si Fulan dan si Alan, Si Abu Salafy dan si Salafy Tobat.

  107. awas hati2 jangan ada banyak preman pasar seng jadi ustadddd

  108. yooo kita yang pendukung abu slafy membuat
    komunitas biar lebih keren aku sangat siap
    aku tunggu beritanya oh ya lupa
    kita menggunakan kaos bertulkan ABU SALAFY MEMANG OYEEEEEEEEEEEE

  109. @Pembaca

    ya beginilah kalau hati sudah tertutup… summun bukmun umyun……

    lha wong Firanda sudah dikatakan pembohong oleh grand master nya salafy, eh dengan membabi anjing tetep mbelai… kata siapa sanadnya firanda jelas? tuliskan jawaban antum kalo firanda ilmunya tersanad sampai Rosulullah, tak tunggu…

    di ma’had Imam Syafi’i as-salafi Jember, Firanda dah dicap PEMBOHONG. gmn ente ngambil faedah sanad pada al-kaddzab? munkar sekali methode antum….

  110. memang keamampuan wahabi tetap aja g bakalan bisa maju paling2 ya kepingin ngerti identtitas
    sing penting ngomongnya nggak mitro nggedebus gito bos seperti kaum wahbi tetep aja yang ungkit2 cuma itu2 aja

  111. Sifat jelek……Wahabi Salafi….kalau giliran nuduh dan memfitnah Muslim lain diluar mereka ….sich…tanpa perasaan berdosa…tapi giliran kelemahan,kebobrokan dan kelakuan jelek Ustadnya di kritisi…maka mereka akan kebakaran jenggot dan ngamuk-ngamuk….!! Wahai para Wahabi yang pakai lebel Salafi yang ada disini….toh sudah jelas link yang diberikan tentang kedustaan Ustad Firanda Khazab tersebut…kalau anda-anda nggak setuju…toh tinggal protes ke yang punya bloq dan juga ke Syeikh Wahabi ..tersebut….! Memangnya kalian fikir ..Firanda itu malaikat….yang sempurna tanpa kemungkinan mempunyai kekurangan….Nuduh orang ghuluw…tapi yang super ghuluw itu adalah pengikut Wahabi Salafi….Kita berlindung dari kaum yang membawa fitnah akhir zaman….!!!

  112. setelah mencermati di blogg ini hendaknya kita semua tdk mjdkn smangkin senangnya syaithon sbg penolong tersebarnya fitnah dari kdua kubu ini smoga kalian takut akan fitnah yg mestinya kita jauhi bukan kita malah masuk ddlmnya>sibukkan dg belajar ilmu ingat setiap yg kita ucapkan tertulis di internet dibaca semua orang baik jahilny jg awamnya kalau subhat2 itu masuk kpd spembaca mk anda terkena dosany,takutlah wahai saudaraku jangan buka pintu syaithon yg sepakat diantara kita dia adlh musuh yg nyata ,berbicara tanpa ilmu dosa yg sangat besar

  113. Mu’awiyah putra Abu Sufyan -salah seorang aimmah kekafiran dan buah kemunafikan yang masih tersisa dan selamat dari tajamnya pedang para sahabat-
    mencela shahabat nabi adalah suatuyang buruk…

  114. nyong,

    banci loe nyong beraninya diweb2 doank. sampah loe nyong…..debat terbuka berani gak loe nyong?

  115. SALAF SOLEH YES SALAF THOLEH NO

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS

    MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 1

    Meluruskan Muawiyah

    http://secondprince.wordpress.com/2008/09/30/meluruskan-muawiyah/

    Diskusi 2

    Sahabat Nabi Yang Menghina Ahlul Bait

    http://secondprince.wordpress.com/2008/10/06/sahabat-nabi-yang-menghina-ahlul-bait/

  116. SALAF SOLEH YES SALAF THOLEH NO

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 3

    Muawiyah dan Mimbar Nabi

    http://secondprince.wordpress.com/2008/11/10/muawiyah-dan-mimbar-nabi/

    Diskusi 4

    Imam Hasan Dan Bani Umayyah Di Mimbar Nabi

    http://secondprince.wordpress.com/2009/08/23/imam-hasan-dan-bani-umayyah-di-mimbar-nabi/

  117. SALAF SOLEH YES SALAF THOLEH NO

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 5

    Kedudukan Hadis “Jika Kamu Melihat Muawiyah Di MimbarKu Maka Bunuhlah Ia”

    http://secondprince.wordpress.com/2009/08/08/kedudukan-hadis-%E2%80%9Cjika-kamu-melihat-muawiyah-di-mimbarku-maka-bunuhlah-ia%E2%80%9D/

    Diskusi 6

    Pembahasan Matan Hadis “Jika Kamu Melihat Muawiyah Di MimbarKu Maka Bunuhlah Ia”.

    http://secondprince.wordpress.com/2009/08/19/pembahasan-matan-hadis-%E2%80%9Cjika-kamu-melihat-muawiyah-di-mimbarku-maka-bunuhlah-ia%E2%80%9D-kami-telah-membahas-mengenai-sanad-hadis-%E2%80%9Cjika-kamu-melihat-muawiyah-di-mimbarku-maka-bunuhla/

    Diskusi 7

    Pembelaan Nashibi Terhadap Muawiyah : Studi Kritis Hadis Tentang Muawiyah

    (hadis “Jika kamu melihat Muawiyah di mimbarKu maka bunuhlah ia”).

    http://secondprince.wordpress.com/2010/01/31/pembelaan-nashibi-terhadap-muawiyah-studi-kritis-hadis-tentang-muawiyah/

  118. SALAF SOLEH YES! SALAF THOLEH NO!

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 8

    Riwayat Muawiyah Mencela Imam Ali AS Adalah Shahih

    http://secondprince.wordpress.com/2009/01/12/riwayat-muawiyah-mencela-imam-ali-as-adalah-shahih/

    Diskusi 9

    Kedudukan Hadis “Ya Allah Ajarkanlah Muawiyah Al Kitab dan Al Hisab”

    http://secondprince.wordpress.com/2009/02/22/kedudukan-hadis-%E2%80%9Cya-allah-ajarkanlah-muawiyah-al-kitab-dan-al-hisab%E2%80%9D/

  119. SALAF SOLEH YES! SALAF THOLEH NO!

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 10

    Hadis Penyimpangan Muawiyah Dalam Shahih Muslim

    http://secondprince.wordpress.com/2009/06/28/hadis-penyimpangan-muawiyah-dalam-shahih-muslim/

    Diskusi 11

    Hadis Penyimpangan Muawiyah Dalam Sunan Abu Dawud

    http://secondprince.wordpress.com/2009/07/30/hadis-penyimpangan-muawiyah-dalam-sunan-abu-dawud/

  120. SALAF SOLEH YES! SALAF THOLEH NO!

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 12

    Hadis Muawiyah Meminum Minuman Yang Haram

    http://secondprince.wordpress.com/2009/07/30/hadis-muawiyah-meminum-minuman-yang-haram/

    Diskusi 13

    Hadis Muawiyah Meminum Minuman Yang Diharamkan : Membantah Syubhat Salafy

    http://secondprince.wordpress.com/2010/11/23/hadis-muawiyah-meminum-minuman-yang-diharamkan-membantah-syubhat-salafy/

  121. SALAF SOLEH YES! SALAF THOLEH NO!

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 14

    Meluruskan Sikap Muawiyah Terhadap Hadis Nabi SAW

    http://secondprince.wordpress.com/2009/07/30/meluruskan-sikap-muawiyah-terhadap-hadis-nabi-saw/

    Diskusi 15

    Keutamaan Penulis Wahyu?

    http://secondprince.wordpress.com/2008/11/16/penulis-wahyu/

  122. SALAF SOLEH YES! SALAF THOLEH NO!

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 16

    Muawiyah Membunuh Sahabat Nabi Hujr bin Adi

    http://secondprince.wordpress.com/2009/07/31/muawiyah-membunuh-sahabat-nabi-hujr-bin-adi/

    Diskusi 17

    Sahabat Nabi Yang Membunuh Ammar bin Yasir RA

    http://secondprince.wordpress.com/2009/07/31/sahabat-nabi-yang-membunuh-ammar-bin-yasir-ra/

  123. SALAF SOLEH YES! SALAF THOLEH NO!

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 18

    Hadiah Buat Salafiyun : Inikah Bukti Muawiyah Pembawa Petunjuk Yang Memberikan Petunjuk?

    http://secondprince.wordpress.com/2009/09/25/hadiah-buat-salafiyun-inikah-bukti-muawiyah-pembawa-petunjuk-yang-memberikan-petunjuk/

    Diskusi 19

    Kedudukan Hadis “Ya Allah Jadikanlah Muawiyah Seorang Yang Memberi Petunjuk”

    http://secondprince.wordpress.com/2008/12/20/kedudukan-hadis-%E2%80%9Cya-allah-jadikanlah-muawiyah-seorang-yang-memberi-petunjuk%E2%80%9D/

  124. SALAF SOLEH YES! SALAF THOLEH NO!

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 20

    BANTAHAN ATAS: “SEKELUMIT TENTANG KEUTAMA’AN MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN”

    IBNU RAHAWAIH: TIDAK SAHIH SATUPUN DARI HADIS KEUTAMA’AN MUAWIYAH

    http://jakfari.wordpress.com/2007/10/01/ibnu-rahawaih-tidak-sahih-satupun-dari-hadis-keutamaan-mu%E2%80%99awiyah/

    Diskusi 21

    Semua Hadis Keutamaan Mu’awiyah Palsu ! Bantahan Atas Blog Haulasyiah

    http://jakfari.wordpress.com/2008/04/20/semua-hadis-keutamaan-mu%E2%80%99awiyah-palsu-bantahan-atas-haulasyiah/

    Diskusi 22

    Shahih: Ishaq bin Rahawaih Mengakui Tidak Ada Satupun Hadis Shahih Keutamaan Muawiyah

    http://secondprince.wordpress.com/2010/11/20/shahih-ishaq-bin-rahawaih-mengakui-tidak-ada-satupun-hadis-shahih-keutamaan-muawiyah/

  125. SALAF SOLEH YES! SALAF THOLEH NO!

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 23

    Bantahan Atas “Haula Syiah: Hadis: “Semoga Allah tidak Mengenyangkan Perutnya, Yakni Perut Muawiyah”. Adalah Doa Keburukan Nabi saw. Atas Mu’awiyah

    http://jakfari.wordpress.com/2008/12/02/hadis-%E2%80%9Csemoga-allah-tidak-akan-mengenyangkan-perutnya-yakni-perut-mu%E2%80%99awiyah%E2%80%9D-adalah-doa-keburukan-nabi-saw-atas-mu%E2%80%99awiyah/

    Diskusi 24

    Hadis Semoga Allah Tidak Mengenyangkan Perut Muawiyah

    http://secondprince.wordpress.com/2011/01/17/hadis-semoga-allah-tidak-mengenyangkan-perut-muawiyah/

  126. SALAF SOLEH YES! SALAF THOLEH NO!

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 25

    Doa Qunut Imam Ali Terhadap Muawiyah dan Amru bin Ash Beserta Pengikut Mereka

    http://secondprince.wordpress.com/2010/02/05/doa-qunut-imam-ali-terhadap-muawiyah-dan-amru-bin-ash-beserta-pengikut-mereka/

    Diskusi 26

    Muawiyah dan Pengikutnya Meninggalkan Sunnah Karena Kebencian Terhadap Imam Ali?

    http://secondprince.wordpress.com/2011/02/28/muawiyah-dan-pengikutnya-meninggalkan-sunnah-karena-kebencian-terhadap-imam-ali/

  127. SALAF SOLEH YES! SALAF THOLEH NO!

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 27

    Hadis Muawiyah bin Abu Sufyan Seorang Yang Dilaknat Allah SWT

    http://secondprince.wordpress.com/2010/12/13/hadis-muawiyah-bin-abu-sufyan-seorang-yang-dilaknat-allah-swt/

    Diskusi 28

    Hadis Muawiyah Dilaknat Allah SWT [Bagian Kedua]

    http://secondprince.wordpress.com/2011/01/11/hadis-muawiyah-dilaknat-allah-swt-bagian-kedua/

  128. SALAF SOLEH YES! SALAF THOLEH NO!

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    Diskusi 29

    Hadis Muawiyah Mati Tidak Dalam Agama Islam?

    http://secondprince.wordpress.com/2010/02/08/hadis-muawiyah-mati-tidak-dalam-agama-islam/

    Diskusi 30

    Hadis Muawiyah Mati Tidak Dalam Agama Islam : Bantahan Terhadap Salafy

    http://secondprince.wordpress.com/2010/07/12/hadis-muawiyah-mati-tidak-dalam-agama-islam-bantahan-terhadap-salafy/

  129. SALAF SOLEH YES! SALAF THOLEH NO!

    MENGUNDANG PARA WAHABI/SALAFY UNTUK

    DISKUSI KUPAS TUNTAS TENTANG MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN

    (IDOLA DAN PUJAAN WAHABI/SALAFY)

    JUGA KITA TUNGGU BANTAHAN DARI UST. FIRANDA BARANGKALI MAU MEMBANTU UST. ABU JAUZA YANG KEWALAHAN MEMBELA PUJAANNYA -MUAWIYAH-

    DISKUSI 31

    Pandangan Imam ‘Aliy bin Abi Thalib Terhadap Perangnya Dengan Muawiyah (BANTAHAN UNTUK SALAFY)

    http://secondprince.wordpress.com/2011/03/19/pandangan-imam-%E2%80%98aliy-bin-abi-thalib-terhadap-perangnya-dengan-muawiyah/

  130. bang salaf soleh di Masjid tempat saya juga ada bedah buku ibnu taimiyah bagi para wahabi silahkan untuk datang tgl nanti bisa saya sesuaikan bagi para wahabi agar bisa ikut datang

  131. bang kareem mabok

  132. denbagus cemani tgl 15 kapan saya tak nyusul

  133. assalamualiakum
    aneh!! benar2 aneh!! nama anda ABU SALAFI tapi anda jauh dari pemahaman assalafu shalih, syekh muhammad bin abdul wahhab adalah salafi yang memperjuangkan tauhid malah dihina dan di caci!!
    maka “BIARKANLAH ANJING MENGGONGGONG TAPI KAMI TETAP BERJALAN SESUAI DENGAN ALQURAN DAN ASSUNNAH DI ATAS MANHAJ SALAFUL UMMAH”……

    HADAKUMULLAH…….

  134. kurang mutu, rujukan kurang. hanya opini. kalau mau ilmiah, tulis dunk referensinya

  135. hidup ustadz Firanda….. Maju terus…….hehehehehe….

  136. buat abu salafy
    Bagaimana sih sebenarnya sejarah kaum kafir quraisy sebelum datangnya Rosulullah?

  137. aduh si abu salafy ni kayaknya dah gila ya….kayaknya lebih pantas abu syi’ah dari pada abu salafy. wkwkwk

  138. aku dah liat k 2 pihak saling berbantah, tapi kliatan kok siapa yg sebenarnya kebakaran jengot!!!
    kenapa tidak d adakan debat terbuka yg ilmiah aja supaya jelas siapa yg berbohong….

  139. maaf

  140. maaf sebelumnya…
    itu kalo ayat2 alquran yg d sebuktan untuk kaum wahabi d balikin k abu salaf kok bisa kena juga yah kalo pake pandangan sebaliknya…

  141. saya baca koment2nya yang pro abu salafy kok mayoritas kasar, ejekan, tidak ilmiah. beda sama komentnya yg pro firanda. Kenapa ya?

  142. tulisan tidak manfaat

  143. kurang kerjaan tuh abu salafy ! wahai ikhwanul muslimin jangan terjebak dalam subhat-subhat yang mereka buat. tolong kendalikan diri kalian. agar tidak terprovokasi.

  144. ABU SALAFY TU ENTE DI AJAK TUK BERTEMU DAN BERDIALOG SAMA UST FIRANDA..BERANI GAK…?KLO ENTE LAKI2 BUKTIKAN GA USH TAKUT DAN JANGAN JADI BANCI..HADAPI DONK..JANGAN CUMA KOAR2 AJ..GA MAU KAN DI BILANG BANCI…HE3..

  145. wah kalau Ibnu Taimiyah saja dituduh, dihina! bagaimana dengan murid2nya seperti ibnu Qoyyim, ibnu katsir di mata sebagian orang2 seperti abu salafy cs ?

  146. Saudara-saudara ikhwan dan akhwat sekalian yang sudah terlanjur tercemar racun subkhat Abu salafy yang teramat menyesatkan silakan kunjungi ” www. firanda.com” akan jelas dan terang benderang, ilmiah, obyektif dalam dalil dan hujah dan akan terbongkar siapa jati diri dan seberapa kredibelnya si Abu Salafy…syukron jazakallohu khoiron katsiron…

  147. Abu Salaf, klo ente gentel diskusi terbuka sama ustadz Firanda jangan ngumpet terusssss.

  148. Bismillah…

    buat abu salafy, segera awak bertobat sebelum ajal menjemput, jgn buat artikel menyesatkan ummat, awak tak fhm ker, ape yg awk buat tu sangat tak patut di contoh, Hmmm sampe bila awk buat cam ni..

  149. ngomong opo awak abdulloh ,,ustadz miranda,eih F,jelas kebakaran jenggot kata teman dr HMI,SO artikelnya kalah ilmiah dan literatur akreditas dg abu salafy,sya kira miranda goultom lebih thu agama drpada firanda,so dia dijuluki si pendusta oleh syech dr madinah

  150. @Abu Fathan,
    @abdulloh al-atsary,
    Banyak yang merinding lihat / membaca jihat lisanya abu salafy lewat artikel yg membuat wahabi keder semua ingin ngedel tpi gak mampu mau membaca tapi takut kebenaran ( tahu kekurangannya sendiri)
    mau nyetop juga kewalahan bingung semua para wahabi asal gak pada stress
    makasih om abu salafy
    sry ya bos aku jawab komenmu cukup copy paste aja soal koment2mu yo mong sekitar itu2 aja
    biar g buang2 energi

  151. @Abu Luqman Al Beraui,
    idem koment copy pasteku d atas karena komennya juga tdk jauh beda dg geng nya

  152. Wahai abu salafy betapa kerdilnya hatimu hanya demi uang anda menyesatkan ummat, berapa dana yang anda terima dari para perusak islam untuk anda membantu mereka merusak islam dari dalam,ingat wahai abu salafy kematian akan datang kepadamu maka taubatlah sebelum terlmbat, gk tahu islam kok ngomongin islam buat ummat tambah rusak aja

    ____________
    Abu Salafy

    Bukannya yang bagi2 dana itu biasanya amir2 wahabi di arab saudi sana?

  153. yaa akhi yang punya web ini dan seluruh saudaraku muslim..
    sebelum kita berucap dalam perkataan maupun dalam tulisan alangkah bijaksananya dipikirkan terlebih dahulu..
    melihat situasi kita umat manusia sekarang yang sudah mendekati akhir zaman, terkhusus buat umat islam, maka kita akan melihat perpecahan yang begitu dahsyat sebagaimana yang telah Beliau Sholallohu’alaihi wassalam. Dan tidak mungkin dien yang mulia ini tidak memberikan jalan keluarnya, hanya ada satu jalan bahwa kita harus mengembalikan kepada pemahaman Alqur’an dan sunah seperti pemahaman para sahabat kemudian orang yang mengikuti mereka dan orang yang mengikuti mereka (tabiut tabi’in).
    oleh karena itu yaa akhi,,,marilah kita merenungkan dan memohon petunjuk dalam sepertiga malam kita untuk bermunajat kepada Allah Ta’ala agar benar2 memberikan petunjuk kepada kita, keluarga kita dan umat muslim.

    salam
    purifying islam.

  154. bener kang abu saudi kemarin bagi2 uang biar nggak podo demo ternyata resep sang raja sesuai harapan pengikutnya takut sma pion

    abu muhasana,
    utk menghadapi teman2 wahabi ya hrs gitu bos soalnya wahabi kan samin2

  155. Berkatalah yang baik atau Diam. Sesungguhnya apa yang kita perbuat akan diminta tanggungjawabny. Bertaqwalah kpd Alloh

  156. @suti,
    artikel2nya bagus wahabi menjadi wedi alias takut
    dg web ini mau ngedel g bisa apalagi artikel2nya semakin menusuk tajam dan d dukung dg fakta2 yg kuat wahabi gemetar kalau baca kuatir klao menyebar ke seluruh pelosok penjuru shg membendung paham wahabi dan kedoknya d ketahui masyakat banyak wahabi bingung dg adanya web ini. jangan marah ya lek suti

    @abu muhasana,
    semua akan mempertanggungjawabkan termasuk faham wahabi yg banyak ngapusinya juga akan memperrtanggungkan bukan hanya kang abu salafy tok
    bahkan kalau artikelnya benar bisa menyelamatkan umat bukan malah mejerumuskan
    umat melgalkan segala cara hanya utk merebut jamaah tp ngeslam orang non muslim g mampu tks ya bos

  157. ora mutu, dasar banci kau

  158. Aku baru tahu ada orang yang menghujat Ibnu Timiah sejahat blog abusalafi! Aku sampe merinding..! setahu saya Ibnu Taimiah adalah ulama yang dibangkitkan Allah bagi umat ini yang menyelamatkan kita dari dunia mistis dan kemusyrikan dan penyimpangan dalam beragama, sehingga dengannya Allah swt berkenan menunda Hari Kiamat. saya pernah nyantri di PM Darussalam Gontor. Idham Kholid, Hasyim Muzadi (tokoh NU), Din Syamsudin (tokoh Muhammadiyah) Nur Mahmudi Ismail (PKS) semuanya juga pernah nyantri di sana. kami pernah jumpa mereka dalam acara jumpa kangen. Saat ini santri Gontor jumlahnya ribuan bahkan puluhan ribu dan memiliki cabang-cabang di pelosok negeri. Anehnya pelajaran ‘Aqoid(aqidah)/Tauhid yang dipelajari di Gontor adalah Karya atau yang dinukil dari Ibnu Taimiah… Yang dusta itu Gontor yang melahirkan sekian Tokoh terkemuka, ataukah blog abusalafi?? coba tolong jelaskan dong…

    ___________
    -Abu Salafy-

    nantikan artikel2 kami yang akan membongkar sikap dan kebencian gembong dan “dewa” kaum neo nawashib (wahabi/salafy) Ibnu Taimiah terhadap keluarga Nabi saw. Nantikan dengan sabar !

