Awal Bukti Kebangkrutan Ustadz Firanda al ‘Amîl al Wahhâbi Dalam Membela Mu’awiyah! (1)

Persembahan Untuk Ustadz Firanda Dan Para Pemuja Kaum Munafikin!

Membela kaum munafik bukanlah profesi baru… sebelum sekte Salafi Wahhâbi muncul kaum munafik juga saling membela dan sebagian dari mereka menjadikan sebagian lainnya sebagai awliyâ’ yang saling mencintai dan membela. Karena itulah watak kaum munafik seperti dijelaskan Allah dalam Al Qur’an al Karîm!

 Dan karena kabatilan yang mereka bela sementara kebatilan itu tidak kokoh dan wataknya dia mudah sirna… maka pertama, mereka akan kesulitan mendapat dukungan bukti kebenaran, kedua, ia terpaksa menga-ngada, dan ia pasti merahasiakan kebenaran agar tidak terbongkar oleh kaum Muslimin! Itulah kira-kira yang dilakukan Ustadz Firanda ketika ia “mati-matian” membela Mu’awiyah dan Abu Sufyan; bapaknya!

Karena Al Qur’an tidak berpihak kepadanya…. as Sunnah ash Shahihah tidak mendukungnya…. dan Salaf Shaleh juga tidak merestuinya… maka Ustadz Firanda kelabakan mencari dukungan untuk pembelaannya terhadap Mu’awiyah, si penganjur ke dalam api neraka, seperti disabdakan Baginda Rasulullah saw. yang tiada berucap melainkan dari wahyu suci ilahi!

Di sini, Ustadz Firanda benar-benar bangkrut dan tidak dapat bangkit dari kebangkratannya kecuali dengan berpegangan dengan ucapan-ucapan orang-orang yang tidak layak disandingkan dan dibandingkan dengan Sayyidina Ali ra., Sayyidina Ammâr dan para sahabat Badar dan lainnya! Ia terpaksa bergantung dengan ucapan Rabî’, Ibnu Mubarak, Ahmad bin Hanbal dan Abu Ali al Hasan bin Abi Hilâl…. itupun dengan tanpa mencantumkan sanad ucapan-ucapan mereka atau membuktikan keshahihan sanad riwayat tersebut! Sungguh memalukan apa yang dilakukan Ustadz Firanda! Tapi apa hendak dikata…. tidak ada hadis shahih untuk mendukung hadis palsu pun boleh! Kalau tidak ada ucapan Salaf Shaleh yang merestui, ucapan khalaf boleh kan?

 Ustadz Firanda Tidak Konsisten!

Di bawah sub judul: Keutamaan Mu’aawiyah radhiallahu ‘anhu Ustadz Firanda menulis demikian:

“Banyak hadits-hadits yang menjelaskan tentang keutamaan Mu’aawiyah. Hadits-hadits tersebut telah dibawakan oleh para ulama.”[1]

Akan tetapi anehnya, ia hanya mampu menyajikan atsar dari satu dua sahabat saja. Jadi judul yang ia ia tulis jelas menipu!

Selain itu, satu atau dua riwayat atas nama Nabi saw. yang ia sebutkan juga sangat memalukan…. Ia adalah hadis palsu, seperti akan dijelaskan nanti!

Jadi bukankah hal memalukan ketika Ustadz Firanda mengatakan Banyak hadits-hadits yang menjelaskan tentang keutamaan Mu’aawiyah! Kata-kata Ustadz Firanda benar-benar licin dan licik. Ia hanya mengatakan bahwa hadis-hadis tentang keutamaan Mu’awiyah itu telah dibawakan oleh para ulama! Hanya ia itu yang ia katakan!! Ia tidak berani berterus terang bahwa hadis-hadis yang pernah diriwayatkan para pemalsu itu adalah hadis-hadis maudhû’/palsu… tidak satu pun yang shahih. Demikian ditegaskan para pembesar Ahli hadis Ahlusunnnah! Karenanya, ia takut mengatakan terus terang tantang kenyataan ini.

Sementara itu ketika misalnya, saya menyebutkan hadis tertentu ia segera mengecam saya dengan mengkritisi keshahihan hadis tersebut. Meskipun hadis yang saya bawakan itu telah masyhur di kalangan para ahli hadis dan dishahihkan sebagian ulama!

Inilah bukti kecintaan Salafi Wahhâbi kepada pohon terkutuk dalam Al Qur’an!

Ustadz Firanda Membanggakan Kesaksian Ibnu Abbas ra.

Sebaigai contoh bukti kecintaan Ustadz Firanda kepada kaum Munafik adalah bahwa ia setelah menyebutkan riwayat yang menyebut kesaksian Ibnu Abbas bahwa Mu’awiyah adalah seorang faqih/yang mendalam dalam ilmu fikih/agama… ia berkata, Lihatlah para pembaca yang budiman, siapakah yang telah memuji Mu’aawiyah?? Ibnu Abbaas..!!! sepupu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Ahlil Bait. Dialah yang sezaman dengan Mu’aawiyah dan lebih paham tentang Mu’awiyah.

Tanpa mengkonfirmasi keshahihannya, ia seakan menemukan nafas baru… Lalu bagaimana Anda akan mendudukkan ucapan dan kesaksian Sayyidina Ali ra. tentang kemunafikan Mu’awiyah?! Apakah Anda akan mengatakan komentar yang sama tentangnya?!

Satu Lagi Bukti Kedalaman Fikih Mu’awiyah! 

Mungkin Ustadz Firanda belum mengetahui data di bawah ini dan saya yakin ada baiknya jika beliau mengetahuinya untuk melengkapi data kesimpulannya bahwa “Mu’awiyah adalah seorang Khalifah Pelanjut Rasulullah saw. yang sangat mendalami Syari’at yang sangat dibanggakan Allah dan Rasul-Nya!”

Perhatikan wahai Ustadz Firanda kefasikan Tuan Anda yang sangat Anda banggakan itu!

Para ulama di antaranya Ibnu ‘Âsakir, Ibnu Katsîr (yang sangat dibanggakan Ust. Firanda untuk membela Mu’awiyah) dan juga Ibnu Hajar meriwayatkan dari Khadîj al Khishshi (maula Mu’awiyah) berkata, “Mu’awiyah membeli seorang budak wanita kuning nun jelita, lalu aku giring ia masuk menemui Mu’awiyah (di dalam istana) dalam keadaan BUGIL/TELANJANG BULAT. Dan ketika itu di tangan Mu’awiyah ada tongkat pendek, lalu Mu’awiyah mengayunkannya ke arah kemaluan budak wanita itu seraya berkata, “Benda unik, andai aku juga punya benda unik. Bawa ia pergi menemui Yazid!”  

Ibnu Katsîr membawakan riwayat kebejatan Mu’awiyah dan para penguasa tiran bani Umayyah untuk kemudian menggaris-bawahi bahwa Mu’awiyah sebagai seorang  FAQÎH AGUNG! Sebab kata Ibnu Katsîr, setelahnya Mu’awiyah sadar bahwa budak wanita itu tidak lagi halal bagi Yazid; putranya. Sebab seorang wanita yang sudah pernah dihasrati oleh seorang ayah maka ia haram untuk putranya!

Perhatikan apa kata Ibnu Katsîr (yang juga pemuja berat bani Umayyah, walaupun tidak separah kaum Salafi Wahhâbi),

“Dan ini adalah dari kedalaman fikih dan kehati-hatian Mu’awiyah. Karena ia telah memandang wanita itu dengan syahwat, walaupun ia menganggap lemah dirinya (untuk bersenggama) dengannya, maka dari itu ia berhati-hati sehingga tidak mau menghadiahkan budak wanita itu untuk Yazid, putranya… “[2]

.

Abu Salafy:

Dari sini, dan dari data-data kebejatan moral Mu’awiyah Anda dapat mengetahui kualitas kedunguan Salafi Wahhâbi yang masih sudi membanggakan, membela dan bahkan mengecam siapapun yang tidak mengagungkan Mu’awiyah!

Dapatkah Anda membayangkan kebejatan moral Mu’awiyah yang dibanggakan Ustadz Firanda sebagai Sahabat Agung, Sekertaris Nabi, Seorang Mujtahid Ulung, Mujahid dan segala pujian palsu yang memalukan!

Isnya Allah dalam kesempatan lain saya akan membongkar lebih jauh kebejatan moral dan prilaku sek Mu’awiyah dan para penguasa tiran bani Umayyah yang melebihi kebanyakan binatang tak bermoral sekalipun. Nantikan!!

Adapun komenatar Ibnu Katsîr maka saya serahkan kepada Anda yang masih waras akal sehatnya untuk menilai dan mengomentarinya… buat saya sudah jelas, tidak perlu dikomentari apapun tentangnya!

.

Mengapa Ustadz Firanda Mengabaikan Keterangan Ahli Hadis?!

Satu hal yang juga boleh dibilang kecurangan dan kelicikan Ustadz Firanda dan juga banyak Misionaris Salafi Wahhâbi semisalnya bahwa ia benar-benar secara sengaja menyembunyikan keterangan para ulama Ahli Hadis Ahlusunnah yang sepakat mengatakan bahwa tidak ada satu pun hadis yang shahih tentang keutamaan Mu’awiyah! Semua keterangan para ahli hadis kenamaan Ahlusunnah itu sengaja disembunyikan… dan dengan sengaja pula kaum awam Wahhâhi dibodohi dan ditipu dan dibutakan dari kenyataan bahwa sebenarnya tidak ada satu pun hadis keutamaan Mu’awiyah yang shahih!!!

Perhatikan keterangan mereka di bawah ini!

Sebelumnya saya ingin katakan, alhamdulillah segala puji bagi Allah yang menjaga agama-Nya sehingga tetap terjaga kemurniannya… dan sehingga kaum munafik tetap terbukti sebagai munafik yang harus dikutuk dan dimusuhi dan kaum mukmin sejati tetap selalu dikenal sebagai Mukmin Sejati walaupun beribu-ribu mimbar melaknatinya!

Melalui keterangan para ulama Ahlusunnah kemurnian agama Allah dapat terpelihara. Ternyata, walaupun Mu’awiyah berkuasa dan mengerahkan segala kemampuannya melalui para ulama bayaran, algojo haus darah yang siap menghabisi nyawa siapa saja yang berani menentang kebijakannya dan juga melalui para penjilat yang telah dirusak dan dibeli keimanann mereka … walaupun demikian tetap saja para ulama Ahlsunnah di sepanjang masa berani menyuarakan kebenaran bahwa Mu’awiyah adalah seorang munafik yang tidak satu hadis shahih pun ada yang memujinya.. Justeru banyak hadis Nabi saw. yang mengecam dan menvonisnya akan mati kafir, seperti nanti akan saya sebutkan dalam kesempatan lain insya Allah!

  • Keterangan Imam Ahmad Dalam Nukilan Ibnu Jauzi dan Ibnu Hajar al Asqallâni     

Ibnu Jauzi juga meriwayatkan dari jalur Abdullah bin Ahmad bin Hanbal, ia berkata,

“Aku tanyakan kepada ayahku tentang Ali dan Mu’awiyah? Maka ayahku menundukkan kepala sesa’at, lalu berkata, ‘Ketahuilah bahwa Ali itu banyak musuhnya. Lalu musuhnya mencari-cari cacat Ali, tetapi mereka tidak menemukannya. Lalu mereka memuji seorang yang telah memerangi Ali sebagai bentuk makar mereka terhadap Ali.”

Dengannya Ahmad mengisyaratkan kepada hadis-hadis palsu keutamaan yang dibuat-buat untuk memuji Mu’awiyah yang sama sekali tidak punya asal muasal. Dan telah datang banyak hadis tentang keutamaan Mu’awiyah, tetapi tidak satu pun yang shahih dari sisi sanad. Dan Ishaq bin Rahwaih dan an Nasa’i memastikannya demikian.”!”[3]

Penegasan Imam Ahmad di atas telah diterima dan dibenarkan oleh banyak ulama selain Ibnu Jauzi dan Ibnu Hajar. Lebih lanjut baca Tuhfatu al Ahwadzi –syarah Sunan at Turmudzi oleh al Mubârakfûri,10/342 di sana beliau mendukung keyakinannya bahwa tidak satu pun hadis keutamaan Mu’awiyah yang shahih dengan mengutip pernayataan Imam Ahmad dan penegasan Imam Ibnu Rahawaih seperti akan disebutkan di bawah ini!

.

Abu Salafy:

Saya yakin telah jelas bagi Anda bahwa musuh-musuh Ali-lah yang membuat-buat kepalsuan atas nama Nabi saw. tentang keutamaan Mu’awiyah. Lalu datanglah seorang sarjana muallaf kemudian membanggakan hadis-hadis keutamaan Mu’awiyah dan hadis-hadis itu telah diriwayat dan dibukukan oleh sebagian orang! Alangkah jahilnya seorang Sarjana S3 jika ia tidak mengetahui kenyataan ini! Dan jika ia telah mengetahuinya tetapi tetap saja menebar hadis-hadis palsu demi membela seorang munafik maka ia sungguh seorang penipu tak bermoral yang telah menjual agamanya demi Real atau Dollar dari tuan-tuannya dan demi hawa nafsunya!

Sebagaimana jelas pula bahwa para pembenci Ali ra. itu tidak segan-segan memalsu agama dengan tujuan merusaknya! Kita harus waspada! Mereka pasti bukan Ahlusunnah, tetapi mereka adalah kaum Nashibi yang menjadi Salaf kaum Salafi Wahhâbi! Ahlusunnah adalah apa yang dijelaskan oleh Sayyidina Ali dan Sayyidina Ammâr bin Yasir ra. tentang Mu’awiyah!

Dan dari ketarangan Imam Ahmad di atas jelaslah motivasi pemalsuan hadis-hadis  keutamaan Mu’awiyah! Bahwa ia hanya untuk melampiaskan kedengkian mereka kepada Sayyidina Ali ra. Jadi sudah jelas siapa di balik pemalsuan hadis keutamaan Mu’awiyah itu… mereka adalah kaum munafik yang sangat membenci Ali ra. dan mencintai Mu’awiyah! Jadi apakah kita masih akan membanggakan hadis-hadis produk kaum munafik itu?! Kalau Ustadz Firanda sudi membangun agamanya di atas hadis-hadis buatan para pembenci Ali ra., maka kami katakan bahwa kami tidak sudi menjadikan kaum munafik sebagai panutan agama kami!

  • Keterangan Ibnu Rahawaih dalam Nukilan Ibnu Jauzi dan Imam Al Hakim

Imam al Hakim meriwayatkan pernyataan sikap Imam Ibnu Rahawaih sebagai berikut:

“Aku mendengar Abul Abbas Muhammad bin Ya’qub bin Yusuf berkataa, ‘Aku mendengar ayahku berkata, ‘Aku mendengar Ishaq bin Ibrahim al Handzali berkata:

لا يصحُّ عن النبي (ص) في فضل معاوية بن أبي سفيان شيٌْ.

“Tidak satu pun hadis keutamaan Mu’awiyah yang shahih.[4]

.

Abu Salafy:

Apakah setelah penegasan Ibnu Rahawaih yang dikuatkan oleh Imam al Hakim dan Ibnu Jauzi Ustadz Firanda masih juga tidak punya malu menyebutkan dan membanggakan hadis-hadis keutamaan?! Dan dengan tanda dasar mengatakan bahwa dua hadis yang ia sebutkan itu adalah shahih?!

  • Pernyataan Ibnu Jauzi

Dalam kitab al Maudhû’ât-nya (kitab yang khusus membahas dan merangkum hadis-hadis palsu), Ibnu Jauzi menulis sebuah bab dengan judul: Bab fî Dzikri Mu’awiyah ibn Abi Sufyân. Ia mengawalinya dengan mengatakan:

“Dan telah bersikap fanatik sekelompok kaum yang mengaku perpegang teguh dengan Sunnah lalu meraka memalsu-malsu hadis tentang keutamaan Mu’awiyah untuk membuat murka kaum Rafidhah …. “[5]

Jadi pemalsuan itu dalam analisa Ibnu Jauzi di lakukan oleh kaum fanatik yang mengaku berpegang tegung dangan Sunnah nabi saw., sementara mereka itu bukan Ahlusunnah sejati. Mereka adalah Ahlusunnah gadungan aliasa Nashibi!

