Benarkah Kaum Musyrik Arab Beriman Kepada Tauhid Rububiyyah Allah? – Bantahan Untuk Ustad Firanda (III)

Bukti-bukti Lain Bahwa Kaum Musyrik Arab Juga Menyekutukan Allah Dalam Tauhid Rububiyyah Allah

Kaum Musyrik Menyamakan Sesembahan Mereka Dengan Allah dalam Rubûbiyyah

Di antara ayat-ayat yang menjelaskan keyakinan kaum Musyrik Arab terhadap âlihah yang mereka sembah di dunia adalah ayat-ayat yang menjelaskan bahwa mereka itu menyamakan tuhan-tuhan mereka dengan Allah SWT dalam kekuasaan dalam memberikan pengaruh, baik kebaikan maupun keburukan. Keyakinan syirik itu kelak yang akan mereka sesali di saat mereka bersama sesembahan-sesembahan mereka ditelungkupkan ke dalam api neraka. Di saat itu mereka menyadari kesesatan yang mereka yakini selama dalam kehidupan dunia. Allah SWT mengisahkan penyesalan mereka atas akidah syirik yang menyamakan sesembahan-sesembahan mereka dengan Allah SWT dalam  surah asy Syua’râ’ ayat 91-98:

وَ بُرِّزَتِ الْجَحيمُ لِلْغاوينَ * وَ قيلَ لَهُمْ أَيْنَ ما كُنْتُمْ تَعْبُدُونَ * مِنْ دُونِ اللَّهِ هَلْ يَنْصُرُونَكُمْ أَوْ يَنْتَصِرُونَ * فَكُبْكِبُوا فيها هُمْ وَ الْغاوُونَ * وَ جُنُودُ إِبْليسَ أَجْمَعُونَ * قالُوا وَ هُمْ فيها يَخْتَصِمُونَ * تَاللَّهِ إِنْ كُنَّا لَفي‏ ضَلالٍ مُبينٍ * إِذْ نُسَوِّيكُمْ بِرَبِّ الْعالَمينَ .

“dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat”,* dan dikatakan kepada mereka:” Di manakah sesembahan-sesembahan yang dahulu kamu selalu menyembah (nya).* selain Allah? Dapatkah mereka menolong kamu atau menolong diri mereka sendiri”* Maka mereka (sembahan-sembahan itu) dijungkirkan ke dalam neraka bersama-sama orang-orang yang sesat, * dan bala tentara iblis semuanya.* Mereka berkata sedang mereka bertengkar di dalam neraka *  demi Allah: sungguh kita dahulu (di dunia) dalam kesesatan yang nyata,* karena kita mempersamakan kamu dengan Tuhan semesta alam.” (QS. Asy Syua’râ’91-98)

.

Keterangan Para Ahli Tafsir

Dari ayat-ayat di atas terlihat jelas sekali bagaimana sebenarnya keyakinan kaum Musyrik Arab terhadap sesembahan-sesembahan yang mereka sembah di dunia.  Mereka menyamakannya dengan Allah SWT. demikian para mufassir seperti Imam ath Thabari, al Baghawi, asy Syaukani dll. menafsirkan.

Coba perhatikan keterangan mereka tentang ayat-ayat di atas!

وَ قيلَ لَهُمْ أَيْنَ ما كُنْتُمْ تَعْبُدُونَ * مِنْ دُونِ اللَّهِ هَلْ يَنْصُرُونَكُمْ أَوْ يَنْتَصِرُونَ *

dan dikatakan kepada mereka:” Di manakah sesembahan-sesembahan yang dahulu kamu selalu menyembah (nya).* selain Allah? Dapatkah mereka menolong kamu atau menolong diri mereka sendiri”*

Imam Ibnu Jarîr ath Thabari menafsirkan demikian:

وقيل لِلْغَاوِينَ ( أَيْنَ مَا كُنْتُمْ تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ ) من الأنداد ( هَلْ يَنْصُرُونَكُمْ ) اليوم من الله, فينقذونكم من عذابه ( أَوْ يَنْتَصِرُونَ ) لأنفسهم, فينجونها مما يُرَاد بها؟.

dan dikatakan kepada mereka (orang-orang yang sesat itu): “Di manakah sesembahan-sesembahan yang dahulu kamu selalu menyembah (nya).* selain Allah? (yaitu sekutu-sekutu/andâd)[1] Dapatkah mereka menolong kamu (pada hari ini dari Allah, lalu ia menyelamatkan kamu dari siksa-Nya) atau menolong diri mereka sendiri” (lalu mereka menyemalatkan diri mereka dari apa yang dimaukan darinya?)

فَكُبْكِبُوا فيها هُمْ وَ الْغاوُونَ

Maka mereka (sembahan-sembahan itu) dijungkirkan ke dalam neraka bersama-sama orang-orang yang sesat.”

Tentang ayat di atas, Imam ath Thabari menukil dari Ibnu Zaid melalui Yunus dari Ibnu Wahb, ia berkata, Ibnu Zaid berkata tentang firman di atas:

حدثني يونس, قال: أخبرنا ابن وهب, قال: قال ابن زيد, فى قوله: ( فَكُبْكِبُوا فِيهَا ) قال: طرحوا فيها. فتأويل الكلام: فكبكب هؤلاء الأنداد التي كانت تعبد من دون الله في الجحيم والغاوون.

“Mereka dilemparkan ke dalam nereka Jahîm. Ta’wil firman itu adalah: Mereka; sekutu-sekutu/andâd yang dahulu disembah selain Allah dilemparkan ke dalam neraka jahîm bersama orang-orang yang sesat.”

.

قالُوا وَ هُمْ فيها يَخْتَصِمُونَ * تَاللَّهِ إِنْ كُنَّا لَفي‏ ضَلالٍ مُبينٍ * إِذْ نُسَوِّيكُمْ بِرَبِّ الْعالَمينَ .

“Mereka berkata sedang mereka bertengkar di dalam neraka *  demi Allah: sungguh kita dahulu (di dunia) dalam kesesatan yang nyata,* karena kita mempersamakan kamu dengan Tuhan semesta alam.”