    • oo jadi menurut ABU SALAFI para pendiri dan tokoh2 dan para santri gontor mengikuti ajaran sesat ya ABU… hebat neh abu salafi… dengan kata lain bawah gontor DKK merupakan pesantren yang mengajarkan ajaran sesat

      • Dipondok pesntren memang Mempelajari kitab Ibnu taimiyah , tetapi itu sebagai perbandingan terhadap ajaran Ahlussunah, jadi mempelajari sebagai perbandingan dengan mempelajari sebagai kebenaran harus dibedakan Om….

    • ingat! Abu bakar itu juga keluarga Nabi SAW (mertua). Aisyah itu juga (istrinya), Ustman itu juga (menantunya), ….bukan cuma Ali ra, Fatimah ra dan keturunannya saja !!!

    • ABU SALAFI adalah ABU JAHAL.PENGHOBY RIBAWIYAH dan DOYAN WADONNNNNN

  159. TERUSKAN PERJUANGANMU WAHAI ABU SALAFY,KAMI DOAKAN ANDA DI LINDUNGI ALLAH SWT, WAHABI ITU HATINYA UDAH MATI KARENA KEDENGKIAN,TELINGANYA SUDAH TULI KARENA NAFSU DAN MATANYA UDAH BUTA KARANA HARTA.HUJAH APAPUN YG ABU SAMPAIKAN TAK AKAN SAMPAI KARANA HATINYA UDAH DIKUNCI MATI OLEH ALLAH SWT. SEMOGA WAHABI ITU BERTOBAT. ITU YG KAMI HARAPKAN.

    • kang suswanto.
      Alhamdulillah kang , hatiku masih belum mati akhirnya sekarang aku tinggalin wahabii. aku sudah tobat . ternyata selama ini aku mudah membidahkan dan mengkafirkan orang lain. padahal sejujurnya aku merasa belum tentu lebih baik dan lebih benar terhadap orang yang aku anggap kafir karena mereka tahlilan, ziarah , tawassul dsb. aku sudah tobat…bat…bat ! Jama’ah……….. Oh jama’ah…….. Alhamdu…lillah.

      • kalo ziaroh itu sunnah ,yang haram adalah ziaroh yang jarak jauh.contoh dari dari jakarta ke wali songo .1000 kilo lebih.itu yang haram BEGO!!!!! ROKOK haram BEGO!! LU si demen banget aqidahnya NU jadi LU mabok ROKOK terus dan sesaaaaaaaaaat terusssss!!!!!

    • bagaimana dengan anda??

  160. …dari pengamatan ana dari tulisan abu salafi itu ada kedustaan.. mengaku ahlusunnah, tapi pendapat2-nya seperti orang2 agama syi’ah..

  161. begitulah… jika seseorang yg hasad terhadap tegaknya tauhid dan sunnah.. membantah dengan tipu daya dan syubhat.. hati2 ya ikhwah fillah.. hanya kepada Allah Azza wa Jalla ana berlindung dari segala hawanafsu, fitnah dan syubhat..

  162. @abuunaisahbasuki,
    klo yg ngamati artikelnya abu salafy para muridnya binbaz jelas lha penglihatannya d buat g sempurna sama yg maha pencipta jadi yaaaaaaaah
    wajar dehhhhhhhhhhhhhhhhhhh nggak heran

  163. AYATULLAH
    menjelaskan ajarannya bkn brrti menghujat quran sndiri kan menjelaskan berbagai kitab yg turunkan. mmberitukan pd kalayak itu penting sbab yg g menggerti jd mengerti ajarannya dr informasi itu lha klo g da yg menyampaikn/ menjelaskan kemasyarakat taunya dr mana?sbb tdk semua masyarakat itu mo mengaji ke mana2 shg tdk punya perbandingan pemahaman mslah d trima dan tdk itu terserah masyarakat itu sendri yg menilai bos sklipun pinter klo ilmunya g d smpakan k masyarakat ilmunya jd tak bermanfaat jdi bukan fitnah bos ?! awalnya aswaja tau tp diam tp temen2 wahabi men jadi2 seolah orang islam paling top cuma dia yg punya surga dan neraka orang2 aswaja berusaha sabar eeeeeee lha kok ..
    sory bos aq ganti nama tu biar g jenuh

  164. lha….orang GILE kayak gini di layanin…
    ntar si Firanda…bisa ikutan sama orang ini…
    makanye…ga usah dipeduliin orang kyak gini…
    he..he…bikin Sutressssssssss….

  165. @Dardiri
    inin hanya ngladeni wahabi selainnya nggak gitu kok
    krn wahabi kan orangnya rata samin jd ya hrs gitu om

  166. @subhan aminun,
    debat terbuka gmn sudah banyak yg ngadakan debat terbuka nasional maupun international berarti kamu kurang banyak buka2 web bos coba cari nanti klo g ktmu tak kasih alamatnya yg nasional apa yg internasional malah ada yg minta wahabi klo ngirim ustad hrs yg bertarap internasional krn ustad lokal g ada yg mampu bos coba lagi cari lengkap dengan debatnya bos.
    klo d bka pemahamannya ibnu tai dan waldulwah ngmongnya fitnah
    klo beli buku2 kang abu salafy gak rugy deh tp klo buku2 nya wahabi d kasihpun g aja deh biar d simpan n d pelajari sendiri aja lha wong sanadnya aja g nyambung ke para sahabat apalagi nabi

  167. @abuunaisahbasuki,
    tapi pendapat2-nya seperti orang2 agama syi’ah.
    BOS KLO NGOMONG YG BENER agama syiah tu yg bagaimana?.
    @abuunaisahbasuki,
    tegak tauhid yg bagaimana apa yg termasuk malsu2 buku2 itu?
    takut hanya pd ALLAH KOK berani malsu2 buku
    basaha sadisnya ( nyolong ilmu )

  168. Sebenarnya yang kebakaran jenggot siapa sih???

    si Abu salafy mencela firanda karena firanda mengkritiknya. Padahal dia juga melakukan hal yang sama terhadap firanda…..bahkan bisa dibilang lebih buruk.
    Dia bilang:
    “andai bukti-bukti yang saya ajukan dan yang nanti akan saya sajikan belum mampu menjadikan ustadz Firanda menerimanya, maka bagi saya juga tidak mengapa”
    Lha terus kenapa harus dibantah???
    apa lagi kalau dipadukan dengan ucapannya di alinea pertama:
    “Sejak awal sudah saya katakan, bahwa saya tidak tertarik meladeni ustadz Firanda dalam hujatannya atas tulisan saya, mengingat sepertinya ia tidak memahami dengan baik apa yang menjadi tema dan permasalah inti yang saya angkat! Dan sekarang, dengan sanggahannya atas tanggapann saya kekhawatiran itu makin terbukti. Dia semakin menjauh dari pokok permasalahn itu!”

    …memangnya kalau benar firanda jauh dari pokok permasalahan Kenapa?? bukannya si Abu salafy ini tidak tertarik meladeni???

  169. wahabis adalah sebuah nama yang dikeluarkan oleh musuh islam terutama ingris yang kafir dan ahlu bida’ yang memiliki akidah yang busuk.dan bukan lah nama diberikan oleh syeikh abdul wahab dan pengikutnya.mereka memberi nama itu dengan tujuan menjauhkan umat dari al islam yang benar.dia abu salafy adalah pembual,namax saja disembunyikan.lebih pengecut dari iblis penyebar kesesatan.

  170. sory aq hanya cukup mengocopy karena bagiku ini hanya cukup copy
    klo d sampaikan kebenaran d katakan mefitnah n benci itulah wahabi
    padahal dah d dukung fakta n bukti
    jadi g buang2 energi deh utk menjawab pr wahabi
    kamu memang wahabi yg asli bukan salafy
    tapi kamu malu menerima nama wahabi maunya pakai nama salafy
    biar orang pada g ngerti trus terjebak dg nama salafy klo kamu yg bener n aslinya wahabi
    salafy untuk menutupi wahabi ngapusi ciri khas wahabi
    bukan ciri2 salafy yg asli pewaris nabi
    tp kamu malu d undang nama wahabi
    katanya kembali ke quran n hadis yg murni
    ternyata itupun ngapusi alias gataki
    skrng smpi d pondok yg ada plosok2pun banyak yg ngerti klo itu hanya promosi
    trus pd lari dan kmbli ke pemahaman semula yg d wariskan ulama pewaris nabi
    bukan pewaris ulama wahabi abdul wahab ibnu taimiyyah ,binbaz dan yg lain2 lagi oh ya juga albani aku hampir lali
    apalagi setelah d bongkar abusalafy memalsu buku2 yg asli
    smakin mantap ke pemahaman yg aswaja asli nmbh mantap dan ora ragu2 lagi
    wahabi tetep aja wahabi
    klo koment ini pasti d spam karena aku sudah mengerti tdk sesuai doktrin wahabi
    tapi akan saya munculkan di bloknya abu salafy yg jujur n terbuka ini
    karena itu sdh menjadi kebiasaan n ciri khas murid n ustad n generasi penerus wahabi
    ditambah menghujat memaki bidah,syirik ,n takfiri itulah yg di NAMAI
    wa wa wa wa wa
    ha ha ha ha ha
    bi bi bi bi bi bi bi

    • kqalo lu pewaris hindu budha,tahlilan dan halal bihalal sambil ngisap rokok di musikin campur lanang wadon .kalo wahabi anti merokok dan sholat selalu wajib berjamaah tidak ada koruptor,kalo lu zina juga uda biasa apalagi korup!!!!dasar seperti nurunin bapaklu!!

      • ha…ha….ha.

      • Kata siapa tahlilan warisan hindu Budha. Coba sampeyan lihat apa yang ditulis di kitab kitab Sahih atau Sunan. Banyak contohnya. Sampeyan saja yang malas baca. Misal gini kemarin hujan deras terus sekarang terang apa kita mau bilang kalau kemarin itu gelap. Bakalan diketawain orang sekampung kale. Coba sampeyan lihat apa yang terjadi di sekeliling sampeyan Arab Saudi misalnya. Apa memang di Arab sono orangnya kayak ente semua

  171. Assalamulaikum, sebelumnya saya minta maaf jika komen saya ini kurang berkenan. Saya tertarik karena membaca judul tulisan Akhi yang kebetulan keluar dari mr google.
    Saya hanya lah seorang hamba Allah yang mungkin Ilmu dan Amal saya tidak lah sebanyak dan sehebat Akhi dan Ustadz Firanda. Saya tidak kenal dengan Akhi juga tidak kenal dengan Ustadz Firanda, tapi saya pernah mengikuti kajian beliau 2 kali. Saya coba konfirmasi ke web beliau, lalu membandingkannya dengan tulisan Ahki, Mohon maaf, kelihatannya Akhi-lah yang kelihatan sewot dan kebakaran jenggot.
    Khusus mengenai jenggot, saya tahu Ustadz Firanda tidak punya jenggot sejak beliau lahir, hal itu saya lihat dan dengar sendiri pada saat menghadiri salah satu kajian beliau ketika seorang jamaah menanyakan hal tersebut.
    Jadi Akhi, mohon maaf, Saya bukan memihak kepada suatu pihak atau menyalahkan siapapun disini. Tapi bagi Saya, orang yang ilmu dan amalnya tidak sehebat dan sebanyak Antum semua, saya melihat justru dari hal sepele ini Allah memperlihatkan kebesarannya, saya yakin Akhi memakai Kata kiasan kebakaran jenggot dengan tidak sengaja terperangkap pada tulisan Akhi dan keyakinan Akhi sendiri.
    Nah, jadi sebenarnya Ustadz Firanda memang tidak pernah kebakaran jenggot, karena toh beliau tidak pernah punya jenggot. mungkin malah Akhi yang kebakaran jenggot, karena tulisan Akhi terbaca seperti orang yang sewot, walaupun Akhi menulis tidak ingin meladeni Ustadz Firanda.
    Sekali lagi mohon maaf, ada baiknya Akhi merenung, atau mungkin bertaubat, mungkin dari judul tulisan Akhi Allah menegur Akhi, dengan kata lain Allah masih sayang kepada Akhi, kata Rasullah, jika ada perselisihan maka kembalikan semuanya kepada Alqur’an dan sunnah Nabi. semoga Akhi mendapatkan hidayah dan taubat dari Allah SWT. demikian, sesungguhnya yang benar dari hanyalah Allah, yang salah datangnya dari hawa nafsu pribadi saya dan syaiton. Jazakumullahi khoiron.

  172. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu..

    saudaraku abu salafy cs, kalian ini tidak henti-hentinya berkata dusta terhadap WAHABi. insya allah semua upaya kalian untuk mempertahankan kebatilan kalian, dan membodohi umat islam ini tidak akan tercapai selamanya, bahkan insya allah dakwah Ahlussunah (WAHABI) akan menjangkau seluruh dunia untuk mendakwahkan tauhid dan sunnah Rasulullah dengan pemahaman salafusshalih.
    ingatlah saudaraku, kaum muslimin sudah bisa menilai, menimbang, mengkaji dan berpikir kritis serta ilmiah.
    nasehat saya takutlah kalian kepada Allah, berhentilah kaiian dari berkata dusta, jujurlah kalian dan jauhuilah dari menolak kebenaran.
    ingatlah firman Allah Subhanahu Wata’ala dan hadist Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasalam.:
    “Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya.” (Al-Israa`:36)
    “Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (Qaaf:18)
    “Bukankah yang menenggelamkan manusia ke neraka di atas hidung-hidung mereka tidak lain karena hasil lisan-lisan mereka?” (HR. At-Tirmidziydari Mu’adz bin Jabal)
    “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka ucapkanlah (perkataan) yang baik atau diam!” (HR. Al-Bukhariy no.6018 dan Muslim no.47)

    Bagi saudara-saudara yang sering berkata tidak baik terhadap WAHABI, bukalah mata hati kalian, kalian diberi Allah akal untuk berpikir, bacalah referensi mereka dari sumbernya dengan kajian yang ilimiah, jujur dan adil, agar kalian mengenal, mengerti dan memahami hakikat dakwah WAHABI yang sebenarnjya sangat jauh dari tuduhan dusta kelompok abu salafy cs ini.

    Semoga Allah memberi taufik dan hidayahnya kepada kita semua untuk mengetahui kebenaran dan berupaya untuk mengikutinya dan mengetahui kebatilan serta berupaya untuk menjauhinya. Aminn.

    wasallam..

    • saudaraku indra siregar cs, kalian ini tidak henti-hentinya berkata dusta terhadap Ahlus Sunnah wal Jama’ah. insya allah semua upaya kalian untuk mempertahankan kebatilan kalian, dan membodohi umat islam ini tidak akan tercapai selamanya, bahkan insya allah dakwah Ahlussunah akan menjangkau seluruh dunia untuk mendakwahkan tauhid dan sunnah Rasulullah dengan pemahaman salafusshalih.
      ingatlah saudaraku, kaum muslimin sudah bisa menilai, menimbang, mengkaji dan berpikir kritis serta ilmiah.

      nasehat saya takutlah kalian kepada Allah, berhentilah kaiian dari berkata dusta, jujurlah kalian dan jauhuilah dari menolak kebenaran.
      ingatlah firman Allah Subhanahu Wata’ala dan hadist Rasulullah Sallallahu ‘alaihi..

      Apa kata sesama salafy wahaby bahwa FIRANDA itu salafy Surury bahkan dapet julukan “KADZAB” dari para syeikh wahabi…

      Kami Ucapkan selamat kpd antum yg sudah membela Ust. Firanda Salafy Surury…

      Berikut tulisanya :
      Firanda memfitnah ulama ahlus sunnah
      Gelar “kadzdzab” (gemar berdusta) yang disematkan oleh salah seorang ulama besar di Madinah Asy-Syaikh Abdullah bin Abdirrahim Al-Bukhari Hafizhahullah kepada seorang pelajar di Madinah yang bernama Firanda Andirja memang merupakan gelar yang layak disandangnya. Mengapa tidak, Firanda seakan tiada henti menghembuskan fitnahnya dengan menyebarkan berbagai kedustaan dikalangan salafiyyin dengan menyebarkan berita-berita palsu yang kandungannya adalah upaya merendahkan kedudukan para ulama dan Da’i Ahlus sunnah ditengah umatnya.

      Belum lama kita mendengarkan “haditsul ifk” Firanda yang menyebarkan fitnah dusta dengan mengatasnamakan Asy-Syaikh Rabi’ bahwa Beliau meninggalkan kota Madinah dan menetap di Makkah karena diusir dari Madinah. “Subahanaka hadza buhtaanun ‘azhim”, betapa lancangnya anda berdusta atas nama seorang yang disebut oleh Imam Al-Albani sebagai “pembawa bendera al-jarhu wat-ta’dil” dizaman ini.

      Berikut linknya :

      http://www.salafybpp.com/categoryblog/97-dusta-firanda-ditengah-badai-fitnah-yang-sedang-melanda-bag1.html

      Jadi wajar saja kalo AL USTADZ FIRANDA rajin memfitnah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, lah wong di manhaj nya sendiri aja suka bikin ulah….duh Ustadz Firanda alangkah luasnya ilmu mu…hehehehe

      Buat antum yg nge FANS dgn AL USTADZ FIRANDA kami ucapkan selamat membaca… ^_^

      Salam ukhuwwah

  173. Bismillah
    tentang syaikhul islam ibn Taimiyah rahimahullah
    ana ingin meluruskan tentang Syaikhul islam ibn Taimiyyah rahimahullah , sangat berbeda dari apa yang tertulis dari tulisan yang diatas,
    di nukil dari didalam ad Durr al Kaminah ( al hafid ibn hajjar Al asqolani ): Abu fath al yamuri berkata: Aku melihat bahwa beliau telah meraih ilmu yang sangat luas sampai hafal hampir semua Hadits dan Atsar , bila beliau berbicara dalam ilmu tafsir maka beliau lah yang mengibarkan bendera tafsir, bila beliau memberi fatwa tentang ilmu fiqh maka beliaulah yang paling dalam pengetahuannya , apabila beliau tengah MUDZAKAROH ttg hadits maka beliau lah adalah orang yg berilmu tentang riwayat /diroyat, apabila beliau menyampaikan tentang golongan / aliaran keagamaan maka tak seorang pun yg lebih luas pengetahuannya dari beliau mata tak pernah meliahat orang seperti beliau,
    mengenai Syaikhul Islam ibn Taimiyyah diatas ana nukil dari salah satu kitab yang sangat berharga bagi orang yang bertholabul ilm karya beliau yang di takhrij oleh Ulama besar mutaakhirin yg ahlu dalam fiqh ( syaikh Muhammada bin Shalih al Utsaimin rahimahullah)
    adapun tentang fitnah 2 yang dilontarkan oleh sebagian orang itu sudah lah banyak dilontarkan baik fitnah yang dilontarkan oleh imam Assyafii, imam Ahmad , bahkan oleh ahlul hadits mutaakhirin syaikh Al albani rahimahullah disebabkan ada 2 yaitu imma dia jahl dalam ilm , imma dia pengikut hawa nafs
    Semoga kita dilindungi oleh Allah aja wa jalla dari dua hal tersebut

  174. udahlah ndk usah dengerin orang mukallid, dan pengikut hawa nafsu, biarkanlah abu salafi cs ngomong sesukanya, ntarkan ada yang mencatatnya.. anjing menggonggong baiknya dilempar batu, biar tau rasa……….., maju terus WAHABI… I LOVE U FULL…..MMMMMMUUUUAHHHHH……

  175. Hati2 thdp syi’ah yg pintar berpura2..memang syi’ah itu anak cucunya Abdullah bin saba’ si yahudi yg sengaja menyesatkan umat Islam dgn melebihkan shahabat Ali bin Abi Thalib-radhiyallohu ‘anhu-diatas para shahabat Rasululloh صلى. الله عليه وسلم
    Bahkan si Abdullah bin saba’ menganggap Ali bin Abi Thalib sbg Tuhan..munculah kemudian akar2 kesesatan yaitu syi’ah yg berbuat ghuluw thdp Ali bin Abi Thalib..smg Alloh meberikan hidayah taufiq Nya kepada kita untuk membimbing kita dalam menemukan Islam yg murni

  176. saya lebih baik bodoh (tidak tahu) daripada pinter tp keblinger. .

