Para ulama dan Imam Agung Ahlusunnah Mengkafirkan Ibnu Taimiyah Karena Penyimpangan akidahnya!

Tidak sedikit di antara para imam agung Ahlusunnah wal Jama’ah yang menyaksikan penyimpangan akidah Ibnu Taimiyah, khususnya yang terkait dengan tajsîm dan tasybîh, serta tema-tema lainnya. Kerenanya kemudian para ulama memintanya untuk bertaubat dari keyakinan-keyakinan sesatnya… Setelah berbelit-belit dan terbukti enggan meninggalkan keyankinan sesatnya tentang sifat-sifat Allah SWT, maka tidak sedikit di antara para imam dan ulama Ahlusunnah segera mengeluarkan fatwa bahwa Ibnu Taimyah adalah hamba sesat dan menyesatkan, dhâllun mudhillun! Bahkan tidak sedikit yang menvonisnya telah kafir!

Di antara para imam agung Ahlusunnah yang mengafirkan Ibnu Taimiyah (yang diagungkan dan dijadikan rujukan utama kaum Wahhâbi Salafi) adalah Imam Ibnu Rajab al Hanbali dan Imam as Subki!

Penegasan pengafiran mereka terhadap Ibnu Taimiyah telah disebutkan oleh Imam al Hishni ad Dimasyqi dalam kitabnya Daf’u Syubah Man Syabbaha wa Tamarrada:180. Beliau berkata:

.

 وكان الشيخ زين الدين بن رجب الحنبلي ممن يعتقد كفر ابن تيمية ، وله عليه الرد ، وكان يقول بأعلى صوته في بعض المجالس ، معذور السبكي . يعني في تكفيره

“Dan adalah Syeikh Zainuddin bin Rajab al Hanbali termasuk di antara para ulama yang mengkafirkan Ibnu Taimyah. Ia punya karangan yang membantah Ibnu Taimiyah. Ia berkata dengan suara lantang dalam sebagian majlis (pelajarannya), “Subki tidak salah! (maksudnya ketika ia mengkafirkan Ibnu Taimiyah).”

Siapakah Ibnu Rajab Itu?

Imam Suyuthi berkata:

ابن رجب : هو الإمام الحافظ المحدث الفقيه الواعظ زين الدين عبد الرحمن بن أحمد ابن رجب بن الحسن بن محمد بن مسعود السلامي البغدادي ثم الدمشقي الحنبلي … كان بارعاً في التفسير يحفظ المتون ويعرف أسماء الرجال ويشارك في العربية كثير الإقبال على الاشتغال والمطالعة لا يمل مشهوراً بقوة الحفظ وعدم النسيان والقيام بالأمر بالمعروف والنهي عن المنكر وكانت له سمعة وصيت.

Ibnu Rajab adalah Imam Hâfizd Muhaddits Wâidz (pemberi wejangan); Zainuddîn Abdurrahman bin Ahmad bin Rajab bin Hasan bin Muhammad bin Mas’ûd as Salami al Baghdâdi (tinggal di kota Baghdad) kemudian berpindah ke Damaskus. Beliau bermazhab Hanbali. … Beliau mahir/hebat dalam ilmu tafsir. Beliau menghafal banyak teks dan mengenal nama-nama para perawi dan juga berkiprah dalam dunia bahasa. Ia sangat rajin menimba ilmu tanpa mengenal rasa bosan. Beliau dikenal kuat hafalannya dan tidak pelupa. Beliau getol menegakkan amr ma’ruf dan nahi munkar. Beliau tersohor dan harum namanya!

(lebih lanjut baca Thabaqât al Huffât:114 tentang para ulama tinggat/generasi 23)

Abu Salafy:

Anda wahai Sobat Wahhabiku boleh saja tidak sependapat dengan pengafiran atas Ibnu Taimiyah dengan alasan ini dan itu! Tetapi ketahuilah bahwa penyimpangan akidah Ibnu Taimiyah yang dikecam para ulama Ahlusunnnah tentunya perlu Anda kaji dan teliti serta Anda renungkan, sejauh mana benar tidaknya?!