Imam ath Thabari berkata menafsirkan:

يقول تعالى ذكره: قال هؤلاء الغاوون والأنداد التي كانوا يعبدونها من دون الله وجنود إبليس, وهم في الجحيم يختصمون. ( تَاللَّهِ إِنْ كُنَّا لَفِي ضَلالٍ مُبِينٍ ) يقول: تالله لقد كنا في ذهاب عن الحقّ, إن كنا لفي ضلال مبين, يبين ذهابنا ذلك عنه عن نفسه, لمن تأمله وتدبره, أنه ضلال وباطل. وقوله: ( إِذْ نُسَوِّيكُمْ بِرَبِّ الْعَالَمِينَ ) يقول الغاوون للذين يعبدونهم من دون الله: تالله إن كنا لفي ذهاب عن الحقّ حين نعدلكم برب العالمين فنعبدكم من دونه.

وبنحو الذي قلنا في ذلك قال أهل التأويل.

“Mereka; orang-orang yang sesat itu dan andâd yang dahulu mereka sembah selain Allah dan juga bala tentara Iblis berkata sedang bertengkar di dalam neraka jahîm, ‘demi Allah: sungguh kita dahulu (di dunia) dalam kesesatan yang nyata’ ia berfirman, ‘Demi Allah kami benar-benar menjauh dari kebenaran, dan kami berada dalam kesesatan yang nyata…. karena kita mempersamakan kamu dengan Tuhan semesta alam. Orang-orang yang sesat itu berkata kepada sesembahan-sesembahan yang mereka sembah selain Allah, ‘Demi Allah kami benar-benar dalam penyimpangan dari kebenaran ketika kami menyamakan kalian dengan Rabbul ‘Âlamîn lalu kami sembah kalian di samping Allah.”

Dan seperti yang kami katakan ini berpendapat ahli tafsir. …

حدثني يونس, قال: أخبرنا ابن وهب, قال: قال ابن زيد, في قوله: ( إِذْ نُسَوِّيكُمْ بِرَبِّ الْعَالَمِينَ ) قال: لتلك الآلهة.

Yunus menyampaikan kepadaku, ia berkata, Ibnu Wahb menyampaikan kepada kami, ia berkata, Ibnu Zaid berkata, tentang ayat: “karena kita mempersamakan kamu dengan Tuhan semesta alam. Mereka berkata kepada âlihah/tuhan-tuhan itu.”[2]

Asy Syaukani berkata menafsirkan:

فَكُبْكِبُوا فيها هُمْ وَ الْغاوُونَ

Maka mereka (sembahan-sembahan itu) dijungkirkan ke dalam neraka bersama-sama orang-orang yang sesat.”

“Mereka dilempar ke dalam nereka Jahîm. Kata ganti orang ketiga: hum/mereka adalah sesemhaban dan al Ghâwûn/orang-orang yang sesat adalah para penyembah mereka.

… Dan ada yang berkata, ‘hum/mereka’ adalah  kaum kafir Quraisy dan al Ghâwûn adalah âlihah/tuhan-tuhan sesembahan mereka.”[3]

.

Abu Salafy berkata:

Pengakuan kaum Musyrik dalam persengketaan antara mereka dengan sesembahan-sesembahan mereka di dalam neraka Jahîm yang direkam Allah dalam ayat tersebut yang menyamakan mereka dengan Allah SWT adalah bukti kuat bahwa kamu Musyrik Arab itu menyamakan Allah dalam kekuasaan yang mereka miliki secara mandiri/independen. Sebagaimana Allah mengatur alam semesta, demikian juga mereka meyakini bahwa sesembahan mereka memiliki kekuasaan itu secara independen pula. Sebab jika tidak, maka itu artinya mereka tidak menyamakannya dengan Allah SWT. padahal kaum Musyrik itu mengakui bahwa mereka menyamakannya dengan Allah SWT.!

Kenyataan itu akan makin jelas dengan memerhatikan ayat di bawah ini.

Ayat Lain!

Allah SWT berfirman:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذي خَلَقَ السَّماواتِ وَ الْأَرْضَ وَ جَعَلَ الظُّلُماتِ وَ النُّورَ ثُمَّ الَّذينَ كَفَرُوا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُونَ

“Segala puji bagi Allah Yang telah menciptakan langit dan bumi, dan mengadakan gelap dan terang, namun kemudian orang-orang yang kafir menyamakan (sesuatu) dengan Tuhan mereka.” (QS. Al An’âm;1)

.

Kata: يَعْدِلُونَ menjadikan sesuatu lain adîlan bagi Allah. Kata adîlan seperti diterangkan para ahli bahasa dan juga ditegaskan para mufassir adalah sesuatu yang disamakan dengan sesuatu lain. Asal kata al ‘adl adalah penyamaan seatau dengan sesuatu lain. Jadi makna ayat tersebut: “Kemudian, setelah penjelasan bahwa Allah lah Dzat yang menciptakan langit dan bumi, menjadikan gelap dan cahaya, orang-orang yang kafir itu menyamakan sesuatu lain dengan Allah. Yaitu mereka menyamakan sesembahan-sesembahan mereka itu dengan Allah Dzat Yang Maha Pencipta dan Maha Pengatur alam!

Jadi, walaupun boleh jadi mereka mengakui Allah pencipta alam, namun mereka (kaum Musyrik Arab) menyamakan selain Allah dengan Allah dalam pengaturan alam/Rubûbiyyah. Dan inilah yang dinamakan memusyrikkan Allah dengan selain-Nya!

Ibnu Jarîr, Ibnu Abi Hâtim dan para mufassir lain menukil Ibnu Zaid sebagai menafsirkan:

‘namun kemudian orang-orang yang kafir menyamakan (sesuatu) dengan Tuhan mereka’ yaitu âlihah yang mereka sembah. Mereka menyamakannya dengan Allah- Ta’ala-. Padahal Alllah tidak mempunyai tandingan, padanan, dan tiada bersama-Nya âlihah, dan Dia tidak menjadikan istri dan anak.”[4]

 

Kata Andâd Memperjelas Bukti Kemusyrikan Bangsa Arab Terhadap Rubûbiyyah Allah

Makna kata adîlan dan idlan yang darinya kata kerja يَعْدِلُونَ diambil akan lebih jelas apabila kita libatkan ayat-ayat yang menyebutkan bahwa kaum Musyrik Arab itu menjadikan sesembahan-sesembahan mereka itu sebagai andâd! Seperti dalam banyak ayat di antaranya:

فَلاَ تَجْعَلُوْا ِللهِ أَندَاداً وَ أَنتُمْ تَعْلَمُوْنَ.