    البدعة عقيدة تخالفت عقيدة أبي منصور الماتريدي و أبي حسن الاشعري منصور الماتريدي و أبي حسن الاشعري

  177. karena banyak kitab2 nya yg rubah2 oleh pengikutnya sendiri
    udah banyak kan yg d buka oleh abu salafy udah baca belum

  178. wahai abu salafi/abu khazab. segera la bertobat ke pada allah sblm maut mnjmpt antum, ingat la azab allah sngtlah pedih,

    • Wahaaaai abu asyifa……samaaaaaa juga ……bertaubatlah kepada Allah sebelum maut menjemput antum…ingat lah Azab Allah sangatlah pedih….buat ane juga……moga tobat ane diterima sama Allah….

      orang lagi Berdiskusi di suruh tobat……..

    • ANDA DAN FIRANDA JUGA HARUS BURU3 BERTOBAT JUGA LHO, KWKWKWK

  179. Assalamu ‘alaikum…

    ya akhi….percuma kita debat dengan orang yg mengaku abu salafy (yg tidak salafy). orangnya saja majhul (tidak dikenal) bisa saja dia seorang laki/perempuan, nasharo, majusi ato syiah.

    klo dia memang ustadz seharusnya jgn berda’wah disini. tampilkan wajah antum. berdawah di mayarakat.

    disini sudah kelihatan siapa yg tidak jantan.

    Barokallahu fiikum..

  180. memang apabila kita menghadapi kelompok ini baik dg diskusi atau pun dg tulisan,tidak akan ada habisnya,karena mereka beranggapan merekalah yg paling benar.memang tepat ucapan imam syafi’i;
    apabila seorang safih berbicara maka janganlah kau jawab,maka sesungguhnya sebaik-baiknya jawaban untuknya adalah diam.

  181. @indra siregar
    anda memahami kebakaran jenggot sj,anda tdk tahu…
    begitulah para wahabi menafsirkan alquran hanya sebatas tenggorokan begitu jg dgn anda dlm menafsirkan kebakaran jenggot.
    jelas diblog ini wahabiyyin termasuk u.firanda kebakaran jenggot,krn apa yg mereka tulis disini hanya kecaman2.tanpa melakukan sanggahan2 atas tulisan abu salafi.
    termasuk jg anda,berpura2 halus n tebar pesona tp isinya kosong.
    silahkan sj anda sanggah tulisan abusalafi

  182. @abufaras
    anda n pendahulu anda tdk ada beda sprt katak dlm tempurung prihal ibnu taimiyyah
    anda pasti tdk pernah membaca kitab2 ibnu taimiyyah,yg banyak sekali ucapannya yg bertentangan dgn ayat quran(dalil naqli) n akal
    salah satunya ucapan nya mengatakan bhw
    1.manusia tdk berpemulaan sprt allah (almuwafaqah)
    2.allah bertempat
    3.dll…dll
    orang2 yg tdk berakalah yg msh memuji2 ibnu taimiyah

  183. Abu Salafy berkata : ((Mu’awiyah putra Abu Sufyan -salah seorang aimmah kekafiran dan buah kemunafikan yang masih tersisa dan selamat dari tajamnya pedang para sahabat-)) (lihat http://abusalafy.wordpress.com/2011/01/15/ustadz-firanda-kebakaran-jenggot/)

    Wahai Ustadz Abu Salafy, kenapa anda begitu berani mencaci maki Abu Sufyaan radhiallahu ‘anhu?

    Apakah anda pernah berperang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?? Tidakkah anda tahu bahwa Abu Sufyan ikut serta perang bersama Nabi dalam dua peperangan, perang Hunain dan perang Thoif??, dan setelah wafatnya nabi beliau ikut serta perang Yarmuuk ??

    Apakah anda pernah menjalin kekerabatan melalui pernikahan bersama Rasulullah…???!! Tidakkah Anda tahu bahwa Abu Sufyan adalah mertua Rasulullah, karena putrid Abu Sufyan Ummu Habibah radhiallahu ‘anhaa adalah istri Nabi?

    Tidak tahukah anda bahwasanya jutaan kaum muslimin mendoakan keridhoan bagi Abu Sufyaan…??

    Yang jelas Abu Sufyaan ma’ruuf dikenal oleh kaum muslimin… adapun anda maka nakiroh majhuul, tidak diketahui identitas anda..

    Maka begitu beranikah anda dan begitu lancangnya anda untuk nekat mencela, memaki, dan mengkafirkan Abu Sufyaan ??!!!, bahkan menyatakan Abu Sufyan sebagai gembong kekafiran??!!

    Tahukah anda bahwasanya tidak seorang ulama muslimpun yang mengkafirkan Abu Sufyaan??, bukankah anda tahu bahwa yang mengkafirkan Abu Sufyan hanyalah para ulama syi’ah??? Dari zaman dahulu hingga zaman sekarang??!!.

    Apakah anda setuju dengan aqidah syi’ah ini??!!

    Abu Salafy:

    Saya sangat memaklumi kecintaan Anda kepada Abu Sufyan dan penggedeh2 bani Umayyah lainnya… sebab seperti dalam Al Qur’an, bahwa kaum Munafik itu saling mencintai dan membela, ba’dhuhum awliyau ba’dhin. Saya sedikit pun tidak iri kok!
    Tetapi yang lucu adalah argumentasi yang ANda bawakan… kelihatan sekali kalau sangat awam dan lucu….
    Abu Nuafal, coba Anda baca sejarah keikut sertaan Abu Saufyan (Bapak kaum Munafik kebanggaa Anda itu) dalam perang Hunain, apa yang ia lakukan? Membela Nabi Nabi Saw. atau malau memamerkan kemusyrikannya dengan mengantongi arce kecil di kantongnya?
    Coba baca, biar tidak terus-teruan dibodoi masyaikh Arab Saudi yang Wahhabi itu!
    Apa bangganya jadi mertua Rasulullah Saw, sekali pun jika ia seorang Kafir? Apa Anda akan juga membanggakan Huyay bin Akhthab si Yahudi kafir ayahnya Soafiyyah istri Nabi saw.?
    lagika Anda ini sudah kebelinger kang! Kalau Dzurriyah Nabi saw. kalian para Wahhabi Salafi enggan membelanya padahal mereka adalah darah daging… darah Nabi saw, mengalir dalam nadi mereka! kalian katakan: Tapi kan tidak semua habib baik! ada yang fasik! eeh giliran kaum munafik moyangnya bani Umayyah kalian membelanya mati-matian dengan mengatakan: Bukankah dia mertua Nabi saw. seakan semua itu karena kecintaan kalian kepada Nabi saw!
    Mas yang mengatakan bahwa Abu Sufyan itu Munafik Tulen bukan cuma ulama Syi’ah!
    Makanya, banyak belajar dan banyak meneliti agar tidak terus2an dibodoi!
    Saya yakin bahwa tanggapan saya tidak akan merubah keyakinan Anda, tapi paling tidak saya sudah menegakkan hujjah di hadapan ANda dan mungkin masih ada orang berakal selain Anda yang merenungkannya!

  184. agak lama jg moderasinya

  185. Salafy/wahaby nya dicuekin………..
    Wkwkwkwkwkwkwk………………

  186. gak usah diladeni, hati-hati dgn blok nih….andaikan pemerintah kita berlaku hukum islam…ana ajuin ana yang akan menebas batang leher si agen kafir zionis dan syi’ah ni.

    • ah, ente menghukumi dengan emosi., ini nih kalo kalah ilmu, otot yang dikeluarin. hehehehe

  187. Hebat ya……….. ada 2 orang yang bergelar ustadz, beradu argumentasi didunia maya, bak selebritis. Mengundang ratusan simpatisan untuk memberikan dukungan. Kalo disms-kan lumayan juga nich. Bersabarlah. Bila ini terus berlanjut, bukan kejayaan islam yang diperoleh, tapi tipu daya syaithon dan tepuk tangan kaum kuffar yang akan didapat.

    • bukan begitu mas. kami bertahan dari serangan. sekarang memang jamannya sudah serba nginternet. sampe anak TK bukanya internet. terusin sendiri komen saya lah,… capek.

  188. Bagi Ustadz firanda dan pengikut-pengikutnya ane bermubahalah
    “Jika Ibnu Taimiyah dan kitabnya Minhajus Sunnah tidak ada satu kalimatpun yang menghina Imam Ali alihis salam maka detik ini juga Alloh akan menghukum ane dengan hukuman yang sepedih-pedihnya sampai akhir hayat ane” Wajib dibalas bagi yang merasa Ibnu Taimiyah adalah seorang mu’min sejati bukan Nashibi.

    _____________
    -Abu Salafy-

    Sekedar Info beberapa tuduhan keji dan kekurangan ajaran Ibnu Taimiyah terhadap Sayyidina Ali kw telah kami bahas di blog ini dan Insya Allah nanti akan kami lanjutkan:

    1. Fitnah Ibnu Taimiyah Khilafah Ali (Karramallahu wajhahu) di Mata Ibnu Taimiyah
    2. Jihad Imam Ali as. Dalam Penilaian Ibnu Taymiyah – Ibnu Taymiah: Imam Ali sa. Membunuh Banyak Kaum Muslimin Yang Rajin Shalat, Rajin Berpuasa dan Membayar Zakat!
    3. Seri Kepalsuan Ibnu Taimyah (1) Apakah Benar Ibnu Taimiyah Ahli Dalam Ilmu Hadis? (1)
    4. Seri Kepalsuan Ibnu Taimyah (2) Apakah Benar Ibnu Taimiyah Ahli dalam Ilmu Hadis? (2)
    5. Seri Kepalsuan Ibnu Taimyah (3) Apakah Benar Ibnu Taimiyah Ahli dalam Ilmu Hadis? (3)
    6. Seri Kepalsuan Ibnu Taimyah (4) Ibnu Taimiyah Memotong Riwayat Demi Membela Yazid Putra Mua’wiyah

  189. Abu salafi,siapapun antum,ingatlah ! berang dan membela atas nama islam adalah yg terbaik,selama ini tercium dari tulisan-tulisan antum berang,cemooh dan pembelaan untuk hasan assaqqaf dan ibnu hajar haitami…ingatlh juga wahai saudaraku,ada kuburan setelah hidup ini…

  190. Abu Salafi ini tulisanya tidak ilmiah, ngalor ngidul, kayaknya cocok pekerjaanya marketing saja, Lihat Ustadz Firanda itu kalu berbicara sopan dan beradab, kalau kamu selalu menghujat dan banyak bohongnya, dan tukang copy paste.

  191. Saya meliat abu salafy ini seorang awam yang berusaha balas dendam tapi ke blinger dengan hujah-hujah syiah karena banyak copy paste artikel syiah, maka hati hati kaum muslimin di indonesia dengan Abu salafy ini, Justru saya meliat orang seperti Abu Salafy ini yang memperkeruh suasana kaum muslimin,Setau saya walaupun wahabi menentang macem macem tapi memang mereka masih membawa dalil ilmiah dan tidak pernah menghalangi orang melakukan peribadatan baik dari NU dan Yang Lainya, Dan Hujatanya tidak sampai separah hujatanya Abu Salafy ini kepada Ulama-Ulama Seperti Gurunya Ibnu Katsir Itu Yaitu Ibnu Taiminyah.Kalau Ibnu Katsir yang bermadzhab Syafi’i saja berguru kepada Ibnu Taimiyah, Bagaimana mungkin sekelas ABU SALAFY INI (ORANG YANG NGAKU SALAF) berani merendahkan.Hati hati mas kamu akan kalah dengan bingungnya omonganmu sendiri.

  192. salafy dalil2nya kok dangkal bnget ya. baru tahu

  193. Pantesan umat di luar sana ibadahnya pada ngawur, ada yang ngaji sambil ngeband, ada yang ngaji sambil pacaran, ada yang pacaran di saat puasa di jadiin alasan buat ngabuburit bersama. makin banyak ajah peluang kafir buat ngancurin aqidah islam, klo ustatnya masi ajah ngeributin / debat masalah perbedaan, mudah2han pas masalahnya selesai umatnya ga pada pindah semua ke agama lain amiiinnn….

  194. kalau ngeliat ente berdua itu yah… para kafir berteriak gembira, sorak soray penuh kemeriahan merayakan kemenangannya atas terpecah belanya umat islam, yang masing2 mempertahankan pendapat dan keegoisannya. padahlmah ga tau yang mana yang bener…… kasian banget umat yang awam yang mana yang harus di ikutin…. gimana umat agama lain pada tertarik sama islam, jangan2 wong islam sendiri bakalan kabur hehehe.

  195. Marilah kita simak dialog Ilmiah yang sangat menarik antara Syaikh Muhammad bin Sa’ad Asy Syuwai’ir dengan para masyaikh/dosen-dosen disuatu Universitas Islam di Maroko

    sumber : http://abangdani.wordpress.com/2011/08/04/inilah-wahhabi-yang-dianggap-sesat-oleh-ulama-ulama-maroko/

  196. coba semuua buka kitab ust firanda kitabnya dimana ya banyak apa endak sih??? jgn2 cm 2
    aqidahnya siapa yang paling cocok dengan para ahli ilmu, imam syafii, i.nawawi, i.bukhori, ibnu hajjar dsb…
    jangan2 ilmunya banyak tapi cuma omong doang, tidak diamalkan, banyak menyimpang dan el el

  197. Kalau dilihat dari sejarah pasca wafatnya Rasulullah saw, Sebenarnya hadis2 yg melarang ummat agar jangan mencela, mengkritik, melaknat para sahabat nabi adalah hadis buatan para penguasa saja, dan hasid2 tsb dibuat untuk melindungi para penguasa2 (yg berkedok ahlussunnah ) yg bertindak diluar sunnah Rasulullah saw agar kekeliruan dan kesesatan mereka terlindungi dari hujatan2 dan kritikan2.

    Sebab hadis2 yg melarang mencela, mengkritik dan melaknat sahabat nabi adalah bertentangan dengan Al-qur’an dan sunnah Nabi saw itu sendiri.

    Yg jelas bahwa sahabat yg berkhianat dan yg membangkang terhadap Rasulullah saw memang selayaknya dan pantas untuk dilaknat, dan begitulah adanya suka atau tidak.

    Salam

  198. Ayatullah Makarim Syirazi mengatakan Wahabi sebagai salah satu sekte dalam Islam yang mewakili kekeraskepalaan dan kesombongan dalam menerima kebenaran. Beliau mengatakan, “Bayangkan, di setiap perpustakaan Saudi tidak satupun terdapat kitab yang ditulis ulama Syiah. Sementara kitab-kitab yang didatangkan dari Mesir, mereka memilah-milahnya, jika memuat materi yang mengkritisi amalan dan keyakinan mereka, maka mereka akan menolaknya. Ini adalah bentuk penolakan baru terhadap kebenaran.”

    OOOHHH TERNYATA GEMBONG WAHABI PUSAT CURANG, APALAGI CECORO-CECORONYA, WK..WK..WK..WK…

    • syiah itu agama taqiyyah artinya suka sekali bohong,menipu orang dalam membela sesatnya agama mereka. menghalalkan nikah mut,ah/nikah kontrak walaupn tanpa wali dari pihak perempuan. coba aja kalian yang ga percaya nyamar pura2 masuk sebagai penganut syiah,nanti kalian akan tahu sendiri betapa bejatnya ajaran mereka. tapi jika ada yang mau nikah kontrak dng anak perempuan orang2 syiah,mereka pasti nolak. apa ajaran syiah itu cocok dengan fitrah manusia. sebaiky kalian yg tidak th apa2 tentang syiah, cari dan baca dulu buku2 tentang kesesatan syiah,cari jg di internet, dan mata-matai anggota syiah tsb. banyak ko’ di youtube tentang perilaku ulama/orang syiah yang sangat menyimpang itu. saya dulu punya banyak teman org syiah wktu kuliah di makassar dulu,jd th tentang kesesatan mereka. jng tertipu dan percaya dng omongan abu salafi sebelum kalian tahu siapa dia sebenarny, alamat rumahy,no hpy mana? kok di sembunyikan,takut yah karena ketahuan sesat. silahkan kalian mengejek2 ahlu sunnah dan memfitnah sepuasnya,jika kalian belum tobat sampe mati maka,di dalam kubur nanti kalian akan menjerit2 kesakitan yg amat sangat apalagi di hari kiamat nanti. segeralah bertobat. ato jika perlu anda dan abu salafi bagusnya di ruqyah,agar syetan yg mengajak kalian sesat itu keluar ato mati

  199. Masya Allah, saya menyaksikan tulisan yang mengikuti hawa nafsu dari Ustad Firanda, saya hanya pemuda awam yang semenjak saya mengikuti pengajian salaf ash shalih dikampung terdekat semakin jelas mana yang hak, batil, dn mana subhat..

    Yang butuh saya ketahui adalah bagaimana cara menjalankan agama ini dengan benar, dn semua terjawab dengan apa adanya tanpa penambahan makna yang berlebihan. Hanya saja saya belum cukup ilmu untuk mengomentari substansi perdebatan ini,

    Semoga Allah memberi kemuliaan bagi kami yang menunutut ilmu syar’i dgn pemahaman salaf ash shalih dan diberikan kemudahan dalam rangka menyerap dan mengistiqamahkan pengamalannya.
    hingga nyawa dikerongkongan.
    Amin

  200. MasyaAllah..
    Afwan ana ini awam.. tapi ana hanya sedih & malu saja melihat antum semua ternyata sangat senang berdebat…
    Tolong hindari sebisa mungkin, karena tidak ada yang diuntungkan dari berdebat, tapi yang dirugikan lebih banyak, karena campur tangan hawa nafsu lebih dominan..
    Afwan..
    Syukron, Barokalloh fikum

  201. sungguh lidah akan bersaksi akan apa g di ucapkan. sungguh malang orang yg dibutakan kebencian,mereka berkata mendahului ilmu nya.
    smoga allah mengampuni orang yg tdak tahu dan memberi petunjuk kepada mereka….al ilmu qoblal qouli wal ‘amal

  202. Jadi semakin tau……, seperti itu to wahabi salafi itu. bahaya kalau berkeliaran di Indonesia.

  203. ABU ….gampang aja deh ya…. skr secara awam aja….. ulama salafi itu di saudi jadi referensi pemerintahan sana, trus….abu merasa gak kalo ulama2 ABU disini merefensikan pemerintah disini sesuai syariat… trus kalo salafi di bilang suka membid’ahkan kenapa skr itu masjidil haram jadi tambah mewah dan dengan fasilitas canggih…. hadooh berfikirlah positif jgn masalah pribadi dijadikan bahan utk mencari kekurang orang lain…. silakan baca lagi ABU yg cerdas…..

    • muka anda jg bid’ah,sebelum berkata dipikir dulu dong. saya sangat kasihan sm anda krn anda masih jahil. kita yang ahlu sunnah yang kalian tuduh penganut wahabi sesat,kami pake hp,mobil,motor,komputer,dll. yang di larang itu bid’ah dalam ibadah yang kita peruntukkan u ALLAH. seperti sholat zuhur 4 rokaat kita nambah jadi 5 rokaat,nah itu baru bid’ah. nabi Muhammad tidak pernah dzikir jamaah, jadi jika ada yg zikir jama’ah itu bid’ah. dalam urusan dunia seperti memperbesar bangunan,sekolah,naik pesawat itu bukan bid’ah dalam hal ibadah dan tidak ada di atur dalm islam,jd kita bebas berkreasi atau memakai apapun krn memang syariat memberi kebebasan untuk kita dlm masalah dunia. tolong baca buku risalah bid’ah, banyak di jual di toko2 buku,ato cari di internet, tentunya dengan niat untuk mencari kebenarannya seperti apa. mudah2an kita selalu di berikan hidayah taufik o ALLAH subhanahu wata’ala

      • TUNJUKAN DALIL YANG MEMBAGI BID’AH YAITU BID’AH IBADAH DAN BID’AH URUSAN DUNIA.?? HAHAHAHA
        TOLONG DALILNYA JANGAN DI TA’WIL YA.. AHAHAHAHA
        MODARRRR KOEEEEEENNN

        Abu Salafy:

        Mas, sebelum bicara pembagian BID’AH itu ada yang hasanah ada sayyiah, sepertinya akan tepat kalau Anda pahami dulu apa arti bid’ah secara bahasa dan istilah. baru setelahnya Anda layak berbicara tentangnya!
        Yang sangat memprihatinkan adalah banyaknya kalangan awam atau setengah ustadz setangah awam yang ikut berbicara dalam masalah agama tanpa modal yang cukup.

  204. mohon info dong, ane lagi nyari kitab terjemahan wahabi ke bhs indonesia. isinye menarik salah satunye penggagas waby bilang bahwa ahlussunnah lebih kafir dari kafir quraisy. sekali lagi mohon infonye

  205. sedih… rasanya melihat debat kusir kayak begini….

