Kejahatan Ekstrimis Salafy: Al Qaeda, ISIS Jabhat Nushrah dkk Adalah Pengulangan Kejahatan Bani Umayah

Kejahatan Ekstrimis Salafi: Al Qaeda, ISIS Jabhat Nushrah dkk Adalah Pengulangan Kejahatan Bani Umayah.

.

Akhir-akhir ini ISIS banyak disebut oleh media masa baik nasioanal maupun internasioanal, karena kejahatan dan kebrutalannya yang luar biasa mulai menggorok manusia dengan pisau tumpul, menyalib, melempar manusia dari atas bangunan, sampai membakar manusia hidup-hidup bahkan mengubur manusia hidup-hidup termasuk anak-anak....

Tapi banyak orang lupa atau memang tidak tahu, seakan-akan itu hanya dilakukan oleh ISIS yang sekarang berubah menjadi IS (Islamic State/Daulah Islamiyah/Negara Islam). Padahal sejak perang Suriah yang memasuki tahun ketiga ini kejahatan kemanusian yang dilakukan oleh koalisi pembrontak (baca teroris) Suriah yang seideologi dan sepemikiran dengan isis seperti Jabhat Nusroh, Ahrar Sham, Ikhwanul Muslimin dll termasuk FSA yang anggotanya memakan jantung mayat tentara Suriah.

Setelah mereka berselisih dan pecah hingga berperang antar sesama (baca tentang ini disini: https://abusalafy.wordpress.com/2014/05/20/mujahidin-salafy-vs-mujahidin-salafy-isis-vs-jabhat-nusroh-saling-bantai-saling-mengkafirkan/  ), dan dengan segala kepentingan aktor pendukung manusia-manusia biadab ini (Amerika dan rezim-rezim Arab antek Amerika), sementara ini yang ditonjolkan adalah kejahatannya ISIS seakan-akan yang lainnya yang beroperasi di Suriah tidak sesadis ISIS. dulu kejahatan ISIS ditutupi juga, jika suasana dan cuaca politiknya berubah pasti kejahatan lainnya akan dibongkar habis seperti ISIS sekarang. 

Perlu diketahui  ibu kandung ISIS, Jabhat Nusroh dll adalah al Qaeda , yang lahir di Afghanistan lebih dari dua dasawarsa yang lalu dan dibidani oleh Amerika dan Arab Saudi. Kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia dengan berbagai nama dan kedok termasuk di Indonesia yang sayangnya belum begitu tegas  ditagani negara, tidak seperti di negara-negara lain… Mudah-mudahan negara RI secepatnya menangani mereka dengan tegas sebelum nasi menjadi bubur seperti di Suriah, Irak, Lybia dll. Jadi yang perlu diperhatikan disini adalah ideologi atau pemikirannya bukan namanya (baca tentang ideologi mereka  disini [bag.1] dan disini [bag.2])

Dalam tulisan ini kami akan memaparkan bahwasanya kejahatan ekstrimis salafy Al Qaeda dan semua afiliasinya seperti ISIS, Jabhat Nusroh dkk adalah pengulangan kejahatan rezim Bani Umayah yang merupakan idola dan panutan ekstrimis Salafy, bahkan mereka menamakan batalyon-batalyon mereka dengan nama-nama aktor kriminal yang bengis dalam sejarah hitam Islam. Tentang keterkaitan ideologi ekstrimis salafy dan Bani Umaya silahkan baca postingan kami ini: ( https://abusalafy.wordpress.com/2014/07/14/isis-penjelmaan-baru-daulah-bani-umayah/ ). Selanjutnya Untuk menyingkat kami hanya akan memaparkan 3 aktor bengis Bani Umayah, anak buah Muawiyah bin Abi Sufyan

.

1. Bushr Ibin Abi Artha’ah

Kekejaman Bushr bin Abi Artha’ah ini ditiru oleh Teroris ISIS dan afiliasi atau pecahan al Qaedah lainnya.

Bushr oleh sejumlah ulama dikatagorikan sebagai sahabat Nabi saw., Bushr adalah antek Muawiyah bin Abi Sufyan dan agen Bani Umayah dalam menjalankan sejumlah kebengisan-kebengisannya, Ia seorang kriminal terkenal dalam sejarah hitam Islam yang mewarnai bumi dengan darah.