Oleh karena itu, janganlah kalian menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah padahal kalian mengetahui (bahwa tidak satupun dari para sekutu itu yang menciptakanmu dan memberikan rezeki kepadamu).” (QS. al Baqarah;22)

وَ مِنَ النَّاسِ مَنْ يَتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللهِ أَنْدَاداً

Dan ada sebagian manusia yang memilih sekutu-sekutu selain Allah… “ (QS. al Baqarah;165)

 

وَ جَعَلُوا لِلَّهِ أَنْداداً لِيُضِلُّوا عَنْ سَبيلِهِ قُلْ تَمَتَّعُوا فَإِنَّ مَصيرَكُمْ إِلَى النَّارِ.

Orang-orang kafir itu telah menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah supaya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah:” Bersenang-senanglah kamu, karena sesungguhnya tempat kembalimu ialah neraka.”(QS. Ibrahim;30)

Kata niddun (bentuk tunggal kata andâd) adalah sebuah kata yang penting dan berulang kali disebutkan dalam Al Qur’an ketika mengecam kemusyrikan kaum Musyrik Arab. Kata itu dipakai untuk menunjuk makna serupa dengan kata syarîk/sekutu bagi Allah seperti klaim mereka!

Di antara makna kata niddun adalah:

1)      Apa-apa yang menyerupai dan melawan sesuatu lain dalam urusannya. Kata nadîdun dan niddun artinya sama. Bentuk jamaknya andâd. Demikian diterangkan oleh al Farâhidi dalam kitab al ‘Ain,8/10.

2)      Niddun adalah sama dengan mitslun. Dan kata itu dipakai untuk menunjukkan serupa yang melawan, diambil dari kata: nâdadtuhu, artinya: khâlaftuhu/aku menentangnya. Demikian diterangkan oleh Abu Hilâl al ‘Askari dalam kitab Fuûq Lughawiyah-nya:535 kata dengan nomer 2154.

3)      Nuddun adalah matsîl dan nadzîr (yang serupa). Demikian diterangkan dalam kamus Tâjul ‘Arûs,2/405.

Dari keterangan ahli bahasa di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa yang difahami dari kata niddun adalah makna yang serupa dan terkadang diartikan yang menentang.

Dalam arti pertama (yang disepakati antara para ahli bahasa Arab) kata itu akan menjadi jelas bahwa kaum Musyrik Arab itu menjadikan sesembahan-sesembahan mereka sebagai yang serupa dengan Allah SWT.

Imam Bukhari dalam kitab Shahih-nya menulis sebuah bab dengan judul: Oleh karena itu, janganlah kalian menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah.

Ibnu Hajar dalam syarah Shahih Bukhari menukil keterangan Ibnu Baththâl dan al Kirmani sebagai mengatakan: “Maksud (Imam) Bukhari dalam bab ini adalah menetapkan penisbatan seluruh amal perbuatan kepada Allah, baik yang dikerjakan makhluk itu baik ataupun keburukan. Semuanya adalah ciptaan Allah dan hamba hanya memiliki kasb saja. Tidak dinisbatkan ciptaan apapun kepada selain Allah, sebab jika dinisbatkan kepada selain-Nya maka ia akan menjadi syarîk dan niddan yang menyamai Allah dalam penisbatan amal perbuatan.

Al Kirmani berkata, “Judul bab ini mengesankan bahwa yang dimaksud adalah penetapan tidak adanya sekutu bagi Allah, maka pantasnya ia diletakkan di awal-awal bab Tauhid. Tetapi bukan itu yang dimaksud di sini, namun yang dimaksud adalah bahwa seluruh amal perbuatan hamba adalah ciptaan Allah, sebab jika amal mereka itu adalah ciptaan mereka sendiri niscaya mereka itu andâd bagi Allah dan sekutu-Nya dalam penciptaan… .”[5]

Abu Salafy berkata:

Yang ingin saya katakan di sini adalah pemahaman Ibnu Baththâl dan Imam al Kirmâni bahwa kata niddun tidak akan tepat makna kecuali jika dinisbatkan kepadanya penciptaan, sebab dengan demikian ia (niddun) itu menjadi syarîk/sekutu Allah, seperti dalam akidah kaum Musyrik Arab yang batil itu!

Jadi jika kita mengandalkan makna bahasa dari kata tersebut maka kita mesti mengatakan bahwa kata itu menunjuk kepada arti kata syarîk yang menyamai Allah dalam kekuasaannya secara independen dan mandiri. Karenanya ia berhak disebut niddun!

Wallahu A’lam.


[1] Insya Allah dalam kesempatan khusus kami akan membahas hakikat makna andâd.

[2] Tafsir Jâmin al bayân,19/87-89.

[3] Tafsir Fathu al Qadîr,4/106.

[4] Ibnu Jarîr ath Thabari,19/145, ad Durrul Mantsûr,3/6 dan Fath al Qadîr,2/99.

166 Tanggapan

  1. alhamdulillah.. segala puji bagi Mu ya Rabb… engkau telah beri kekuatas kang abu untuk membela agama Mu dari tahrif kaum jahil yang terseat jalan kebenaran Mu…
    Ya Rabb limpahkan kekuatan bagi hamba Mu Abu salafy agar tabah menggadapi kaum khawarij medern yang berkedo salafi..
    saya nanti tanggapan ilmiah kalian hai salafiyyun atas hujjah-2 abu salafy di sini..
    qul hatu buhanakum in kuntuk shadiqin

    • sadar mas, belajar dulu bahasa arab, nanti antum akan tahu seilmiah apakah hingga memberikan pujian pada pemilik blog ini. Apakah dia amanah dalam menukil perkataan ulama dalam kitabnya? Pahamilah….wahai saudaraku.

      Mudah-mudahan Allah menuntun jalanmu wahai abusalafy, berikut orang yang telah kau kibulin.