  206. ilmu itu qolallah … qolarrosul …

  207. Aneh, sesama ustad kok saling menghujat, apa kata duniaaaa, kajian ilmiah itu tidak bisa melalui blog, harusnya para ustad itu bertemu secara akademis, masing2 membawa referensinya sebanyak-banyaknya, biarkan masyarakat nanti yang menilai dan yang meyakini apa yang menjadi pengetahuannya. Masa saya orang awam harus menasehati para ustad ini…hmmm

  208. semoga Allah menunjukkan kepda kita mana yang haq dan mana yang bathil……………….

  209. Abusalafy semoga Allah membukakan pintu hidayah buat anda dari Hitamnya hati anda. Ini saya nukil tulisan anda:
    انظر إلى ما قال ولا تنظر إلى من قال
    Perhatikan apa yang dikatakan dan jangan melihat siapa yang berbicara!

    sama saja dengan pengecut yg tidak berani tampil di depan dan mengatakan saya adalah saya. Kalau anda memang seorang muslim sejati dan berilmu yg luas tunjukan jatidiri anda sehingga umat islam bisa menilai jangan hanya bisa menggonggong aja.

  210. nuri, on September 30, 2011 at 12:17 pm said: Komentar Anda sedang menunggu moderasi.

    begini saja untuk menuntaskan polemik sekarang, berani gak abu salafy nantang ustad firanda untuk mubahalah. biar ketahuan siapa yang aqidah,manhajnya yang benar. seperti dulu yang di lakukan oleh ulama ahlusunnah mengajak mubahalah mirza gulam ahmad, akhirnya mirza yang mati secara mengenaskan,karena memang ajarannya sesat. kalo abu salafi merasa paling berani, segera ajak ustad firanda untuk melakukan mubahalah tsbt dan harus di saksikan o banyak orang,jika perlu disyuting.

    • MAS, SUDAHLAH, KELIATAN KAN.. MANA YANG FAIR DAN YANG TIDAK????.. TOLONGLAH JADILAH MANUSIA.

    • dari komentarnya abu salafy kebenarannya diragukan ini sama dengan bergunjing!!! tidak usah diladeni!!!

  211. wah ketahuan sesat dan takut, kenapa komentar sy pada di hapus semua. hai abu salafy kadzab, orang2 yang belain abu salafi dan antek2nya, jika kalian jantan dan merasa paling benar aqidah dan manhajnya, coba tantang ustad firanda u melakukan mubahalah didepan umum,kalian pengikutnya hadir semua,jika perlu di syuting. seperti yang di lakukan o ulama ahlu sunnah ya kalian tuduh wahabi sesat dalam menghadapi mirza gulam ahmad al kadzab, akhirnya terbongkarlah siapa yg sesat dan mirza gulam meninggal dalam keadaan yang sangat mengenaskan,wal ‘iyadzubillah

  212. Sudahlah… sesama salafusoleh tdk perlu sama-sama menghujat. masih banyak ilmu agama yang harus kita sama-sama pelajari, dengan tetap menjaga jalinan silaturahim. Semoga ust FIRANDA dan ust ABU SALAFY bisa saling memaafkan dan mendakwahkan ilmu agama kepada kita semua dengan murni.

  213. Lho, ternyata Firanda itu benar2 pendusta lho, silahkan simak sendiri bagaimana Firanda yg sebenarnya…. http://ummatipress.com/2011/10/10/firanda-pendusta-murokkab-berhujjah-dengan-hujjah-dusta-dan-palsu/

  214. Astaghfirullah.. Mengaku islam tapi suka berdebat, mengaku islam tapi menjelek-jelekkan saudaranya sendiri, mengaku islam tapi merasa paling benar.. Na’udzubillahi min dzalik

  215. Hai.Mam..apa hubunganya dengan kemewahan dan fasilitas canggih….Jangan ngawur Mam…..!!!!

  216. Wahai….!!!Abu Salafy Al-kadzab (tukang dusta)
    Setelah sy membaca artikel maupun Blog Abu salafy,kok isinya hujatan semua, kalau buka blognya dari atas bawah kanan kiri semuanya berisikan Wahabi-wahabi-wahabi……kayanya abusalafy ini tukang mengumpulkan artikel dan koleksi buku orang Orientalis yang bertujuan mau mengadu domba Umat Islam,Dia ngaku-ngaku seorang Salafy, supaya dipercaya,dengan berbagai koleksi dan bukti yang sama sekali tidak akurat kebenaranya.Memang dari dulu “ahli sunnah waljama’ah menjadi IDOLA rebutan semua firqoh” kl memang benar Abu salafy seorang ahli sunnah mestinya ahlaknya tdk seperti itu,mencaci maki Ulama besar,Blognya ini adalah bukti bhw Abu salafy bukan AHLI SUNNAH,
    Dengan hadirnya dakwah salaf di Indonesia memang banyak pihak yg tersinggung,kaya Abu Salafy ini dengan berbagai cara,dengan hawa nafsunya berapi-api,membabi buta,tanpa mau koreksi diri.janganlah mau tertipu dengan Abusalafy wahai Umat….!!!semua yg dilontarkan dusta belaka,perdebatan sampai kiamatpun tetap ada.seolah olah Salafyyin tdk boleh pakai nama Salafy tapi pakai nama Wahabi saja,dakwah wahabi (menurut fersi Abu salafy)adalah (sesat,menyeramkan ,radikal,otoriter,ngaku paling benar sendiri),ini adalah dusta.justru dakwah Salaf adalah dakwah yg penuh ilmu,lemah lembut,tidak gampang mengkafirkan orang,
    Tampilkan dirimu wahai Abu salafy,jangan sembunyi dibalik Blogmu yg penuh khurofat.sy yakin yg comen dengan ANDA TIDAK KENAL SIAPA ANDA,mereka yg pro, Abu salafy sebagai unjung tombak membantah kaum Wahabi terutama kpd Ust Firanda,itu hak Anda untuk Membantah.saya tidak mengkultuskan Ibnu taimiyah,ibnu Qoyim dan Ulama lain yang menurut Abu salafy sesat,seandainya mereka salah ya wajar manusia tdk lepas dari kesalahan.dan saya berdoa semoga Abu salafy ini dapat hidayah diatas manhaj Salaf dan diampuni dosanya

    _______________
    Abu Salafy

    Saudaraku coba buktikan tuduhan anda itu, kalo tidak itu namanya fitnah!:

    • @abu salafy

      mngkin sbaiknya anda & ustad firanda bertemu, insya Allah sy bsa memfasilitasinya…

      spy ummat islam lain bs tau klo anda ini bukan org yg majhul, hanya makhluk rekaan di dunia maya saja…….

      klo tidak mau, berarti bukan laki2…hanya berani di dunia maya saja…

      wallahua’lam

      bertobatlah akhi….sebelum terlambat….

    • aBU sALAFY lAKNATULLAH

    • Ayooo ngaca siapa yg “KADZAB”.. ^_^

      Apa kata sesama salafy bahwa FIRANDA itu salafy Surury bahkan dapet julukan “KADZAB” dari para syeikh wahabi…

      Kami Ucapkan selamat kpd antum yg sudah membela Ust. Firanda Salafy Surury…

      Berikut tulisanya :
      Firanda memfitnah ulama ahlus sunnah
      Gelar “kadzdzab” (gemar berdusta) yang disematkan oleh salah seorang ulama besar di Madinah Asy-Syaikh Abdullah bin Abdirrahim Al-Bukhari Hafizhahullah kepada seorang pelajar di Madinah yang bernama Firanda Andirja memang merupakan gelar yang layak disandangnya. Mengapa tidak, Firanda seakan tiada henti menghembuskan fitnahnya dengan menyebarkan berbagai kedustaan dikalangan salafiyyin dengan menyebarkan berita-berita palsu yang kandungannya adalah upaya merendahkan kedudukan para ulama dan Da’i Ahlus sunnah ditengah umatnya.

      Belum lama kita mendengarkan “haditsul ifk” Firanda yang menyebarkan fitnah dusta dengan mengatasnamakan Asy-Syaikh Rabi’ bahwa Beliau meninggalkan kota Madinah dan menetap di Makkah karena diusir dari Madinah. “Subahanaka hadza buhtaanun ‘azhim”, betapa lancangnya anda berdusta atas nama seorang yang disebut oleh Imam Al-Albani sebagai “pembawa bendera al-jarhu wat-ta’dil” dizaman ini.

      Berikut linknya :

      http://www.salafybpp.com/categoryblog/97-dusta-firanda-ditengah-badai-fitnah-yang-sedang-melanda-bag1.html

      Jadi wajar saja kalo AL USTADZ FIRANDA rajin memfitnah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, lah wong di manhaj nya sendiri aja suka bikin ulah….duh Ustadz Firanda alangkah luasnya ilmu mu…hehehehe

      Buat antum yg nge FANS dgn AL USTADZ FIRANDA kami ucapkan selamat membaca… ^_^

      Salam ukhuwwah

  217. USTADZ F I R A N D A BUKA BUKUNYA BARU HALAMAN 25,SEDANG HABIB MUNZIR SUDAH MENCAPAI HALAMAN 50…………SEKUKU IRENG DIA ILMUNYA UDAH KOAR KOAR…..

  218. tidakakan bertemu jika kita mengutamakan akal, perlu rujuk kpd alqur’an n sunnah..
    siapa yg mengkafirkan ali Radhiallahu anha ??
    apakah anda sudah membaca sejarah?
    apakah yg di perbuat sahaabat radhiallahu ajma’in di waktu itu ??
    mereka menutup mulut, mereka bersikap normal dan tidak berat sebelah .
    apakah anda bisa menjamin hati, ilmu dan diri anda lebih baik drpd mrka radhiallahu ‘anhuma??
    tidakkah kalian takut krn kalian memusuhi dan mencela para sahabat??, sama saja kalian menentang yang nabi sendiri shalallahu ‘alaihi wasalam memerangi dan memusuhi bgi siapa yang melaknat, memusuhi, menuduh para sahabat??
    tidakkah kalian tau,, jika tdk dagn izin allah dgn melalui perjaungan para shabat: maka tidak bisa kalian bersyahadat, kalian bisa kafir semua yg tempatknya kekal di dalam neraka selamanya..
    apa yg kalian ucapkan ??
    takutlah kpd allah,, takutkan dan baca diri kalian, dimana kelak kalian di tempatkan, apakah di surga arau di neraka,, terlaknat kalian yg mencela para sahabat yg nabi sendiri telah melaknat kalian juh2 hari,, ali rahdhiallahu ‘anha dn muawiyan bin abi sufyan mereka adalah termasuk sahabat .

  219. ustadz firanda tidak pernah mencaci ali bin abi thalib radhiallahu anhu, dan tidak juga mancaci muawiyah bin abi sufyan..
    adapun munzir mencaci muawiyah sahabat rasulullah,,
    apa alasan munzir mencaci muawiyah ??
    apakah dia tdk tau sejarah ??
    kaum muslimin (para sahabat) di waktu trjadi perselisihan tsb mrka semua menutup mulut dan brsikap noormal (tdk memihak kpd ali dan jg tdk memihak kpd muawiyah), trnyata apa yg ada di pikiran n d hati munzir sangat berbeda dgn apa yg ada di pikiran para kaum muslimin disaat itu.
    apakah di hati munzir ada penyakit ??
    munzir harus di obati segera,,
    kita semua cinta ali bin abi thalib, cinta muawiyah, cinta para shahabat radhiallahu anhum, kenapa munzir mencaci para shahabat??
    jk d tanya kpd kaum nasrany dan yahudi,, siapakah kelompok manusia yg paling tau agama n paling baik agamanya stelah nabi mereka??, mka mrk sepakat menjawab: para sahabat nabi yg mendukung dakwah nabi mrka,, sedangkan munzir malah sebaliknya,, munzir lupa diri, bagai jagung lupa sama kulitnya, lupa dgn perjuangan para sahabat ,, munzir aneh, munzir sakit… cepat di obati sbelum dia mati, slama pintu taobat masih terbuka buat dia,.

  220. MUNZIR ADALAH SYI’AH TULEN..

    • BETUL SETUJU SOALNYA HABIB ITU MISIONARISNYA SYI’AH YANG DOYAN MUT’AH WOK WOK WOK

      • jahatnya kalian semua Salafiyyun yg ngaku2 bermanhaj salaf tapi tukang fitnah. Akhlaknya saja jauuuuh sekali dr manhaj Salaf, tapi senangnya ngaku2.
        bisa tunjukkan saya kata2 habib Munzir yg menghujat Muawiyah? Bahkan habib Munzir sendiri menyuruh umat Islam untuk berbaik sangka terhadap Muawiyah, krn Muawiyah adalah juga sahabat Nabi Saw. Masalah benar atau salah Muawiyah, biarlah itu menjadi urusan Allah Swt. Namun jangan jadikan ini sebagai bahan fitnahan anda terhadap habib Munzir. Apalagi beliau (habib Munzir) mengharamkan nikah mut’ah…yg kalian fitnah beliau sbg orang yg doyan mut’ah. Dimana akhlak kalian wahai orang yg ngaku2 bermanhaj mewah Salafush Shaleh? Tahukah kalian, ngaku2 sebagai Salafi itu adalah ujub dan riya yg kalian pamerkan ke khalayak muslimin.
        Kita lihat akhir kehidupan kalian, teruslah menebar fitnah terhadap habib Munzir…belum tentu ketika sakaratul maut kalian bisa membaca syahadat.

    • mohon info dong, ane lagi nyari kitab terjemahan wahabi ke bhs indonesia. isinye menarik salah satunye penggagas waby bilang bahwa ahlussunnah lebih kafir dari kafir quraisy. sekali lagi mohon infonye

    • Apa kata sesama salafy bahwa FIRANDA itu salafy Surury bahkan dapet julukan “KADZAB” dari para syeikh wahabi…

      Kami Ucapkan selamat kpd antum yg sudah membela Ust. Firanda Salafy Surury…

      Berikut tulisanya :
      Firanda memfitnah ulama ahlus sunnah
      Gelar “kadzdzab” (gemar berdusta) yang disematkan oleh salah seorang ulama besar di Madinah Asy-Syaikh Abdullah bin Abdirrahim Al-Bukhari Hafizhahullah kepada seorang pelajar di Madinah yang bernama Firanda Andirja memang merupakan gelar yang layak disandangnya. Mengapa tidak, Firanda seakan tiada henti menghembuskan fitnahnya dengan menyebarkan berbagai kedustaan dikalangan salafiyyin dengan menyebarkan berita-berita palsu yang kandungannya adalah upaya merendahkan kedudukan para ulama dan Da’i Ahlus sunnah ditengah umatnya.

      Belum lama kita mendengarkan “haditsul ifk” Firanda yang menyebarkan fitnah dusta dengan mengatasnamakan Asy-Syaikh Rabi’ bahwa Beliau meninggalkan kota Madinah dan menetap di Makkah karena diusir dari Madinah. “Subahanaka hadza buhtaanun ‘azhim”, betapa lancangnya anda berdusta atas nama seorang yang disebut oleh Imam Al-Albani sebagai “pembawa bendera al-jarhu wat-ta’dil” dizaman ini.

      Berikut linknya :

      http://www.salafybpp.com/categoryblog/97-dusta-firanda-ditengah-badai-fitnah-yang-sedang-melanda-bag1.html

      Jadi wajar saja kalo AL USTADZ FIRANDA rajin memfitnah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, lah wong di manhaj nya sendiri aja suka bikin ulah….duh Ustadz Firanda alangkah luasnya ilmu mu…hehehehe

      Buat antum yg nge FANS dgn AL USTADZ FIRANDA kami ucapkan selamat membaca… ^_^

      Salam ukhuwwah

  221. Hayo.. siapa paling benar?
    Jawabannya yang paling benar adalah yang punya sanad guru…

    Jadi ngikut guru yang punya sanad aja dah, biar ga tersesat.
    Soalnya yang berilmu ga punya sanad, berarti gurunya setan, hiiiiiii…

    :)

  222. Saya mendambakan alangkah indahnya kalau Abu Salafi dan yg sefaham dengan Ust Firanda (juga dengan yg sefaham) bisa jumpa darat, Bisa terwujud dialog yang bermartabat, dilaksanakan di tempat yang bermartabat. dan saya sanggup menjadi sponsornya dan dan jaminan keamanan bagi terlaksananya acara tersebut….

    • Setuju..saya.. Biar jelas..biar tegas..saya orang awamm..gak tahu yang benar dn yang slah…..Saya Hanya Yakin Jika Kita Berpegang Teguh kepada AL Qur’an dan Assunah itu yang akan selamatt…. Dimanapun akan diadakan pertemuan berdialog langsug…Saya InsyaAllah Akan HAdir…kita sama2 orang muslim..walaupun hanya satu golongan dari 73 golongan yang akan masuk surga..kalu kita muslim dan tidak syirik insyaAllah kita juga bisa masuk syurga…saya hanya orang Awamm…

  223. Wah BLOG SYAITHON LAKNATULLAH niy

  224. Perlu penulis artikel ketahui : Ust. Firanda tidak ada jenggotnya, yang ada jenggotnya Habib Munzir. Jadi yang kebakaran Jenggot yang memiliki Jenggot :D

    Afwan, ana dulu pernah belajar sama salah satu Habib di Jakarta, dan yang ana selalu ingat perkataan Habib tersebut “Banyak terjadi Pembodohan terhadap Umat Islam khusunya di Indonesia”, dimana tidak disampaikannya yang haq oleh para Habib dan Kiyai, yang ada pengikutnya seperti Kerbau yang dicocoki Idungnya, ngikut, taklid, gak cari tahu dalilnya yang syar’i, tidak Kritis karena sikap ghuluw.

  225. KEPADA SEMUANYA SAYA INGATKAN FIRMAN ALLAH:
    …ولا تنازعوا فتفشحوا تذهب ريحكم

  226. Itulah akibatnya kalau menuruti interpretasi sendiri.

    Inilah sejarahnya: Awalnya adalah merupakan pengikut ajaran Kristen….kemudian ajarannya menyimpang (ikut Bidaah arianesme)-tidak mengakui Yesus adalah Tuhan….lantas orang-orang arab kristen ini memisahkan diri dari Kristen…dan menamakan kelompok mereka dengan nama ISLAM, dan selanjutnya perpecahan nggak karuan

  227. KEBENARAN ADA PD USTAD FIRANDA INSYA ALLOH BRSABARLAH USTAD SMG USTAD SLL DIRHMATI ALLOH SUBHANAHUWATAALA

  228. @abdullah,
    tutur kata anda terlihat penuh nafsu dan kebencian terhadap Habib Munzir.

  229. Beginilah kalau mafia salafi suudiyah berdebat dengan klan ahlul bid’ah (NU/syiah)…..

  230. meskipun saya orang awwam,, namun alhamdulillah saya merasa kalo tulisan yg da di situs ini tentang wahabi adalah dusta.. kalianlah yang pendusta atas nama ahlussunnah.

  231. blog ga guna, inilah yang menandakan kiamat sudah dekat.. orang jujur di bilang dusta, orang dusta dibilang jujur..

    ABU SALAFY, tidak sedikitpun manfaat melainkan mudharat atas pembahasan berlandaskan nafsu syaitan yang anda buat ini…
    anda seharusnya malu menghina seorang alim dan menganggap anda di atas kebenaran.. masya Allah

  232. ane lagi nyari kitab terjemahan wahabi ke bhs indonesia. isinye menarik salah satunye penggagas waby bilang bahwa ahlussunnah lebih kafir dari kafir quraisy. sekali lagi mohon infonye

  233. Apa kata sesama salafy bahwa FIRANDA itu salafy Surury bahkan dapet julukan “KADZAB” dari para syeikh wahabi…

    Kami Ucapkan selamat kpd antum yg sudah membela Ust. Firanda Salafy Surury…

    Berikut tulisanya :
    Firanda memfitnah ulama ahlus sunnah
    Gelar “kadzdzab” (gemar berdusta) yang disematkan oleh salah seorang ulama besar di Madinah Asy-Syaikh Abdullah bin Abdirrahim Al-Bukhari Hafizhahullah kepada seorang pelajar di Madinah yang bernama Firanda Andirja memang merupakan gelar yang layak disandangnya. Mengapa tidak, Firanda seakan tiada henti menghembuskan fitnahnya dengan menyebarkan berbagai kedustaan dikalangan salafiyyin dengan menyebarkan berita-berita palsu yang kandungannya adalah upaya merendahkan kedudukan para ulama dan Da’i Ahlus sunnah ditengah umatnya.

    Belum lama kita mendengarkan “haditsul ifk” Firanda yang menyebarkan fitnah dusta dengan mengatasnamakan Asy-Syaikh Rabi’ bahwa Beliau meninggalkan kota Madinah dan menetap di Makkah karena diusir dari Madinah. “Subahanaka hadza buhtaanun ‘azhim”, betapa lancangnya anda berdusta atas nama seorang yang disebut oleh Imam Al-Albani sebagai “pembawa bendera al-jarhu wat-ta’dil” dizaman ini.