  • Ibnu Taimiyah Saja Mengakui!

Dan yang aneh di sini adalah bahwa Ibnu Taimiyah yang sangat membela Mu’awiyah sampai-sampai ia sudi menghina Sayyidina Ali ra. juga tidak ada jalan lain kecuali mengakui kepalsuan hadis-hadis keutamaan Mu’awiyah... Dan tentunya yang membuat hadis-hadis palsu keutamaan Mu’awiyah tidak akan keluar dari tiga kelompok:

A)    Kaun Syi’ah.

B)    Sunni

C)    Nashibi

Kaum Syi’ah jelas tidak mungkin membuat-buat hadis-hadis palsu keutamaan seorang yang telah memerangi Imam mereka dan melaknatinya di atas mimbar-mimbar.

Para ulama Ahlusunnah juga tidak akan sudi membuat-buat hadis palsu membela mantan Kafir  Musyrik dan musuh Nabi saw. dan masih tetap aktif memerangi agama!

Jadi pastilah yang membuat-buat hadis-hadis palsu keutamaan Mu’awiyah adalah kaum Nashibi; musuh Nabi dan keluarga beliau dan pecinta bani Umayyah dan kaum yang mengaku-ngaku berpegang dengan Sunnah! Dan mereka itulah Salafnya Ustadz Firanda yang hadis-hadis palsunya sangat ia banggakan!

Perhatikan Ibnu Taimiyah mengakui:

طائفة وضعوا لمعاوية فضائل و رووا أحاديث عن النبي (ص) كلها كذبٌ.

“Sekelompok kaum membuat-buat keutamaan-keutamaan untuk Mu’awiyah dan meriwayatkan hadis-hadis dari Nabi saw…. semuanya DUSTA.[6]

Bukankah Ibnu Taimiyah itu imamnya Ustadz Firanda? Lalu mengapakah sekarang ia buang Ibnu Taimiyah?!

.

Keterangan al Ajlûni

Imam al Ajlûni menegaskan juga bahwa seluruh hadis keutamaan Mu’awiyah itu palsu! Dalam kitb Kasyfu al Khafâ’:420 beliau berkata:

.

باب فضائل معاوية ليس فيه حديثٌ صحيحٌ.

Bab tentang keutamaan Mu’awiyah. Tidal ada satu pun hadis yang shahih.

.

  • Ketarangan Imam Al ‘Aini –Pensyarah Shahih Bukhari-
  • .

فإن قلت: قد ورد في فضله  يعني معاوية أحاديث كثيرةٌ؟ قلتُ: نعم, و لكن ليس فيها حديثٌ صحيح يصحُّ من طريق الإسناد. نص عليه إسحاق بن راهويه و النسائي و غيرهماز فلذلك قال يعني البخاري: (باب ذكرِ معاوية) و لَم يقل: فضيلة معاوية!

Jika kamu berkata, ‘Telah datang banyak hadis tentang keutamaan Mu’awiyah? Maka saya berkata, “Ya benar! Tetapi tidak satu hadis pun yang shahih dari sisi sanad. Demikian ditegaskan Ishaq bin Rahawaih, an Nasa’i dan selain keduanya. Oleh karena itu, ia (Bukhari) berkata, ‘Bab sebutan tentang Mu’awiyah’ ia tidak berkata, ‘Bab keutamaan Mu’awiyah.’” Lebih lanjut baca ‘Umdatul Qâri!

.

  • Penegasan Ibnu Hajar

Seperti telah Anda baca sebelumnya bahwa Ibnu hajar al Asqallâni telah menegaskan bahwa:

“Dan telah datang banyak hadis tentang keutamaan Mu’awiyah, tetapi tidak satu pun yang shahih dari sisi sanad. Dan Ishaq bin Rahwaih dan an Nasa’i memastikannya demikian.”![7]

.

  • Penegasan al Mubârakfûri –pensyarah Sunan at Turmdzi-

Ketika mensyarahi dua hadis riwayat at Turmudzi tentang keutamaan Mu’awiyah, Imam al Mubârakfûri membuktikan dan menegaskan ketidak-shahihan dua hadis tersebut dengan bukti-bukti konret. Kemudian setelahnya ia menegaskan seraya berkata,

“Ketahuilah bahwa sesungguhnya telah datang banyak hadis tentang keutamaan Mu’awiyah, tetapi tidak satu pun yang shahih dari sisi sanad. Demikian Ishaq bin Rahwaih dan an Nasa’i dan para ulama lain memastikannya.”![8]

.

  • Keterangan asy Syaukani

Keterangan senada juga ditegaskan oleh asy Syakani dalam kitab al Fawâid al Majmû’ah-nya, “Para huffâdz telah bersepakat bahwa tidak satu pun hadis keutamaan Mu’awiyah yang shahih.”

.

.

Abu Salafy:

Setelah keterangan para ulama Ahlusunnah di atas, masihkah Anda ragu bahwa Ustadz Firanda sedang mendemonstraikan kecurangan dan penipuan publik? Bukankah ucapan Ustadz Firanda bahwa: Banyak hadits-hadits yang menjelaskan tentang keutamaan Mu’aawiyah! Adalah sebuah penipuan dan kecurangan?!

Apa nilai klaim Ustadz Firanda yang mengatakan bahwa hadis ini atau itu tentang keutamaan Mu’awiyah adalah shahih! Seperti ketika ia berkata menyebut-nyebut keutamaan Mu’awiyah dan mamastikan keshahihannya tanpa dasar:

Kelima: Rasulullah mendoakan Mu’aawiyah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata kepada Mu’aawiyah

اللّهُمَّ اجْعَلْهُ هَادِيًا مَهْدِيًّا، وَاهْدِ بِهِ

“Yaa Allah jadikanlah ia (Mu’aawiyah) pemberi petnunjuk yang mendapat petunjuk, dan berilah petunjuk (kepada manusia) dengan sebabnya” (Al-Bukhaari di At-Taariikh Al-Kabiir 5/240 dengan sanad yang shahih, Ahmad dalam musnadnya 29/426 no 17895, dan At-Thirmidzi no 3842)

Nabi juga pernah berdoa:

اللهُمَّ عَلِّمْ مُعَاوِيَةَ الْحِسَابَ وَقِهِ الْعَذَابَ

“Yaa Allahu ajarkanlah kepada Mu’aawiyah ilmu perhitungan dan hindarkanlah ia dari ‘adzab” (HR Al-Bukhari dalam At-Taariikh Al-Kabiir 7/327, At-Thobrooni di Musnad Asy-Syaamiyiin 1/190 dengan sanad yang shahih. Dan hadits ini memiliki syawahid diantaranya hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dalam musnadnya 28/382 no 17152, Ibnu Hibbaan dalam shahihnya 16/192 no 7210, Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya no 1938, At-Thobrooni dalam Al-Mu’ajam Al-Kabiir no 628 , dan lihat penjelasan Al-Bani dalam As-shahihah no 3227)

.

Abu salafy:

Sungguh fanatik memang bisa membutakan dan menulikan para penyandangnya! Demi membela Mu’awiyah Ustadz kita yang satu ini menjadi buta dan tuli dari kebenaran… dengan tanpa dasar dan juga tanpa malu memastikan habwa hadis pertama yang juga diriwayatkan oleh at Turmudzi sebagai hadis dengan sanad shahih! sementara para ulama yang keterangan mereka telah Anda baca langsung menegaskan bahwa tidak satu hadispun tentang keutamaan Mu’awiyah yang shahih dari sisi sanad!! Apakah kaum Salafi Wahhâbi akan menuduh para ulama Ahlusunnah yang kita banggakan dan menjadi rujukan kita itu telah berubah menjadi Syi’ah Rafidhah atau terpengaruh oleh Syi’ah Rafidhah? Dan hanya para pemuja pohon terkutuk saja yang masih konsisten berpegang teguh dengan Sunnah dan keahlisunnahan?!

Selain itu, untuk hadis pertama, bahwa Imam Ibnu Hajar dan dan Imam al Mubârakfûri telah sepakat menegaskan bahwa hadis itu tidak shahih! Ibnu Hajar berkata, seperti dinukil dan dibenarkan al Mubârakfûri:

إسناده ليس بصحيحٍ.

“Sanadnya tidak shahih.[9]

.

Jadi, sudah seharusnya demi keilmiahan analisanya, Ustadz Firanda memaparkan alasannya dalam penshahihan itu!

Tetapi masalahnya adalah bahwa Ustadz Firanda rupanya hanya pandai bertaklid kepada seorang “Pakar Ahli Hadis Wahhâbi” yang sering linglung dan kontradiksi dalam keterangan dan analisanya. Dia adalah Syiekh Nâshiruddîn al Albâni… Akibatnya Ustadz Firanda ikut jadi linglung tak sadar akan apa yang ia katakandan jadi buta dan tuli dari keterangan para ulama besar Ahlusunnah, seperti Imam Ahmad, Imam Ibnu Rahawaih, Ibnu Jauzi, al hafidz Ibnu Hajar al Mubârakfûri dan lainnya!

Untuk sementara saya cukupkan sekian dalam menyoroti penipuan dan kekeliruan Ustadz Firanda tentang hadis keutamaan Mu’awiyah.. insya Allah saya akan kembali menyorotinya kembali.

Kaum Nashibi Sangat Berani Memalsu Atas Nama Agama!

Karenanya janganlah Anda heran jika kaum nashibi (Salaf kebanggaanya kaum Salafi Wahhâbi) sangat berani berdusta atas nama Nabi saw. .. lalu apakah mereka akan merasa perlu takut untuk memalsu atas nama para imam dan tokoh ulama Ahlusunnah seperti Imam Ahmad, Imam an Nasa’i dan selainnya?!

Tentu mereka jauh lebih berani! Karena adalah tidak bernilai sedikit pun apa yang dibawa Uatadz Firanda dengan mengatasnamakan imam-imam Ahlusunnah seperti Imam Ahmad dan an Nasa’i tentang pujian kepada Mu’awiyah!

(Besambung Insya Allah)


[2] al Bidâyah wa an Nihâyah,8/149, Tarîkh damasuq,12/238 dan al Ishâbah,4/198.

[3] Faht al Bâri,7/81. Pernyataan Imam Ahmad di atas juda dapat Anda baca dsalam kitab al Maudhû’ât karya Ibnu Jauzi,2/24.

[4]Al Maudhû’ât karya Ibnu Jauzi,2/24. Dar al Fikr. Bairut dengan tahqiq Abdurrahman Muhammad Utsman. Thn.1403 H/1983 M.

[5] Ibid.15.

[6] Minhaj as Sunnah,2/207.

[7] Faht al Bâri,7/81.

[8]Tuhfatu al Ahwadzi,10/342.

[9]Tuhfatu al Ahwadzi,10/341 ketika menerangkan hadis dengan nomer urut:3931.

194 Tanggapan

  1. bagaimana tidak bangketur si firanda al wahabi itu… la wong yang dia bela itu orang fasik yang telah dikutuk bagina nabi suci yang tidak berkata kata melainakn dengan wahyu….
    lagian untuk apa nabi mendoakan si fasiq bin munafik agar Allah mengajari hisab.. apa mau jadi kasir?
    pasti sudah gila si pembuat hadis itu!!!!!
    juga hadis ke satu.. Muawiyah didoakan menjadi pemberi hidayah.. mana mungkin orang sesat memberi hidayah… muawiyah itu sesat dan menyesatkan….
    kasian saya lihat orang orang yang ngakunya salafi… kenapa sampai sesesat itu… muawiyah kok dibela….

    DAN UNTK YANG NGAKU SALAFI ,,, AYO BANTAH TUH ABU SALAFY SECARA JANTAN… ILMIAH… DAN PAKAI ILMU BUKAN NGOTOT AJA!!!!!!!!!!!

    • Abu SALAFY gak JANTAN mas, soalnya pakai nama saja dengan KUNYAH. Kalo jantan mah seperti Ust. FIRANDA, namanya jelas, siapa dia, dimana tinggal, kuliah dimana.

      Sedangkan ABU SLAFY….gak jelas identitasnya, apakah dia Muslim/JIL/ Syiah/Teman/Musuh?

      Semua orang sudah mafhum, seseorang yang berlindung dari Identitas aslinya sama dengan munafik, yang bertaqiyah (aqidah syiah).

      ____________
      Abu Salafy

      Identitas anda mana kang tholib….?

      • Teman2 SAWAH (SALAPI WAH BABI) bisanya ribut soal identitas! Bantah aja ngapa sih!
        Baca dulu dalil2nya kang syeih abu salafy Bapaknya anak anak salafi nakal, baru stlahnya bantah! Gittu!

      • abu salafy ?? (baca:dgn remeh) hah… ini orang… atau hewan…??? rumahnya mana…??tinggalnya mana>> bisanya cuman ngomong..jelek2inorang !!! BENER GAK !!! jawab…ayyuhalmuslimuuunalqaairuuun yang baca mohon no comment saya dah muak baca tulisan bapak wahabi alias abu salafy !!!

      • Mananya aja yang tholibul ilmi tapinhakikatnya dia itu si pelastari jahlun!!!
        Akhlak tholibul ilmi itu adalah jujur, ikhlas, tawadhu’ dan sungguh sungguh dalam mencari kebenaran…. bukan asbun!!

      • Kalau begitu alasannya, berarti kamu juga MUNAFIQ, sebab kamu juga pakai nama fiktif!!! Itu namanya MUNAFIQ TERIAK MUNAFIQ!! GITU AJA KOK SEWOT!

      • hati hati dg abu salafi,kayaknya belia cenderung ke syah dan sedang bertakiyah

      • emang klo syiah seperti anda suka mencaci saja…

    • biginikah sikap seorang muslim terhadap sahabat nabi?periksa ke islaman anda sebelum menghina para sahabat.

      ______________
      Abu Salafy

      Nabipun mengecam sebagian sahabatnya termasuk Muawiyah, lalu bagaimana sikap kang abu dzar?

      Sekedar Info, menurut hadis Bukhari, Bahwa Nabi SAW menyebut kelompok yang dipimpin Muawiyah adalah kelompok yang mengajak orang ke neraka…! Selamat mencintai dan menteladani Muawiyah !

      • sudahlah abu salafy..anda itu sudah jelas syiah rafidhah yang jelas kesesatannya… jika anda tidak ridha Ali RA terbunuh janganlah anda menjelek2kan para shahabat2 Rasulullah yang lain, mereka adalah manusia mulia tidak seperti anda, mungkin anda menyangka Ali RA dibunuh oleh orang2 Mu’awiyah RA?? tentu saja bukan!!! sebenarnya yang rusak itu adalah orang2 Yahudi Syiah pada masa itu yang bergerak dibelakan layar…sadarlah anda!!!!

      • LUH MEMANG SYIAH… SAYA SUDAH TAHU SEKLAI BUNG SALAFY… MUNAFIQQQQQQQ

    • kalau saya sih pernah baca kisah nya di http://islamishlahiyah.blogspot.com/2012/05/antara-ali-dan-muawiyah-ra.html.barangkali ada yang mau baca juga untuk perbandingan.Muawiyah seorang shahabat rasulullah, selayaknya jangan menghina seorang shahabat rasulullah kecuali kalau yang menganggap muawiyah bukan seorang shahabat rasulullah itu beda lagi ya kang.

      • @ Hamid usmanto
        Komentar kamu ssmuanya mencirikan Wahabi muallaf alias baru melek agama… jadi ya bisanya ikut-ikutan kasar tanpa dasar ilmu.
        Tapi saya tidak heran sbb memang begitu didikan wahabi.. hanya bisanya membuat kaum awam fanatik buta trus ngawur kata dan sikapnya…
        Kemarin si abdullah… setelah keok tdk mampu menghadapi bukti lawan ia mungsrep menghilang tanpa jejak… sekarang muncul kembarannya atau jangan2 satu orang dgn si hamid, allahu a’lam.
        Wassalam.

      • Kalau sahabatnya itu munafik gimana?!