    • NT NT G USAH BINGUNG2 KLO SI ABUSALAF INI EMANG JGO BIKIN SUBHAT TERANG AJE LANTARAN DIANYA BELAJAR AMA ORANG AHLUL BI’DAH (HABIB=SYIAH) JD KUDU DI MAKLUM

    • wahai orang yang menuduh, tidak adakah jalan lain selain tuduhan dan kedustaan? datangkan bukti terhadap semua yang kalian tuduhkan dan jangan hanya katanya – katanya atau copas kemudian merubah serta menambah-nambah sendiri perkataan2 para ulama dalam kitab2 mereka…Syiah-syiah,..
      bantahan yang abu salafy lakukan di sini hanyalah nukilan2 yang dirubah2 olehnya sesuai dengan hawa nafsunya…mereka mengatakan bahwa kami merubah perkataan2 para ulama dalam kitab2 meraka,…datangkan bukti dulu…..karena begitulah kalau mau menuduh harus ada bukti…kalau gak terbukti berarti anda pendusta yang najis serta pengecut,…biasa gaya syiah…
      qul hatu burhanakum inkuntum shodiqin…
      bagi yang masih punya akal jernih jangan hanya atau langsung mempercayai apa2 yang ada di situs ini…karena abu ini adalah penipu ulung…riceklah setiap perkataannya dalam situs ini dengan merujuk ke kitab2 yang terpercaya.
      pokoke kalau percaya langsung, sungguh bodoh

  2. sungguh luar biasa bukti yang kamu bawakan wahai ustad… hanya allah yang membalas kebaikan bagimu..
    setelah saya ikuti dengan telaten dan sabar ……..
    saya teliti dan renungkan… ternyata hujjah ustad abu mantep deh.. belum terbayang kali di pikiran ustad firanda end wahabi lainnya..

    nggap mengapa akhi.. kamu hanya perlu menelitinya.. jika benar ya kamu ikuti… jika enggan itu juga hak kamu… seorang rasul hanya berkawajiban mentablighkan ajaran tidak lebih….

  3. Assalamu’alaikum warahmatullahi waBarakatuh wahai uztaz..
    Saya ada hajat iaitu ingin meminta bantuan dari Ustaz berkenaan ilmu Aqidah Ahli Sunnah Wa al-Jamaah. Sebenarnya saya ingin meminta jasa baik ustaz dlm membantu saya membuat nilai tambah Projek Kajian Pembangunan Aqidah Ahli Sunnah Wa al-Jamaah di Universiti Kebangsaan Malaysia..

    Hajat saya ingin meminta sedekah ilmu-ilmu dari ustaz iaitu adakah Ustaz sudi menghulurkan artikal-artikal atau seumpamanya berbentuk file-file word or PDF tentang “AQIDAH SIFAT DUA PULUH (AQIDAH AHLU SUNNAH WA AL-JAMAAH)”. Sama ada dalam perbahasan SEJARAHNYA atau TAHQIQnya atau HUKUMnya atau PANDANGAN ULAMA atau PERBAHASAN ILMIYAH semua berhubung dengan tajuk SIFAT DUA PULUH atau AQIDAH AHLU SUNNAH WA AL-JAMAAH. Tiada masalah dalam bahasa Arab atau Melayu.

    Saya memohon agar diberi apa sahaja tentang berkaitan tajuk tersebut ini kerana ustaz adlah salah seorang kepakaran dalam bidang Aqidah sifat dua puluh.. saya amat berterima kasih dan semoga Allah membalas jasa Ustaz dgn ditambahkan ilmu agama dan difaqehkan dlm ilmu Agama ini.. AMIN..
    # Boleh terus di hantar melalui email saya,terima kasih ya al-Fadhil al-Ustaz..
    Yang benar..
    (MOHD SYAMIL BIN MOHAMAD SULAIMAN)
    I/C : 860402-56-5769
    P46878 M.A. USULUDDIN DAN FALSAFAH
    BLOG : http://pemikiran-firaq.blogspot.com/
    Email : syeikh_roti@yahoo.com

  4. jadi binggung aku baca artikel ini begini baca itu begitu, kurasa yang agak mendekat dengan dalil hanya ustad firanda tapi masi binggung mgkin ana masi banyak belajar,, kang abu lama makin lama aku fikir2 memang bukan jantan dan artikel mutar2 disitu aja.

    tapi menurut saya biar lebih memahami tinggal kan lah kebencian kepada yang ini atau yang itu dan saran saya ambilah mana yang mendekat dengan dallil dan pekataan ulama ahlul sunnah bukan pengikut syiah yng jelas2 aqidah mareka menyimpang ,,, wassalam

  5. saudaraku awan pisan…
    kenapa kamu bingung? cobalah pahami baik-baik argumen kan abu tentang kemusyrikannya kaum musyrik arab dalam rubiyahnya Allah… kalau masih juga bingung ya minum obat pusing gitu aja kok repot…
    menurut kaum cir jantan itu apa sih?
    mana yang muter muter dari ketarngannya kan abu diatas?
    semua malah rinci banget lho!!!!!!
    apakah karena kamu tidak cocok kamu berkata begitu?

  6. hasyim as’ari,ahmad dahlan,imam bonjol mreka prnah ada, dan brdakwah terang2an mendakwahkan islam…bagaimana dgn abu salafy????, … kalo memang kamu yakin berada diatas kebenaran knapa takut dakwah terang2an…katanya meneladani NABI MUHAMMAD……..,BUAT SAUDARAKU KAUM MUSLIMIN, jgnlah kalian terkecoh dng suatu tulisan..karna orang2 kafir sngat ingin menghancurkan agama kita…Apakah kita selama ini tau dng sebenarnya wujud asli dari abu salafy..apakah dia seorang muslim pa kafir..laki pa perempuan..,selama ini dia hanya nulis aja di internet..KALO HANYA NULIS AJA WARTAWAN AJA BISA..,bisa saja dia seorang komentator bola yg hanya bisa ngomong doang…kalo dia (ABU SALAFY) ini menginginkan kebaikan bagi islam,,,,knapa ga pernah ada pengajian dia,,,,APKAH DIA PERNAH ADAKAN PENGAJIAN UMUM..ga pernah ada kan…????…….,buat saudaraku yg slama ini terkagum2 dng tulisan dia…APAKAH KALIAN PERNAH HADIRI PENGAJIAN DIA…DAN DIMANA????….
    Balas

    • Anda kok bodoh banget sih? memang ciri khas wahabi itu berotak bebal, tdk mampu menggunakan logika. Tidak mampu menggunakan nalar yg jernih.