Ketika ia diutus oleh Muawiyah (th 40 H) untuk merampas daerah yang dikuasai Khalifah yang sah Ali bin Abi Thalib ra. . ia banyak menghabisi nyawa orang-orang saleh di daerah Yaman (Silahkan anda membaca kitab sejarah mana saja yang membahas masalah ini atau kejadian tahun 40 H. anda akan mendapati perbuatan keji yang dilakukan Busr bin Abi Artha’ah ini)

Ia membunuh dua bocah kecil anak Ubaidillah bin Abbas bin Abdul Muthalib seorang kerabat Nabi s a w dan sahabatnya, Ubaidillah adalah seorang administrator pemerintahan yang baik yang diangkat Ali menjadi wali daerah Yaman.

Sebelum kedua bocah ini dibunuh, pengasuh anak itu berkata kepadanya; “Mengapa anda hendak membunuh mereka, sedangkan mereka itu hanyalah bocah yang tak berdosa, tetapi jika anda hendak membunuh kedua bocah itu, bunuhlah aku bersama mereka..

Mendengar itu Bushr segera membunuh laki-laki itu dan menyembelih kedua anak itu dihadapan ibu mereka, akibat perbuatan Bushr tersebut ibu kedua anak itu menjadi gila, disebabkan guncangan jiwa yang dialaminya.

(Bacalah, Tarikh Ibnu al Atsir, tentang hal ini. Jld 3/hal. 193. Juga Baca Biografi penjahat kemanusian ini (Bushr) dalam kitab “al Istiab” karya Ibnu Abdil Barr. Keduanya adalah ulama Sunni yang masyhur)

Ketika salah seorang wanita Bani Kinanah menyaksikan kezaliman ini ia sepontan berteriak:

“Hai Engkau telah membunuh kaum laki-laki, tetapi mengapa pula engkau membunuh kedua anak kecil itu? Demi Allah, anak-anak seperti ini tidak pernah dibunuh, baik dalam masa jahiliyah maupun setelah Islam, Demi Allah, wahai putra Abi Artha’ah kekuasaan yang tak dapat tegak kecuali dengan membunuh anak-anak kecil serta orang tua renta, tidak mengenal rasa kasihan bahkan mendurhakai hubungan kekerabatan, sungguh itu adalah kekuasaan yang busuk”

(Baca tentang kejadian ini dalam Tarikh Ibnu al Atsir 3/193, Ibnu Abdil Bar “Al- Istiab, Jilid 1/hal. 65. Al Bidayah Wa An Nihayah, Ibnu Katsir 8/90. Tarikh Thobari 4/hal. 107.  dll) semua penulis ini adalah ulama-ulama Sunni pada zamannya.

Setelah kejadian ini Sang Bos Muawiyah masih mengutus manusia durjanah ini “Busr bin Abi Artha’ah” sebagai pemimpin suatu pasukan untuk merebut daerah Hamadan dari kekuasaan Khalifa Ali ra.. Kali ini Busr disamping melakukan kezaliman dan kekejian, ia melakukan perbuatan yang aniaya yang besar yaitu memperbudak kaum wanita muslimah yang ditangkap pada peperangan tersebut, dan memperjual belikan mereka di pasar, wanita-wanita itu disingkap betisnya, lalu ditaksir harganya sesuai dengan besar kecil betis masing-masing.

Padahal syariat islam tidak membenarkan perbuatan seperti itu sama sekali. Dan ini merupakan pertama kali kaum wanita muslimah dijadikan tawanan dalam peperangan antar sesama muslimin dan dijadikan budak belian. (Baca Ibnu Abdil Bar, Al Isti’ab, Jld 1/hal. 65, )

Kejahatan-kejahatan Bushr ini seoleh-olah merupakan pengumuman dan izin bagi para pejabat dan jendral untuk dengan kebebasan sepunuhnya, melakukan teror terhadap rakyat yang tidak mau mengikuti kemauan sang bos yaitu Muawiyah yang telah menjalankan syariat dengan interprerasinya sendiri. Kejahatan ini kemudian diikuti oleh raja-raja Bani Umayyah setelah Muawiyah dan diikuti oleh pengusa-penguasa tiran setelahnya karena telah mendapatkan contoh justifikasi dari sang pencetus ide-ide bengis ini, maka jika saat ini ada “khilafah” konyol atau palsu yang mengatas namakan Islam (seperti ISIS) yang mempraktekkan cara-cara Bushr tersebut maka itu adalah mensuritauladani pendahulu-pendahulu yg dianggap soleh oleh standar kaum tiran tsb. Semua kejahatan Busr ini telah ditiru oleh pasukan teroris ISIS dan afiliasi al Qaedah lainnya.