      • @imam

        Nama besar yg anda sandang tapi ma’af otak tidak waras,,,
        muawiyah sahabat nabi memang betul, dalam al qur’an saja kafir quraisy ada yg disebut sbagai sahabat nabi saw

        ما ضل صاحبكم وما غوى

        tapi kalo anda katakan bahwa muawiyah sebagai sahabat nabi saw yang baik yang harus kita teladani maka ini penghinaan kepada nabi saw… dan melecehkan nabi saw….

        saya maklumi anda membaca sejarah muawiyah dari buku2 muthowek yang mengagumi para jagal dalam sejarah islam ini…!

        alhamdulillah ustad abu salafy sudah mengungkap sebagian kejahatan keluarga ini… mualai bapaknya muawiyah yakni abu sufyan yang terang2an menampakkan kemunafikannya…
        begitu juga anaknya Muawiyah yang kata syekh anda albani adalah orang pertama yang merubah sunnah nabi saw kemuadian shahih bukhari yang jelas menyatakan bahwa muawiyah adalah pemimpin kelompok yang mengajak orang ke neraka… siap2lah anda menuju neraka jika anda memuja dan mengikuti sunnahnya..

        kemudian anaknya yazid yang banyak dikutuk oleh ulama ahlussunnah… juga ibunya si tante girang pemakan hati paman nabi saw,..

        terus anda mau apa kalo saya berpendapat seperti itu? saya haqqul yakin kluarga ini terkutuk dan perintis jalan ke neraka

        mau bela kluarga terkutuk ini?
        mau mubahala dengan saya soal ini? silahkan

        saya tunggu mas pecinta kluarga terkutuk ini!!

      • kalo masih bingung masalah mu’awiyah coba deh perhatikan perilakunya yazid anaknya bagaimana kelakuan mereka saat memerintah biasanya anak ndak jauh dari bapaknya..saya sih menyerahkan masalah tsb pada Allah dengan dasar pengetahuan dari perkataan imam2 dan ulama2 besar diatas

  2. Jazakumullahu khairan pak Abu… jelas sekali bukti yang Bapak bawakan di sini… kami akan sepaham dengan para ulama Ahlusunnah yang lurus

  3. shohih kang mas.. para wahabi pasti kelbakan ngadepi abusalafy… buktinya firandanya aja tak mampu ngebantah puluhan bantahan abu atas dia!!! apa sedang MATI SURI YAAA!!! ATAU MATI KUTU….

    • makanya pelajari wahabi nahdiyyin dulu baru ngerocoss salman…,salman minum masih asi ikut debat d sini !!!

    • anda sudah lihat tulisan dan videonya ust. firanda belum salman?? kalau belum jangan asal bicara padahal anda sudah termakan fitnah orang2 syiah..!!!??? masya Allah….

  4. kalo saya orang awam, wahabi itu apa ya? emang ada agama wahabi?

    Abu Salafy:

    Wahhabi adalah pengikut Mumahhad binn Abdul Wahhab yang dalam pemahaman dan pengamalan keberagamaannya banyak menyendiri dari umumnya kaum Muslim… ia banyak mengadopsi pemikiran Ibnu Taimiyah….
    Ringkas kata, Anda saya persilahkan membaca kembali berbagai ketarangan kami dalan blog ini, khususnya kajian tentang kitab KASYFU ASY SYUBUHAT.
    terima kasih

    • Boleh sedikit nimbrung kang…

      Kebetulan saya punya e-book karangan seorang Orientalis Inggris judulnya “The Future of Islam” oleh Wilfrid Scawen Blunt cetakan London tahun 1882

      Bahkan Orientalis Inggris abad ke 19 ini pun sudah mengindikasikan adanya faham Wahabi dan membedakannya (tidak mengelompokkan) dengan kelompok Sunni.

      Boleh di cek…pd halaman 39. Si Orientalis ini ketika melakukan sensus mengenai wilayah asal para jemaah haji tahun 1880. Tertulis…’Arabs from Najd, Assir, and Hasa most of them WAHABITES’

      Kemudian…,

      Hal 48…’The cencus of four great sects may be thus roughly given…

      1. The Sunnites 145.000.000
      2. The Shi’ites ( Sect of Ali) 15.000.000
      3. The Abadites (Abadhiyeh) 7.000.000
      4. The Wahhabites 8.000.000

      Jadi HATI2 jangan sampai tertipu Wahabi yang SUKA mengaku2 sebagai Ahlussunah. Bahkan Seorang Orientalis pun tidak mudah TERTIPU. Bagaimana dengan ANDA?

      Nuhun kang…

      • Ciri-ciri Pengikut Abu Salafy lebih suka ngekor Orientalis, di banding membaca kitab-kitab Ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah.
        Sudah Tahu Orientalis musuh Islam, tapi masih percaya mereka….Apa harus bilang WOW… sama pengikut Abu Salafy?😀

      • ikutan bilang ,..WOW,..ah,..

      • wooww…sambil mukul2 kepala…!!! sudah jelas tulisan orang yahudi orientalis kok di ikutin…dasar wwooowwww…!!!!

      • @hamid usmanto,

        HUSH…mukul2 kepala itu BIDAH!

        Yang dibolehkan dan dianjurkan itu adalah…

        Mukul2 dada ^_^

  5. klu para ulama aslussunnah dah mengatakan tiada yg shahih hadist tetntang ke utamaan muawiyyah wes rujuk ae,,,jgn kekeh.

    • Mas Tholibul ilmi, di mana ya aku bisa temukan kalau abusalafy ngekor orientalis? Lha wong rujukannya itu semuanya kitab kitabnya Ahlu Sunnah!
      Lagi pula kemunafikan Muawiyah itu kan sudah ditegaskan oleh sahabat Ammar bin yasir, Imam Ali dan para sahabat lain!!!
      Jadi abusalafy itu pengikut setianya SALAF SHOLEH!!!!!

    • @hamid usmanto
      Orientalis??? Pa maksud kamu dol!?!?!

  6. setuju bang!!! kita ikut ulama aja dari pada ikut-ikutan wahabi yang memuja mu’awiyah

    • Kalian harus berpikir, Siapa Abu Salafy? Siapa Mu’awiyah Radiyallohu Anhu?
      Mu’awiyah Sahabat Rasul…..Abu Salafy sahabat siapa?
      Mu’awiyah salah satu penulis Wahyu, Abu Salafy penulis…apa?

      Yang benci Shabat Mu’awiyah, hanya dari kelompok agama SYIAH, jadi sudah jelas bahwa orang SYIAH hobinya menghujat Shahabat bahkan Istri Nabi

      _______________
      Abu Salafy:

      Ciri kaum lemah hanya bisa berbual dan mencaci maki …. Semua mengunjung di sini menanti bantahan ilmiah dari para Salafi Wahhabi bukan caci maki dan bualan…

      sekedar info Dalam hadis Bukhari Rasul saw menyebut bahwa kelompok yang dipimpin Muawiyah
      adalah kelompok yang mengajak orang ke neraka…
      Selamat atas anda yang membela Muawiyah Pemimpin kelompok pengajak ke neraka!

      • Suatu saat Abu Salep ini juga melucuti Abu Hurairah, lalu nikah mut’ah,lalu Abu Bakar,Umar,Utsman, Aisyah dan sahabat2 yg lain.

      • Semua orang sekarang ya wajib tatqlid, yang pasti jangan taqlid buta, islam sebagaiman adalah segalanya karena jelas islam agama yang diturunkan Allah untuk umat manusia baik untuk yang taat dan tidak taat, baik untuk yang sudah muslim atau di luar islam, jangan sampai pembelaan terhadap madzhab, kelompok, organisasi sampai menghancurkan agama, apalagi membela tokoh(selain nabi) demi kepentingan kelompok sendiri, sampai mengatai sesat terhadap kelompok lain, apalagi menghukumi kafir terhadap kelompok lain manusia bukan Tuhan, hanya Tuhan yang menghukuminya, sabar dan tawakal jangan bercerai berai.

      • jelas ini syi’ah di akhir catatannya dia mengatakan “kaum nashibi” dan hanya syi’ah yg menjuluki ahlusunnah sebagai “nashibi” … Allahumma lindungilah kami dari fitnah dajjal dan pengikutya syi’ah rafidhoh dan orang2 bodoh yg dibodohi.. semoga yg bodoh2 disini mendapat petunjuk.. aamiin ayo melek melek.. syi’ah tu dah jelasssss brooowww..

      • aku berlindung dari Allah SWT jangan sampai membela apalagi mengikuti orang yang sudah di cap Rasulullah saw sebagai pemimpin penganjur ke neraka…

        bersiap2lah ke neraka wahai pemuja dan pengikut muawiyah yang telah dikutuk oleh rasul saw ini…

  7. judulnya pas dan 1 7 (jitu)… memang bangkrut habis habisan si firanda

  8. saya nggak ngerti maunya salafi itu apa dgn ngebelain muawiyah… padahal kejahatan yang ia lakukan itu sangat mengerikan dan sudah cukup alasan untuk menjadikannya dilempar ke api neraka.. seperti yang pernah dikatakan sang tabi’in Hasan Bashri….
    apakah dengan memerangi Khalifah yang sah muawiyah diberi pahala.. dengan alasan ijtihad misalnya yang sering disampaikan tanda dimenegrti apa itu ijtihad..
    sungguh ironis kita jika masih ngebelain mu’awiyah…
    bela saja orang-orang baik dari kalangan sahabatnya Rasul SAW

  9. Kang Abu, jangan berhenti ya melucuti Muawiyah, tulisan kang Abu ini langkah tidak ada di toko-toko buku, apalagi ucapan ustad-ustad zaman sekarang.

    kang Abu terus tulis ya, aku hampir tiap 3 jam periksa abusalafy untuk melihat ada tulisan baru atau tidak. aku berhenti melihat cuma dari jam 11 malam sampai jam 05.00. setelah itu tiap 3 jam aku lihat abu salafy. ngefan benar dengan tulisan abusalafy.

    Piranha tidak usah dinantikan, anggap saja sudah tidak ada. kebanaran harus diungkap ada Piranha atau tidak ada. dia bukan penentu kebenaran. lupain aja orang itu. tidak penting sama sekali.

    Abu Salafy:

    Terima kasih atas dukungan dan sarannya. Semoga Allah memberi kita semua hdayat dan taufiq-Nya. Amin.

  10. teruskan perjuanganmu pak kiai abu.. kami barisan NU dibelakangmu….

    • Masya Allah basyir anda orang NU.. sadarlah anda jangan bego seperti itu Abu Salafy itu gak jelas orangnya siapa… grup lembaga atau apa..yang jelas ajarannya adalah condong kepada syiah…anda mau terjerumus ke agama syiah!!!????

  11. tulisannya diedit sedikit biar bacanya lebih enak

  12. Setelah baginda nabi saw wafat ,mulailah bibit perpecahan diantara para sahabat nabi saw , Abu Bakar As-sidiq menurut suatu riwayat wafat akibat racun, Umar ibnulKhottob Syahid oleh budak persie, Ustman inbul Affan syahid oleh ibnu Muljam (bacaan alqur’anya bagus),Ali bin Abitholib juga syahid oleh orang seperti inbu Muljam , orang2 yg tdk setuju dg penjanjian damai antara Ali bin Abitholib amirulmu’minin dg Mu’awwiyah gubernur Syiria. perpecahan Islam semakin hebat , mulailah firqoh2 islam.

    -SYIAH memposisikan pembela Ali bin Abitholib walaupun mereka sebetulnya bukan pengikut Ali bin Abitholib
    -KAUM NASHIBI memposisikan diri pembenci Ali bin Abitholib diantaranya ada kaum Khowarij.(kaum ini semula pembela Ali)

    Selanjutnya muncul firqoh2 seperti
    -Jahmiah,Murjiah yg kental aqidah tashbihnya (musabbihah,mujassimah) sekarang wahabiyah mirip spt ini
    – Muktazilah yg percaya manusia bisa menciptakan perilakunya akal adalah segala2nya

    Nah diantara ini munculah Al_imam Agung AbulHasan Al-Asy’ari
    diantara firqoh2 itu yg oleh jumhur ‘ulama Alhusunnah waljamaah dinisbatkan kepada beliau selain Al-Maturidi

    Kami memandang Mu’awwiyah sahabat nabi,ra tetapi kami juga memuliakan Ali bin Abitholib sahabat dan menantu Rosulullah saw melebihi Mu’awwiyah bin Abi Sufyan.

    Kita memang diperintahkan mengikuti sunnah2 Khulafaurrosyidin termasuk sunnah nya Ali bin Abitholib yg membuat redaksi sholawat tdk seperti redaksinya Rosulullah saw tetapi kami juga enggan atau diam dari apa2 yg ada pd sisi lain Mu’awwiyah bin abiSufyan.

    sikap ini adalah lebih baik bagi kaum awwan seperti kami ini.
    mengambil sisi lain dg mengabaikan sisi lain yg baik2 bisa membuat hati tdk jernih.
    RESEP MEMPERBAIKI HATI
    -baca alquran dg meresapi maknanya dihati
    -jangan banyak makan walaupun dg makanan yg halal
    -qiyamullail
    -munajad diahir malam
    -kumpul dg orang sholeh (orang yg melaksanakan kewajiban Allah dan
    kewajiban manusia)
    -banyak diam kecuali yg menghasilkan pahala
    -menghindar dari orang2 bodoh walaupun S3
    -jangan suka ngobrol
    -dan in yg penting makan yg halal

    Shollu’alannabi..

  13. Pa kalau mau mengetahui tentang keutamaan MUAWIYAH BIN ABI SUFYAN RAHIMAHULLAHU bacalah sahih bukhari dan kita cukupkan. Karena seluruh kaum muslimin baik kawan maupun lawan mengakui bahwa SAHIH BUKHARI adalah kitab sahih setelah alqur’an

    _______________
    Abu Salafy

    Dalam shahih Bukhari disebutkan bahwa Muawiyah (pimpinan) dan kelompoknya adalah da’i/penganjur orang ke neraka !!
    Silahkan anda baca dan ikuti itu!!

    • Aqidah antum sudah ketahuan Kang Abu Salafy, Agama antum SYIAH, yang bertaqiyah dengan NU

      • perlu diketahui salafi,wahabi,NU,dan lebel sejenis nama komunitas bukanlah aqidah dan jangan dijadikan akidah jadikanlah Islam sebagi akidah. apa arti sebuah nama salafi,wahabi, muhamadiyah, NU dan dll jika aggotanya haya berkelahi.

    • ABU, KETERLALUAN SEKALI KAU. BUKANKAH ABU YG PENGANJUR KE NERAKA????????????? KALAU MAU LEBIH JELAS TUNJUKKAN IDENTITAS PRIBADIMU BUKANNYA KUNYAH MU…….

      _____________
      Abu Salafy

      Identitas anda mana kang KOTA DA?