      Siapa abu salafy, lulusan sekolah mana, siapa gurunya, cewek atau cowok, semua itu tdk penting. Yang penting adalah isi dakwahnya, apa yg dia katakan, argumentasi yg dia gunakan, dst.
      Adapun menghadiri pengajian secara fisik bukan jaminan mendapatkan kebenaran.
      Saya membaca buku karangan seorang ulama, saya percaya kepadanya dgn membaca kitab karangannya, meskipun tak pernah bertemu muka maupun menghadiri pengajian penulisnya, karena beliau sdh wafat ratusan tahun yg lalu. Namun cukuplah dengan membaca buah pikirannya kita mengetahui apakah dia berdakwah dlm kebenaran atau menyeru kepada kekufuran.
      Bacalah tulisan abu-salafy, kalau anda tdk setuju dgn isinya maka bantahlah dgn cara yg ilmiyah. Mudah kan?
      Tapi saya yakin anda tak kan pernah mampu.

  7. lucu ya kalau saya perhatikan komentarnya teman-teman salafi alias wahabi… ributnya cuma karena kang abu salafy tidka menyebutkan identitasnya dengan terang-terangan di blognya… ributnya cuma itu aja… mbok kalian renungkan isi tulisannya kang abu di sini… apakah sesua dalil atau ngawur… ambillah hikmah dari manapun kamu dapatkan!
    semua ributnya abu salafy tidak jantang lah! abu salafy pengecut lah!
    abu salafy diganti aja ummu salafy dan lain lain.. di pasar kebenaran nggak laku yang begituan mas!
    cobalah penanggapi isi tulisan dari pada kalian hanya ribut tentang kenapa abu salafy tawadhu’ tidak mau pamer siapa dirinya!

  8. subhanallah maha suci Allah
    kok pada diam ya para ustaznya wahabibin salafi
    tanggapi dong hujjahnya ustadz Abu Salafy (semoga Allah menjaganya dari kejahatan kaum jahat nun galak)
    saya tidak melihat ada sanggahan ilmiyah atas hujjah-2 ustaz Abu!!
    Saya tunggu untuk perbandingan

  9. mantap top kajian qurannya pak abu.. teliti, dalam dan mengena!
    tentram hatiku dan mantap pikranku menyimak kajian qur’an yang luar biada… semoga Allah menjadikan kami ahli qur’an. Amin Ilahal haqqi Amin.

  10. super sekali…
    ternyata bukan hanya pak mario teguh yang super… pak abu salafy juga tidak kalah supernya..
    maju terus pak beri kami pencerahan…
    jangan hiraukan krikil krikil kecil di jalan dakwah anda… jangan mau disibukkan dengan masalah masalah sampingan yang mau memalingkan anda dari menjelaskan yang haq.
    Allah ma’akum ya abu salafy…. waffaqakumullah

  11. abu salafy makin lama kok makin tolol dan bego.lihat lah ayat2 alquran jangan pakai paham sendiri dong.

    • luvi sapitri , cewek juga kalo dah kena virus wahabi ngomongnya kaya preman ya ?

      • YA KLO NT SDH KENA FAHAMNYA ABU SALAF YANG NUNTUT ILMUNYA SAMA ORANG SYIAH CAPEEEEE DEEEEECH

    • @ luvi sapitry
      yang makin lama makin mantap, jelas dan terang apa siapa itu faham menyimpang wahabi, ya kajian pak abu di blok ini, kebalikannya yg makin lama makin tolol dan bego ya luvi safitry dan sejenisnya para pengikut wahabi, yg mau ditololin dan didoktrin ustadz-ustadz wahabi …. sorry mbak pakek dong akal pikiran dan perasaan dalam memahami agama jangan mau terima dan percaya aja.

    • @luvi safpitry
      kalo mau bantah silahkan dgn hujjah yg oke,bukan cuma omong2 hujatan aja,kan ketahuan antara org yg berilmu dgn yg tidak…

      mantab ustadz,thank atas pencerahannya…

    • berdakwalah dengan penuh hikmah dan pelajaran yang baik, jangan memaki dan mencela orangnya,

      tunjukkan letak kesalahannya, jangan orangnya.

      juga para pendukung abu salafy, jangan fanatik soal nama, atau kelompok. fanatiklah pada sunnah rosul, atsar sahabat, para ulama yang mengutarakan pendapatnya dengan alquran dan sunnah, bukan hawa nafsu, seperti imam safi’i, kata beliau apabila ada hadis shohih yang bertentangan dengan pendapatku, buanglah pendapatku, ambillah sunnah itu.

  12. jika di ajak dialog langsung bertatap muka nggak berani namanya apa ya……..apa layak di percaya ilmunya.

    kalo di sepak bola nggak mau datang bertanding namanya apa ya……. w O

    kalo istilah tinju : awas tak hitung 1 2 3 4 5 6 7 8, kang Abu ternyata sampai itungan ke 8 ndak bangun2 utk berani dialog langsung maka kami nyatakan T K O………

  13. satu tanggapan sj :
    kutipan dr ust abu salafy,
    Imam Ibnu Jarîr ath Thabari menafsirkan demikian:
    وقيل لِلْغَاوِينَ ( أَيْنَ مَا كُنْتُمْ تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ ) من الأنداد ( هَلْ يَنْصُرُونَكُمْ ) اليوم من الله, فينقذونكم من عذابه ( أَوْ يَنْتَصِرُونَ ) لأنفسهم, فينجونها مما يُرَاد بها؟.
    ”dan dikatakan kepada mereka (orang-orang yang sesat itu): “Di manakah sesembahan-sesembahan yang dahulu kamu selalu menyembah (nya).* selain Allah? (yaitu sekutu-sekutu/andâd). Dapatkah mereka menolong kamu (pada hari ini dari Allah, lalu ia menyelamatkan kamu dari siksa-Nya) atau menolong diri mereka sendiri” (lalu mereka menyemalatkan diri mereka dari apa yang dimaukan darinya?)

    yg sy bold diatas bukannya mereka itu menyamakan dlm hal penyembahan?dan jg ayat2 yg ust nukilkan diatas berfaedah sama dengan itu.

  14. KAYA LIAT SEPAKBOLA DI TV AJA, ..BANYAK KOMENTATORNYA..KOMENTATORYA KALO OMONG GA PAKAI DALIL…INI ISLAM KALO MAU OMONG PAKAI DALIL….DONG, …

  15. hny mao tanya..adakah blog nya kaum sa-wah yg tak meng-cut postingan comment walau tak sefaham dgnnya,ada? bisa tunjukkan..?