.

2. Samurah bin Jundub

Selain Busr idola bengis lainnya dari aparatur Bani Umayah adalah Samurah bin jundub, yang juga seorang sahabat Nabi saw. dari kalanga at Tulaqa (yang masuk Islam setelah di taklukkannya kota Mekkah, banyak yang Islamnya karena terpaksa). Samurah adalah kepala daerah Kufah yang ditunjuk Muawiyah, Samurah tak kalah bengisnya dibanding pejabat-pejabat Bani Umayah lainnya Mulai Muawiyah, Yazid, Hajjaj, Busr dll. Ath Thobari dalam Tarikhnya yang menyebutkan tentang peristiwa tahun 50 H. meriwayatkan dengan sanad sampai kepada Abu Siwar al-Adawi, katanya: Di suatu pagi hari, Samurah pernah menghabisi nyawa sebanyak empat puluh tujuh orang dari kaumku, semuanya hafal al-Qur’an.

Ath Thobari juga meriwayatkan dalam Tarikh-nya bahwa Samurah pernah membunuh delapan ribu orang di Kufah, ketika Ziyad (Ziyad adalah salah seorang dari Gubernur yang diangkat oleh Muawiyah dan dikenal juga kekejamannya oleh sejarah) bertanya kepadanya: “Apakah engkau tidak merasa takut seandainya engkau membunuh seseorang dari mereka yang tidak bersalah apa-apa? jawab Samurah “Andaikan aku membunuh lagi dari orang-orang seperti itu sejumlah itu pula, niscaya akau takkan merasa takut sedikitpun” (Baca Tarikh Ath Thobari, Jld 3/hal. 122. peristiwa tersebut telah disepakati oleh setiap ahli sejarah yang menulis tentang kejadian dan peristiwa tahun 50 H)

3. Ziyad bin Sumayyah

Ziyad nasabnya pada ibunya yaitu Sumayyah seorang hamba sahaya perempuan (jariyah) yg dizinahi Abu Sufyan (ayah Muawiyah) pada masa jahiliyah. Ziyad ini diangkat menjadi gubernur Kufah dan Basrah oleh Muawiyah dan sekaligus diakui sebagai saudara lain ibu, diberi nasab dengan dinasabkan Ziyad bin Abi Sufyan hingga membuat marah ummil Mukminin Ummi Habibah karena jelas-jelas melanggar syariat Islam.

Suatu saat Ziyad pidato di masjid Kufah lalu dilempari batu oleh orang-orang yang hadir. Maka ia memerintahkan para tentaranya untuk menutup pintu masjid dan menangkap mereka yang melempari batu sebanyak kurang lebih 80 orang lalu mereka semua dipotong tangannya (lihat lebih detail dalam tarikh Thabari jilid IV/175; Ibn Al Atsir jilid III/228)

Kebiadaban Ziyad tidak hanya sampai disini. Berikut ini kekejaman Ziyad, salah seorang sahabat nabi s a w bernama Amr ibn Hamk yang diduga terlibat dalam pembunuhan khalifah Utsman. Amr lari bersembunyi di suatu gua karena takut balas dendam dari pendukung Utsman, lalu Amr tewas digigit ular di gua tsb. Ketika jasadnya ditemukan oleh kaki tangan Ziyad mereka memisahkan kepala dari jasadnya dan membawanya kehadapan Ziyad yang kemudian diserahkan kepada Muawiyah di Damaskus. Kemudian kepala tersebut dikelilingkan di kota tersebut, dan setelah itu dilemparkan ke pangkuan istri Amr (baca lebih detail di Thabaqat Ibn Sa’ad VI/25; Al-Isti’ab jilid II/440; Al-Bidayah jilid VIII/48 dan Tahdzib at-Tahzhib jilid VIII/24)