    Berikut linknya :

    http://www.salafybpp.com/categoryblog/97-dusta-firanda-ditengah-badai-fitnah-yang-sedang-melanda-bag1.html

    Jadi wajar saja kalo AL USTADZ FIRANDA rajin memfitnah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, lah wong di manhaj nya sendiri aja suka bikin ulah….duh Ustadz Firanda alangkah luasnya ilmu mu…hehehehe

    Buat antum yg nge FANS dgn AL USTADZ FIRANDA kami ucapkan selamat membaca… ^_^

    Salam ukhuwwah

  234. Firanda memfitnah ulama ahlus sunnah
    Gelar “kadzdzab” (gemar berdusta) yang disematkan oleh salah seorang ulama besar di Madinah Asy-Syaikh Abdullah bin Abdirrahim Al-Bukhari Hafizhahullah kepada seorang pelajar di Madinah yang bernama Firanda Andirja memang merupakan gelar yang layak disandangnya. Mengapa tidak, Firanda seakan tiada henti menghembuskan fitnahnya dengan menyebarkan berbagai kedustaan dikalangan salafiyyin dengan menyebarkan berita-berita palsu yang kandungannya adalah upaya merendahkan kedudukan para ulama dan Da’i Ahlus sunnah ditengah umatnya.

    Berikut linknya :

    http://www.salafybpp.com/categoryblog/97-dusta-firanda-ditengah-badai-fitnah-yang-sedang-melanda-bag1.html

    kami ucapkan selamat membaca… ^_^

  235. Kebanyakan orang2 NU menghujat Wahabi.tetapi orang2 wahabi malah adem2 aja bahkan da,wah menurut ajaran alqur,an dan assunnah,ketua PBNU sendiri da,wah sambil merokok(youtub) itukan sama dg orang gila,sedang ABU SALAFI sendiri temen saya ketika saya masih di jember,dia pernah di pesantren lirboyo tapi di usir karna mencuri duit dan jam tangan.dia kasar sesama teman2nya.bahkan sering menyakiti ibunya sendiri.

  236. ana setuju dgn mas sukarso braling dan mas abdullah,
    abu salafi anda benar2 memfitnah!!!

  237. wah qo ana comment gx msuk truz y!!!

  238. mw comment yang lain gx bisa msuk mulu!!

  239. blog ini kacauuuu….
    kerjaannya hanya memfitnah!!!
    apalagi memfitnah Ulama besar Ibnu Taimiyyah!!
    mw comment yang lain gx bisa msuk mulu!!

  240. Ya Allah Lindungilah kami dari Syi’ah Rafidhoh dan pemikirannya

  241. buat apa ngladeni si WC (Wahabi Cingkrang) alias Yahudi Berjenggot?? Kegedean mulut…!!! Buktinya dari dulu ampe sekarang debat gak pernah sekalipun menang. Skornya selalu 5-0
    Kalau diajak debat pasti ujung2nya salah satu dari :
    1. Gak nongol
    2. Hadir tapi gak bertahan ma dalil takfirnya (pura2 setuju ma pendapat kita lah…)
    3. Kalo berani bertahan pasti keok… trus..
    4. Kabuuur….!
    kalo didatangi ke tempatnya juga gitu…
    1. Gak nongol dengan berbagai alasan
    2. Menghadap dengan penuh ketundukan (pura-pura)
    inilah sebagaimana Dalam Al-Qur’an Allah mensifati orang-orang munafik….
    ………ketika bertemu dengan orang-orang beriman mereka ngaku iman…. ketika telah berkumpul dengan syetan-syetan mereka, mereka berkata, “tenang aja… aku masih bersama kalian, kami hanya main-main kok….”
    ayo yang wahabi boleh balas………
    berani debat gak…..?????
    kalo perlu datangkan syekh kalian dari makkah, madinah, amerika, rusia kalau perlu dari nejd sekalian,,,
    layangkan tantangan pada tim sarkub….
    http://www.sarkub.com
    BOLEH DATANG ATAU DIDATANGI!!!!
    SILAHKAN PILIH YANG PALING AMAN MENURUT KALIAN….

  242. Assalamu`alaikum
    Insya Allah untuk kali ini saya belum sempat untuk menanggapi tulisan sang abusalafy(bapaknya para salaf(dari Nabi Muhammadkarena Rasulullah bersabda kepada Fatimah sebaik2nya salaf(pendahulu) bagimu adalah aku (Rasulullah) HR Muslim) ,para sahabat Nabi,sampai pengikut beliau,???!!!). Cuma saya rasa sang abusalafy banyak salah dalam memahami tauhid asma wa shifat terutama soal dulu istiwa di atas arsy. Karena klo gak salah ada tulisan beliau ttg Syaikh Albani mengakui bahwa sang syaikh berpaham mentasyabuhkan Allah dengan makhluknya dan Allah memerlukan tempat he..he… MUngkin abu salafy klo dia tahu nih soal kaidah2 dikatakan kaum wahaby salafy soal Tauhid Asma Wa shifat baru menghukuminya(menauhidkan Allah dalam asma wa shifat menetapkan dengan Kitabullah dan As Sunnah tanpa menyerupakan denan makhlukNya,menakwilkan,menghilangkan maknaNya,menanyakan kaifiat(perinciannya) ). Pokoknya si abu salafy ini banyak kecerobohan deh he…he..

  243. ribet amat nurutin pendapat2 ini: yuuk kembali ke ajaran yang murni aja dengan iklas, salah dapat pahala apalagi bener.

    gini2 cuma bikin fitnah.

  244. sudahlah
    mending belajar aja,debat muluuuuu
    tuh lihat rumah sakit,sekolah,negara negara non muslim dah maju semua
    kita ketinggalan ,,,,,,
    itu karana kebanyakan ngomong
    sekarang yang penting berbuat untuk umat,umat islam dalam kerja nyata,brantas kemiskinan ,kebodohan,,,,,,

  245. syukron. Artikel yg banyak memberi pencerahan bg yg mau menerima hidayah, dan menjengkelkan para penolak hidayah.

  246. Dengan gaya dakwahnya, yang sok paling murni dan paling sunnah, lalu mudah meng_Kafir-Syirik-Bid’ah_kan saudaranya. Sungguh wahaby semakin memperbanyak perpecahan dalam tubuh Islam.

    Tidak lain karena Firqoh ini jika kita merunut sejarahnya, adalah hasil sokongan Inggris-Amerika-Israel, yang hingga kini menjadi sekutu abadinya Arab Saudy (tempat penkaderan wahaby militan, yang akan disebar ke berbagai negeri Islam untuk bikin kekisruhan, sehingga dengan itu memberi celah kepada Yahudi Inggris-Amerika-Israel untuk masuk mencengkeram dengan atas nama stabilitas keamanan)

    Jangankan antara wahaby (yang punya banyak nama samaran dan tidak mau/malu jika disebut wahaby) dengan mayoritas Ahlussunnah wal Jama’ah (Aqidah:al-‘Asyary_al-Maturidy, Tasawwuf: Juned al-Baghdady_al-Ghozali, Fiqh: Salah satu dari 4 Madzhab).

    Diantara wahaby sendiri, jika kita mengikuti sejarah perjalanan mereka (yang menjijikkan), sudah tidak terhitung betapa diantara mereka sendiri terjadi saling MENCACI-MENFITNAH-MENGKAFIRKA-DLL

    Mumpung belum dituduh wahaby (yang memang hoby-nya menuduh) mengada-ada..

    ini salah satu bukti tentang FIRANDA (gak pake gultom) betapa dia dibilang al-Kadzdzab oleh sesama wahaby, gembong ulama’nya lagi !!!

    Ini blog-nya wahaby lho…

    http://salafybpp.com/categoryblog/97-dusta-firanda-ditengah-badai-fitnah-yang-sedang-melanda-bag1.html

    • Akhi, hati-hati kalo bicara.
      Cara bicara antum aja udah gak bener. Apakah itu islam?
      Bukankah Rasulullah mengajarkan kepada kita berbicara yang baik.

  247. HEI JANGAN PADA BERANTEM, KITA DIHUJAT TIDAK KARUAN DISINI : http://indonesian.alisina.org MARI KITA HADAPI

  248. Mending Dzikir bareng ma ust arifin ilham, sholawatan bareng ma nurul musthofa, hadiri majlis ilmunya para habaib dan para alim ulama….gabung ma FPI buat perangin yang mungkar, biarin dah wahabiyyun ngomong apa juga…….Sholu alaih,,,,mari kita bersholawat lagi…..

  249. Astaghfirullah….,jare podo pinter ngaji…malah podo ribut ora karuan..ealah….

  250. ust. firanda tidak berjenggot. judulnya saja sudah salah apalagi isinya

  251. malu…malu….malu…abuslafy dah kalah hujjahnya….orang NU tau ente syi’ah…..orang Muahammadiyah tau ente rofidoh….orang salafy tau ente ibnu saba’

  252. ali sina itu pendiri FFi kan? yang menghujat abis ajaran islam?? gak cuma salafi wahabi sufi syiah ato apalah, yang namanya islam di hujat terus sama dia, yah mudah-mudahan dia sadar atas apa yang dilakukannya

  253. Ane yakin seyakin-yakinnya yang empunya blog ini adalah orang yang benci SUnnah….Iyakan…^-^

  254. hidup salafi

  255. alhamdulillah..stelah mmbaca blog http://www.salafybpp.com smakin nyata kesesatan ustadz firanda..bahkan berpredikat pendusta..,gurunya juga tak luput dari hujatannya..hmm,ustadz firanda tak mampu membantahnya,bhkan pertemuan ilmiahpun akhirnya dihindarinya..,q heran knapa ust.firanda klo njelasin hukum pake kitabnya madzhab arba’ah yg telah masyhur ea..knpa ga pakai kitab ibnu tayyimah aja jdi ga bercampur?kesannya kan madzhab arba’ah jadi pendukung wahabi dunk ? kasihan orang awam bisa tertipu,pdahal kan faham berselisih jauh..dan madzhab arba’ah ga ada satupun yg wahabi..terus knapa ea spanjang sejarah jumhur ulama ngga mengakui wahabi madzhab yg lurus ?ngga berbahayakah firqoh yg keluar dari jumhur ulama ???

  256. bahkan dihadapkan para masyayikh dimakkah dan siap dipublik akhirnya dihindarinya gimana nih ustadz firanda…bukankah yg ngajak debat ilmiah kan dia sendiri ?? knapa diladeni kuk jadi gak karuan tempatnya…giliran yang nyaksikan debat ilmiah orang2nya sendiri mau…hduh

  257. WAHAI ABU SALAFY JANGANLAH SALING MENGHUJAT, BUKANKAH ORANG ORANG TERDAHULU YG BERIMAN DAN BERILMU YG LEBIH DULU DARI KITA ( SALAFY) YG DIJAMIN MASUK SURGA TDK PERNAH SALING MENGHUJAT DAN KEMUDIAN TIMBUL TANDA TANYA DIHATI ANA, MANHAJ APAKAH ABU SALAFY?

  258. hmmm o alahhh, podo ribut,… tapi kelihatan keknya orang yang paham masalah islam dengan orang yang mau dianggap paham dengan islam,disini, yang faham bahasanya santun yang gak paham habasanya saru(gak sopan),… aku gak paham apa itu wahabi tapi dilihat dari situs ini komentar2 (yg sopandan gak sopan) dan situs yang di sebutkan http://www.firanda.com aku jadi pengan lebih tahu banyak tentang wahabbi ( soalnya bahasanya satun)…..

  259. dan bukti dari alquran dan hadist yang dibawakan lebih banyak dr sebelah (firanda) dan gak ada bls hujatan kok yang disini buktinya pake ngotot, trus kalo debat kan bukan kayak tinju ya ada yang menang ada yg kalah, tapi buat sharing letak perbedaan antara yg debat kl yg fans berat tentunta nya membela jagoannya (dlm tanda kutip),… hehe tp bg aku orang biasa2 kl dlm islam cr yg pake bukti qur’an dan sunnah dong ….krn kebenarannya pasti,…. hmmm jd agak bingung abu salafy menghujat salafy(ngaku “bapaknya salafy= menghujat salafy)

    • Maaf, mas Dwi.
      Tapi dalil yang dibawakan Ust. Firanda gak nyambung dengan apa yang menjadi bahasan. Untuk lebih jelas , silakan cari di Ummati. syukron.

  260. Apakah kita mempelajari Agama untuk memperkeras hati,
    untuk menendang,
    untuk saling menyakiti,
    untuk saling merendahkan kaum muslimin.
    Tidak, …… Akan tetapi Salaf telah memberikan pelajaran kepadaku untuk bisa bersimpuh didepan robulalamin.

  261. tidak ada yang salah dengan dakwah syeikh muhammad bin abdul wahab. beliau berusaha meluruskan aqidah umat yang terancam melakukan syirik dalam beribadah kepada Allah.

    di dalam kitab tauhid yang beliau tulis, didalamnya tidak hanya dijelaskan tentang perbuatan syirik, bahkan beliau menjelaskan perbuatan yang bukan syirik akan tetapi apabila dilakukan terus menerus akan menggiring ke arah perbuatan syirik.

    sehingga apa yang beliau tulis dalam kitabnya membuktikan kasih sayangnya terhadap umat dan kepeduliannya kepada tauhid yang didakwahkan para Rasul.

  262. Blog ini tidak akan bertahan lama. Hanya hitungan bulan saja. Nikmatilah.

  263. Yang penasaran coba cek di http://www.sarkub.com
    disitu ada dialog antara Buya Yahya dg Prof Salim Bajri (Ust. WAHABI)
    coba yang melihat dinilai sendiri ya

  264. Saya mah yang penting sesuai Quran dan As sunnah aja ah….

  265. yg nulis artikel ini orang gila..yg punya nabi namanya Ali ra.bukan nabi kaum muslimin. yaitu nabi Mubammad SAW..sungguh bodoh ni orang..ngaji dimana bung?

  266. WAHABI = KARAKTER IBLIS, MERASA PALING BENAR DAN SUCI SENDIRI, YANG LAINNYA SALAH AHLI BID’AH, MUSYRIK, SESAT…LIHAT SAJA DIMANA ADA WAHABI PASTI TIDAK TENANG..DI SURUH TOBAT MALAH MAKI2….TOBATLAH WAHABI DARI KEBODOHAN KALIAN…..

    • Ali, sungguh bodoh engkau, memaki-maki manusia yg mengingatkan kebid’ahan dan kesyirikan. Ingatlah perbuatan Syirik merupakan dosa besar yang tdk terampuni. Beristighfarlah ya ALI.

  267. ente pada ngomongin ilmu mulu. sudah beramalkah anda?

  268. Alhamdulillah dakwah salafi makin berkembang pesat di penjuru Indonesia semua juga berkat “andil” semua pihak yang memuat berita miring ttg dakwah ini, sehingga banyak orang yang penasaran dan akhirnya datang sendiri ke majlis untuk mencari tahu kebenrannya..lalu jatuh cinta akan dakwah salafi ini. Terimakasih atas “promosi” nya.

  269. ABU SALAFY ORANG GILE BERHATI DANGKAL,LIHAT SAJA SETIAP BERDA,WAH SELALU MEMOJOKKAN WAHABI,MAKA MULAI DETIK INI KAMI SEKELUARGA KELUAR DARI AQIDAH ABU SALAFY YAITU AQIDAH NU(KELOMPOK NAHDIYIN) kelompok perampok pemabok keras kepala teroris bajingan tengik!!!! kami wajib keluar dari aqidah NU

    _____________
    Abu Salafy:

    عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم:
    ” ليسَ المؤمِنُ بِطَعّان ولا لعّان ولا فاحِش ولا بَذيء ” (رواه البخاري في الأدب وأحمد وإبن حبان والحاكم)

    [سباب المسلم فسوق، وقتاله كفر] (متفق عليه)

    [ومن لعن مؤمنا فهو كقتله ومن قذف مؤمنا بكفر فهو كقتله] اخرجه البخاري

  270. MUNZIR adalah BADUI YAMAN !!! cari makan di indo dg cara mengaku jadi habib, habib kok nrima amplop??? keturunan Nabi saw itu tdk boleh menerima sodaqoh, tapi mayoritas habaib yaman badui itu rakus barang sodaqoh,habib EDAN !!!! munzir bajingan tengik,babi ngepet !!!!! kapan ya main ke cirebon??? kalo munzir main ke cirebon,, pasti deh akan saya bikin sate bareng ama abu salafy ALKAZZAB

    _______________________

    _____________
    Abu Salafy:

    عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم:
    ” ليسَ المؤمِنُ بِطَعّان ولا لعّان ولا فاحِش ولا بَذيء ” (رواه البخاري في الأدب وأحمد وإبن حبان والحاكم)

    [سباب المسلم فسوق، وقتاله كفر] (متفق عليه)

    [ومن لعن مؤمنا فهو كقتله ومن قذف مؤمنا بكفر فهو كقتله] اخرجه البخاري

    • Mas Abu Faiq…sangat kental memang hati kaum Salafi ini, penyakit hati kronis. Kenapa bawa2 habib Munzir? Habib Munzir menerima shadaqah untuk mengislamkan saudara2 kita di Papua, di Kalimantan, dan di daerah2 terpencil lainnya. Kalau nggak percaya, datang ke majelisnya…banyak anak asuhnya yg diambil dr daerah2 terpencil itu, untuk dididik kemudian dipulangkan lagi ke daerah2 terpencil guna mengajarkan Islam.

      Apa yg sudah kalian lakukan wahai kaum yg bangga dg predikat wah sbg Salafi? Apakah anda sudah meng-Islamkan orang2 kafir di pelosok negeri? Atau anda justru malah senang menyakiti hati sesama muslim dg menuduh mereka sbg kuburiyyin, ahlul bid’ah, ahlul ahwa…dan julukan2 menyakitkan lainnya. Kalian dimusuhi karena mulut usil kalian, ahlul ghibah, punya penyakit ujub kronis krn merasa benar sendiri dan melabeli diri dg sebutan Salafi.

      Mas Abu Faiq, ada ayah dr kerabat saya meninggal khusnul khatimah, mengucapkan syahadat secara jelas tanpa ditartil, dan langsung wafat dengan mata terpejam hanya dalam satu tarikan nafas. Beliau seperti muslim kebanyakan yg tahlilan, maulidan, salaman setelah shalat, dan hal2 yg kalian haramkan itu. Namun akhlaknya sangat indah, sehingga bisa wafat dalam keadaan demikian.

      Bagaimana dengan anda…apakah anda yg merasa ujub sebagai ahli tauhid, pemberantas bid’ah…bisa menjamin akhir hayat anda bisa mengucapkan syahadat tanpa terbata2?

      Janganlah sombong wahai saudaraku….

  271. Alah.. abusalafy ini ternyata pengecut, gak berani debat secara langsung, agar ketahuan siapa yang betul2 memahami Islam yang benar. Dan siapa yang ngaku2 ahlusunnah sedangkan sejatinya bukan. Ayo dong, yang jantan, jangan beraninya didunia maya.
    Gitu aja kok takut. :)

  272. kenalan via darat abu salafi?
    03557700373

  273. ikhwani jangan sibuk bantah abu salafi cs,
    biarkanlah mereka nuduh skenanya,
    toh juga tidak membuat kita rugi,
    kalau tuduhan itu gak benar, biar balik ke yang nuduh,
    ingatlah Allah maha Mengetahui dan Maha Melihat
    semua akan ada balasannya
    salam kenal
    abu aisyah bos madu herbal
    08973279533

  274. Kalau masing2 pihak hanya berani dari balik layar maka itu seperti pengecut!!!!
    Alangkah baiknya terjun langsung kelapangan bertatap muka langsung untuk saling membantah…
    Para Habaib indonesia saja bsa terjun langsung kelapangan untuk membantah Ahmadiyah….dan mereka tdk takut trkena syubhatnya….
    Klw tdk menemukan titik terang dalam dialog…maka dapat dilanjutkan mubahalah untuk saling bersumpah dan untuk membuktikan siapa diantara kedua kubu yg memang diatas kebenaran…
    Perang hujjah yang hakiki adalah bertemu langsung ….kalau takut terkena syubhat itu jelas naif skali bung!! Karena kalau takut terkena syubhat mengapa abu salafy ini masih membaca tulisan firanda, yg kita ketahui bila ingin membantah pastilah sudah membaca artikel firanda yg bs memberi racun syubhat jga kpda abu salafy..!!!
    Bgi org2 berakal hendaklah pikirkan betapa pengecutnya abu salafy dengan alasan picik, naif dan kekanak2an ktika diajak bertemu langsung…padahal dilain sisi abu salafy begitu pintar bersilat lidah

  275. hati2, berbicara jangan pakai nafsu

    Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu pernah menyampaikan sebuah hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berbunyi:

    “Hati-hati kalian dari persangkaan yang buruk (zhan) karena zhan itu adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah kalian mendengarkan ucapan orang lain dalam keadaan mereka tidak suka. Janganlah kalian mencari-cari aurat/cacat/cela orang lain. Jangan kalian berlomba-lomba untuk menguasai sesuatu. Janganlah kalian saling hasad, saling benci, dan saling membelakangi. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara sebagaimana yang Dia perintahkan. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lain, maka janganlah ia menzalimi saudaranya, jangan pula tidak memberikan pertolongan/bantuan kepada saudaranya dan jangan merendahkannya. Takwa itu di sini, takwa itu di sini. ” Beliau mengisyaratkan (menunjuk) ke arah dadanya. “Cukuplah seseorang dari kejelekan bila ia merendahkan saudaranya sesama muslim. Setiap muslim terhadap muslim yang lain, haram darahnya, kehormatan dan hartanya. Sesungguhnya Allah tidak melihat ke tubuh-tubuh kalian, tidak pula ke rupa kalian akan tetapi ia melihat ke hati-hati dan amalan kalian. ” (HR. ِAl-Bukhari no. 6066 dan Muslim no. 6482)

  276. syubhatnya begitu besar.
    sebaiknya orang awam seperti kita tidak usah mengikutinya.