    • Kaum Sa-Wah itu sifatnya super pengecut, tak satupun blog mereka berani menampilkan postingan yg mengkritik. Mereka hanyalah segerombolan orang yg suka menjilat maupun dijilat. dan mereka dipimpin oleh “ulama” penjilat raja thoghut, sedangkan Sang raja yg mendanai dakwah mereka beraninya hanya menembaki pendemo tak bersenjata. Kesukaan Sang raja adalah menjilat kuffaar, Baru-baru ini sang raja mengirim tank dan pasukan ke bahrain demi menindas rakyat kecil yg berdemo karena dizalimi oleh pemerintah bahrain dan demi mempertahankan eksistensi armada ke-5 amerika.
      Raja sa-wah, Ulama sa-wah semuanya adalah pengikut dan pengabdi hawa nafsu. walaa’ thd kuffaar dan baro’ thd kaum muslimin.

      • ternyata kebanyakan dari orang islam timur beraqidah kawarij yang sok menjelekan orang saudi tapi masih mengambil akidah kuffar yaitu demokrasi,tanpa sengaja menentang Alloh dan Rosulnya,kok pada sok suci,sok tau,sok pintar mari kita lihat diri sendiri.jangan sok lah kawan,apakah demo ajaran islam,bagaimana pesan rosul kalo ada pemimpin yang zalim,jangn melihat masalah dalam satu sisi saja,sungguh munafik

  16. pak abu, dari apakah manusia, dan malaikat dan iblis dicipta?

  17. Beriman kepada Rububiyah Allah maksudnya adalah beriman sepenuhnya bahwa Dialah Rabb satu-satunya dan tiada sekutu bagi-Nya.

    Rabb adalah yang berhak menciptakan, memiliki serta memerintah. Jadi, tidak ada pencipta selain Allah, tidak ada pemilik selain Allah, dan tidak ada perintah selain perintah dari-Nya. Allah telah berfirman,

    “…Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanya hak Allah. Mahasuci Allah, Rabb semesta alam.” (QS. Al-A’raf : 54).

    “…Yang (berbuat) demikian itulah Allah, Rabbmu, kepunyaan-Nyalah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tidak mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.” (QS. Fathir : 13).

    Tidak ada makhluk yang mengingkari kerububiyahan Allah, kecuali orang yang congkak sedang ia tidak meyakini kebenaran ucapannya, seperti yang dilakukan Fir’aun ketika berkata kepada kaumnya, “Akulah tuhanmu yang paling tinggi.” ( QS. An-Naziat : 24), dan juga ketika berkata, “Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui tuhan bagimu selain aku.” ( QS. Al-Qashash : 38)

    Allah Ta’ala berfirman,

    “Dan mereka mengingkarinya karena kezaliman dan kesombongan mereka padahal hati mereka meyakini (kebenaran)nya.” (QS. An-Naml : 14).

    Nabi Musa berkata kepada Fir’aun, “Sesungguhnya kamu telah mengetahui bahwa tiada yang menurunkan mukjizat-mukjizat itu kecuali Rabb yang memelihara langit dan bumi sebagai bukti-bukti yang nyata; dan sesungguhnya aku mengira kamu, hai Fir’aun, seorang yang akan binasa.” (QS. Al-Isra’ : 102).

    Oleh karena itu, sebenarnya orang-orang musyrik mengakui rububiyah Allah, meskipun mereka menyekutukan-Nya dalam uluhiyah (penghambaan).

    Allah Ta’ala berfirman,

    “Katakanlah, ‘Kepunyaan siapakah bumi ini, dan semua yang ada padanya, jika kamu mengetahui?’ Mereka akan menjawab, ‘kepunyan Allah’. Katakanlah, ‘Siapakah yang empunya langit yang tujuh dan yang empunya Arsy yang besar?’ Mereka menjawab, ‘kepunyaan Allah.’ Katakanlah, ‘Maka apakah kamu tidak bertakwa?’ Katakanlah, ‘Siapakah yang di tangan-Nya berada kekusaan atas segala sesuatu, sedang Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)-Nya, jika kamu mengetahui?’ Mereka akan menjawab, ‘kepunyaan Allah.’ Katakanlah, ‘(kalau demikian), maka dari jalan manakah kamu ditipu?’” (QS. Al-Mu’minun: 84-89).

    “Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka, ‘Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?’, Niscaya mereka menjawab, ‘Semuanya diciptakan oleh yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahu’i.” ( QS. Az-Zukhruf : 9).

    “Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka, ‘Siapakah yang menciptakan mereka?’ Niscaya mereka menjawab, ‘Allah,’ maka bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari menyembah Allah)?'” (QS. Az-Zukhruf : 87).

    Perintah Allah mencakup perintah alam semesta (kauni) dan perintah syara’ (syar’i). Dia adalah pengatur alam, sekaligus sebagai pemutus seluruh perkara, sesuai dengan tuntutan hikmah-Nya. Dia juga pemutus peraturan-peraturan ibadah serta hukum-hukum muamalat sesuai dengan tuntutan hikmah-Nya. Oleh karena itu barangsiapa menyekutukan Allah dengan seorang pemutus ibadah atau pemutus muamalat, maka dia berarti telah menyekutukan Allah serta tidak beriman kepadaNya.

    Abu Salafy:

    Benarkan demikian? Benarkan seperti kesimpulan Anda:tidak ada pencipta selain Allah, tidak ada pemilik selain Allah, dan tidak ada perintah selain perintah dari-Nya. ?
    Apa pendapat Anda jika ada yang berkata ada pencipta selain Allah?

  18. INGAT ABU SALAFY KEBODOHANMU DALAM TAFSIR ALSURAN BISA MENGANTARKANMU DALAM KESESATAN.MAKANYA SEBELUM BUAT BLOK BERILMU DULU BIAR TAK SERAMPANGAN HASILNYA

    • Ingat luvi sapitry, jangan mau didoktrin dan dibodohin sama ustadz-ustadz wahabi, apa2 yg dikatakan ustadz-ustadzmu sebaiknya perlu difikirkan, dikaji serta diperbandingkan dari kitab2 ulama terdahulu seperti kitab2nya imam nawawi, imam syafe’i imam bukhari dll, tapi yg asli jangan yg udah dipalsu dan direkayasa oleh tangan2 kotor ulama wahabi dan cari buku2 dari penerbit2 ahlusunnah wal jamaah, jangan dari penerbit2 wahabi seperti dibawah ini :
      assunah, darussunah, akbar, azzam, pustaka imam syafe’i, alkutsar, alqowam.
      semoga anda mendapat hidayah dari Allah SWT.