Sebab, tidak adil rasanya jika Anda kerena pembelaan membuta Anda kepada Ibnu Taimiyah Anda menuduh sembarang siapapun yang mengecam Ibnu Taimiyah… mengapakah demi mengkultuskan Ibnu Taimiyah seorang Anda sampai hati mengecema ratusan ulama Ahlusunnah?!

Sekali lagi yang ingin saya katakan di sini adalah bahwa menurut ulama Ahlusunnah, Ibnu Taimiyah itu bukan bagian dari mereka… ia bukan dari Ahlusunnah wal Jama’ah… TETAPI IBNU TAIMIYAH ADALAH SEORANG MUJASSIM, MUSYABBIH, NASHIBI DAN SEORANG ZINDIQ YANG SANGAT MEMBENCI SAYYIDINA ALI RA. DAN TIDAK HORMAT KEPADA PARA SAHABAT BESAR SERTA SANGAT MENGHINA NABI SAW. DENGAN KATA-KATA TIDAK TERKONTROLNYA!

30 Tanggapan

  1. mantap!!!!!!!!! pokoknya mantap…

  2. maju terus kang abu…

  3. pak Abu, benar aku salut sama paparan bapak. zaman ini perlu orang-orang seperti bapak. pak Abu bicara apa adanya sesuai dengan apa-apa yg ada dalam kitab kuning rujukan yg autentik.

    paparan yg ada selama ini selalu menyembunyikan keaslian Ibn Taimiyah, dulu aku kagum sama Ibn Taimiyah ini tapi karena kerasnya kepada sesama muslim aku jadi ragu. pak Abu telah menunjukin jalan yg benar padaku. terima kasih bapak. tolong segera dilanjut paparan selanjutnya tenatang Ibn Taimiyah biar kita semua melek.

  4. Maaf ya abu saLafy,ente mengatakan ibnu Taimiyah tidak hormat kepada sahabat nabi,lalu tulisan-tulisan ente tentang sahabat muawiyah bin abu sofyan radhiallahu anhu ente bukan hanya tidak hormat bahkan ente mengkafirkanya, jadi siapa yang takfiri ente apa Ibnu Taimiyah? Dan satu hal lagi klau ente benar benar JANTAN tunjukan jati diri ente yang sebenarnya,apa ente si idahram,PENGECUT ENTE NGAKUNYA ABU SALAFY MENDING DI GANTI AJE YE, APE YE? ABU SARAFY, GIMANE KYAKNYE COCOK NTU NAME,NEK WEDI OJO WANI-WANI,NEK WANI OJO WEDI-WEDI

  5. aduuuh aduuh mas Muawiyah, peno iki ngomong opo toh. peno yen jantan bantah dong argumennya pak Abu ini. peno bisane cuma marah-marah wae piye toh. dadi bocah ojo taqlid buta pelajari Ibn Taimiyah n Muawiyah sing tenan baru ngomong ben ora gladur.

  6. mulai dulu hingga kini gaya teman-teman wahabi nggak berubah berubah! Mas Mu’awiyah bin ???? apa katu tau arti Mu’awiyah itu dalam bahasa Arab? artinya ANIJNG YANG SUKA MENGGOBNGGONG-NGGONGGONG! HUUQ HUUQ HUQQ!
    kalau nggak percaya bukann kamus bahasa Arab!
    lagian yang mengatakan Mu’awiyah itu munafik bukan apak abu salafy aja… para sahabat Nabi juga banyak yang mengatakannya!!! hayoo ketauan kan kalau yang dibela dan diikuti hanya yang munafik aja?!

  7. salam kenal pak Ustadz abu.
    kalau para ulama kita telah mengecam si Ibnu Taimiah itu sih sudah lama saya dengar dari para kiay saya ketika mondok dulu… tapi sepertinya banyakyang belum tau… nah kini pak Ustadz abu angkat tema ini ya pas untuk pencerahan umat islam, khususnya yang belum kenal siapa itu Ibnu Taimiah?

  8. mas Muawiyah minta jati diri pak Abu.
    lah mas Muawiyah sendiri jati dirinya mana?
    untuk apa minta jati diri pak Abu?, baru kali ini ada pemilik blog diminta jati dirinya. terserah pemilik blognya mau kasih atau tidak.
    kalau kamu jantan bantah dong pak Abu dengan dalil. kalau ga bisa jangan komen malu-maluin wahabiyun saja.