Diantara kebiadaban Bani Umayyah yang ditiru ISIS adalah pembunuhan dengan cara membakar mayat. Contoh kongkrit adalah pembunuhan putra Khalifah Abu Bakar yang bernama Muhammad gubernur Mesir. Muhammad dibunuh lalu  jasadnya dimasukkan kedalam perut bangkai seekor keledai dan kemudian membakarnya (baca lebih detail di Al-Isti’ab I/235; Ath Thabari jilid IV/79; Ibn Atsir jilid III/180; Ibn Khaldun jilid II/182). Jadi kebiasaan untuk tidak menghormati dan menghinakan jasad-jasad orang yang telah terbunuh yang dicontoh ISIS dan afiliasi al Qaedah lainnya di Suriah, Irak, libya, Afghanistan dan belahan bumi lainnya adalah dimulai dari masa Muawiyah bin Abi Sufyan, dan pelaku pertama penodaan terhadap jasad-jasad orang yang sudah mati ini adalah Muawiyah bin Abi Sofyan ketika ia membongkar makam Paman Nabi sang pahlawan perang Badar dan Uhud Hamzah bin Abdul Muththalib. (InsyaAllah nanti akan saya postingkan masalah ini)

Tidak cukup pada putra Abu Bakar saja, Al Husain putra Ali pun yang juga adalah putra Fathimah putri Nabi Muhammad saw. , pada masa Yazid anak Muawiyah dibunuh secara sadis, biadab dan keji di padang Karbala – Irak. Dipisahkan kepala dengan jasadnya. Jasadnya diinjak-injak sampai remuk, lalu kepalanya di arak diatas tombak melalui kota-kota di Irak kemudian dilanjut hingga ke Damaskus Suriah. Ini adalah pembunuhan yang paling bengis dalam sejarah ummat manusia. (lihatlah lebih detail pada Tarikh Thabari IV/349 sd 56; Al-Bidayah jilid VIII/189 sd 192)

Maka setelah itu dimulai dari masa Marwan terus menerus terjadi pembunuhan yang biadab, bengis dan sangat zalim yang dilakukan oleh penguasa-penguasa tiran Bani Umayyah dan setelah Bani Umayyah tumbang kebingisan dan tirani itu masih sering dicontoh oleh penguasa-penguasa selanjutnya yang mempunyai karakter yang sama hingga akhirnya ditiru ISIS dan afiliasi al Qaedah lainnya, saat ini. ISIS dan afiliasi al Qaedah lainnya hanyalah pelanjut estafet kebengisan Bani Umayyah.

.

Setelah anda mengetahui data-data kekejaman dan kebengisan para salaf, idola dan panutan salafy-wahhabi diatas lalu bandingkan dengan apa yang dilakukan ekstrimis/teroris salafy wahhabi sekarang  baik itu yang bernama al Qaeda, ISIS, Jabhat Nushrah, Boko Haram dan apapun namanya:

Amnesti: ISIS Bunuh 7 Anak-Anak

http://www.republika.co.id/berita/internasional/timur-tengah/14/06/07/n6s5mi-amnesti-isis-bunuh-7-anakanak

ISIS Bunuh 500 Warga Yazidi, Korban Dikubur Hidup-hidup

http://international.sindonews.com/read/889847/43/isis-bunuh-500-warga-yazidi-korban-dikubur-hidup-hidup

ISIS membunuh seorang lelaki dan anak perempuannya

http://www.youtube.com/watch?v=YrZOVUwN7uE

Pembantaian Para Dokter Di Yaman Adalah Akhir Kreasi Bengis Ekstrimis Salafi!

https://abusalafy.wordpress.com/2014/05/13/pembantaian-para-dokter-di-yaman-adalah-akhir-kreasi-bengis-ekstrimis-salafi/

Video Pembantain Al Qaeda terhadap dokter, Juru Rawat dan pasien di Rumah Sakit Yaman

https://www.youtube.com/watch?v=1WtQAF4TDo0

Kebengisan Sikap dan Kekakuan Hati Kaum Salafi Wahhâbi !!

https://abusalafy.wordpress.com/2014/05/12/kebengisan-sikap-dan-kekakuan-hati-kaum-salafi-wahhabi/