  277. hayo yang menuduh Habib Munzir syiah tulen segera bertaubat mohon ampun kepada ALLAH SWT & segera minta maaf kepada Habib Munzir (notabene keturunan Rasulullah SAW, sedangkan anda pemuja ibnu taimiyyah, orang yang dibongkar semua kebohongannya oleh mayoritas ulama ahlussunnah) sebelum nyawamu berada di kerongkongan alias sakaratulmaut.

    atau ada orang yang hendak melaporkan anda ke polisi atas dasar fitnah

    silakan mau pilih yang mana..

    @bodronoyo
    Islam difitnah oleh kaum kafir, salah satu link yang anda tunjukkan, namun yang paling penting adalah, jangan hanyut dalam emosi, sehingga masuk ke link tersebut (website pemfitnah Islam), karena apabila kita masuk ke website tersebut, maka sama dengan menguntungkan mereka, mereka makin banyak penghasilan dari internet (karena bny yang masuk ke website mereka), cara jitunya adalah laporkan ke polisi, kementerian agama & ke kementrian komunikasi & informatika, karena lembaga2 itulah yang berwenang

    • niiii mulai titik2 kehancuran d tampakan oleh ALLAH putra mahkota arab saudi minta suaka ke inggris krn merasa tdk aman d negara sendiri……amin ( sumber tulisan yg d siarkan d tv swasta indonesia )

    • laporkan aja bos nanti kan ke ekpos semua bisa mengikuti beritanya
      ok ma kasih

  278. firanda nya kaya gitu, yang ini kaya monyet.

  279. Orang yang memang pendukung blog ini kelihatan sekali dengan bahasanya yang selalu memakai nama hewan..
    Apakah itu islam yang benar?

  280. Assalamu’alaikum.wr.wb…
    gk bisa koment apa2 ane…pokoke buat Ustdz Abu Salafy jempol loro dah!! wes top markotop!!!… buat tante firanda lewaaaaaaaaaaattt… upss sorry klo nyebut tante (habis namanya kyk cwek sih!) :D :D :D

    ni ada berita terbaru, ternyata anggota kerajaan saudi doyan pesta juga yak, sama artis beken lagi???? kirain alim semua (kan mrk bnyk pke jubahh dan isbal ???)……..hmm gmn ya kira2 pendapat pengikut saudi yg ada di indonesia?? :D :D :D

    klik:

    http://celebrity.okezone.com/read/2012/07/25/532/668563/rihanna-pesta-bareng-keluarga-kerajaan-arab-saudi

    sorry melenceng dari tema :D

  281. semuga anak-anak dan keturunan ust. Abu Salafy dkk, kelak menerima dan berpegang teguh dengan Manhaj Salaf yang mulia, bapaknya endak, tidak mengapa, kami berdoa semuga anak dan keturunanya meniti manhaj salaf…itu doa kami yang kami panjatkan pada Allah ta’ala, kami yang ada di kampus, dipondok, di sekolah dan kami yang dianggap wahabi,

  282. assalammu’alaikum izin kan saya ikut gabung dalam diskusi salafy wahabi ( sawah ) oookkkeeeiiiiihhhhhh??????

    Abu Salafy:

    Wa Alaikum Salam…. Silahkan…

  283. oarng kafirlah yg tepuk tangan dan tersenyum lebar melihat umat islam saling menghujjah.. mari para ustad bertikai berdialog meluruskan hal tsb sesuai alquran dan hadist.. kami cinta umat islam

  284. ayo terus abu salafy……..!!!!!!!
    perbanyak karya tulis anda didunia maya biar semua bisa membedakan mana yang haq dan mana yang batil
    biar semua orang tau akan kerancuan anda dalam beragama ….
    biar suatu saat anda bisa menjadi ibroh bagi anak cucu kaum muslimin yang datang belakangan ….
    biar semua kaum muslimin meyadari siapa yang berada diatas kebenaran…….
    ayo teruslah berkarya…..!!!!
    WALAU HANYA DIDUNIA MAYA…..
    hehehehe

  285. cakap apa pula budak ini

  286. Bismillah.
    Saudaraku seiman yang kami mulyakan….
    aku sangat heran terhadap orang yang slalu bicara sanad, sanad, sanad. orang yang punya sanadnya betul g’ mungkinlah berfaham bid’ah,,,,,,, berfaham sesat,,,, berfaham syiriiikk,,,. sufiah itu adik kakak sama syi’ah… syi’ah g’ mampu memadamkan cahaya sunnah dia pakai cara licik, dengan mengkafirkan para sahabat, sehingga konsekwensinya sekian banyak hadits harus ditolak,, hampir separuh agama bisa hilang…. begitu juga sufiah gak bisa memadamkan cahaya sunnah, pakai istilah sanad, sanad, sanad, sehingga orang yang dianggap gak punya sanad tidak benar semua perkataannya. sungguh orang bodoh dan dungu seperti kalian inilah yang merusak agama ini. ya Allah tunjukilah mereka ke jalan yang lurus,,,.
    Mereka tiada ubahnya seperti apa yang pernah saya baca. ada dua orang yang berselisih tentang hakikat benda. si A berkata benda yang disebrang sana itu adalah burung, si B menjawab ah! tidak ! itu adalah kambing,, maka si A mengajak si B mendekati benda tersebut untuk menjadi kebenaran, setelah amat dekat ternyata benda itu terbang, si A berkata nah! benar kan apa yang saya bilang, bahwa itu burung,, si B berkata ah! tidak!! itu kambing walaupun terbang,,,,! he he he. demikianlah permisalan ahlussunnah dengan ahlul bid’ah, dholal, syirik. dn yang semisal dengan mereka. sudah nampak hujjah yg terang malamnya seperti siangnya tapi mereka tetap berpegang kepada fahamnya yang bathil.

    • udah lah ….! nggak usah bermuka dua….! jelas jelas anda dalam buku anda membela syiah..!
      tunjukan dirimu .. debat terbuka dgn ustadz firanda …!
      jangan pengecut…?

  287. akan selalu begitu dan akan selalu jelas mana wali Alloh dan mana wali syaiton

  288. asalamualaikum pak abu ; dari kitab manakah anda pelajari dan siapa guru sejarah anda,tentang cucu nabi yg brdoa di atas kuburan nya baginda yg mulia muhammad bin abdullah seorang hamba dari yg maha mulia ALLAH SWT,apakah yg anda katakan itu benar demi allah sedikitpun saya tidak mempercayai anda krna pengetahuan bathil anda. bagaimana dengan hadist ini Bumi seluruhnya adalah masjid (tempat untuk shalat), kecuali kuburan dan kamar mandi. (H.R. Ahmad (XVIII/312 no. 11788) dari Abu Sa’id radhiallahu ‘anhu. Sanadnya dinilai kuat oleh al-Hâkim,,,.

    Doa Rasûlullâh shallallahu ‘alaihi wa sallam,

    Ya Allâh, janganlah Engkau jadikan kuburanku berhala yang disembah. Allâh sangat murka kepada kaum yang menjadikan kuburan para nabi mereka masjid. [15]

    Imam Ibnu Abdil Barr rahimahullah (w. 463 H) menerangkan, “Dahulu orang Arab shalat menghadap berhala dan menyembahnya. Sehingga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam merasa khawatir umatnya akan melakukan apa yang dilakukan umat sebelum mereka. Biasanya, jika nabi mereka wafat, mereka akan berdiam di sekeliling kuburannya, sebagaimana yang mereka lakukan terhadap berhala. Maka, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ya Allâh, janganlah Engkau jadikan kuburanku berhala yang disembah”, dengan bershalat menghadap kepadanya, sujud ke arahnya dan menyembah. Allâh Subhanahu wa Ta’ala sangat murka atas orang yang melakukan hal itu.

    Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam memperingatkan para sahabat dan umatnya agar tidak terjerumus kepada perilaku buruk kaum terdahulu. Mereka shalat menghadap kuburan para nabi dan menjadikannya sebagai kiblat dan masjid. Sebagaimana praktik para pemuja berhala terhadap berhala mereka. Ini merupakan syirik akbar!”[16] ,,,,Bumi seluruhnya adalah masjid (tempat untuk shalat), kecuali kuburan dan kamar mandi. (H.R. Ahmad (XVIII/312 no. 11788) dari Abu Sa’id radhiallahu ‘anhu. Sanadnya dinilai kuat oleh al-Hâkim,,,

    rasulullah bersabda ; aku dulu pernah melarang kalian dari berziarah kubur,tetapi kini berziarahlah,karena ada pelajaran di dalam nya.namun jangan ucapkan apa apa yg membuat allah murka ( hadist riwayat hakim,,ahkamul jenaiz ; 228 )…
    jadi berhentilah saudara membual atas nama sahabat yg pernah solat dan berdoa di atas kuburan nya baginda rasulullah salallah alaihi wa salam. sedikitpun fatwa2 anda tidak ada kebenaran yg haq melainkan bathil untuk menjerumuskan umat yg awam,semoga Allah memberimu hidayah wahai mas Abu.

  289. sesungguhnya Rasulullah Shalallohu alaihi wa sallam berbicara di atas wahyu.
    maaf….dalam sebuah BLOG…seorang HABIB mengaku BERMIMPI bertemu Rasulullah shalallohu alaihi wa sallam…(bahkan sering) kemudian (katanya) Rasulullan shalallohu alaihi wa sallam mengatakn bahwa sang HABIB akan meninggal di usia 40 tahun dan segera akan bersama Rasulullah shalallohu alaihi wa sallam….

    TAPI AJAIBNYA…sang HABIB tidak jadi wafat di usia 40 tahun…..(karena) itu dalam mimpi berikutnya sang HABIB (katanya) bertemu Rasulullah shalallohu Alaihi wa sallam dan mengabarkan bhwa sang HABIB ga jadi wafat……

    kok bisa diralat…..???? bukankah hidup dan mati itu TIDAK BISA DI UNDUR DAN TIDAK BISA DI MAJUIN ?????

    ana sih KHAWATIR nanti banyak PEMAHAMAN yang berasal dari MIMPI yang katanya bertemu Rasulullah shalallohu alaihi wa sallam…

    ana ga bermaksud mencela sang habib atau siapapun…
    ana hanya sekedar bertanya…..apakah bisa demikian ????

    kematian di undur ?????
    bukankah RASULULLAH SHALALLAHU ALAIHI WA SALLAM pernah memberitakan tentang KEMATIAK PARA SAHABATNYA ketika beliau shalallohu alaihi wa sallam MASIH HIDUP…dan MEMANG KABAR BELIAU ITU TERJADI….dan ga ada yang DIRALAT oleh Rasulullah shalallohu alaihi wa sallam………….

    ini kok diralat…….dalam mimpi lagi…….derajat khobar yang PATUT DI PERTANYAKAN….bahkan DICURIGAI….oleh orang yang ikhlash, berakal dan hat-hati dalam beragama….

    maaf

  290. mohon dijelaskan…komentar ana jangan di hapus ya…
    nuhn

    • jazakallah khair abu faras.. sedikit saya menjelaskan komentar saudara,,,muda saja jawaban nya,, perkataan habib ataupun ulama adalah perkataan manusia biasa tidak maksum dan belum tentu benar sedangkan perkataan baginda rasulullah perkataan yang maksum jadi tidak diragukan lagi,,seorang ulama bisa saja berdusta,karena mereka manusia biasa.jadi berpegang tegulah pada al qur’an dan as sunah agar saudara tidak terkecoh dengan pemahaman2 yg bathil.

  291. Semua ini ada tanggung jawab sendiri di next episode (akhirat yg kekal),….Ukuran suatu kebenaran bukan dari seberapa banyak orang yg menyerukannya ataupun melalui sbuah voting….Islam kita ini apa,..aqidah kita ini bagaimana,..semua akan dimintai pertanggungjawaban,..,..

  292. hehehe…kebakaran jenggot kau piranha…eh maaf firanda, abis namanya mirip sih…ayo kl msh ada dalilmu keluarkan tp sy yaqin haqqulyaqin dalilmu sdh mentok dn tinggal jurus terakhir yg sngt mdh ditebak yaitu: 1. dalil itu lemah krn snadnya ada yg majhul,2. itu hadis dhoif 3.anda menukil dr kitabnya syiah, 4. hadirkan padaku semua perawinya…dlsb itu jurus pamungkasnya pengekor taimiyah,muhammad bin abdilwahab,ibn qoyyim al jauziyah,albani wamuqoliduhum

    • Kenapa nggak pakai nama aslinya aja Abu syiah gitu….
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      ________________
      Abu Salafy

      Nama asli anda siapa om bar?

      • dalam quran dijelaskan allah beristiwa diatas arsy atau atas langit,..tapi kok pak abu salafy berkata tempat itu pada yang bersifat fisik,dengan kata lain pak abu salafy lebih mendahulukan akal daripada Quran..

        Abusalafy:
        Memahami Al Qur’an tidak bisa dengan mengandalkan pemahaman dangkal yang awam…
        Tidak benar -saudaraku- anggapan Anda bahwa saya lebih mengedepankan akal, walaupun akal sehat adalah modal utama memahami ajaran agama… tanpanya kita tidak beda dengan orang gila atau binatang!
        Tapi inti masalahnya adalah terletak pada pemahaman yang benar tentang makna kata istawa dan Arsy… di sini letak inti masalahnya.
        Kaum musyabbihah mujassimah menggambarkan Allah duduk di atas Asy-Nay dan Arsy-Nya dipikul oleh para malaikat (atau malaikat berbentuk kambing hutan) dan para malaikat itu meresakan berat BOBOT ALLAH sebagaimana Arsy-Nya juga mengelurkan bunyi akibat BERAT BOBOT ALLAH!!! Apakah Anda juga percaya dengan akidah seperti ini yang diimani oleh Ibnu Taimiyah dan kaum Wahabi pengikut ibnu Abdil Wahhab?? Dan atas dasar akidah seperti ini mereka mengafirkan seluruh umat Islam yang tidak menerima pendapat sesat mereka!!!! Apakah Anda setuju sobat?!
        Jadi nesihat saya -walaupun saya tidak pantas menasihati siapa siapa- pelajarilah akidah Islam dengan matang, dalam dan gunakan akal sehat untuk menelitinya…. jangan asal taklid buta kepada siapapun!!!

  293. WAH…HABIS = YAH……HUDI

    PERHATIKAN AQIDAH MERAKA “MENYAMAKAN ALLAH TA’ALA DENGAN MAKHLUK”.

  294. WAH .. HABIS = YAH .. HUDI

    MERAKA SAMA – SAMA MENYAMAKAN ALLAH TA’ALA DENGAN MAKHLUK”

    ITU BUKTI SESATNYA AQIDAH MEREKA….

    • Ooo…. Jadi anda itu rupanya seorang syiah yang memakai nama2 salafi (bagai duri dalam daging )
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      _____________
      Abu Salafy

      Kalo boleh tau difinisi syiah dan salafy itu apa mas?
      biar jelas gitu…
      dan lebih afdol kalo anda menanggapi tulisan/artikel diatas!

      • kalau syiah itu ada kmiripan dikit dengn anda dan salafy itu sangat mirip dengan ust firanda…bgmana udah ngerti tooooooo…..

      • ini orang lagi bertaqiyah…….,
        Kebanyakan orang tau klo syiah / anda itu Sesat..
        dan Salafy itu orang Sholih yg murni mengikuti cara Beribadahnya Rosululloh solallohu alaihi wa salam + orang – orang terdahulu yg hidup bersama Rosullulloh tanpa mengada-ada,

        PAHAM ENTE ????

        Abusalafy:
        Mengapa Anda jadi ikut KEBAKARAN JENGGOT?!

  295. debatnye di akherat aje dah .. pade ribet ente .. ketimbang nongkrong didepan komputer gak jelas ngomong ngalor ngidul .. yang penting lebarannye kagak ade yang start duluan , , , :) hehee

  296. Bismillah..

    Afwan, ana trmasuk yg awam mngenai ilmu agama..
    Hanya ana ingin mngajak kita smua utk berpikir logis :
    Knp sih NU aswaja sdemikian yakinnya mngatakn wahaby itu sesat?
    Kalau wahaby itu sesat berarti pnduduk mekkah & madinah yg wahaby itu sesat smua donk?
    Apakah mungkin Allah azza wa jalla membiarkn 2 kota suci yg dicintaiNya itu berada dlm kesesatan?
    Apakah mungkin Allah azza wa jalla membiarkn mesjidil haram di makkah yg disitu ada baitullah & mesjid nabiNya di madinah dikuasai oleh org2 sesat?
    Apakah mungkin ahlul bayt rasulullah yg ana yakin lebih bnyak berada di arab dr pd di negara kita (yg ga jelas benar atau hnya mengaku2) itu pada sesat semua?
    Coba kita berpikir, jgn2 kita muslim di indonesia ini yg sesat.. Trbukti tdk ada ulama indonesia yg diakui dunia spt ulama2 wahaby semisal syaikh bin baz, utsaimin & al albany..
    Atau mungkin kita brpikir NU aswaja lah yg paling benar sehingga muslim di seluruh penjuru dunia hrs jadi NU semua..
    Akhirnya tinggal kita pilih saja kiblat kita di makkah atau di jombang?
    Wahaby yg tersebar di seluruh dunia atau NU yg cuma ada di indonesia?

    • mohon dibedakan antara NU dan aswaja. NU itu organisasi di Indonesia…sedangkan aswaja itu tersebar di seluruh dunia.

      Mending belajar pd manusia yg jelas meninggalnya khusnul khatimah bersyahadat secara jelas tanpa ditartil, meninggal sangat cepat dan indah…dalam keadaan menghadap kiblat, dan mata langsung terpejam di hari Jum’at dan di bulan Ramadhan, dari jasad mengeluarkan aroma yg sangat harum, dan jenazah utuh setelah dikubur bertahun2 dan masih mengeluarkan aroma yg sangat harum, seperti sayid Muhammad Alwi al-Maliki. Bukankah beliau ahlul bayt?

      Janganlah belajar pd ulama yg senang mencaci maki, senang berburuk sangka dengan amalan kaum muslimin, senang takfir, senang menyakiti hati ulama dan muslim yg lain dengan tudingan kuburiyyin, ahlul bid’ah, ahlul ahwa…yg wajahnya suram, tidak bercahaya.

  297. islam itu datang dalam keadaan asing dan di akhir jaman akan kembali asing, yg melaksanakan sunnah di anggap sesat yang bid’ah dianggap sunah.. beruntunglah orang2 yg asing.. yang berpegang kepada al quran dan as sunah menurut pemahaman para sahabat..
    yang keluar dari teko sesuai dengan isinya, begitulah abu salafi..
    yg keluar dari mulutnya ya itulah isi hatinya..dan kita dapat;j mengetahui kedalaman ilmunya..karena orang yg berilmu akan bijak dan hati2 dalam menjaga lisannya. karena kebanyakan orang yg diseret keneraka akibat dari lisannya..
    makanya jangan mengikuti kebanyakan manusia niscaya ia akan menyesatkanmu.. dan hanya sedikit orang belakangan yg masuk surga…
    itulah ciri ahli bid’ah walaupun hujjah sudah jelas seterang matahari disiang bolong tetap saja ia enggan, karena matahati yg ada didalam dadanya sudah buta. karena otaknya sudah taklid buta.. taubatlah wahai saudaraku….
    jangan taklid…

    • sangat setuju dengan postingan anda…namun anda juga harus intropeksi diri juga agar jangan taklid. hadist ttg yg sunnah dianggap bid’ah dan yg bid’ah dianggap sunnah pun bisa mengenai pd firqah anda. Karena apa? Karena ulama ahlusunnah yg mayoritas tidak ada yg menolak sunnah…mereka mengakui sunnah. hanya saja mereka memiliki ilmu ttg tata bahasa Arab berupa nahwu, mantiq, balaghoh, sorof dsb…sehingga pemahaman mereka tidak sempit mengenai bid’ah.Ini berbeda dg kalian.

      Sunnah yg sebenarnya adalah menjaga lidah dr menyakiti sesama muslim….dan apakah itu dilakukan oleh Salafi/Wahabi?
      Kalian justru menyakiti sesama muslim dengan menuduh penyembah kubur bagi yg ziarah ke makam wali, menyebut sesama muslim sbg ahlul bid’ah, ahlul ahwa dsb. Padahal kalian hanya menemukan oknum2 muslim di luar kalian yg berlaku menyimpang, lantas menyamaratakan seluruh muslim di luar kalian seperti itu….lantas mengharamkan apa yg sebenarnya tidak diharamkan oleh Nabi Saw.

      Kalian katakan melakukan tahlilan itu sesat, maulid nabi Saw sesat, salaman setelah shalat sesat…dsb. Padahal banyak mereka yg melakukan itu meninggalnya pun mengucapkan syahadat, bahkan tak jarang ada yg bersyahadat secara jelas tanpa ditartil dan hanya satu kali tarikan nafas saja, dan mata langsung terpejam (tidak membuka).