  9. Muawiyah kok dibela? yang kebangetan itu namanya!!!!
    Itulah wahabi… kalau yang dikritik atau dikecam itu Muawiyah mereka marah marah… eeh giliran imam Ali dikecam dan difitnah Ibnu taimiyah mereka bungkam malah membela lagi
    Subhanalllah… bener bener sukses tuh Muawiyah membuat banyak orang kebelinger… yang munafik dibela yang mukmin ditelantarkan!

    • ini juga ni, kok pakai nama samaran : “ibratan”. kalau anda juga ikut2an mengatakan : “apalah arti sebuah nama”. gimana kalau anda tidak punya nama, atau kalau pakai nama tapi “khinziir”, ayo, ayo…!!!

      _____________
      Abu Salafy:

      عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم:
      ” ليسَ المؤمِنُ بِطَعّان ولا لعّان ولا فاحِش ولا بَذيء ” (رواه البخاري في الأدب وأحمد وإبن حبان والحاكم)

      [سباب المسلم فسوق، وقتاله كفر] (متفق عليه)

      [ومن لعن مؤمنا فهو كقتله ومن قذف مؤمنا بكفر فهو كقتله] اخرجه البخاري

    • Khan rasul saw udah bilang, ” gak Akan mencintaimu ya ali kecuali orang mukmin, Dan gak akan membencimu kecuali orang munafik”. Jelas khan wahabi salafi nashibi ada dimana

  10. dua bulan kurang lebih aku ikuti tulisan2nya Ust. Abu kritik tajam kepada Ust. Firanda tapi anehnya sampai sekarang ini aku belum lihat Ust. Firanda membantahnya…. apa beliau sedang mati suri atau sedang ngumpulkan bahan dan minta bantuan kesana kemari untuk membantahnya… ya Allah A’lam…. tapi aku sangka pasti Ust. Firanda sudah tdk sabar untuk membantah, hanya saja mungkin belum punya waktu…
    lagian wahabi wahabi lainnya juga kok nggak ada yang nongol tampil membantah Ust. Abu Salafy… atau jangan jangan sedang kelabakan semua sebab dibuat kaget ternyata abusalafy masih hidup dan bangkit penuh semangat….
    ayo dulur dulur salafi bantah yang ilmiah semua tulisan Ust. Abu! Aku tunngu ya?!

  11. ya mana mungkin wahabiyun sanggup bantah pak kiai abusalafy hafidzahullah.

    • Hmmm, saya salafiyun bukan wahabiyun, jelas islam dan sama seperti antum semua, ahlussunah,….kalo pak abu salafy, salafiyun bukan ? Gak usah marah, kl mo ketemunya ustadz firanda ya ditentukan tempat dan waktunya, siapkan hujjah yang kuat, saya bisa kasih saran rekamannya pak abu salafy upload,….tapi jangan emosi lho, jannah itu gak Allah swt, siapakah sama yg mo DIA masukkan. Kalo ane sih pengin antum dan ane bersama-sama masuk syurga, biar orang yang tidak mau sama yang tertinggal.

      • teruntuk punya nama NAWA: “maaf jaman sekarang salafiyun itu kagak ada nyang ada juga salafi palsu atau wahabi salafi. kalau pingin tau siapa itu ahlussunah silahkan pelajari JALUR SEJARAHNYA AQIDAH ASY’ARIYAH MATURIDIAH karena inilah satu2nya aqidah penerus salafus sholeh 3 generasi terbaik yg di ikuti oleh mayoritas kaum muslimin di seluruh dunia. SALAFI PALSU, IBNU TAIMIYAH, ABDUL WAHAB dan WAHABI sudah ditolak akidahnya oleh kalangan mayoritas umat islam dari dulu hingga sekarang sampai akhir jaman karena dinyatakan sesat. http://syafieh.blogspot.com/2013/04/ahlus-sunnah-wal-jamaah-al-asyari-dan.html trm kasih.