  14. Setelah saya baca dengan teliti ada yg bikin janggal yaitu perkataan IBNU ABBAS radiallahuanhu yg memuji MUAWIYAH radiallahuanhu. Ternyata anda telah MENGINGKARINYA. ahli hadits aja telah sepakat kesohihan riwayat ini. Anda BARU LAHIR SEKARANG berani mengingkari. ahli hadits bukan apalagi Setelah saya baca dengan teliti ada yg bikin janggal yaitu perkataan IBNU ABBAS radiallahuanhu yg memuji MUAWIYAH radiallahuanhu. Ternyata anda telah MENGINGKARINYA. ahli hadits aja telah sepakat kesohihan riwayat ini. Anda BARU LAHIR SEKARANG berani mengingkari. ahli hadits bukan apalagi Setelah saya baca dengan teliti ada yg bikin janggal yaitu perkataan IBNU ABBAS radiallahuanhu yg memuji MUAWIYAH radiallahuanhu. Ternyata anda telah MENGINGKARINYA. ahli hadits aja telah sepakat kesohihan riwayat ini. Anda BARU LAHIR SEKARANG berani mengingkari. ahli hadits bukan apalagi Setelah saya baca dengan teliti ada yg bikin janggal yaitu perkataan IBNU ABBAS radiallahuanhu yg memuji MUAWIYAH radiallahuanhu. Ternyata anda telah MENGINGKARINYA. ahli hadits aja telah sepakat kesohihan riwayat ini. Anda BARU LAHIR SEKARANG berani mengingkari. ahli hadits bukan apalagi ahli tafsir

    • @Hamid Usmanto
      Kalau ana perhatikan ya WAHABI BIN SALAFI lokalan ini pada napsu debat terbuka… mintanya abu ketemu tatap muka acu dalil langsung di tv ataunforum terbuka apapun…. tapi semua juga tau bagaima kesudahan debat dgn WAHABI BIN SALAFI…. mereka selalu curang… apalagi kalau sudah kepepet pasti CURANG.
      Mzu tau buktinya?? Nih saksikan cuplikan debat terbukanya Syeikh Hasan MANTAN WAHABI TULEN YANG DIBERI ALLAH HIDAYAH DGN WAHABI YANG MASIH BELUM MENDAPAT HIDAYAH!!!!
      SETELAH KEPEPET DGN BUKTI2 YANG DIAJUKAN SYIEKH HASAN FARHAN AL MALIKI TTG KEMUNAFIKAN MUAWIYAH, SETAN PUJAAN WAHABI DAN KAUM MUNAFIK SEMISALNYA, PEMBAWA ACARANYA LANGSUNG MEMUTUS DIALOG….. APA YANG BEGINI YG MEREKA NAMAKAN BERDEBAT ADU DALIL
      Perhatikan di bawah ini:
      farhanhttp://www.youtube.com/watch?v=9ZJn1fx7Qo0
      Silahkan saksikanndan buktikan kecurangan WAHABI PENDUKUNG PARA MUNAFIK PENGANJUR KE DALAM API NERAKA

  15. Sahabat sekelas ibnu abbas radiallahuanhu aja perkataannya anda ingkari yg notabene merupakan kemenakan rasulullah sallalahualaihiwasallam, orang yg paling cerdik dan paling terpengaruh tarbiyah rasul. Dan merupakan AhLI TAFSIR yg didoakan oleh rasul. Katanya pengikut salaf. Ibnu abbas kan salaf

    Abu Salafy:

    Buktikan bahwa ucapan itu benar dari Ibnu Abbas ra.!

  16. Riwayatnya seperti ini IBNU ABI MULAIKAH berkata “seseorang bertanya kepada IBNU ABBAS : ‘Apa engkau punya komentar terhadap AMIRUL MUKMININ MUA’WIYAH? Ia mengerjakan sholat witir hanya satu rakaat’. IBNU ABBAS menjawab :’ DIA SEORANG AHLI FIQIH”. (SHAHIIHUL BUKHARI, KITAB “FADHAA-ILUSH SHAHAABAH”, bab. “MANAAQIBUL HASAN WAL HUSAIN (NO. 3765) ).

    Abu Salafy:
    MU’awiyah itu RAJA ZDALIM bukan Amirul Mukimin… Masalah ini akan dibahas dalam kesempatan lain. Nantikan!

    Sekelumit tentang kefaqihan Muawiyah telah saya jawab dalam bantahan kepada Ustad Firanda silahkan baca disini:

    https://abusalafy.wordpress.com/2012/10/07/awal-bukti-kebangkrutan-ustadz-firanda-al-amil-al-wahhabi/

    bukti-bukti “Kefaqihan” Muawiyah lainnya insyaAllah akan saya lanjutkan, nantikan.

    • Wah-wah hebat anda saya tunjukan riwayat yg paling sahih kitab SAHIH BUKHARI YAITU KITAB PALING SAHIH SETELAH ALQUR’AN hati anda tetap saja menolak mengingkari, tunjukin ULAMA siapa yg berani mengkritik sahih bukhari. Saya nasehatkan selama nyawa masih dibadan CEPATLAH BERTOBAT ATAU AKAN RASAKAN SENDIRI AZAB DARI ALLAH SUBhanahuwata’ala

    • DALAM LETTER LEK HADIST ITU “AMIRUL MUKMININ” KAU INGKARI JUGA ABU, INI BERARTI KAULAH YG PENGANJUR KENERAKA ITU………..

    • @Abu Salafy dan Mahbub

      tulisan anda di atas ini sudah cukup jelas akan “kefagihan” mr. muawiyah kang Abu:

      Para ulama di antaranya Ibnu ‘Âsakir, Ibnu Katsîr (yang sangat dibanggakan Ust. Firanda untuk membela Mu’awiyah) dan juga Ibnu Hajar meriwayatkan dari Khadîj al Khishshi (maula Mu’awiyah) berkata, “Mu’awiyah membeli seorang budak wanita kuning nun jelita, lalu aku giring ia masuk menemui Mu’awiyah (di dalam istana) dalam keadaan BUGIL/TELANJANG BULAT. Dan ketika itu di tangan Mu’awiyah ada tongkat pendek, lalu Mu’awiyah mengayunkannya ke arah vagina budak wanita itu seraya berkata, “Benda unik, andai aku juga punya benda unik. Bawa ia pergi menemui Yazid!”

      Ibnu Katsîr membawakan riwayat kebejatan Mu’awiyah dan para penguasa tiran bani Umayyah untuk kemudian menggaris-bawahi bahwa Mu’awiyah sebagai seorang FAQÎH AGUNG! Sebab kata Ibnu Katsîr, setelahnya Mu’awiyah sadar bahwa budak wanita itu tidak lagi halal bagi Yazid; putranya. Sebab seorang wanita yang sudah pernah dihasrati oleh seorang ayah maka ia haram untuk putranya!

      Perhatikan apa kata Ibnu Katsîr (yang juga pemuja berat bani Umayyah, walaupun tidak separah kaum Salafi Wahhâbi),

      “Dan ini adalah dari kedalaman fikih dan kehati-hatian Mu’awiyah. Karena ia telah memandang wanita itu dengan syahwat, walaupun ia menganggap lemah dirinya (untuk bersenggama) dengannya, maka dari itu ia berhati-hati sehingga tidak mau menghadiahkan budak wanita itu untuk Yazid, putranya… “

      @Mahbub

      buat kang mahbub, apakah itu kefagihan muawiyah?.. mauwiyah faqig memang faqih saya akui itu tapi faqih urusan merubah sunnah nabi seperti kata syekh Al Albani… juga faqih soal tipu menipu…
      bukankah begitu kang mahbub..

      jangan lupa saya menunggu tanggapan anda atas kutipan kang abu salafy diatas?!

  17. Barakallahu lanaa walakum ajma’iin aamiin

  18. Pak Abu, mau numpang tanya.
    apa benar Muawiyah menjadi penulis wahyu?
    bukankah dia baru masuk Islam setelah pembebasan Makkah yg jaraknya sangat singkat dg wafatnya Nabi Muhammad s a w,
    kalau benar Muawiyah pernah menjadi penulis wahyu, surat apa saja yg ditulis Muawiyah itu?. ada berapa ayat yg ditulis olehnya?
    saat itu ummat Islam yg sudah pandai baca tulis sangat banyak, apa ada alasan untuk menyuruh Muawiyah menulis wahyu atau biar dia belajar wahyu yg ditulis itu agar memahami agama Islam? jadi bukan karena dia top tulisannya atau ahli kaligrafi misalnya.

    Ummi Habibah saudarinya Muawiyah adalah istri Nabi Muhammad s a w. tapi kan dinikahi Nabi s a w masih ketika Muawiyah dan bapaknya kafir. yaitu saat hijrah ke Habasyah. jadi menurut saya jadi ipar Nabi s a w atau mertuanya bukan jaminan bahwa 2 orang ini sangat Islami. toh Azar (ayah atau paman Nabi Ibrahim a s) kafir. putra Nabi Nuh a s juga kafir. apalagi Apalagi abahnya Safiyah istri Nabi s a w yg adalah Bani Israel yg jelas2 tewas dalam memerangi Islam

    bagaimana pak Abu, mengungkap hal-hal seperti begini karena sebagian orang masih beranggapan, jangan membicarakan Muawiyah dan Abu Sufyan, keduanya ini ipar dan mertua Nabi s a w. Muawiyah penulis wahyu dsb

    Mohon dengan sangat pencerahan detail dari bapak ustad Abu yang kami hormati dan cintai.

    Abu Salafy:

    Mu’awiyah penulis wahyu adalah kepalsuan belaka! Nanti akan saya buktikan insya Allah!

    • Shahabat Mu’awiyah adalah penulis wahyu

      Kang ABU SALAFY, penulis dan penghujat Shahabat

      _______________
      Abu Salafy

      Betul Muawiyah adalah sahabat Nabi saw, dan betul juga Nabi saw telah mencelanya
      Dalam hadis Bukhari Rasul saw menyebut bahwa kelompok yang dipimpin Muawiyah
      adalah kelompok yang mengajak orang ke neraka…
      Selamat atas anda yang membela Muawiyah Pemimpin kelompok pengajak ke neraka!

      • ” Betul Muawiyah adalah sahabat Nabi saw, dan betul juga Nabi saw telah mencelanya Dalam hadis Bukhari Rasul saw menyebut bahwa kelompok yang dipimpin Muawiyah
        adalah kelompok yang mengajak orang ke neraka…”

        maaf kang abu salafy bisa anda tunjukan hadits Bukhari nomor berapa yg menyebut bahwa kelompok yang dipimpin Muawiyah
        adalah kelompok yang mengajak orang ke neraka..???

        Abu Salafy:
        Saya harap Anda sedikit bersabar, karena saya akan turunkan artikel khusus tentang hadis tersebut…. semua akan dibahas secara urut, insya Allah.

      • ketauan belangnya anda abu salafy, disuruh menunjukkan hadits nya saja pake alasan sgala..!!! dasar Dajjal SYIAHH…!!!!

    • lha iya org2 suka membuang kotoran. kan syria basisnya syiah nushairiyah yg suka mencela shahabat nabi terutama muawiyah radhiyallahu ‘anhu😛

      • Poijo kamu bicara apa?!
        Keliatan banget kalau sudah keracuran cinta buta kpd kaum munafiqin!
        Dari pada kamu bicara tdk bermutu lebih afdhol kamu bantah kang busalafy… bantah dalil-dalilnya!

      • Kang paijo … kalau kamu belum kenal siapa dia MUAWIYAH lebih baik kamu baca tulisan ustadz Abu dengan lengkap, terkhusus malakah: Mazhab Salaf tentang Islamnya Muawiyah….biar berimbang informasi buat kamu. Ok!

  19. Yurisprudensi dan Tata Hukum Ajaran Islam Masa Mu’awiyah
    Politik pemerintahan di masa dinasti Umayyah, menurut Imam Az-Zuhri, bahwa pada masa Rosulullah, dan para Khulafaur-Rasyidun yang empat berlaku hukum, bahwa orang-orang kafir tidak mewarisi seorang muslim dan demikian pula seorang muslim tidak mewarisi seorang kafir. Tapi pada masa pemerintahannya,Muawiyah telah bertindak mewariskan seorang muslim dari seorang kafir tapi tidak mewariskan seorang kafir dari seorang muslim. Ketentuan yang berupa bid’ah (sesuatu yang mengada-ada dalam agama ini telah dibatalkan pada masa Umar bin Abdul Aziz dimasa pemerintahannya.Tapi Hisyam bin Abdul Malik kembali mengubah ketentuan seperti semula, yakni ketentuan di masa Mu’awiyah . Ibnu Katsir berpendapat bahwa Mu’awiyah juga telah mengganti sunnah Rasulullah Saw dan para Khulafaur Rasyidun dalam urusan diyat. Sebelum itu, diyat(denda) pembunuhan terhadap seorang non-muslim yang telah mengikat perjanjian dengan negara Islam, jumlahnya sama dengan diyat seorang muslim. Tapi Mu’awiyah mengurangi sampai setengahnya dan dia mengambil setengah yang lain bagi dirinya sendiri. Begitu bayak prestasi yang ditorehkan oleh Muawiyah, termasuk didalamnya pembagian departemen-departemen dari setiap lembaga yang ada. Termasuk didalamnya adalah pembentukan Al-Nizham al qadha’I, yaitu lembaga bagian penegak hukum.Al-Nizham al qadha’I ini terdiri dari tiga bagian, yaitu al-qadha, al-hisbat, danal-mazholim. Badan al-qadha dipimpin oleh seorang qadhi yang bertugas membuat fatwa-fatwa hukum dan peraturan yang digali langsung dari Al-Qur’an, As-Sunnah,atau Ijma’ atau berdasarkan ijtihad. Badan ini bebas dari pengaruh penguasa dalam menetapkan keputusan hukum terhadap para pejabat,dan pegawai negara yang melakukan pelanggaran. Pejabat badan al-hisbat disebut al muhtasib, tugasnya menangani kriminal yang perlu penyelesaian segera. Pejabat badan al-mazholim disebut qodhi al-mazhalim atau shahib al-mazhalim. Kedudukan badan ini lebih tinggi daripada al-qadha atau al-hisbat. Karena badan ini bertugas meninjau kembali akan kebenaran dan keadilan keputusan-keputusan hukum yang dibuat oleh qadhi dan muhtasib,bila ada suatu kasus perkara yang keputusannya dianggap perlu ditinjau kembali.Baik perkara seorang rakyat, atau pejabat yang menyalahgunakan jabatannya.Badan ini menyelenggarakan mahkamat al-mazhalim yang mengambil tempat di masjid. Sidang ini dihadiri oleh lima unsur lengkap, yaitu para pembantu sebagai juri, para hakim, para fuqaha, para khatib dan para saksi yang dipimpin oleh al-qadhi al-muzhalim.Artinya,dalam pemerintahan dinasti Umayyah sebagaimana pada periode Negara Madinah, peradilan bebas tetap ditegakkan[6].
    F. Faktor-faktor yang menyebabkan kehancuran Dinasti Mu’awiyah
    Ada beberapa faktor yang menyebabkan lemahnya sampai kehancuran dinasti Umayyah, antara lain :
    Sistem pergantian khalifah melalui garis keturunan adalah sesuatu yang baru bagi tradisi Arab,yang lebih menekankan pada aspek senioritas.Pengaturan ini dianggap tidak jelas.Ketidakjelasan sistem pegantian khalifah ini menyebabkan terjadinya persaingan yang tidak sehat di kalangan anggota keluarga istana.
    Latar belakang terbentuknya dinasti Bani Umayyah tidak bisa dipisahkan dari konflik-konflik politik yang terjadi dimasa Ali. Sisa-sisa Syi’ah (pengikut Ali)dan Khawarij terus menjadi gerakan oposisi, baik secara terbuka, seperti di masa awal dan akhir maupun secara tersembunyi seperti di masa pertengahan kekuasan bani Umayyah. Penumpasan terhadap gerakan ini banyak menyedot kekuatan pemerintah.
    Pada masa kekuasan Bani Umayyah,pertentangan etnis anggota suku Arabia Utara (bani Qays) dan Arabia Selatan (bani Kalb) yang sudah ada sejak zaman sebelum Islam, makin meruncing.Perselisihan ini mengakibatkan para penguasa Bani Umayyah mendapatkan kesulitan untuk menggalang persatuan dan kesatuan. Di samping itu, sebagian besar golongan Mawali ( non arab ),terutama di Irak dan wilayah bagian timur lainnya, merasa tidak puas dengan status mawali itu.Hal tersebut menggambarkan status inferioritas ditambahkan dengan keangkuhan bangsa Arab yang di perlihatkan pada masa Umayyah.
    Lemahnya pemerintahan daulat Bani Umayyah yang disebabkan oleh sikap hidup mewah di lingkungan istana sehingga anak-anak khalifah tidak sanggup memikul beban berat kenegaraan tatkala mereka mewarisi kekuasan. Disamping itu, golongan agama banyak yang kecewa karena perhatian penguasa terhadap perkembangan agama sangat kurang.
    Penyebab langsung tergulingnya kekuasaan bani Umayyah adalah munculnya kekuatan baru yang dipelopori oeh keturunan Abbas ibnu Abdul Al- Muthalib.Gerakan ini mendapatkan dukungan penuh dari Bani Hasyim,golongan Syi’ah dan kaum mawali yang merasa dikelasduakan oleh pemerintah Bani Umayyah.

  20. @ Abu Salafy
    maaf ni pak itu di atas nampaknya iklan berbau nasrany berkata TuhanXXXXX…. tak pakai dalil, apa maksudnya sy tak mengerti?. tlg dikonfirmasi iklan tsb.