Ekstrimis Salafi…. Membakar Hidup-hidup Manusia Tanpa Belas Kasih!!

https://abusalafy.wordpress.com/2014/06/04/ekstrimis-salafi-membakar-hidup-hidup-manusia-tanpa-belas-kasih-2/

ISIS Jual Belikan Kaum Perempuan di Irak Utara

http://liputanislam.com/isis/isis-juali-belikan-kaum-perempuan-di-irak-utara/

Pemberontak Suriah Mengeksekusi Anak-anak

http://www.washingtonpost.com/blogs/worldviews/wp/2013/06/11/report-syrian-rebels-executed-a-14-year-old-boy-for-insulting-islam/

LSM: Warga Suriah Protes Eksekusi Anak oleh Ekstremis

http://berita.plasa.msn.com/internasional/antara/lsm-warga-suriah-protes-eksekusi-anak-oleh-ekstremis

Jabhat Nushrah Meng-eksekusi 3 orang Tawanan warga Saudi yang berperang di pihak ISIS

youtube=http://www.youtube.com/watch?v=f8qOMwRwC98

Daftar Kekejaman Boko Haram

http://www.tempo.co/read/news/2014/05/12/119577109/Daftar-Kekejaman-Boko-Haram

Serangan Boko Haram di Nigeria tewaskan ratusan orang

http://www.merdeka.com/dunia/serangan-boko-haram-di-nigeria-tewaskan-ratusan-orang.html

21 Tanggapan

  1. Makin hari makin jelas aja kalau wahhabi dan anak turunan kesesatannya adalah titisan jahat banu umayah….
    Anak buah setan ya pasti ikut setan….
    Aneh yaaa. Kenapa sih “para pejuang” salafi wahabi kok sslalu jahat?! Sddangkan pejuang Sunni (seperti Hamas dan Jihad Islami) dan Syiah (seperti Hizbullah) kok tidak bengis dan ksjam seperti wahabi?
    Itu dulu pertanyaan yang menggelitik dalam pikiran saya…
    Sekarang saya tau rahasianya.. . Karena qudwah dan teladannya berbeda…
    Syukron ustadz abu atas kajian menariknya. Dan ssmua sajian Ntum menarik.

  2. Bismillah.. assalamu alaikum
    salam kenal..
    makasih ustad abu…atas kajian2nya yg makin Valid itu

    bangun… sadarrrr wahai kaum salafi dari mabok kepayangmu terhadap ibn Taimiayah / muh. abd wahab mereka anteknya dajjal yg benci Rasulullah dan umat islam…. kalian telah tertipu darinya….
    itulah tipuannya… air dkatakannya api…dan api disebutnya air..
    kemungkaran dibungkus dengan islam ….tidak akan pernah bersatu kebatilan dan yg Haq semuanya sdah jelas…..jangan kalian campur adukkan ….. bukti apalagi yg kalian tunggu…. cepatlah bertobat sebelum nafasmu di kerongkongan

    salam damai

  3. Maaf ini copas, tapi suer bukan spam kok😀

    Perkataan Salaf tentang Khawarij :

    Ibn Asakir : Wahb ibn Munabbih berkata,
    “Tidak pernah sebelumnya umat muslim bersatu di bawah seorang (pimpinan) Khawarij. Apabila Allah mengizinkan pendapat Khawarij merajalela, maka bumi pasti akan dipenuhi kerusakan, jalan2 menjadi lumpuh, dan Haji ke rumah suci Allah lumpuh, dan perkara Islami akan kembali menjadi seperti zaman Jahiliyyah hingga orang2 akan mencari perlindungan di gunung2 sebagaimana yang mereka lakukan semasa Jahiliyah.