      Janganlah begitu wahai saudaraku….janganlah kalian sakiti saudara semuslim kalian dengan istilah2 kuburiyyin, ahlul bid’ah, ahlul ahwa…..karena kalian pun belum tentu meninggal lancar dlm mengucapkan syahadat.

  298. Bismillah,
    Akhy ardhy, yang ana maksud tersebar diseluruh dunia bukan berarti banyak jumlahnya, tetapi disetiap daerah selalu ada orang2 yg menegakkan sunnah sesuai dgn pemahaman para sahabat, sekalipun jumlahnya sedikit, kecuali di makkah & madinah yg mayoritas, karena memang sdh ada jaminan dari Allah SWT..
    Terlalu banyak dalil2 yg menerangkan tentang kemuliaan & jaminan Allah SWT terhadap 2 kota suci tsb beserta penduduknya..
    Sangat aneh kalau yg dimaksud “sedikit” menurut hadits tsb adalah org2 NU di Indonesia?. Terlalu naif..
    Bukankah semboyan “kembali kpd al qur’an & as sunnah sesuai dgn pemahaman para sahabat” itu justru adalah semboyan yg selalu di dengung-dengungkan & berusaha dilaksanakan oleh org2 salafy wahaby?..
    Terbukti, sbg contoh akhlaq para salfiyun yg kita bisa lihat sekarang :
    Kalau para sahabat dulu tdk merokok, maka org salafy wahaby kinipun tdk merokok..
    Para sahabat tdk bermusik ria, berjoget ria, dangdutan dsb, maka org salafy kinipun tdk..
    Para sahabat tdk menyembah-nyembah atau meminta berkah kpd kuburan para wali, maka org salafy kinipun tdk..
    Para sahabat tdk tahlilan & memperingati org mati maka salafy kinipun tdk..
    Para sahabat tdk pernah memperingati maulid, isra’ mi’raj & berbagai bid’ah lainnya, org salafy kinipun tdk..
    Para sahabat tdk mencukur jenggot & berpakaian isbal, maka salafy kinipun tdk..
    Para sahabat tdk memasang gambar manusia atau binatang, apalagi artis di rumah2 mereka, maka org salafy kinipun tdk..
    Berbeda dgn org2 NU Aswaja, bahkan dipesantren2 yg katanya pesantren salafiyah di beberapa tempat di Indonesia yg antara lain kebiasaannya :
    Kyai & santrinya doyan rokok..
    Kyai & santrinya biasa tahlilan, memperingati org mati sebagaimana kebiasaan org hindu (hanya saja org hindu tdk membaca tahlil)..
    Kyai & santrinya ada yg berhubungan dgn hal gaib, khususnya jin, persantetan, perdukunan, perklenikan, sihir, pelet, jimat2, aji2, pengasihan, penglarisan, dsb..
    Kitab2 kuning rujukan mereka mengharamkan musik & joget2, namun tdk sedikit dari kalangan salafiyah model ini yg tdk malu2 gemar kemaksiatan itu. Bahkan ada kyiainya yg terkenal melukis seorang penjoget ulung dgn judul aneh : “Zikir bersama Inul”, yaitu lukisan penari goyang (maaf) pantat yg sedang bergoyang ditengah kalangan para kyai yg berzikir..
    Dan yg paling heboh ada kyai besarnya yg sangat terkenal pula, mengatakan bahwa al qur’an itu adalah kitab suci paling porno didunia (Naudzu billahi min dzalik..)..
    Apakah orang2 dengan pemahaman2 model ini yg dimaksud hadits tsb?..
    Sekali lagi, terlalu naif!!..

    • Salam akhi FARDANA! Saya mau tanya sekaitan dengn tanggapan anda,saangerharap anda sudi menjawab dengan jujur dan tanggung jawab:Apakah menurut ahda sistem kerajaan itu diajarkan Islam? Dibenarkan dan diajarkan Nabi Muhammad Saw? Atau iansebuah BID’AH DHO LALAH TERBESAR????
      BUKANKAH NEGARA YANG DIDUKUNG PARA ULAMA WAHABI DAN PARA MUFTI SERTA JURU RAMU FATWA Itu ditegakkan di atas sistem kerajaan????
      Apakah ini yang anda maksud dengan MENEGAKKAN ISLAM SESUAINDENGANNPEMAHAMAN PARA SAHABAT????!!!!!
      TOOONG SEBUTKAN SIAPAMYANG PERTAMA MEMBUATNBUAT BID’AH DHOLALAH KERAJAAN DAN JERUBAH SISTEM PEMERINTAHAN KHILAFAH????!!!!
      Sementara ini dulu dan ini adalah bagian awal tanggapan anda, sisanya nanti kalau anda sudahnsanggup menjawab dengan jujur.
      Terima kasih akhi, kita diskusimilmiahndi sini ya.

      • jancuk lu ngomong asal nyaploss kyk gw aja lo!!! jgn ikut gw ngomongnye amburadul !! SOK ISLAMI LU !!! keparat anjink afrizal wahabi !!! IM,FPI,NU podo kabeh

  299. untuk abu salafy;semua ulama ahlu sunnah wal jamaah tulen dari dulu sampai sekarang tdk pernah mencela salah satu dari sahabat Rasulullah saw tp sebaliknya mereka menghormati mereka,melebihkan mereka sesuai kelebihan mereka masing masing,tentunya dengan nash nash yg bersumber dari para ulama salaf yg mu’tabar.apalagi terhadap para khalifah 4,adapun persangkaan anda bahwa ibnu taimiyah dan muridnya mencela dan merendahkan ali bin abu thalib dan umar bin al khattab Ra adalah pengaburan terhadap kaum muslimin,krn kalau saya baca buku buku beliau sangat nyata menghormati seluruh sahabat rasulullah saw.dan akidahnya sama dengan akidah para salafussoleh yg dulu sampai sekarang.kalau memang akidah ibnu taimiyah itu miring maka miring pulalah akidah ulama ahlu sunnah seluruhnya seperti imam 4,imam al bukhari,muslim dan yg sejalan dgn mereka.saya sangat yakin sekali kalau anda itu penyebar fitnah pada zaman ini lewat dunia maya tapi takut bertemu langsung dengan yang anda hujat seperti ustadz firanda(lempar batu sembunyi tangan).saya berharap anda sudi berdiskusi langsung dengan ustadz firanda untuk mencari kebenaran dan saya sudi rujuk pada dalil anda kalau memang andalah yang benar…..kemudian kalau saya baca artikel anda dan ustadz firanda,ternyata hujjah ustadz firanda lebih akurat dari pada anda,kecuali orang awam(maaf)yang membabi buta ngekor dan hanyut pada pemahaman anda yg simpan siur menghamburkan cerita tak masuk akal.
    tentang perkataan anda bahwa ibnu taimiyah merendahkan ali bin abu thalib Ra pada salah satu kitabnya ternyata tidak benar,beliau hanya menyanggah para pemuja syiah yg guluw dan berlebihan dalam membawakan hadis palsu yg asalnya dari orang orang sesat dan tidak masuk dalam jajaran ulama lurus ahlusunnah wal jamaah.
    anda hanya memotong motong nukilan ulama salafy yang mengesankan bahwa mereka itu membenci ahlu bait.
    demi Allah yg jiwa kita berada dalam genggamanNya….ulama salafy tidak pernah membenci salah satu dari sahabat,ahlu bait,dan para istri nabi muhammad saw.kecuali membenci pendusta yang suka mengamalkan hadis maudhu dan mencela salah satu dari sahabat nabi dan pembawa panji ahlu sunnah waljamaah.
    ingat …jgnlah anda ingin menang dalam berdebat kusir lalu menjelek jelekkan ulama yang sangat jauh dari ilmu anda dan guru anda sekalipun….sesungguhnya khalifah ali Ra di syuga berlepas diri dari kebohongan sekte anda yeng berdusta atas nama beliau.
    sekali lagi kepada anda @abu salafy terhormat,bantalah mereka yang anda anggap sesat dengan hujjah yg benar dan berani unjuk gigi di dunia nyata,krn kami ingin berguru pd anda bila memang anda berada di atas kebenaran.lagi pula saya ingin pastikan kalau anda itu bukan robot atau imajinasi dari anak kecil saja.kami juga ingin tahu kalau jenis kelamin anda itu laki laki ataukah perempuan ataukah…keduanya ?????
    dan yg terakhir saya mohon kepada ALLAH SWT agar anda di beri hidayah untuk rujuk pd kebenaran,jangan sampai mati seperti pamannya Rasulullah saw abu tholib yg gengsi menerima kebenaran krn malu pada pengikutnya…dan lebih parah lagi bila mati seperti abu jahal…

    • abu Salafy:
      Dari pada Anda berbicara berdasar prasangka dan tuduhan serta klaim lebih baik Anda baca bukti-bukti kebencian dan kesinisann Ibnu Taimiyah terhadap Sayyidina Ali ra! Dan bagaimana para ulama Ahlu Sunnah telah membuktikannya!
      Adapun omongan Anda yang lainnya, saya rasa krang afdhol kalau saya membuang waktu para pembaca dalam membantahnya!
      MaaF.

    • Ibnu salafy adalah satumcontoh dari kejahilan dan krisis akhlak karimah yang sedang dialami para salafiyyun.
      Itu bukti tanda-tanda kemiskinan spiritual dan kesempitan intelaktual kalian yanwahabiyyun!

  300. saya tidak akan bosan mengingatkan, maaf jika kesannya jadi menggurui siapapun.. saya memandang bahwa kelompok bung abu salafy dan kelompok bung firanda akan mencapai suatu titik stagnan, dan akan tetap pada pendirian masing-masing… yang tersisa adalah rasa kesal dan amarah yang tidak bermanfaat apapun, mungkin akan menjerumuskan kita kepada kehinaan..
    kenapa kita tidak segera menghentikan semua perdebatan ini.. saya minta kepada kelompok yang anti abu salafy untuk menghentikan serangannya..semoga dengan anda semua berhenti, maka bung abu salafy pun akan menghentikan tulisan2 ini…
    semoga semua aib kita ditutupi allah, di dunia dan di akhirat..

  301. masyaallah… wahai akhi kita yg tegar diatas manhaj salaf “the true ahlussunnah wal jamaah” sudahi dongeng ini dan lanjutkan dakwah kalian dan tebarkan sunnah di bumi indonesia tercinta kita gapai ridho allah swt dan nabiullah muhammad saw tinggalkan mereka yang tak mengindahkan ajakan yang mulia yaitu assunnatu rasullallah saw serahkan mereka kepada “yang maha keras siksanya atas kaum yang dzalim” dan terkhusus buat abu khalafy as syi’ah laknatullah alaihi….

    Abu Salafy:
    Terima kasih atas omelannya. Semoga Allah memberi hidayah Anda ke jalan kebenaran. Amin.

    • Yang harus kita pelajari masih buuuaannnyyyaaaaaaaaak. Mari tingalkan tempat sampah ini.

  302. Mohon maaf, kenapa Salafi dan Syi’ah tidak bisa berdamai? Bukankah Syi’ah itu sama2 muslim juga?
    Kenapa ustadz2 Salafi memukul rata bahwa semua Syi’ah adalah rafidhoh? Padahal ada juga lho Syi’ah yg bukan rafidhoh….yg lurus, yg tidak mencari sensasi, yg tidak suka takfir, yg tidak suka ngurusi amalan orang lain, yg tidak suka menghujat sahabat Nabi Saw dan istri Nabi Saw. Syi’ah yg rafidhoh sudah tentu sesat, namun syi’ah yg bukan rafidhoh ya jangan dibawa2 dan menjadi halal darahnya untuk dibunuh.

    Yang saya perhatikan, justru kalian Salafi dan Syi’ah rafidhoh lah yg saling bunuh-bunuhan di Jazirah Arab sana. Apakah itu akhlak yg diajarkan Nabi Saw? Ataukah kalian itu memang terkena fitnah Zionis untuk saling bunuh-membunuh satu dengan yg lainnya?

    Saya bukan Syi’ah…tapi saya menginginkan kalian berdamai antara Salafi dgn Syi’ah. Apakah kalian mau untuk berdamai?
    Ataukah kalian menunggu kedatangan Imam Mahdi Ra untuk dipaksa tunduk dan mau berdamai? Kita lihat saja nanti ending dari kalian…

  303. orang yang tidak jelas memberikan NAMA sama hal dgn FIRA’UN, yg mengganti ganti namanya di setiap wilayah, hingga tidak jelas NAMA ASLInya, SIAPA!!! stlah MATI baru kt tau itu namanya ABU SALAFI, sprti FIRA’UN.

    • Komentar kamu itu bukti bahwa abusalafy di atas kebenaran akidah…. yang firaun itu adalah Muawiyah tuhan kecil kamu yang kamu sembah selain Allah.. islammu islamnya Muawiyah dan kamu kelak pasti juga dibangkitkan bersama Muawiyah dan kaum munafik lainnya…. atau jangan2 kamu tdk selevel dgn Muawiyah… dia kan dai keluarga ningrat bani umayyah sedangkn kamu ndak jelas nasabnya…. jangan jangan kamu bin ????

  304. terus lah berseteru tambah sengit tambah bagus, musuh islam tinggal nonton, seperti turis2 israel nontong perang di Suriah dari atas gunung sambil makan snack minum kopi

  305. kenapa ya yg ngaku muslimin ngga ada yg ceramah atau bikin blog tapi saling memuji dan menggembirakan persamaan diatara firqoh2, alangkah damainya, atau tiap sekte menganggap hanya dirinyalah yang muslim dan yg lain kafir harbi?

  306. Itu sih wahabi yang punya anggapan seperti. Semua yang selain wahabi kafir! Lalu apakah mereka harus didiamkan mas surdai? Apa mereka harus dipuji?
    Umat harus diberitau hakikat kesesatan mereka kang mas! Biar tidak jadi ikut-ikutan sesat pikirannya. Sebab mereka itu yang selalu membuat keresahan dan kekecauna di tengah-tengah umat Islam mas!
    Umat Islam sebenarnya sudah cukup damai, hznya kelompok WAHABI TAKFIRY yang merusak keharmonisan hidup umat Islam. Lihat saja di mana-mana kelompok TAKFIRY yzng selalu bernafsu buas membantai umat Islam yang berlainan mazhab dengan mereka!
    Baik saudara kita yang bermazhab Syi’ah maupun kita Ahlusunnah selalu menjadi korban kesesatan akidah WAHABIYYUN TAKFIRIYYUN

  307. Hoi Syaikh Idahram (Marhadi JIC) TAQIYAHnya ktahuan, tutup nih blog atau nanti kita bakal ketemu!!!

  308. Af1 sebelumnya.. ana yakin perdebatan seperti ini tidak akan ada habis-habisnya, jika kedua belah pihak atau salah satunya masih ber’ashobiyyah (fanatik) dengan aqidahnya atau manhajnya.. tanpa melihat hakekat dengan kacamata hati nurani..

    Dan saya ingin mengingatkan sebagai kewajiban saya sebagai seorang muslim:
    Sudahlah, ikhwani ahlussunnah..
    menurut saya ini bukan tempat yang tepat untuk bantah-m’bantah / jatuh-m’jatuhkan..
    tidak akan ada gunanya jika antum melecehkan, mencemooh fulan dan fulan.. dan seperti dikatakan akh tadi (ana lupa namanya, comment.a byk skl!!), ini hanya akan mempertebal dinding permusuhan, menyulut api kedengkian, dan juga semakin menutup pintu hidayah.. karena tidak dibangun di atas hikmah..
    ادع إلى سبيل ربك يالحكمة والموعظة الحسنة وجادلهم بالتي هي أحسن
    Berdebat hanya jika itu memang diperkirakan akan menjadi kebaikan..
    Sekarang..
    ياأيها الذين آمنوا عليكم أنفسكم
    Dah urusi diri kalian sendiri dulu.. baru jika ilmu sudah mapan, dan kita mendapat kesempatan yang baik, kita dakwah dengan hikmah..

    Dan saya tegaskan…
    yang dilakukan oleh sebagian ikhwan tadi yang menjurus kepada ejekan dan perkataan kasar, jika mereka mengaku ahlussunnah yang mengikuti para salaf, nabi, sahabat, tabi’in, dan pengikutnya, saya nasehatkan kepada mereka dengan tanpa mengurangi rasa persaudaraan, Yang antum lakukan itu bukan sama sekali akhlaq ahlussunnah, para salaf kita tidak seperti itu dalam menjelaskan kebenaran..
    Justru ini akan mencerminkan image negatif kepada dakwah salafiyyah ini.. jangan kotori dakwah ini dengan perilaku antum.. berhati-hatilah dalam berbuat.. karena semuanya akan dipertanggungjawabkan..

    Tidaklah yang saya inginkan kecuali untuk menunjukkan kebenaran sbisa saya..
    Marilah kita bersama menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan mendakwahkan lewat jalan-jalan yang lebih sehat dan baik.. sesungguhnya banyak jalan menuju syurga, banyak cara u/ b’dakwah
    إذا صدق العزم وضح السبيل
    Jika tekad sudah kuat, jalan itu akan jelas.

  309. Abu Salafy, ente di ajak dialog secara langsung ama ustadz firanda…!,
    Kira-kira ente punya nyali gak yee…..?
    kira-kira ente punya jasad gak yee…?
    Atau ente maunya kucing – kucingan aje…?
    Kalo ente ( Abu Salafy ) memang merasa benar pastinya gak takut dong…!
    Ane dah pernah liat Ustadz Firanda, dan kelihatannya beliau tidak ngumpet – ngumpet, justru sering ngada’in kajian kalau lagi pulang ke Indonesia.
    Kan jadi enak tuh…!, tinggal bikin perjanjian mau dialog nya kapan.
    Biar ketemu dua manusia yang sama – sama mengaku merasa dirinya benar.
    ( ALLAAHU A’LAM )
    Semoga Abu Salafy di beri keberanian menyampaikan yang benar dan di berikan keberanian untuk menanggapi dialog langsung Ustadz Firanda. ( Aamiin )

  310. Abu Salafi = Abunawas

  311. assalamu’alaikum..
    salafy wahabi ???
    antum t*lol ape gimane …??
    saya tanya siroh muhammad bin abdul wahab antum bsa jawab gak??
    apa latar belakang beliau??
    kalau bsa sebutin pengarangnya jga…

  312. gak usah membaca lebih banyak, menghabiskan waktu, aku sdh merasakan mana tulisan yang ilmiah dan tidak.

  313. abu salafy, koe tamatan mana ? kok sering menghujat orang salafi. pengikut salafi itu orang berilmu, setiap kajian membahas kitab ulama ahlussunah. tobatlah kepada Allah dan belajar agama dengan para masyayikh di makkah dan madinah.

    Abusalafy:
    Daripada Anda bersyair tanpa ilmu lebih afdhal Anda merenungkan setiap bukti yang saya paparkan untuk menghujat penyimpangan akidah Wahabi Salafi…..
    Tentang belajar di mana dengan siapa bukan hal penting untuk Anda ketahui… yang penting saya tidak pernah belajar dan menimba ilmu dari para masyaikh Wahabi di Mekkah atau Madinah yang sekarang sedang dijajah oleh ibnu Saud (dan keturunannya) dan para gerombolan arab baduwi wahabi Najd dengan bantuan kerajaan Inggris dan sekarang oleh AS.

  314. ya ikhwan,, kenapa kita slalu brtengkar??apakah tdak ada jlan yg lbih baik untuk myelesaikan masalah2 ini??
    apa kita gk sadar..kita sedang di trtawakan syaiton??

  315. Masalahnya cuma si abu sk minum kopi, dan sok abu minum susu, lalu sok abu blg sesat, dan si abu ga trima jg blg sesat, jadi si abu sama sok abu, jdnya ya Abu Abu..

  316. wahai manusia kau bisa saja berdalih dengan alquran dan alhadis tapi lihatlah dimanakah peletakannya apakah engkau wahai manusia meletakkannya sebagaimana para shahabat meletakkannya, janganlah engkau meltakkannya sesuai dengan hawa nafsu, melihat ulama adalah melihat kitab yang ditinggalkannya apakah engkau wahai manusia sudah meilhat kitab-kitab yang ditulis oleh Syaikh islam ibnu taimiyah tidaklah perkataan orang yang benci padanya yang dijadikan hujjah tapi lihatlah apa yang telah ditinggallnya dan komparasikan dengan dua perkara yaitu alquran dan assunah

  317. ya Allah ya Rahman Ya Rahim ampuni kami yang melupakan petunjukMu dan tuntunan rasulMu beri kami kemauan dan kemampuan untuk dpt memahami dan mengmalkannya tdk seperti sekarang ini sebagian dari kami menghujat dan merendahkan bahkan menghina sebagian

  318. blog sampah!!

  319. assalamualaikum…..!
    mungkin sebaiknya abu salafi ini bertemu harus dengan ustadz firanda….!
    jangan jadi orang yang majhul….! tidak berani mengeluarkan diri kalo memang anda merasa diatas kebenaran …! silahkan anda debat terbuka dengan beliau itu jauh lebih baik ketimbang ngumpet nggak tau orangnya mana…!
    padahal ustadz firanda sendiri yang sudah menantang anda dialog..!
    kapan , dimana ,tentuin tanggalnya biar lebih jelas masalahnya….!