    _________
    Abu Salafy
    Salam, jika di blog ini ada iklan, itu adalah iklan wordpress, policy wordpress yg baru, berhak menempatkan iklan di blog yg gratis.
    dan itu diluar kehendak kami, kecuali jika kita membayar kepada wordpress maka blog kita dijamin bersih iklan.
    sekali lagi jika blog ini sekali-kali terdapat iklan maka itu diluar kehendak kami.

  21. HANYA YG FASIK LAH PEMBELA FASIK , DAN SEBALIKNYA HANYA YG HAQ YG AKAN MENJADI PEMBELA HAQ,

  22. kehadiran wahbi/salafi sungguh sngt membahayakan aqidah dn persatuan umat islam melebihi bahayanya aliran2 yg lain,krn mereka tdk sj memiliki faham sesat ttp mereka tlh melakukan pemalsuan kitab2 karya ulama’ klasik yg shlussunnah,sungguh ini adlh bhy yg sngt menghwtrkn,jd sy berharap kepada seluruh ikhwan yg punya kemampuan untuk bergandeng tangan dlm menghadapi fitnah salfi/wahbi ini.kita perlu orang2 sprt abu salafi.

    • kitab2 para ulama yang mana?pak muhammad toyib?apakah sudah sampai ke tangan MUI atau ke perguruan tinggi islam yang lain?mang klo ud sampai berarti mereka memahami sesuatu yang salah dong?

  23. @ Abu Salafy
    Assalamu ‘alaikum wr,wb
    Pak Abu sy konfirmasi tulisan pak Abu dgn ceramah ust Abd Hakim bin Amir Abdat di TVRodja, dgn tema ceramah”MEMBELA SAHABAT MUAWIYAH”. Khulashoh ceramahnya sbg berikut :
    1 Ust..Bin Amir Abdat membacakan hadits yg artinya kurang lebih “Pasukan pertama dari umatku yang memerangi negeri kaisar mendapatkan ampunan”. Dan hadits yg lain yg menerangkan pasukan kedua yg dipimpin Yazid bin Muawiyah. Kedua hadits ini menurtnya menunjukkan kebeikan Muawiyah dan anaknya.
    2. Sayyidina Ali kr.w memerangi Muawiyah berdasar ra’yi/ijtihad, Sedangkan Muawiyah sebenarnya mengakui kehalifahan beliau hanya sj Muawiyah melawan Ali kr.w krn menuntut darah Sayyidina Usman r.a. Jd perang keduanya berdasar ijtihad yg kesalahannya dpt ditolelir. Benar 2 pahala, klu salah 1 pahala.
    3. Yazid tidak memerintahkn pembunuhan Sayid Husein r.a. Tindak pebunuhan sepenuhnya atas inisiatif bawahan. Yazid tdk salah, hanya sj tidak juga menghukum pembunuh Husain r.a. Ini kesalahannya sebagaimana raja – raja lain yg bisa sj salah.
    4. Yazid sebenrnya menghormati Sayid Husein dan itu yg diperintahkan bapaknya Muawiyah.
    Mohon konfirmasi pak Abu….
    Khusus utk saudara/teman – temn salafy mohon jawaban mengapa tema – tema sperti di atas sering diungkap. Sy belum lama menyimak TVRodja, tapi sdh dua kali tema itu dibicarakan oleh dua ustd yg berbeda. Ini mengakibatkan salafy maaf dianggap “nashiby” krn terkesan sbg ‘buku putih” bagi pihak – pihak tertentu. Bagi non salafy harap tidak usah menanggapi pertanyaan sy ini Utk kita semua junjung tinggi sikap adil walau bagaimanapun kita tidak suka.
    Wassalam,
    akhukum fil Islam

    _____________

    Abu Salafy:

    Dua agebda besar Wahhabi Salafi khususnya yang nashibi:
    Pertama: Membela Bani Umayyah khususnya Mu’awiyah, Abu Sufyan dan Yazid. dengan:
    A) Menebar riwatar-riwayat palsu keutamaan mereka.
    B) Membohongkan semua hadis/atsar/tada sejarah yang membongkar kejahatan. kemunafikan dan kejelekan mereka.

    Kedua: Mengecilkan kedudukan Sayyidina Ali dan Ahlul Bat Nabi ra. dan melecehkan mereka dengan:

    A) Mendustakan setiap hadis keutamaan Ahlul Bait ra yang mampu mereka dustakan.
    B) Memojokkan setiap sikap dan prikalu serta kebijakan Sayyidina Ali, al Hasan dan Husain dan para tokoh Ahlulbait lainnya.

    JAdi apa yang disampaikan para wahhabi Salafi seperti di atas bukanlah perkara baru… semua akan dibuktikan di sini… Sabar semuanya akan dibongkar di sini insya Allah… ikuti terus!!

    • abu salafi belum2 aj ente sudah menuduh orang yang cinta kepada Mu’awiyah berarti mengecilkan sahabat Ali bin abu Thalib, pak salafi dari saya madrosah sampaisy sdh kerja dan sampai aya mempunyai keluarga tidak ada sedikit pun ust.saya menghina bahkan merendahkan sahabat rosulullah yang agung Ali bin abu thalib radhiyallahu’anhu, bahkn anak2 dari sahabat2 saya banyak yang memberikan nama untuk anaknya pake nama Ali.

    • @abu Ihsan al-Pemalanjy,

      argumen anda itu sama dengan argumen pengikut fir’aun dalam al Qur’an Allah SWT menyalahkan fir’aun bukan pengikutnya yang sebagai eksekutor kedoliman…

  24. alhamdulillah anda sudah ikut berdakwah memberantas kejahatan dan fitnah wahabi. barokalloh

    • 10 indikator sebagai cirri-ciri aliran sesat yang disampaikan dalam penutupan rakernas MUI di Hotel Sari Pan Pacific, Jl MH Thamrin, Jakarta, Selasa (6/11/2007) adalah:

      1. Mengingkari salah satu dari rukun iman yang enam dan rukun islam yang lima

      2. Meyakini dan atau mengikuti aqidah yang tidak sesuai dengan Alquran dan sunnah.

      3. Meyakini turunnya wahyu setelah Alquran.

      4. Mengingkari otentisitas dan atau kebenaran isi Alquran.

      5. Melakukan penafsiran Alquran yang tidak berdasarkan kaidah-kaidah tafsir.

      6. Mengingkari kedudukan hadis nabi sebagai sumber ajaran Islam.

      7. Menghina, melecehkan dan atau merendahkan para nabi dan rasul.

      8. Mengingkari Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir.

      9. Mengubah, menambah dan atau mengurangi pokok-pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh syariah, seperti haji tidak ke baitullah, salat wajib tidak 5 waktu.

      10. Mengkafirkan sesama muslim tanpa dalil syar’i seperti mengkafirkan muslim hanya karena bukan kelompoknya.

  25. Kalo saya sih setuju dengan Pak Abu, mana mungkin orang yang oleh Rasul saw dan kelompoknya dijuluki sebagai penganjur ke neraka kok punya fadail/keutamaan…

    Tentang hadis diatas yg dibawa Usta yang nashibi itu telah ditahrrij dan dikupas habis dalam blog-nya ketika berdiskusi dengan para nashibi khususnya Abu Jauza dan para pembela kaum munafik ini.

    bagi yang ingin berdiskusi soal ini silahkan masuk kesini:

    Kedudukan Hadis “Ya Allah Ajarkanlah Muawiyah Al Kitab dan Al Hisab” – Bantahan Untuk Salafy

    http://secondprince.wordpress.com/2009/02/22/kedudukan-hadis-%E2%80%9Cya-allah-ajarkanlah-muawiyah-al-kitab-dan-al-hisab%E2%80%9D/\

    Kedudukan Hadis “Ya Allah Jadikanlah Muawiyah Seorang Yang Memberi Petunjuk”

    http://secondprince.wordpress.com/2008/12/20/kedudukan-hadis-%E2%80%9Cya-allah-jadikanlah-muawiyah-seorang-yang-memberi-petunjuk%E2%80%9D/

    SEMENTARA ITU:

    Shahih: Ishaq bin Rahawaih Mengakui Tidak Ada Satupun Hadis Shahih Keutamaan Muawiyah

    http://secondprince.wordpress.com/2010/11/20/shahih-ishaq-bin-rahawaih-mengakui-tidak-ada-satupun-hadis-shahih-keutamaan-muawiyah/

  26. Buat saudaraku abu salafi

    Alhamdulillah…subhanalloh…teruskan tulisan2 mu wahai saudaraku dalam rangka menyampaikan ilmu dan menjawab blok saudara kita yg lain…………..agar dapat menjadi sarana pembelajaran dan pengkajian bagi saudara2 kita yg awam terutama saya pribadi,hanya saja kalau boleh saya minta sampaikanlah kebenaran itu dengan benar dan sampaikanlah kebaikan itu dengan baik berbedalah dengan mereka………..ALLOHUMMA SHOLLI ALA SAYYIDINA MUHAMMAD

  27. Mas ahmad wahyu apa hubungannya dgn Syi’ah?! bantah aja tulisannya pak abu di sini!!! Jangan cari kambing hitam!!!!!!!! apakah itu bukti kalian telah bangkrut juga sepertyi ustadz kalian?!

  28. setelah aku perhatiin makin jelas kalau para wahabiyun sudah kuwalahan menghadapi dalil dalilnya ustadz Abu Salafy al Mujahid… karenanya mau lari dengan cara cara murahan menuduh Abu Salafy Syi’ah dan mrk mulai menyerang Syi’ah…
    Perlu kalian tau aja… semua ini tidak ada kaitannya dengan Syi’ah!
    Dan Kalau Syi’ah juga pandangannya atas Mu’awiyah sama dengan ABu Salafy itu berarti Syi’ah juga benar dalam masalah ini!

    • Ente itu satu manajemen dengan ABU SalaFy ya?Kok kalimat2 ente itu sama ABU salaFy?atau emang satu orang yang sama??Hanya Allah yg Maha Tahu.Semoga Allah memberikan petunjuk jalan yg terang

      _____________
      Abu Salafy

      Semoga Allah memberikan petunjuk jalan yg terang, kepada anda dan kita semua… Amin!

    • bukannya kami g berani bantah,lebih baik klo abu salafi berani ya tantang saja ust.firanda obrolin di maktabah LIPIA yang banyak kitab2 para ulama gmna?

      • Pasti gak berani tuh Abu Salafy sang siluman…persis kayak Iblis yg tak mau menampakkan diri..tuh sekutunya eyang subur juga gak mau menampakkan diri xixixi…pasti ngacir dia…..

  29. judulnya pas banget pak ustadz!!! bankrut total!!!!!!!!!!!

    • Yang setuju sama Artikel2 Mas AbuS hanya ada 2:
      1. Syi’ah Tulen
      2. Orang Awam yg tidak tahu menahu tentang hakikat Syi’ah tapi ngakunya NU

      Yang ga setuju sama artikel2 Mas AbuS
      1.Salafy tulen karena memang berseberangan dengan syiah
      2.Orang awam,tapi tahu tentang hakikat syiah meski sedikit

      pokoknya yg ga setuju sama artikel2 AbuS akan dipukul rata sbagai Wahabi.

      • Sekarang sedang terjadi fitnah yang besar terhadap faham yang haq Ahlu sunnah Wal Jamaah berdassar manhaj Salaf sesuai dengan Al Quran dan Sunnah dengan menamakan Wahabi, dimana mereka sendiri tidak tahu apa itu Wahabi yang sebenarnya….Astaghfirullah…

      • iya yang penting agama pokoknya iya kan kang?

        pokonya aku ora ikut golongan sampean yang banyak jadi teroris itu

  30. Abu Salap belum update karna lagi sibuk ngurusi kroni2nya di web2 Syiah ya??Ayo pakdhe saya menantikan judul Abu Hurairah Ra

  31. kalau saya perhatikan agama Wahabi itu agama yg mau memporakporandakan Islam, memutar balik dalil. Islam jadi kacau balau gara-gara agama Wahabi.

    Terus lucuti pak Abu jangan segan-segan, bongkar sejarah palsu. saya setuju Muawiyah bukan sahabat. tidak mungkin Nabi Muhammad s a w bersahabat dengan orang seperti Muawiyah yg adalah cikal bakal pendistorsi ajaran agama Islam, sehingga yang haq dan yg bathil tidak tampak jelas tapi dibuat abu-abu.

  32. Oalah belum ada bantahan juga ya dri ustadzah firanha

  33. katanya berguru harus pake sanad, dan sanad itu harus menyambung hingga Rasulullah.Yg punya otak harusnya buat mikir!!kalo berguru pada blog ini, berarti sanad ga jelas, lawong identitas biografi yg punya blog aja ga jelas.!!!Kalo yg diucapkannya adlh bukan fitnah,kenapa harus ngumpet???kalo aqidahnya bukan Syiah, kenapa harus menyembunyikan identitas???kalo yg diperjuangkan adalah suatu kebenaran,kenapa tulis identitasnya pake bohong???harusnya saudara2 berfikir dengan akal dan memohon petunjuk Allah.

    _________
    Abu Salafy

    Kang Sastro identitasnya mana ya?

  34. Orang yg berakal dan yang mengaku ahlusunnah harusnya mereka tahu mana yang syiah dan mana yang ahlusunnah.Dan menurut saya Abu Salafy memang benar-benar syiah.Jangan mau diadu domba oleh si ABu Salafy ini!!!Tulisan2nya menyesatkan yg berpaham ahlusunah NU KH. Hasyim Asyari(pendiri NU)

    _____________
    Abu Salafy

    قُلْ هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ} .. البقرة 111

  35. aduuh komentarnya temen temen wahaboi bener bener buat malu…. bisanya cuma ngomel aja!

  36. arek arek wahabi bisanya me’ nuduh …………. tidak mampu bantah inti yang disajikan pak abu…. bantah aja kalau bisa.. kalau nggak ya diam!!! uskut!!!

  37. bisanya kok cuma nuduh nuduh begitu… mana bantahanya mas tholibul ilmi?
    Apa itu akhlaknya tholibul ilmi?
    menurut kamu SYIAH itu apa sih?
    paling paling kamu hanya ikjut ikutan para usataz kamu

  38. asal ngomong aja kau hai tholibul ilmi……….. SYIAH !!! SYIAH!!!!
    DASAR WAHABI..TUKANG FITNAH…. APA BUKTINYA? KARENA BENCI MU’AWIYAH?
    ATAU KARENA CINTA ALI?

    • saya mau tanya kepada anda wahabiwaras, apakah sepeninggal Rosulullah Abu Bakar lebih berhak menjadi khalifah dibandingkan dengan yang lain..??

      • nah ini jelas statement orang SYIAH tulen!!!! akhirnya ketauan juga belangnya si Imaduddin Hasyim…apakah anda belum lihat di youtube ada seorang syiah sedang ceramah menjelek2an shahabat Rasulullah tiba2 ketimpa kipas angin trus langsung modar!!!??? apa anda tidak cepat tobat??? dasar syiakh laknatullah!!!!

  39. ” Betul Muawiyah adalah sahabat Nabi saw, dan betul juga Nabi saw telah mencelanya Dalam hadis Bukhari Rasul saw menyebut bahwa kelompok yang dipimpin Muawiyah
    adalah kelompok yang mengajak orang ke neraka…”

    maaf kang abu salafy bisa anda tunjukan hadits Bukhari nomor berapa yg menyebut bahwa kelompok yang dipimpin Muawiyah
    adalah kelompok yang mengajak orang ke neraka..???

    Abu Salafy:
    Saya harap Anda sedikit bersabar, karena saya akan turunkan artikel khusus tentang hadis tersebut…. semua akan dibahas secara urut, insya Allah.

    mana jawaban pertanyaan saya..??

    sekalian identitas asli anda mana..?? minimal nama asli anda lah.. (jangan balik tanya identitas saya mana..??)

    ________________

    ____________

    Abu Salafy:

    Saya harap Anda bersabar… Kang Kus, karenan saya akan turunkan artikel khusus tentang masalah ini….
    tapi untuk sedikit mengurangi rasa keingin tauhan anda tentang hadis tersebut anda dapat baca:

    صحيح البخاري – كِتَاب الصَّلَاةِ – أَبْوَابُ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ – بَاب التَّعَاوُنِ فِي بِنَاءِ الْمَسْجِدِ

    Terima kasih….