    “Apabila dari antara mereka (Khawarij) muncul 10 atau 20 orang, takkan ada orang di antara mereka kecuali pasti akan mengklaim Kekhalifahan untuk dirinya sendiri. Bila mereka telah menjadi 10.000, mereka pastilah akan saling memerangi/ membunuh satu sama lain, saling mengkafirkan satu sama lain, hingga orang beriman pun akan takut akan jiwanya, agamanya, hidupnya, keluarganya, hartanya, dan ia takkan tahu ke mana ia harus pergi atau dengan siapa ia harus bersama”

    Sumber : Tarikh Dimshaq 69290
    Kalo mau, versi Arabnya juga ada kok🙂
    Nyontek dari situs ini http://www.dailyhadithonline.com/2014/06/23/wahb-on-khawarij-dreadful-consequences-of-the-kharijite-heresy-and-rebellion/

  4. Masih Dari situs yang sama

    Ibnu Katsir : Apabila Khawarij memegang kekuatan/ kekuasaan, mereka pasti akan mengadakan kerusakan di seluruh negeri, Iraq dan Syria. Mereka takkan meninggalkan (korban) bahkan anak laki2 atau anak2 perempuan atau pria atau wanita — karena dalam pandangan mereka umat manusia (selain mereka) telah sangat rusak sehingga tidak bisa diperbaiki lagi kecuali oleh pembunuhan massal”

    Sumber : Al-Bidayah wa Nihayah 10/584

  5. mantab bgt kykny’ para salaf sudah memprediksikan jauh hari akan kebangkitan kaum khawarij di masa depan tapi dengan nama yang lain. Sepertinya nih hadist shahih, betul tidak?

  6. ya para kwarij ini sifatnya sama persis seperti syiah yang ada Al-Bidyahnya ibnu Katsir.

  7. Ho..oh..

  8. Sebenarnya aku cuma iseng ja nya kemari, kasian liat blog ni dah ga da peminatnya lagi. gimanalah, lama lama kan orang tau juga tipudaya kau abu….. he….he…. mau kau spam spam lah. mana aku perduli…. bye…. dasar syiah laknatullah kau….!

  9. Beneer banget mas abu nawas… Blog ini sudah kesepian pengunjung… Bangkruuuuth.
    Aku juga iseng iseng aje main kesini….
    Tulisan disinigile semua…
    Ahsan kita tetap aja jadi wahabi dukung isis bantai syiah… Gimana kang mas, setuju khaaan?

    • Nah buat kau jg abu nawas bin anti syiah cocok nya ente komen di neraka jahanam juga ,,,hahaha dasar wahabiyun

  10. MONYONGMU ITUUU. MUSLIM ITU G PERNAH MEMBUNUH DENGAN KEJI SEPERTI KHWARIJ DAN SYI’AH. KHWARIJ ITU ANJING NERAKA SEDANGKAN SYIAH ITU TAIKNYA!. HE..HE…

    • Kok marah…. Tersinggung ya… Pasti ents syiah rofidhoh… Takut dibunuh wahabi ya… Makanya tobat nasuhah bro…

      • makjang, yakin kali aku kalo kau tu anjingnya si Abu salafi Al-kadzab. Kau itu kwarij bin syiah. dah nikah muthah aj kau sama si aisha ato bini si abu salafi. kontrak 2 jam ajalah.

      • lho kirain 1 org pake 2 nama yg posting komen nya, eee taunya beda org, kok bisa2 nya..yaa

      • menunggu wahabi bikin kerusuhan di indonesia.

        ud gatel pingin menghabisi wahabi nih..

  11. ya Allah.

    saya sudah mmbaca kebengisan muawiyah sejak lama.

    sudah mengetahui kebengisan isis sejak 3 tahun lalu.

    tp setiap kali orng bercerita kembali ttg kebengisan muawiyah dan pengikutnya, dada terasa sesak. hiks..

    ya Allah, laknat muawiyah dan seluruh pecintanya, mulai dari isis, jahbah nusra, ahrah asram, jahbah islamiyah, fsa, ikhwanul muslim dan pengikut2nya diseluruh dunia termasuk di indonesia.

    jangan ijinkan mereka mencium sedikikitpun bau surgaMu, jauhkan mereka dari petunjukMu karena kebengisan hati mereka agar mereka terbakar selamanya dineraka.

    • Ya Allah berikanlah petunjuk kepada orang yang berani mengeluarkan kata laknat ini, atau kembalikanlah laknat itu kepadanya. Dia telah lancang sekali memanfa’atkan ni’mat (tangan) yang Engkau berikan kepadanya untuk menulis kata laknat itu.

  12. Abu salafi ini nama pasnya adalah ABULKADZAB.krna siapa sja yb mencaci sahabat rosul,adalah Alkadzab laknatulloh

  13. Abu salafy adalah ALKADZAB LAKNATULLOH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s