      • Assalamu ‘alaikum,

        Kalau mau didokrin sama abu2an gimana ????????

        Nih saya dokrin :

        Kalau mau selamat dunia akherat pegang terus Al Qur’an dan As sunnah.

        gigit dengan geraham sunnah dan sunnah para khalifah yang diberi petunjuk.

        Ikuti jalan kaum mukminin awal.

      • YANG MUSTI DI BERI HIDAYAH TUH NT MAKANYA NT JANGAN BANYAK MINUM AIR KOBOKAN BEKAS HABIB

    • lupi sapitri ngomong sendiri ga faham sendiri , kaya kedelai bawa kitab.

  19. pak abu, dari apakah manusia, dan malaikat dan iblis dicipta?

  20. buat ahmadsyahid, pepatah bijak yang mana….apakah boleh kita dalam beragama memakai pepatah…tunjukan dalilnya dr alqur’an dan hadist…yAA??? KAMU,wujud asli si abu AJA ga pernah tau,kok ditekan mentah2…jelas sekali kalo kamu telah kmasukan virus dia…brangkali SI ABU mo tampil di RCTI PA SCTV PA METRO TV,kan utk kebaikn kaum muslimin…kalo hanya di internet, ibu2 Pkk ga tau…kaya ustadz jefri pa AA..oo yaa jngan lupa pertanyaan
    tadi yaa….mana dalil papatah dipakai dalm agama…

  21. kelihatan kalau cuma menghadapi debat langsung para wahabi tidak usah kang abu salafy ketinggian cukup saya yg belajar dari kang abu salafy aja berani kok wong wahabi paling2 cuma gitu2 aja

  22. BUAT ABU SALAFY..bukankah orng kristen meyakini adanya tuhan. dan kalo tanya mereka siapa yg mencipta alam ini ato yg mengatur rizki, mereka akan mengatakn tuhan -allah, bukankah ini sama dngan keyakinan kaum musrikin jaman nabi???,yakni mengakui adanya tuhan.,t p kalo pak abu???..mreka akan jawab ga tau..tdan entunya musrikin jaman nabi tidak sebodoh orang kristen dlm masalah per-tuhanan. ketika seseorang solat.diperintahkan baca alfatikah..dan di ayat pertama terjemahannya” SEGALA PUJI BAGI ALLAH TUHAN SEMESTA ALAM’ , yg ingin aku tanyakan apa amakna TUHAN ??, karna orng kristen menyakini adanya tuhan

  23. BUAT ABU SALAFY..bukankah orng kristen meyakini adanya tuhan. dan kalo tanya mereka siapa yg mencipta alam ini ato yg mengatur rizki, mereka akan mengatakn tuhan -allah, bukankah ini sama dngan keyakinan kaum musrikin jaman nabi???,yakni mengakui adanya tuhan.,tp kalo pak abu tnya pd mreka TAUKAH KALIAN TAUKID RUBUBIYAH???..mreka akan jawab ga tau..tdan entunya musrikin jaman nabi tidak sebodoh orang kristen dlm masalah per-tuhanan. DAN ketika seseorang solat.diperintahkan baca alfatikah..dan di ayat pertama terjemahannya” SEGALA PUJI BAGI ALLAH TUHAN SEMESTA ALAM’ , yg ingin aku tanyakan apa amakna TUHAN ??, karna orng kristen menyakini adanya tuhan

  24. buat saudaraku ahmadsyahid smoga Alloh merahmatimu, kamu katakn bahwa kebaikn /kebenaran bisa datang dr mana aja…padahal semuanya mngaku diatas alqur’an dan hadits dan mngaku merekalah yg baik/ benar…dngan patokan apa engkau dapat membedakan/memilah2..bahwa ini benar ini salah…..padahal semua orang islam mngaku diatas alqur’an dan hadit dan mencintai nabi muhammad

    • Ah… mubazir ente tanyain pada abu salafy ini. Memang orangnya sudah terformat untuk menyebarkan kesesatan dan kebohongan kok. Mas Beni telah melakukan telah melakukan hal yang sia-sia…

  25. aneh ya konco konco wahabi ini maunya berantem melulu… nagajak debat terbuka…
    trus biasanya nantang-nantang MUBAHALAL! padahal bubahalah dengan sesama muslimin itu tidak pernah dicontohkan Nabi jadi mereka DOYAN ama yang BID’AH BID’AH juga ya

  26. @abu ipin&upin
    yang biase nantang dulu itu Ahli bid’ah tapi sempat ajakanya (mubahalanya) ditanggapi salafy.. melincit kaburrrr dengan alasan gono ginilah….

  27. BENARNYA PENGERTIAN DAN PEMAHAMANMU MENGENAI ISLAM BUKANLAH HAKIKAT ISLAM ITU SENDIRI.

  28. sebaiknya para wahabiyun mau membaca buku-buku non wahabi. jangan membodohkan ummat melarang membaca buku-buku non wahabi. sekarang revolusi di Mesir ntar lagi di Saudi dan wahabi akan kegerus oleh keterbukaan mempelajari ilmu. akan banyak orang Saudi yg keluar dari Wahabi

    • banyak juga orang keluar dari kesesatan dan kebid’ahan cuma nt aje yang belum nyang doyannya tahlilan sama tabaruk sama kuburan cuuuiihhhhhh