  40. ” Betul Muawiyah adalah sahabat Nabi saw, dan betul juga Nabi saw telah mencelanya Dalam hadis Bukhari Rasul saw menyebut bahwa kelompok yang dipimpin Muawiyah
    adalah kelompok yang mengajak orang ke neraka…”

    maaf kang abu salafy bisa anda tunjukan hadits Bukhari nomor berapa yg menyebut bahwa kelompok yang dipimpin Muawiyah
    adalah kelompok yang mengajak orang ke neraka..???

    Abu Salafy:
    Saya harap Anda sedikit bersabar, karena saya akan turunkan artikel khusus tentang hadis tersebut…. semua akan dibahas secara urut, insya Allah.

    mana jawaban dari pertanyaan saya kang abu salafy..??

    saya tunggu jawabannya, sekalian saya tantang anda untuk menunjukkan identitas asli anda (minimal nama lengkap), kalau tidak berani berarti anda adalah seorang PENDUSTA..

    ____________

    Abu Salafy:

    Saya harap Anda bersabar… Kang Kus, karenan saya akan turunkan artikel khusus tentang masalah ini….
    tapi untuk sedikit mengurangi rasa keingin tauhan anda tentang hadis tersebut anda dapat baca:

    صحيح البخاري – كِتَاب الصَّلَاةِ – أَبْوَابُ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ – بَاب التَّعَاوُنِ فِي بِنَاءِ الْمَسْجِدِ

    Terima kasih….

  41. jangan berbantah bantahan…belajar dulu tentang islam dengan benar,…cari guru yang paham islam yang berbicara islam pakai dalil yang shohih,…sebaiknya yang merasa syiah..mulailah sadar diri dan bertaubat segera

  42. Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
    saya orang awam,
    Saya telah baca blog abu salafy dan juga ustadz firanda.com.
    Ada perbedaan yang mendasar menurut saya :
    1. Abu salafy kurang jelas identitasnya, ust firanda sangat jelas identitasnya dengan nama kunyah anaknya yaitu abu abdilmuhsin (bukannya kita mesti mengambil ilmu dari orang yang jelas nasabnya/asal-usulnya?). apa benar abu salafy nama kunyahnya penulis blog ini ? apakah salafy nama anak dari penulis blog ini? atau hanya ngasal saja untuk menutupi identitas asli ? Tlg konfirmasinya.
    2. Di blog ini hujjahnya minim dan cenderung dipaksakan (bercampur opini) penulis dan mengulur-ulur (mis: nanti akan dijelaskan dst), sedangkan ust firanda saya perhatikan minim opini dan lebih mengutamakan amanat ilmiyah yaitu dalil dan pendapat ulama-ulama muktabar.
    3. Akidah abu salafy ini menurut saya cenderung syiah (afwan ini menurut kesimpulan sementara saya) karena tendensius sekali ke muawiyyah, sama seperti yang dilakukan kaum syiah.
    4. Ust firanda sangat terbuka dan bersedia berdialog dengan tujuan mencari kebenaran dan rujuk kepada kebenaran yang terungkap, apakah abu salafy bersedia? jika bersedia saya sangat bersedia memfasilitasi.
    Demikian, analisa saya yang berusaha obyektif.
    Afwan jika ada yang salah.
    wassalammualaikum warohmatullohi wabarokatuh

    Abu Abdilhakim.

    • @abu abdilhakim: benar akh, ana setuju pendapat antum.

      kepada saudara/sdriku umat muslim cobalah kita berpikir jernih dan cerdas jangan kita terus”an menggunakan otot. ketika kita mendapatkan sesuatu jangan langsung kita telan apalagi datangnya dari orang yg belum jelas. cobalah cermati dan cari/tanyakan kpd yg lebih tau dan jelas identitasnya apa yg ia sampaikan itu benar dan tidak banyak yg dipalsukan atau cuma kebohongan belaka. sekali lagi cermatilah apa yg kita dapatkan jg sampai kita terjebak dengan kata” apa lagi yg tidak jelas asal-usulnya.

    • Sebenarnya yang haq itu pasti akan ditampakkan oleh Allah SWT… semoga Ust. Firanda diberi keselamatan dan keberkahan selalu amiinn.. semoga terlaknat abu salafy karena telah menjelek2an para Shahabat Rasulullah yang mulia naúdzubillahi mindzalik….

      • Kok Wahabi yang biasanya anti melaknat kaum munafikiin sdkLipun mendadak jaci tukang laknat ya ketika ustadz abu membongkar kedoknya dedengkot munafik pujaan wahabi?!
        Ha ha ha… rupanya sudah kehilangan kontrol kali?!?!?!

  43. assalamualaikum

    @ abu salafy

    kang abu saya harap kang abu mau menerima ajakan abu abdulhakim
    soalnya jarang jarang ada wahabi ngajak debat langsung! klo saya liat blog abu syafiq, ummati press jarang ada wahabi mau debat langsung..!

    saya dukung kang abu

    wassalam

  44. orang wahabi cuman bisa menggonggong doang, Mencaci maki gak pakai ilmu. itulah wahabi, hati mereka sudah terkunci.

    semoga para ahlussunnah bisa lebih bersabar mendengarkan gonggongan wahabi. ^_^

    • Bismillaah

      @muslim
      berkata:…
      “..orang wahabi cuma bisa menggonggong doang, mencaci maki gak pakai ilmu.”

      1.JUSTRU DI BLOG SAMPAH INI BANYAK CACI MAKI KPD PARA SAHABAT RODHIYALLOHU’ANHUM..DAN HUJATAN KPD AIMMATISSALAF DAN ASATIDZAH DARI KALANGAN PEMBELA DAN PENEGAK SUNNAH NABI SHOLALLOHU ALAIHI WASALLAM

      2.IDENTITAS PENGECUT/PALSU DARI SESEORANG/BEBERAPA ORANG DARI KALANGAN MUSUH-MUSUH AHLUSSUNNAH YG BERMANHAJ SALAF

      3.SELAYAKNYA ANDA TIDAK MNISBATKAN DIBELAKANG NAMA ANDA DG SALAFY.. YG LEBIH PANTAS ADALAH: “abulfitan”

      4.DATANGILAH MAJLIS-MAJLIS ILMU YG DIADAKAN IKHWAH SALAFIYYIN DI SEGENAP PELOSOK TANAH AIR INI…, DAN CATAT UCAPAN PARA ASATIDZAHNYA, ADAKAH YG BERISI GONGGONGAN…? CACI MAKI..? TIDAK BERILMU..?
      SUDAH BERAPA LAMA ANDA MENGAMATI MEREKA IKHWAH SALAFIYYIN..? SUDAHKAH ENGKAU WAHAI ORANG YG MENGAKU BERNAMA “MUSLIM” SHOLAT BERJAMA’AH BERSAMA MEREKA..? SUDAHKAH ENGKAU MEMPRATEKKAN CARA BERWUDLU DAN SHOLAT SEPERTI ROSULULLOH SHOLALLOHU ‘ALAIHI WASALLAM? KALAU BELUM, MAKA ITU ADALAH MUSIBAH BAGI DIRIMU..WAHAI ENGKAU YG MENGAKU BERNAMA “MUSLIM”!!
      ALLOOHU YAHDIE WAYAHDIEKUM..

  45. kesana kemari yang namanya wahabi kok identik dengan kebodohan ya ? sungguh saya dukung ustadz abu salafy 1000%

  46. Hendaklah kita bertaqwa kepada Allah, wahai saudaraku. Jangan mengkhianati Allah, Rasulullah, Al-Qur’an dan kaum muslimin. Jangan kita menipu orang awam. Jangan mengukur urusan apapun semata-mata hanya dengan perasaan kita, sebab dienullah sangat
    terang benderang, malamnya sebagaimana siangnya, tidak akan ada yang menyimpang darinya sepeninggal beliau shalallalahu ‘alaihi wa sallam melainkan orang yang pasti binasa
    Seyogianya seorang mu’min itu tidak sekedar berbicara , berpendapat tanpa dasar , apalagi urusan AGAMA
    .
    Take time untuk membaca , belajar merenungi , ukur capasitas diri .Kalau tidak paham , lebih baik bertanya , lebih banyak lagi mengkaji kitab-kitab para ulama salaf (para sahabat Rasulullah ,tabi’in , tabi’ut tabi’in dan yang mengikuti mereka) menelaah bagaimana pemahaman mereka , bagaimana praktek mereka , sehingga kita tidak tergelicir dalam memberikan pandangan yang menyesatkan dan berlepas diri dari apa yang mereka amalkan.
    Allah berfirman :”…. Diantara hamba-hamba Allah yang paling takut kepada-Nya hanyalah para ulama…. (Al Fathir 28) .
    Semakin berilmu…mereka akan semakin takut pada Allah…..mereka akan semakin tawadhu…..mereka akan semakin berhati-hati dalam menggunakan lisannya….menjaga tangannya menjaga hatinya…semoga Allah memasukkan kita menjadi seorang diantaranya , amin .
    Segera bertobatlah sebelum ,Allah Subhanahu wa Ta’ala menyumpal pendengaran kalian(abu salafi) dari mendengar, menutup hati kalian dari memahami dan menutup penglihatan kalian dari melihat kebenaran. Nauzubillah min dzalik.

    • Sikap yang sama berlaku buat anda juga ummihanif: Take time untuk membaca , belajar merenungi , ukur capasitas diri .Kalau tidak paham , lebih baik bertanya , lebih banyak lagi mengkaji kitab-kitab para ulama syi’ah, menelaah bagaimana pemahaman mereka , bagaimana praktek mereka , sehingga kita tidak tergelicir dalam memberikan pandangan yang menyesatkan dan berlepas diri dari apa yang mereka amalkan. Objektiflah dalam mencari kebenaran, bersikaplah adil.
      Allah berfirman :”…. Diantara hamba-hamba Allah yang paling takut kepada-Nya hanyalah para ulama…. (Al Fathir 28) .
      Semakin berilmu…mereka akan semakin takut pada Allah…..mereka akan semakin tawadhu…..mereka akan semakin berhati-hati dalam menggunakan lisannya….menjaga tangannya menjaga hatinya…semoga Allah memasukkan kita menjadi seorang diantaranya , amin

  47. dah jelas bahwa anda adalah tukang fitnah, anda condong kepada syiah. anda adalah syeikh idahram,seorang pengecut

    • deuuuhhh…cuman gitu?….cuman celetukan?….mana ekspresimu mister cahayaquds?…argumenmuuuu?….atau diem aja kaya ane…nikmatin perdebatan ini kalau gak sanggup berargumen!

  48. wadu waduuuh… kamu hai cahayaquds kok jadi tukang nujum sih!
    mana yang fitnah? Tunjukin donk!
    kalian para wahabiyun itu sangat memprihatinkan sekali… demen membodohi diri sendiri…
    maklum sudah kadung “GILA KESESATAN IBNU TAIMYAH” kali?! Jadi hatinya tertutup… telinganya jadi tuli dari al haq…. matanya jadi buta dari menyaksikan al haq…. subhanallah alangkah kasiannya kalian… aku doakan semoga Allah memberi hidayah kalian ke jalan al haq

  49. WAH.. DEBAT MELULU … sedih aq lihat nye ! senyum2 non muslim lihat ini….
    “ADAKAH PERDEBATAN DAN CACIAN MENDATANG KAN RAHMAT ALLAH …..” !!??

    • @Davien Ramadhan,

      Perdebatan atas penafsiran akan kaidah2 dalam agama merupakan hal yang fitrah terjadi pada setiap agama, apapun juga!

      Kalau anda meluangkan waktu untuk masuk ke forum2 kristiani, hampir dipastikan anda akan menemukan perdebatan seperti apa yang terjadi dilaman kang Abu Salafy ini. Sebagian mengkafirkan sebagian kelompok Kristen lainnya. Sebagian merasa aliran Kristen mereka sajalah yang paling dekat dengan ajaran nabi Isa AS. Sebagian merasa bahwa hanya kelompok mereka sajalah yang mumpuni untuk menafsirkan hadist2 dari nabi Isa AS sebagaimana yang termaktub dalam gospel2 mereka.

      Yang menarik adalah….

      Saya jamin niscaya anda akan menemukan komentar “…senyum2 orang muslim lihat ini.” {^_^}

      Cacian tidak akan mendatangkan rahmat Allah SWT…

      Tapi perdebatan…Hmmmm

      Bila dilakukan dengan santun Insya Allah saya yakin, banyak hati yang akan dibukakan oleh Allah

      Imam Ali AS berkata, “…hikmah adalah hak milik orang muslim yang hilang. Pungutlah dimanapun kalian menemukannya meskipun dari orang kuffar”

      Perbebatan Insya Allah bisa mendatangkan hikmah yang bermanfaat? Asalkan……….

      Salam Damai,

  50. Sy dgn amat sangat berharap doa saya ini dikabulkan “Ya Allah, sesungguhnya saya mencintai Muawwiyah bin Abu Sufyan, sahabat NabiMu, Penulis WahyuMu, Ipar RasulMu, dan salah seorang imam kaum muslimin. Bangkitkanlah diriku nanti di hari kiamat bersama dengan Muawwiyah bin Abu Sufyan.. Amiin..”

    Abusalafy:
    Amin 1000x.
    PASTI ASYIK DIBNGKITKAN BERSAMA PEMIMPIN KELOMPOK YANG MENGANJURKB KE DALAM API NERAKA!

    • siapa penganjur ke neraka?…hadis mana? tafsirnya seperti apa..?..apakah yang anda maksud anda disitu yang ada Tholhah, Zubair bin Awwam dan Aisyah rodhliyallohu hu anhum? bukankha mereka ahlul jannah sebagaimana wahyu Alloh kepada Nabi shollahu’alaihi wassalam?…lalu siapa anda dan orang yang ada sebut-sebut itu?…bukankah syiah yang membenci mereka ini? dan selalu mengusung-ngusung kebencian mereka ini kemana-mana?
      bukankah Nabi bersabda “Janganlah engkau mencaci sahabatku,seandainya kalian bersekah 1 gunung Uhud emas tidak akan menyamai 1 mud sedekah mereka, setengahnya juga tidak.”.

      • Akhi noval ini sepertinya tidak paham bicara orang lain ya?!
        Penganjur ke neraka itu ya kelompok yang dipimpin Mu’awiyah bin abu Sufyan…. bukan selainnya!!!
        Hadis yang kamu sebutkan itu mestinya kamu buktikwn dulu kalau dia tidak PALSU.
        Coba kamu renungkan baik-baik saudaraku, Nabi itu sedang bicara kepada siapa ya?
        Kepada seluruh sahabat atau sebagian saja?
        Mana mungkin dapat diterima akal sehat kalau Nabi berbicara kepada seluruh sahabtnya: Hai seluruh sahabtku jangan kmu mencaci sahabatku!
        Kamu perlu tau asbab wurudnya hadis itu!
        Jangan asal bawa hadis tanpa makrifat!!!!!
        Wassalam

      • Saudaraku noval…. yang pasti hadis itu tidak mengena Mu’awiyah yang masuk islamnya belakangan…. justru dia masuk islamnya diragukan para sahabat besar seperti Ali dan Ammar!
        Baca dulu dengan tuntas tas ulasan data pak ustz abu salafy….
        Jangan gegabah menghukumi ini atau itu sebelum tau lengkap masalahnya.

      • Ya pasti tidak ngerti. Mana ada wahabi ngerti omongan orang. Yang ngerti omongan orang ya hanya orang….

  51. sedih membaca komen-komen diatas sesama muslim saling caci maki dengan argumen masing2,,,,

  52. Aku orang awam, ga ngerti hadis, atau argumen2.
    Tapi perasaan ku bilang, aku ga suka sama orang yang anaknya membantai cucu Rosul

  53. Perasanmu itu sangat suci jangan biarkan kecintaan kepada kaum munafiqun menempati hati kita

  54. TERNYATA ABU SALAFI CS ADALAH ORANG MUNAFIQUN DILIHAT DARI LISANNYA MAUPUN TULISANNYA WAALLAHI TIDAK DISANGSIKAN LAGI ABU SALAFI INI TELAH DIDITUNGGANGI HAWA NAFSU DAN SYETAN (PEMBUAT FITNAH ,PENCACI MAKI ORANG YANG MENGIKUTI MANHAJ SALAFUSSHOLIH),BISA SAJA ABU SALAFI INI ADALAH GOLONGAN SYIAH……TUKANG MENGADU SAUDARA MUSLIM…….BERHATI-HATILAH.