  320. ah nggak seru, cos yg empunya blog beraninya cuma di belakang layar doang…

  321. bagaimana kalau Abu Salafy dan Ust Firanda dipertemukan dalam sebuah diskusi…saya pernah melihat dan mengikuti kajian ust Firanda tetapi dengan Abu Salafy sampai saat ini saya belum pernah melihat wajah beliau walaupun di media internet…itu yang meragukan saya dengan Abu Salafy

  322. jika dilihat tulisannya perkiraan saya si abu adalah …
    syaik idarham atau jika dibalik Marhadi seorang yang katanya mubaligh ( tidak tahu apa yang dia seru) yang tingggal di cilincing alumni universitas di mesir jika dilihat tulisan terlihat mata hatinya buta direnakan kebencian tehadap orag-orang yang membela sunnah nabi

  323. Ada apa dengan anda ????????????

  324. Wahabi kok jadi DUKUN TEBAK. Bantah saja dalilnya abusalafi

    • yg ngaku namanya “wahabiyahudi” nasehat ana ganti namanya, ente kepengen jadi yahudi. hati-hati lo nanti nyesel mumpung pintu taubat masih terbuka. ana kasihan ma ente, ana huznuzhon ma ente mungkin ente IQnya jongkok alias lemot alias bahlul, makanye banyak ngaji. bertaubatlah ente dengan taubatan nasuhah, aaamiiin!!!

  325. maaf nih, disana tertulis ibnu taimiyah sering menghinakan ali, kalau yang saya dengar dari ustad-ustad salaf mereka sangat marah kalau ali dihina, mereka justru sangat mengagungkan rasul dan para sahabatnya termasuk ali tanpa terkecuali dan bertolak belakang dari apa yang saya baca disini,, saya hanya melihat dari fakta dilapangan saja dengan mata dan telinga saya sendiri karena saya bukan tipe orang yang taklid ke satu ulama saja,,
    saya tidak akan menuduh abu salafy syiah karena biarlah allah yang akan menentukan nantinya.

    • justru itu, si abu salafy ini sangsi, sangat di ragukan, dia suka memfitnah, memutar balikan fakta, wahabi itu bukan bentukan syeh Muhammad bin abdul wahab, tapi dia dengan tegas tapi salah menyebutkan wahabi di bentuk syeh ibnu abdul wahab, padahal yg sebetulnya wahabi di bentuk oleh abdul wahab bin abdurahman bin Rustum ( khawarij ibadiyah),

      Abusalafy:
      Alangkah indahnya hixup ini apabila kaum jahil tau diri dan tidak berbicara yang hanya membongkar kejahilan!!

  326. assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    kepada abu salafy saya ingin bertabayun :
    apakah anda syiah ?

    menarik membaca ulasan bahwa wahhabi adalah pecinta muawiyah,
    tp dlm ulasan tidak dijelaskan kaitan wahhabi dengan muawiyah

    yang saya tahu ali ra adalah contoh yang baik,
    bilapun memang dahulu ali ra yg ditunjuk langsung o/ nabi sbg penggantinya, pdhl pemimpin stlh nabi bukanlah lsng dia,
    tp dia tdk sdktpun menunjukkan kebencian kepada abu bakar, umar dan usman selaku para sahabat

    dan Rasulullah adalah sehalus-halusnya manusia dalam bertutur kata, mohon ketika berdebat dengan kata-kata yg halus,
    saya tidak membela salah satu dari anda berdua (abu salafy & firanda), tapi umat menyaksikan perdebatan kalian, yang (maap) diucapkan dengan bahasa yang kasar, jauh dari tuntunan nabi SAW

    tegas itu wajib, tp tolong jng kasar

    wallahu’alam bissowab

    akhuhum fillah
    akma

  327. Kenapa sesama muslim hanya mencoba mengulas dalil dalil malah saling mengkaftrkan yaaaah ? sayangnya ulama salafus shalih seperti para mazhab tidak ada gelar nya mungkin kalo sekolah sekarang lebih dari profesor sekalipun jangan karena gelar lalu langsung kita ikuti saja saya yg program doktoral saja tidak lebih hanya ikut pendapat ulama salafusshalih dan bukan salafi yang malah menyalahkan siapapun kalau tidak sependapat … apa itu contoh akhlak rasul ? ketika kedua kelompok berbeda pendapat atas suruhan rasul shalat ashar di bani khuraizhah ? ternyata sepanjang pendapat rasul tidak memenagkan satu klmpok tapi membenarkan keduanya … tugas berat kita adalah bagaimana provokasi barat tuk menghancurkan islam …. ingat dunia islam kecewa karena justry saudi berpelukan dgn amerika tuk membunuh sesama muslim irak, iran, Afganistan … skrang mulai ke mesir dan suriah … PASTI HASILNYA SEPERTI ITU NANTI KETIKA SALAH SATU KUAT AKAN MENINDAS … AS DAN SEKUTUNYA TERTAWA LEBAR DICAFE CAFE SEMENTARA KITA SALING MENCAKARV? selama ikhwan kita benar walau dari mulut harimaupun harus kita terima itulah akhlak rasul ! bukan terbawa nafsu syetan yg selalu mengajak pada kebencian

  328. Abu Salafy ?? Orang sakit di ladenin. Syiah nih orang… Biar nanti ormas islam gerebeg dia… tolong ditandain nih orang !!!

  329. @abu salafi, perlu saya tegaskan bahwa Syeh Muhammad bin abdul wahab Rohimahumulloh itu tdk pernah mendirikan sekte Wahabi, karena wahabi itu di bentuk oleh abdul wahab bin abdurahman bin rustum di afrika ini adalah khawarij ibadiyah, jadi kesimpulannya…, anda hanya menyebar fitnah ( pelintirkan dan putar balikan fakta) karena saya yakin anda tahu yg sebenarnya,

    Abusalafy:
    Alangkah indahnya dunia jika si jahil tidak banyak berbicara!!!

    • salah bahlul, Alangkah indahnya dunia jika ente yang pengecut tidak banyak berbicara!!!

    • abu salep nih suka ngerokok dan memandang orang lain tidak sepintar dirinya? masih sering ke cirebon bos?

    • Hey Kafir Syi’ah Rafidhoh

      kalau berani debat terbuka dengan saya, dasar banci persia

      Lancang banget anda mengkafirkan Mu’awiyah dan Abu Sufyan (mertua rasulullah)

      ente siapa ?? mertua ente si kafir khomeni ?

      Dasar Banci Beraninya di dunia maya

      Kalau berani, datang ke kantor saya :
      Muhammad Iqbal, MA
      Pembina Kristolog Indonesia
      Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia

      • mana berani si syiah ab salep ni dateng….org niatnya memang hanya membuat ISLAM tepecah belah, alih-alih selalu melempar jargon menjaga persatuan ISLAM dan BANGSA….syiah tu dah terkenal dari dulu sebagai pendusta dan mengadu domba. apalagi imam-imamnya mati dalam kondisi nista! syiah tu pengecut!!!

  330. maju terus kang abu…
    saya yakiin wahabi bukan Islam.
    tp Manusia Munafik yg berlindung di belakang agama Islam.
    mereka hanya tahu Islam dari Kitab kitab yg sudah dipalsukan oleh yahudi nasrani……
    tidak satupun syech wahabi yg memiliki Sanad Ilmu dan Guru yg bersambung hingga Rosulullah Salallahualaihi wasalam…..
    apalagi FIRANDA…..hidup dalam bid’ah yang nyata….

    • wahai muqollid abu bahlul eh abu salafi yach… he he pengen ketawa nich liat komentar ente, ngaji masih alifbata aja (buktinya nama ente alifbata) sok ngomong sanad. idolanya aja bahlul gimane muqollidnye, eh tau kagak muqollid ? ayo jawab dong

    • emang wahabi itu siapa ? apakah semua orang mekah dan medinah itu KAFIR karena menurut anda mereka wahabi bukan islam ?
      berarti HARAM dong orang indo ibadah haji ke negara kafir :D

      saya tanyang kalian yang mengkafirkan Mu’awwiyah Bin Au Sufyan..
      kita debat terbuka.

      Kami Ikatan Kristolog Indonesia, menunggu dengan senang hati kafir-kafir syi’ah seperti anda bencong pecundang beraninya di dunia maya

      nih nama saya : Muhammad Iqbal, MA
      Mu’allaf Centre Indonesia

  331. semoga wahaby segera taubat….
    karena hny bid’ah yg mereka kerjakan….

    • ente yg harusnya tobat dengan taubatan nasuhah, mudah-mudahan ente diberi udzur karena ente dungu bin bahlul wahai alifbata. ane kesian banget ma ente mau aje dikibulin ma abu bahlul eh abu salafi. tobat yee, jangan kedunguan ente diekspos kemana mana. mumpung masih hidup, masih terbuka lo pintu tobat, aaamiiin!!!!

  332. ini tulisn bu slafi genden siyah gak bermutu bangeeeeeeeeeeeeeeeeeet

  333. Ya juga sih selama ini kenapa abu salafy tidak pernah munculkan sosok aslinya video kajianya pondok pesantrenya lulusan mana?

    Kalo selalu menuduh terus2an wahabi dan sebaliknya kenapa tidak dialog langsung saja sama ust firanda kan simple ada videonya tinggal lihat saja. apakah abu salafy CS siap? kalo siap jangan katakan pada saya siap tapi langsung ke kontak person ust firanda. gitu aja kok repot

    • soalnye ni orang (abu salafi) pengecut, masih mending banci kaleng pede ngamen di jalanan ndak sembunyi2 kayak si abu salafi bahlul en majhul. tampil dong tuh para penggemarnya penasaran pengen liat batang hidungnye ente, ndak usah malu-malu. jantan dikit dong, jangan – jangan kalo dah waktunya jihad sembunyi di kolong ranjang dech, tampil yach abu bahlul eh abu salafi

  334. ente yg kagak ngarti wahai abu salafy al-majhul, sudah jelas disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa kaum musyrikin quraisy dulu percaya kepada Allah sebagai Pencipta tetapi mereka menyekutukan Allah dalam peribadatan yaitu dengan cara berwasilah kepada para berhala. Bertaubatlah wahai abu salafy al-majhul, sadarilah bahwa ente ini bahlul en jahil murokkab. mudah-mudahan Allah azza wa jalla menganugerahkan hidayah kepada ente, aamiin.

  335. kepada alifbata, ente dah nuduh orang-orang salafi sebagai bukan Islam, maka perkataan ini akan kembali kepada ente, kalo ente tidak bertaubat dengan taubatan nasuhah, azab dunia dan akhirat menunggu ente.

  336. orang yang menisbatkan aswaja dan sejenis (abu salafy and the gangk) ketika ditanya ALLAH dimana jawab ?????? atau paling-palingjawabannya ada dimana-mana kemudian mereka menuduh orang yang mengatakan ALLAH diatas ArsyNYA atau ALLAH diatas langit (dengan tuduhan kafir dsb semua yang jelek jelek ) tapi lihatlah wahai manusia yang mengaku dirinya muslim bagaimana seorang yang kita imani bahwa dia tidak pernah tersalah yaitu Rasululluh kemanakah dia tengadahkan wajahnya ketika ia ingin agar kiblat dipindahkan dari baitul maqdis ke baitul haram lihat surah al-Baqarah ayat 144
    قَدْ نَرَىٰ تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ ۖ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا ۚ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۚ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ ۗ وَإِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ لَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۗ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ
    Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.

    pertanyaanya kenapa rasulullah menengadahkan wajahnya kelangit ??? jawablah wahai si dungu abu salafy

    siapakah yang benar sidungu abu salafy and sejenisnya ataukah orang yang mereka tuduh wahabi dan sejenisnya
    siapakah paling mengerti tentang dzatnya ALLAH rasullullah ataukah si dungu abu salafy and the gank

    • orang kristen kalau ditanya dimana TUHANmu maka jawabnya adalah dimana-mana…lha kok hampir sama dengan orang-orang itu y jawabannya (naudzubillah tasyabbuh sama orang kaafir apalagi mas alah aqidah)

      • “Dimana-mana diatas dunia banyak orang bemain cinta” kaya lagunya Oma Irama aza Broo.klo 3-Nitas Kristen klo 6-Nitas Yahudi, jadi 6-Nitas dibagi 2 aja, 3-Nitas buat Kristen dan 3-Nitas lagi buat Wanghabrot.. wik wik wik
        Abu Salafy….Lanjuuuut kan, kupas tuntas sampe kedaging-dagingnya entar keliatan Jeroannya…

    • terus aja kalian menghina pecinta dan pengikut2 SUNNAH NABI SAW…terus aja lu hina…sampai-sampai kamu gak sadar diri kamu sebenarnya sudah harus mengulang syahadat lagi…dan kalau itupun masih membuat kamu tidak sadar…ingatlah bagaimana kisah munafikin yg menjadikan NABI sebagai olok-olokan…ingatlah bagaimana nasibnya! ada orang ittiba’ alas sunnah kalian ketawain…ingat-ingat aja…jangan sampai kalian menyesalnya pas di hari akhir.

  337. si dungu abu salafy menggunakan buku-buku yang sumber penukilan yang tidak jelas bagi kita yang awam cukuplah apa apa yang ada didepan kita (yang mudah didapatkan yaitu alquran dan kitab-kitab hadis bukhari muslim dsb kita sebagai pembuktian kebenran dari tulisan si dungu abu salafy ini karena orang yang semodel dengan dia pasti akan segala cara ditempuh untuk mengelabui orang awam lihat saja perilakunya kalaulah dia gentle dia bisa memplaning untuk berdebar dengan ust firanda tapi lacur begitulah sifat-sifat orang yang pengecut lempar suatu fitnah ke media interne kalau tidkalah tuduhan ulama yang dikutip si dungu abu salafy tentang syaikuh islam ibnu taimiyah akan merubah derajatnya bukankah rasulullah juga dituduh sebagai pemecah belah persatuan, tukang sihir, orang yang kesurupan apakah itu merubah hakiki derajat Beliau sebagai seorang rasul

  338. Maju terus ustad abu salafy agar kami yang awam ini bisa memilah mana yang haq dan batil. Biarkan orang menghina ustad tapi Allah pasti bersama orang orang yang sabar. Yang suka menghina tunggu kesaksian LIDAH sampeyan nanti pas kiamat.
    TIBA DATANG HARI MULUT DI KUNCI TAK ADA KATA LAGI

  339. “Dimana-mana diatas dunia banyak orang bemain cinta” kaya lagunya Oma Irama aza Broo.klo 3-Nitas Kristen klo 6-Nitas Yahudi, jadi 6-Nitas dibagi 2 aja, 3-Nitas buat Kristen dan 3-Nitas lagi buat Wanghabrot.. wik wik wik
    Abu Salafy….Lanjuuuut kan, kupas tuntas sampe kedaging-dagingnya entar keliatan Jeroannya…

  340. Keliatan sekali syi’ah nya, Banyak2 istighfar “Abu”, apakah antum lbh baik dari sahabat Mu’awiyyah yg sdh dijamin masuk surga oleh Allah sehingga antum berani mengutuk sahabat Nabi tersebut???

    Abusalafy:
    Alhamdulillah, Rasulullah saw tidak pernah menggelari abusalafy sebagai PEMIMPINNKELOMPOK PENGANJUR KEPADA API NERAKA! Tetapi gelar itu justru ditetapkan unatk MUAWIYAH. Jadi di mana dapat saya temukan bahwa Allah menjamin surga untuk Muawiyah SI PEMIMPIN KELOMPOK PENGANJURVKEPADA API NERAKA itu? Apakah Pemimpinnya dijamin surga sementara pengikutnya dimasukkan neraka?!
    Kalian wahabi salafi menganggap Allah Swt Maha Zalim seperti Muawiyah Imam mereka! Karena itu, mereka berakidah bahwa Allah membela kaum Zalim seperti Muawiyah dan Yazid imam kaum wahabi itu.

  341. Ini pastinya situs orang KAFIR
    mana ada orang islam yang bilang Munafik Akbar mengkafirkan Mua’awiyah dan Abu Sufyan

    Abu Sufyan itu mertua Rasulullah, Muawiyyah itu sahabat Nabi.. kalau yang punya situs ini pasti antek2 si kafir khomeni

    “Pasukan perang dari umatku yang pertama berperang di atas laut maka wajib bagi mereka surga” (HR Al-Bukhari no 2924, lihat penjelasan Ibnu Hajr dalam Fathul Baari 6/103)

    Para ulama sepakat bahwa perang tersebut adalah perang yang dipimpin oleh Mu’aawiyah bin Abi Sufyan radhiallahu ‘anhumaa. Al-Muhallab berkata : “Hadits ini menunjukan keutamaan Mu’aawiyah” (Dinukil oleh Ibnu Hajr dalam Fathul Baari 6/103)

  342. Situs sampah … wajar ngawur !!!

  343. Yang sabar ustadz, biar orang wahabi mengkafirkan dan mencela. Sesunggunya Allah bersama orang yang sabar. Buat yang suka mengkafirkan dan mencela. Ingat setan beribadah selama 6000 tahun tapi hanya dengan satu kesalahan saja, ya satu kesalahan saja, dia (setan) dikutuk Allah masuk ke neraka. INGAT HANYA SATU KESALAHAN ribuan tahun ibadah gak ada artinya. Yo opo iku nek ngono cak. Jangan sampai IMAN ISLAM KITA SIA-SIA. INGAT ITU WAHAI PENCELA!

  344. pendusta dan bodoh

    • BAGUSNYA BLOG INI DITUTP AJA … GA NAMBAH ILMU KECUALI SALING DENGKI DAN MERASA PENDAPAT NYA YANG PALING BENAR …. BERDEBAT ITU GA ADA SUNAHNYA … KALO MAU NAMBAH ILMU YAAAH SALING BERTEMU ANTAR ULAMA ….. YANG BEGINI LEBIH BANYAK UJUB … YANG DIBENCI ALLAH … AKHIRNYA HATI JADI PANAS … BELUM TENTU YANG BERKATA JOROK APALAGI PERKATAAN YANG DIHARAMKAN …. … ITU MENCERMINKAN HATINYA ….. TUUUUTUUUP PLEASE

    • orang-orng syiah memang pendusta sejati…nikah kok ada periodenya? mirip ZINA dong!

  345. Mas islam tidak melarang suami beristri lebih satu. Sekarang saya tanya bapake sampeyan istri ada berapa. Pakde/paklike sampeyan istri satu apa banyak. Tetangga sampeyan yang muslim istrinya satu apa banyak. Sampeyan sendiri cita cita punya istri satu apa banyak. Kalau cuma punya satu istri mengapa sampeyan gak bilang ke bapake sampeyan juga pakde/lek sampeyan nambah istri orang gak dilarang agama koq.
    Apa sebabpe mutah tidak dilarang trus semua orang syiah di iran, iraq, bahrain, indonesia pada mutah semua. Apa semua suami muslim di indonesia ini istri lebih dari satu. Meskipun tidak dilarang tidak semua orang menjalankan karena ada hukum yang mengatur dan sebab lainnya
    Janganlah kebencian atas suatu kaum menjadikan kamu berlaku tidak adil

    • tidak menjalankannya tapi masih menganggap amalan mutah sebagai amalan yang berpahala ya…sami mawon…masssss, masssss….mutah itu zina…..kok mau disamakan dengan taadud…haq dan batil gak mungkin ketemu

  346. Kalian yang ikut-ikutan bicara mut’ah ternyata benar-benar tidak tau diri dan sangat emosional, karena : pertama itu keluar tema. Kedua karena kalian berbicara tanpa ilmu, akibatnya kebodohan dan kesembronoan yang muncul!
    Coba bicaralah dgn ilmu, bukan dgn hawa nafsu!!

  347. siapa yg paling berhak menjadi kholifah setelah Nabi SAW…orang syiah ini dengan yakin akan menjawab Ali RA…sungguh syiah ini bukan ISLAM. maka jangan sekali-kali kalian menuntut ukhwah ISLAMIYYAH…kalian bukan ISLAM!

  348. ana pengagum abu salafy, salut dan bangga!! maju terus….tapi ENTE KOK GA NONGOL NONGOL……? jangan2 anda kuntilanak yang masih ingusan!!!!!!!!!!! tolol dan bodoh, malu gua punya ustadz ga mau nongol batang hidungnya……ustadz SILUMAN……….!!!

  349. syiah rafidah bukan islam…barang siapa yangberdusta atas nama allah dan rasulnya,maka siapkanlah tempat duduknya dineraka

  350. rekan rekan jangan percaya dulu ama omongan abusalafy crosscheck dulu disini. kita yg awam dibikin bingung . Semoga Alloh Ajja Wajalla membuka hati abusalafy

  351. maju terus dalam berdakwah utk memberantas penyakit TBC yg sdh menghinggapi saudara-saudara kita lawan dan berantas bid`ah dan syirik

  352. kasian orang yang buat artikel sampah ini, penuh dendam dan menyesatkan, hanya berani lewat media saja. ini kerjaan orang syiah yang sudah frustasi. semoga ALLAH membuka kedok orang yang membuat pertiakain dan meng adu domba sesama muslim, semoga ALLAH menghinakan mereka apa yang telah mereka kerjakan.

  353. astagfirullah ko artikelnya seperti ini banget ya, jangan pernah terpengaruh dengan artikel yang ada..
    jangan mau juga di adu dombakan ya gan..sist ;)
    terimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 222 pengikut lainnya.