  12. barakallahu fikum nas’alallah an yahdiyana wa lakum amin

  13. ketawaduan, jadi barang berharga sekarang, banyak orang terperangkap dalam TALBIS IBLIS, alih2 bilang memberi pencerahan, memberi kejelasan dan segudang kata2 manis, tapi ujung2 nya provokasi dan adu domba? kalau di blog ini begitu bernafsu untuk berdebat, apakah allah muliakan orang karena pintar berdebat atau karena ketaqwaan nya ? hemat saya mendekatlah pada allah mudah2an allah memberi hidayah pada kita.

  14. kita hidup di akhir zaman, fitnah dajal merajalela, tak terasa kita terbawa ikut dalam arus fitnah, semoga allah tunjukkan jalan yang lurus, menajamkan bashirah kita melihat rahasia dibalik fitnah dajal thdp umat ini.

    saudara2ku yang ikhlas dalam mengkaji ilmu agama gunakan iman bukan nafsu, hati jadi bening, allah mudahkan kita melihat kebenaran

    jazakumullah khairan katsira ustadz abu atas ilmunya.

  15. Hati hati klo mengkafirkan orang bro perlu dalil yg jelas perlu ijma ijtihat perlu pemimpin sbg penegak. Kta ni bru anak kemarin sore tau ap dg orang2 trdahulu jgng cm dengern kta2 sepihak orang kmdian mengkari pihak yg laen.

  16. Muslim yang benar senantiasa istiqomah dan berkata-kata dengan baik. Selalu berdoa kepada Allah agar kita diberi petunjuk untuk mengikuti i’tikad yang benar ssesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah, juga berdoa kepada Allah agar kalau kita dan saudara kita sesama muslim ada yang salah i’tikadnya menurut Allah agar dikembalikan kedalam aqidah yang benar dan diampunkan dausa-dausanya. Bukankah Allah melarang kita mendahuli Allah dan Rasulnya. Wallahu’alam bissawab.

  17. pak abu anda jangan selalu mengadu domba
    kalau berani ceramah di tv biar semua tau siapa anda
    ciri2 syaithon yaitu suka mengadu domba

    • Saya ragu kalau Anda telah sungguh2 membaca dengan teliti artikel yang ditulis oleh Kang Abu diatas.

      Apa yang Kang Abu tulis jauh dari fitnah dan mengadu domba. Bandingkanlah dengan beberapa laman di internet yang seakidah dengan keyakinan Anda, semacam nahi mungkar atau lppi makasar. Tulisan2 yang Kang Abu posting di laman ini dengan apa2 yang di posting di laman tersebut bagaikan jarak antara BUMI DAN LANGIT.

      Saya teramat heran sangat apakah kiranya yang menyebabkan segolongan orang2 sulit untuk memahami tulisan2 Kang Abu Salafy.

      Benarkah teknik analisa dan uraian Kang Abu teramat tinggi dan maju sehingga menyulitkan beberapa orang untuk dapat memahaminya?

      Ataukah

      Semua itu adalah takdir Allah SWT karena sesungguhnya Allah yang akan memberi petunjuk sesiapa saja yang dikehendaki-Nya

      …Tunjukilah kami jalan yang LURUS iaitu jalan ORANG2 yang Engkau beri nikmat. Demikian doa yang selalu terucap dalam sholat….

      Salam Damai

  18. Assalamualaikum Sdraku,

    Dalam sejarah, betapa ramai ulama yang divoniskan sesat, kafir oleh ulama lain yang tidak sependapat dengan mereka. Adakah ini menjadi hujjah benar atau tidak seseorang ulama itu?

    Wassalam

    DR SHAMSUDIN AB LATIF

  19. Abu salafy: bagaimana saya harus mempercayai tulisan anda kalau saya tidak tahu siapa anda? Mohon pencerahannya?

  20. Penyimpangan akidahnya ben tai miyah sekarang makin nyata kan dengan kelompok takfiri wahabi isis dkk.
    Ini ujian bagi umat manusia….

  21. tlg sebutkn siapa2 sajakah nama2 ulama Ahlussunnah yg mengkafirkan Imam Ibnu Taimiyah & bgmn kalimat pentakfiran itu. mkasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s