    • Waduh waduuh… ni orang kesalahan obat kali ye…. kok marahnya berapi api kaya’ kesurupan setan saudi aja.
      Sadar wan sadar!
      Yang tukang fitnah dan caci maki itu wahabi!!!!
      Kok ente cari kambing hitam…. syi’ah dibawa bawa segala?!

    • kalian para whabi yang suka menuduh kafir umat muslim, memalsukan kitab, pemecah belah umat islam

  55. Nasrullah ternyata bisanya hanya marah marah.
    Bukan begitu pak cama membuktikan kepalsuan pendapat lawan…
    Cara kasar itu caranya fir’aun dan abu jahal dan abu lahab… lahab artinya menyala nyala dan hajl artinya kebodohan… jadi yang bisanya hanya ngomet ngomela dan emosi bereti dia jadi ABU JAHL+ABU LAHAB.

  56. sahabat rasulullah salallahu alaihi wasallam di cela…allah ridho terhadap mereka.. Mu’awiyah Radhiyallahu ‘anhu, karena telah menyertai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau adalah salah seorang penulis wahyu, berjihad bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Terdapat hubungan kekerabatan dan hubungan ipar antara beliau dengan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Umar dan Utsman mengangkatnya sebagai Gubernur wilayah Syam. Pengangkatan sebagai Gubernur oleh Umar dan Utsman tersebut, sudah cukup menjadi bukti keutamaannya. Dan juga pujian Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma atas kedalaman fiqhnya, dan kecakapannya dalam mengatur negara..
    Xxxx
    Sungguh keji org yg mencela sahabat,selain rafidoh !!

    • Subhanallah…. sepertinya kaum wahabi ini sulit memahami omongan orang ya!!!
      Apa bukti dan dalil yang disajikan abu salafy belum juga memelekkan pikiran mereka?!
      Banyak “dalil” salafi wahabi (SAWAH) yang telah dipatahkan dan dibongkar kekeliruan dan kesalahannya… tapi anehnya si SAWAH SAWAH itu masih saja mengulang-ngulangnya tanpa malu!
      Aneh bukan?

      • jancok lo !!! gw ancurin rumah lo

        Abu Salafy:
        Sebelumnya saya benar-benar meminta maaf kepada semua pengunjung di sini, karena saya tetap menampilkan komen tak bermoral ini, hanya agar semua tau bagaimana akhlak para salafi wahabi!

  57. Ustadz DIKIN yang saya hofmati. Bisakan Ustadz membuktikan hal hal yng usadz katakan ttg Mu’awiyah?!
    Mu’awiyah penulis wahy???
    Mu’awiyah berjuang bersama Nabi SAW?????
    Mu’awiyah bersama Nabi SAW??
    di mana?
    Kapan?
    Semua perlunpembuktian!!!
    Saya minta ustadz DIKIN mau membaca dulu artikel2nya Abu Saafy di blog berengsi ini!
    Hana pencari oeenaran yang menikmati ajian abu Salafy!
    Para pecundang…. mereka yang lemah airah dlm memcari AL HAQQ pasti malas membaca!

    • Gus DIKIN ini ya apa yo, kok ngomongnya itu itu terus percis wahaboi lainnya…. Muawiyah Muawiyah… apa kamu nggak baca dulu tulisan hadhrat Syekhuna Abu Salafy sblm nulis komentar… baca dulu Gus!
      Kalau tdk ya ini nih hasilnya…. GOTOT AJA!

    • Kang santri ini ya ada-ada aja kok minta si Dikin membuktikan segala!!!ya mana mjngkin lah dia bisa membuktikan kang.. sebab semua yg dia katakan itu bo ongan!!!!! Dusta bin mbojok

  58. Saudi ambuk wahabi juga pasti ambruk!
    Sebab akidah yang di9dirikan di atas konsep kekerasan pasti segera ambruk!!!
    Nantikan aja!
    Rajanya sdh bau tanah!

    • Mudah2an saja, dinasti saud dalam waktu dekat ini ambruk dari kekuasaannya, berganti menjadi Republik Islam yang berfaham ASWAJA asli dan pemrintahannya dipegang oleh keluarga Ahlul Bait.
      Amin Amin Amin ya Robbal Alamin

  59. panjang bgt hha malum males jadi mau nanya aja (maaf ya stad)
    inti dari pembahasan ust disini tuh muawiah gimana ya?
    trus kalo dari ust viranda apa?

  60. ini situs / blog apaan isinya kok ngomongin / jelek2in orang….palsu semua kalian…saya orang awam tp dari penilaian ttg penjelekan sesorang sudah bisa diambil kesimpulan…mana yang bener mana yang salah….

  61. Mohon maaf;

    Apakah benar bahwa Sahabat Muawiyah masuk islam setelah penaklukan Mekkah? Kalau benar, patut dipertanyakan motif masuk islamnya Muawiyah, apalagi setelah di kemudian hari justru putra beliau yang melakukan pembantaian terhadap cucu Rasulullah saw.

    Lalu, bagaimana dengan pola hidup beliau dalam mengendalikan pemerintahan? Lalu bagaimana dengan langkah beliau yang menunjuk putranya sebagai penerus kerajaannya? Apakah hal ini sejalan dengan nafas Islam yang diajarkan Rasulullah saw?

    Dengan hati yang bersih, dengan pikiran jernih, tanpa fanatik terhadap kelompok manapun, Insya Allah bisa merasakan mana yang baik dan mana yang bathil. Tapi kalau sebaliknya; meskipun diberikan Hujjah yang sangat-sangat-sangat valid pun kalau itu tak sejalan dengan fanatisme, maka akan ditolak.

    Mohon maaf.

  62. ta dukung gus… semangaaaaaat…

    sebagai orang awam tak sepatutnya menyalahkan Abu salafy… tapi perrrrlu klarifikasi kebenaran yang di sampaikan…

    selama masih banyak kyai2 harusnya kalian yang awam2 maw sowan dan bertanya atas sesuatu yang ga di pahami…

    klo cuman komentar dengan sudut pandang Ke awaman … sama aja dengan mereka yang memandang agama sebatas 1 sudut kebenaran ala kalian sendiri…

    maaf… saya juga orang bodoh…

  63. eh abu salafi, npa ente gk nunjukin aja identitas ente. semua orang penasaran, yg dukung ente paling2 jg kagak tau siapa ente? kacangan amat sih.

    Abusalafy:
    Orang bijak menilai sebuah pemikiran dari argumentasi yang diajukan…. sedangkan orang berpikiran kerdil hanya sibuk menilai siapa penyampai ide itu.

  64. Akhir-akhir ini semangat para Wahabiyin kok begitu besar untuk ngebelain Mu’awiyab bib Abu Sufyan, saya jadi heran ada apa ya? Kalau alasannya membela sahabat Nabi jelas itu slogan yang mulia, tapi rasa-rasanya kepalsuan slogan itu sudah semakin nyata deh kita ketahui bersama!!! Hanya orang OON aja yang masih bisa dibodoi dgn slogan konyol itu!!!! Buktinya ketika ada sahabat lain yang lebih mulia dijelek-jelekin WAHABI diam aja bahkan yang lebih membuktikannkebohongan para WAHABI adalah merekamikut gencar mengecam dan memufikkan dan menfasikkan sahabat-sahabat mulia itu!!! Tidak sedikit lho sahabat ahli Badar yang divonis munafik oleh para WAHABIYUN!!! Jadi slogan untuk membela sahabat itu adalah slogan politik menjijikkan… tapi sayangnya ssbagian Ahlu Sunnah tertipu dgnnya….. semoga mereka segera sadar. Amiiiin.

  65. SAYA HERAN KOK PADA DIBUT SYIAH RAFIDHAH…. BACA INI BIAR. PARA WAHABI AHLI FITNAH JADI PINTER

    Berikut sebuah liputan seminar tentang Sejarah Syiah di Nusantara di UGM Pebruari lalu.http://historia.co.id/artikel/modern/1179/Majalah-Historia/Syiah_yang_DilupakanSyiah yang DilupakanSyiah hadir di Nusantara sejak ribuan tahun lampau. Jejak sejarahnya bisa digunakan untuk meredam konflik Sunni-Syiah. OLEH: HENDARU TRI HANGGORO Dibaca: 1428 KETIDAKTAHUAN masyarakat terhadap sejarah dan ajaran Syiah dinilai berperan dalam menyulut bara konflik Sunni-Syiah di Indonesia hingga sekarang. Karena itu, bangsa ini mudah labil dalam menyikapi perbedaan dua aliran besar dalam Islam itu. Demikian dikatakan Husain Heriyanto, staf pengajar Universitas Indonesia, dalam International Conference on Historical and Cultural Presence of Shias in Southeast Asia, di Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada 21 Februari 2013.  Ketidaktahuan itu tak hanya menimpa khalayak awam, tetapi juga pemuka agama. Kala budayawan Agus Sunyoto duduk di bangku pesantren, gurunya berpesan agar menjauhi ajaran Syiah. “Menurutnya Syiah itu anti-maulid, anti-wiridan, dan anti-ziarah. Padahal itu Wahabi,” kata Agus, penulis buku Atlas Wali Songo. “Keberadaan dan pengaruh Syiah telah mengakar di beberapa wilayah Nusantara sejak 1400 tahun lampau.” Di Maluku Tengah, pengaruh ini terejawantah dalam bentuk tarian Ma’atenu. Tarian ini diperkenalkan masyarakat Hatuhaha. “Mereka komunitas muslim tertua di Maluku yang terbentuk sejak abad ke-8. Pemimpin mereka beroleh nasab dari Ali bin Abi Thalib. Karena itu, tarian ini ditujukan sebagai bentuk pujian untuk Nabi Muhammad, Ali, dan keturunannya.” Mencabik-cabik tubuh dengan benda tajam menjadi ciri tarian ini. Persis dengan tarian dalam tradisi Syiah untuk memperingati peristiwa Karbala. Hingga kini tarian ini masih lestari. “Ajaran Syiah sudah menyatu dengan kebudayaan leluhur Islam Maluku,” kata Yance Zadrak Rumahuru, pengajar Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Ambon. “Sayangnya, kontribusi ini kerap diabaikan.”  Pengaruh Syiah juga ditemukan di Sumatra. Mohammad Ali Rabbani, atase Kedutaan Besar Iran, menyatakan jejak peninggalan dari orang-orang India di Sumatra kental dengan pengaruh Syiah, misalnya Tabuk dan makam-makam bertarikh abad ke-17.  “Ini karena orang India yang datang ke Sumatra dipengaruhi Persia. Orang-orang itu menganut mazhab Syiah,” kata Rabbani. Sebaliknya, orang Persia dan India juga mengambil tradisi orang Sumatra. “Interaksi ini menguntungkan umat Islam. Satu bangsa saling mengambil manfaat dari bangsa lainnya.”  Di Aceh keadaannya agak berbeda. Penduduk di sana lebih dulu akrab dengan tradisi Persia. “Sebelum Syiah menjadi mazhab resmi di Persia, orang-orang Aceh telah bersentuhan dengan kebudayaan Persia,” kata Kamaruzzaman Bustaman Ahmad, pengajar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry, Aceh.  Karena itu, sulit membedah tradisi Syiah, Persia, dan Aceh. “Semua ini sudah diblender di dalam dayah (pesantren). Hasilnya dituangkan di luar dayah,” ujar Kamaruzzaman. Meski begitu, konflik berdarah Syiah-Sunni pernah terjadi di Aceh pada abad ke-17. Ini karena kelompok ekstrem dalam Sunni atau Syiah mendominasi Aceh kala itu.   Jejak sejarah Syiah yang panjang di Nusantara, menurut Azyumardi Azra, guru besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, bisa dimanfaatkan untuk meredam konflik Sunni-Syiah. “Sudah jelas bahwa Sunni-Syiah tak lagi bisa dilihat secara hitam-putih. Keduanya saling mempengaruhi.” Laporan utama Syiah, Pendiri Kerajaan Islam Pertama di Nusantara, Historia nomor 6 tahun 1, 2012.

    • Maaf kang Arif sedikit menambahkan,

      Bagaimana dengan perayaan Tabot di Bengkulu atau Tabuik di Sumatra Barat. Bukankah Kedua perayaan tersebut adalah untuk memperingati syahidnya Imam Hussain AS di Karbala. Dan sampai Sekarang pun masih diperingati setiap tahunnya. Meskipun saat ini sepertinya hanya sebatas menjalankan tradisi saja.

      Kemudian….

      Masyarakat Jawa pada umumnya melarang adanya perayaan atau pesta2 sejenisnya pada bulan Suro ( Asyura). Symbol syahidnya Imam Hussain AS pun diwujudkan ke dalam bentuk Bubur Suro.

      Tari Saman Dari Aceh yang mana para penarinya melakukan ritual memukul2 dada. Saya tidak tahu kira2 adakah orang selain Syiah di dunia ini yang juga menjalankan ritual yang sama?

      Ada lagi…

      Kata guru saya, hanya warga NU Indonesia Dan Syiah sajalah yang menjalankan tradisi tahlilan 7 hari, 40 hari…dst. Ocehan segolongan orang2 Salafy/Wahabi yang lemah akalnya bahwa tahlilan asalnya adalah dari budaya Hindu, masih kata guru saya, tak lain Dan tak bukan adalah tong kosong nyaring bunyinya.

      Tidak Ada orang Hindu baik di Bali ataupun yang tinggal di Gunung Bromo menjalankan tradisi tahlilan sebaimana warga NU di Indonesia. Apalagi orang Hindu di India.

      Wajah Islam di Indonesia Akan menjadi Lebih damai bila perbedaan dikesampingkan Dan persatuan yang dikedepankan

      Bisakah Sunni Dan Syiah sholat dalam satu masjid yang sama? Insya Allah…

      Salam Damai,

    • Situs ini jelas dibuat oleh orang2 Syiah yang sedang melakukan Taqiyah nya seolah mereka orang Ahlu Sunnah padahal mereka adalah Syiah Rafidhah laknatullah yang sangat takut akan perkembangan dakwah Salafi Wahabi yang dengan tegas menyatakan bahwa Syiah diluar Islam dan sangat membahayakan akidah umat Islam oleh karena para kaum Sunni sadarlah akan propaganda mereka……

      • Kami yakin bahwa salafiwahabi palkng TAKUT JIKA SYIAH DAN SUNNI BERGANDENG TANGAN DAN BERMESRAAN, sbb messsatan mereka bakal ndak laku dan AGENDA YAHUDI GAGAL TOTAL. SALAFIWAHABI ADA KAKI TANGAN MUSUH2 ISLAM!!!!

      • Setiap wahabi salafi berhadap- hadapan dgn SYIAH pasti mereka kelihatan belangnya, makanya mereka paling musuh kpd SYIAH

  66. Sunni dan Syiah pasti bisa hidup berdampingan dlm suasana persaudaraan islamiyah yang harmonis…. tapi tentu WAHABI tidak akan tinggal diam menyaksian umat Islam bersatu…. WAHABI pasti akan menyebarkan virus fitnah!!!! Dan itulah yang terjadi… di mana-nama VIRUS JAHAT WAHABI SELALU MENGANCAM!!!!

    • yg byk memfitnah adalah engkau syiah laknatullah alaih dimana ada syiah di sana ada kekacauan baik di iran ribuan org n ulama dibantai, irak , suryah, pakistan, lebanon, n yaman kita tdk akan pernah bersatu dg agama hasil zina majusi n yahudi, hati2lah kita di indonesia waktu minoritas mereka mendengungkan persatuan waktu mereka mayoritas pembantaian akan terjadi, berhati2lah kita

      • Anda sungguh memprihatinkan. Anda tidak sadarkan diri kalau sedang dibodoi zionis dan antek2 nya.

  67. DASAR ORANG SYIAH,YA GITU DEH ,NAMA ABU SALAFY ASLINYA ABU SYIAH LAKNAT.

  68. wah, saya memang tidak setuju dengan ustadz firanda, tapi saya juga tidak setuju kalo anda menjelekkan sahabat Mu’awiyyah, apa yang terjadi pada sahabat Rasulullah tentang perselisihan di zaman dulu, kita tidak punya hak untuk men judge mereka.

    Abusalafy:
    Saya sampaikan terima kasih atas pernyataan sikap Anda…. setuju atau tidak sepenuhnya adalah hak Anda…. yang penting sikap kita harus berdasar dalil.

  69. jelassss sekali si pemilik blog ini adalah syiah laknatullah,,, mengatakan sahabat nabi muawiyah munafik,,, nauzubillah si laknat siah satu ini,,,

    • Mas, bukti harus kamu bantah dengan bukti, bukan dengan maki maki

    • TERNYATA FIRANDA ITU TUKANG DUSTA DAN FITNAH
      Ini bukan kata saya tapi kata tokoh Wahabi sendiri.
      Perhatikan ini!
      strong>Firanda memfitnah ulama ahlus sunnah 
      Gelar “kadzdzab” (gemar berdusta) yang disematkan oleh salah seorang ulama besar di Madinah Asy-Syaikh Abdullah bin Abdirrahim Al-Bukhari Hafizhahullah kepada seorang pelajar di Madinah yang bernamaFiranda Andirja memang merupakan gelar yang layak disandangnya.Mengapa tidak, Firanda seakan tiada henti menghembuskan fitnahnya dengan menyebarkan berbagai kedustaan dikalangan salafiyyin dengan menyebarkan berita-berita palsu yang kandungannya adalah upaya merendahkan kedudukan para ulama dan Da’i Ahlus sunnah ditengah umatnya
      …..
      (http://www.salafybpp.com/index.php/manhaj-salaf/129-dusta-firanda-ditengah-badai-fitnah-yang-sedang-melanda-bag-1)

  70. ini ma bukan abu salafy tp abu syiah rafidah sang pendusta agama keuturunan yahudi+majusi laknatullah alaih, perhatikanlah salafyun nggak pernah berdusta yg paling byk berdusta atas nama rasulullah adalah rafidah mereka telah menipu husein radiiallahuanhu yg menyebabkan beliau tewas (mati syahid) dari tangan org yg zalim di karbala, perhatikanlah wahai abu salafi yg sebenarnya syiah salafiyun nggak pernah mencerca ali radiallahu anhu tunjukkan setengah potong aja hadist dari( bukhari, muslim, abu daud, tirmizdi, annasai, ibnu majjah) yg mencerca ali justru dari merekalah dtgnya kemuliaan2 ahlulbait, artikel diatas penuh dg kedustaan n fitnah

    • Makin nyata buat saya bhw wahabi salafi itu antek2nya umawiyuun! Mereka bukan bagian dari Ahlu Sunnah!!!!!
      Mana bukti kduustaan dalam tulisan ustadz abu di atas? Tunjukkan, jika kamu benar!!!!!

  71. abu gosok salafiyan ini bodoh nggak ngerti apa2 masalah hadist, yg suka berbohong itu nt, bukankah agama nt syiah rafidah yg kemunafikan atau taqiah adlh bagian dari agama nt, kami ahlussunah nggak pernah melakukan kebohongan, selalu dg fakta n data semua yg dikatalan ust firanda bisa di cek langsung tp apa yg dikatakan artikel ini coba dicek antara nggak ada atau maksudnya sengaja di pelintir beginilah cara rafidah membantah, nt nggak perlu menyembunyikan diri ana tau nt rafidah dari tulisannya banci

  72. Abu Salafy, membaca tulisannya penuh dengan rasa kedengkian.
    Sehingga kurang pantas untuk disematkan sebagai Abu Salafy, karena boro-boro pemikirannya berlandaskan kepada Salafusshalih…yang ada berlandaskan kepada Yahudi Syiah Rafidhah…moga suatu saat nanti antum dapat hidayah untuk kembali kepada pangkuan ahlusunnah…bukan bertaqiyah seperti sekarang dengan mengaku ahlusunnah…Syi’ah detected

  73. @ akiranury
    kamu itu ngomong opo toh kang mas… kalau mau cinta mu’awiyah ya cintao dewe ndak usah ngajak2 orang laen gitu!!!
    Mu’awiyah itu munafik kelas 1 jadi banyak orang jahil ketipu oleh dia.. contohnya ya kamu dan yang laennya yg masih memuja dan mendewakan Mu’awiyah!!!

  74. setiap saya buka blog tentang pembahasan WAHABI selalu ada caci maki, mengapa anda WAHABI tdk membalas setipa tulisan Ust. atau ulama dengan ilmu?? kalian hanya pinter ngomong Bid’ah, Syirik, Sesat bla bla … bantah donk tulisan ustadz2 dg dalil yang lengkap jgn main potong..dari TK,SD,SMP,SMA,KULIAH(itu kalo nyampe) eeh ujung2 jadi WAHABI…lalu baca beberapa buku yg pengarangnya itu lagi itu lagi, haidst hapal satu dua, lalu sok ceramah, sok pinter?? hmmm lihat para santri di pesantren, menghabiskan waktu belajar hatam kitab2 salafusholeh bahasa arab lancar, tapi apa kata Kyainya?? hanya beberapa santri unggulan aja yang boleh mengajar.
    Jenggot jgn hanya dipanjangin, jidat jangan digosok2 biar item. alim bkn dari lahirnya tapi bathin nya.

    WAHABI WAHABI WAHABI … tukang korupsi hadits, suka bikin buku jahil,

    nulis buku mah gampang .. anak kecil juga bisa?? tapi yang berdasar laaah??

    anehnya lagi para pengikut WAHABI he’em he’em aja apa kata Buku & guru2 nya, tanpa dipikir dulu.

  75. Ini bukti keeratan antara SALAFI DAN ZIONIS ESRAEL:
    http://m.youtube.com/watch?v=sb3ohrqLGSA&desktop_uri=%2Fwatch%3Fv%3Dsb3ohrqLGSA
    Apa masih perlu bukti lagi!

  76. BLOG ini pengobar bendera Syiah Majusi Ar Rafidhoh, jelas kalau nama ini adalah kebohongan dan anda merendahkan sahabat Nabi Muhammad, yang anda tidak ada apa-apanya dimata Allah dibanding sahabat Nabi Muhammad..

    maka hendaklah anda bertaubat atau anda gali kubur anda sendiri sebelum Allah menurunkan ‘azabnya untuk anda

    Syiah bukan dari Islam

    • @radja
      Ini kebiasaan ulama SALAFI dalam berdialog. Mereka suka keluar topik dan membela Muawiyah . Perhatikan bagaimana syekh Ar-Uur ngomel ngomel membela Muawiyah, karena Habib Hasan As Seqaf membeber kejahatandan kefazikannya Muawiyah, idolanya kaum SALAFI WAHABI.. Biasa sesama kaum munafiq pasti saling membela!
      Ini bjktinya!
      tp://www.youtube.com/watch?v=wujckXxIDtk
       

    • @ radja
      Saking nafsunya kamu membenci abusalafy sampai- sampai kamu juluki dia dengan 3 julukan yang tidak nyambung. SYIAH+ MAJUSI+ RAFIDAH. Saya yakin banget kamu tidak paham makna apa yang kauucapkan.
      Anda di sini marah-marah karena Muawiyah dibongkar KEMUNAFIKANNYA. sedangkan ketika Imam Ali ( karramallahu wajhahu) dihina Ibnu Taimiyah kamu dan seluruh Wahabi diam, bungkam mulut dan bahkan terlihat menikmatinya. Adilkah ini ya akhi?!
      Jangan kamu terhanyut dalam fitnah kaum munafikin dan pembela kemunafikan!!!

    • Coba sebutkan satu saja ulama Ahlusunnah kelas Nasional atau level dunia yang MENGAFIRKAN SYI’AH, BAIK DARI AL AZHAR, TUNISIA, YAMAN, LEBANON DLL. BENAR AKHI YANG GETOL MENEBAR FITNAH PENGAFIRAN SYI’AH HANYA WAHABI DAN ANTEK-ANTEKNYA.
      DAN MEMANG DALAM AKIDAH WAHABI SDLURUH KAUM MUSLIMIN SELAIN WAHABI SENDIRI ADALAH KAFIR MUSYRIK, HALAL HARTA DAN DARAHNYA.
      MEMANG WAHABI SALAFI ADALAH JAMA’AH TAKFIRIYAH. ITU BUKAN RAHASIA! BUKAN FITNAH!

      • ini ulamanya bodoh untung santri jadinya maklumlah bodoh “habib muhamad zein alkaf, seluruh mui jawa timur, seluruh ulama arab saudi, seluruh ulama kuwait, DR yusup qardawi; ustazd arifin ilham, ahmad farid okbah dll WA duh byk sekali sampai2 nggak cukup halamannya kalau ane sebut semuanya yg tidak hanya menyesatkan syiah rafidah tp sdh tahap mengkafirkan ajarannya di luar islam cenderung mendekati yahudi, malah yahudi n nasrani lebih baik, kalau kita tanya yahudi n nasrani umat yg terbaik adalah sahabat musa n sahabat isa tp syiah rafidah ditanya umat terburuk adalah umat yg menemani rasulullah berjihad, yg langsung menimba ilmu dari rasulullah, yg menyebarkan islam keseluruh penjuru dunia inilah umat terburuk bagi syiah rafidah laknatullah alaih

  77. lucu liat tulisan ente… bener2 antek2 dajjal…

  78. abu gosok syang nt syiah satu juta kali oeg syiah mengatakan demi allah maka 1triliun sy nggak percaya karena syiah agamanya adalah kedustaan kenapa karena syiah bikinan yahudi + persia, nggak cuman itu syiah raja jina, tambahan lagi dalam sejarahnya syiah selalu berhianat n menyebarkan berita dusta, tuk tau kedustaan n kekejama syiah silahkan buka syriacare indonesia atau syria care malaysia

  79. abusalafy pendusta..sy tantang anda mubahalah agar azab & laknat Allah disegerakan..bgm? berani dg tantanyqn sy..?!

  80. abusalafy pendusta..cendrung 100% syiah yahudi laknatullah..sy tantang anda MUBAHALAH AGAR ALLAH SWT..SEGERA MENURUNKAN AZAB & LAKNATNYA KPD YG jauh dr agama yg haq..! jgn byk koment & mghindar dr tantangan sy..krn sdh byk muslim yg awam & taklid terjerumus ke dlm kesesatan pemikir.
    an bodoh anda..sy tggu tantangan ini segera..!

    • abu salafy ini memang jlas org syiah,, syiah tu bkn trmasuk dr agama islam, mlainkan sekte lain yg mengaku2 dr agama islam, org syiah menganggap alquran kt yg skrg tdk lngkap, mlainkan cman spertiga, org syiah mengkafirkan semua sahabat nabi, kecuali bbrp org saja,, apa anda rela sbgai org islam para shbat dikafirkan..? Sdangkan mreka org yg pling dkat dngan rasululloh..? Apkah anda mw mngktakan alquran yg skrg hny sprtiga dr lengkap..? Anda sbaikny mengetahui dl hakikat agama syiah trsbut… Dan penulis artikel d blog ne sdah jlas org syiah,,

      • HAHAHHAHA sumpeh deh lucu banget. Ciin, eke mau kasih tahu ya neek, kalo mau mretong tuh dibaca dulu. Malu deh iih diketawain ama srundeng srundeng. Yuuuk yaaak yuuuuuuukkkkkk

  81. alhamdulillah iklan gratis walaupun ini fitnah besar, semakin besar cobaannya semakin tinggi drajatnya, semakin berilmu org semakin byk yg mendengkinya, maju terus ustazd firanda, anjing menggonggong pastilah berlalu

    • Loh yang anjing…. ABu Salafy anjing syiah… Gua tahu… domisili Abu Salafy (Pendusta) di bandung jakarta sekitar

  82. Tuk memastikan siapa yang benar coba kedua belah pihak bermuhabalah BIAR JELAS MANA YANG HAK DAN MANA YANG BATHIL

  83. ternyata masih ada saja pembela pendusta si firanda ini ^_^ benar2 lucu… ^_^

  84. Diskusi antum semua hanya pepesan kosong, tidak ada manfaatnya buat umat !.

  85. Kenapa judulnya pake bangkrut ya? Kayak pengusaha aja bangkrut. Kalo ust firanda bangkrut, buktinya beliau sekarang mengisi kajian di mesjid nabawi tuh! Secara kasih kajian disitu gak gampang, karena mesjid nabawi jelas2 mesjid Rasulullah shallaahu alaihi wassalam, yang masih trjaga, Maaf ya kalo abu salafy ini menuntut ilmu dimana? Dan sering isi kajian dimana? Di masjidil haram? Mesjid quba? Masjidil aqsha? Atau musholla deket rumah ente?

  86. rekan2ku muslim, sepertinya kita terbakar oleh masalah yang sebenarnya bukan urgen.
    Saat sdh ada dalil2 yg disampaikan mk kt sdh tahu & tdk perlu diperdebatkan.
    Memang ini penting, tp rasanya sdh cukup bg kita unt menyampaikan kebenaran tinggal pembaca yg menilai & mengikuti apa yg diyakini.

    Setelah cukup mk. ilmu, waktu & tenaga kita dpt dialihkan unt HAL LAIN yg jg perlu dibahas/ DIPERJUANGKAN dlm kita MENGHADAPI masalah beragama & bermasyarakat demi menggapai ridho Alloh..
    trm ksh, maaf sekedar mengingatkan

  87. biarin aja wahabi ama pengikutnya koar-koar ngoceh ga karuan kayak cucak rawa…ntar paling klo udah meninggal baru nyesel…kenapa ane dulu ga ngikutin kaum salihin ya…

  88. Klo memang anda yakin dgn yg anda katakan knapa anda tidak berani melakukan debat secara terbuka dgn ulama salaf manapun yg anda inginkan. Semua Ulama salaf banyak yg bersedia menerima tawaran debat terbuka tersebut. Jgn hanya berani mengumpat,memfitnah,menjelekkan seseorang. Hati2 yg anda hina bukan hanya 1 org biasa,tapi ada sahabat nabi disitu yg anda hina,padahal ali tidak pernah mnngajarkan kpd siapapun utk saling menghina sahabat nabi saw. Klo apa yg anda katakan memang memiliki dasar,dari dalil,hadist atau perkataan sahabat,atau ulama yg jelas maka sebaikny anda jabarkan dgn lengkap jgn sekedar asal sebut riwayat,jgn asal sebut cerita vulgar nan gila yg anda karang dgn kelompok anda yg sesat bin menyesatkan. Jika anda tidak segera tobat dr menghujat para sahabat nabi yg mulia,maka semoga Allah matikan anda dalam keadaan hina lg terkutuk.

  89. masaallah,kalaolah pemimpinku menyuruhku untuk membunuh,manusia-manusia yang memusui sunah nabi mumammad sholallohu alaihi wasalam,demi allah orang yg namanya abu salafi ini mungkin pertama kali yang ana musnahkan.

    • gan ente serem banget seh, ane sampek merinding. ente apa kurang kasih sayang yah dari papih dan mamih ente. atau waktu kecil ente sering disiksa oleh papih ente gak ada yg ngertiin ente mamih ente sibuk arisan, kk ente tauk hura2 kemana, jadi ente ngerasa dunia ini kejam sekali, makanya ente jadi sadis. gak usah takut gan di jakarta ada RS bagus khusus buat pasien dengan gejala kejiwaan seperti psikopat gan. asal rajin minum obat pasti bisa dikontrol nafsu membunuhnya gan. Allah itu baik, islam itu indah. banyak sholat minta apun sama gusti Allah gan

  90. Begitulah kalau Syiah, semua omongannya kotor krn mulut dan hati para syiah rafidhoh laknatullah penuh dengan dosa zina..terlaknatlah kalian wahai syiah laknatullah didunia…oh ya , ngomong2 bini abu salafy maharnya brp utk mut’ah one short time?? Itulah bisnis haram yg “halal” bagi syiah, “menyewakan” anak bini dan jual taik imam syiah …wkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s