  29. buat yng suka commend di blok ini intropeksi diri dulu lah apakah anda jelas paham agama ini, atau anda belajar hanya untuk mendebat kaum awam, biar anda dikatakan jago,, hahahaa si anu kalah ,,allahua’lam

    sadar lah wahai kaum muslimin sekarang kita lagi dilanda fitnah yang besar, dimana orang kafir telah masuk ditubuh kaum muslimin,,, hati- hati lah wahai saudaraku…

    ingat saudaraku klo anda ingin mendapatkan jannah maka ikuti apa2 yang di ambil dalam alQur’an n sunnah jangan bicra akal,,maka anda akan selamat,klo ga faham baca kitab ulama, klo juga ga faham tanya ama ustad yang jelas keilmuanya, klo ga faham juga lebih baik anda diam,,

    poin yang terpenting hilangkan lah kata kebencian kita ini sama2 muslim ya akhi, klo anda merasa benar sampaikan lah dengan hikmah dan pastinya dengan dalil yang shohih, klo ga terima ya sudalah jangan dipaksa, jang caci maki toh,, apakah anda lebih hebat dari ulama ahlul sunnah (4 imam besar) contoh kan lah mareka dalam menuntut ilmu yang tidak ada seorang pun yang seperti mareka bersusah payah mencari ilmu,,

    kita sekarang hanya dunia yang utama lantaskah kita mersa merasa hebat ibarat tukang parkir berbicara dienullah. renungkanlah akhi,, mari kita tinggal kan adab2 yang ga berguna ini, jadilah kita muslim sejati…

    bagi yang ngaku salafi ..!!! apakah anda benar2 salafi,,,??? ataukah anda hanya pengakuan .. ya akhi jadilah hati anda yang tawadhu jadilah anda salafi sejati…

    yang suka mengatakan anda wahabi apakah anda tahu siapa wahhabi itu,,? apakah ajaran wahhabi itu ajaran sesat,,,???sudahkah anda membaca nya sirah nya..??jangan mudah terpengaruh ya akhi sehinnga yang ada dalam hati anda hanya kebencian bagaimana ilmu bisa melekat dihati anda,,,

    saya yakin bnyk musuh islam dalam blog ini ada nya aroma syi’ah yang benar2 menyimpang dari aqidah ahlussunah…

  30. hendaklah abu salafy bodohnya jangan seperti almaliki dong

  31. Wahabiyyun Taqlidiyyun.

    Karena yang bilang Musyrikun Arab bertauhid Rubbubiyyah itu TOKOHnya Wahaby – Muhammad bin Abdul Wahhab- walaupun diberikan hujjah Qurani tetap saja membela pendapat yang salah dari Sang Tokoh dan itu namanya Taqlid.

    Bandingkan ketika mereka menyerang Para Pengikut Madzhab Imam Fiqih. Mereka berkata, Para Imam itu bisa saja salah. Kita tidak boleh taqlid. Ambil dalil yang SHAHIH. Yang intinya ingin agar ummat ini tidak bermadzhab dalam fiqh. “Buat apa bermadzhab, lebih baik mengambil langsung dari sumbernya ALQuran dan AsSunnah”. sebuah kalimat berbisa yang tampaknya manis.

    BaraakaLLAHu Fiikum wahai Ustadz

    Buyar sudah usaha dan materi milyaran rupiah yang digelontorkan Klan Saud dengan mendirikan Ma’had2, mencetak buku2, memalsukan kitab2 turats, mengeluarkan fatwa2 dengan menggaji para ulamanya, memberikan beasiswa2 mahasiswa yang akan dikader menjadi missionaris2nya.

    Kepada yang telah terjerat paham wahaby: Berdoalah kepada ALLAH semoga diberikan Hidayah. Terimalah KEBENARAN dengan lapang dada. Hidup cuma sementara. Sebagian ujian dari ALLAH untuk melihat siapakah dari hamba2Nya yang Baik Iman (Aqidah) dan Amalnya.

    • Mas Hery: Bukankah yang menyatakan Musyrikun arab bertauhid Rububiyah adalah Allah sendiri. Apakah belum sampai pada pendengaran anda FIRMAN Allah dalam surat Al-Mu’minun: 86-89
      “Artinya : Katakanlah: “Siapakah Yang Empunya langit yang tujuh dan Yang Empunya `Arsy yang besar?” Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah.” Katakanlah: “Maka apakah kamu tidak bertakwa?” Katakanlah: “Siapakah yang di tanganNya berada kekuasaan atas segala sesuatu sedang Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)-Nya, jika kamu mengetahui?” Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah.” Katakanlah: “(Kalau demikian), maka dari jalan manakah kamu ditipu?” [“Artinya : Katakanlah: “Siapakah Yang Empunya langit yang tujuh dan Yang Empunya `Arsy yang besar?” Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah.” Katakanlah: “Maka apakah kamu tidak bertakwa?” Katakanlah: “Siapakah yang di tanganNya berada kekuasaan atas segala sesuatu sedang Dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)-Nya, jika kamu mengetahui?” Mereka akan menjawab: “Kepunyaan Allah.” Katakanlah: “(Kalau demikian), maka dari jalan manakah kamu ditipu?” [Al-Mu’minun: 86-89]

      Bukankah ini hujjah dari Al Qur’an, Saya yakin anda sudah demikian benci super kuadrat kepada Syaikh Muhammad BIn Abdul Wahhab,

      Salahkah beliau mendakwahkan hanya Allah saja yang berhak di sembah?

      Dan bagaimana logika anda nurut saja ketika di ajak menyembah kubur di samping menyembah Allah?

      bukankah ini sesuatu yang mengherankan?

  32. kepda saudaraku kaum muslimin, “JNGANLAH KALIAN SALING BENCI, SETIAP MUSLIM ADLAH SAUDARA ”
    sudilah kiranya kalian semua meluangkan waktu sebentr utk mendengarkan ceramah ” Dialog Ukhuwah Interaktif NU-SALAFY Mudzakaroh MUI Propinsi DKI Jakarta
    Dengan mengundang dua narasumber yang berbeda dari Nahdatul Ulama (NU) dan Salafi. Yakni Al-Ustadz Abu Ahmad Zainal Abidin LC dan KH. Said Agil Munawar dengan moderator (MUI) KH. M Syafi’i Mufid.

    Dengan materi yang di bahas ” Ikhtilaf Dalam Menyikapi Nash (Al-Qur’an dan As-Sunnah) Sebab dan Cara Menyikapinya “. Dialog diadakan di Hotel Gren Alia Cikini Jln. Cikini Raya No. 46 Jakarta Pusat. tanggal 27 Januari 2010 pada sesi ke 2 (siang, 13.00 – 15.45 Wib).

    silakan donwload:
    http://www.kajian.net/kajian-audio/Ceramah/Zainal%20Abidin%20Syamsudin/Dialog%20Ukhuwah%20Interaktif%20NU-SALAFY%20Mudzakaroh%20MUI%20Propinsi%20DKI%20Jakarta

    mudah2an Alloh menunjukkan pada kita jalan kebenaran,

  33. kapan dan dinama wahabi ngajak debat langsung
    aku siap nggak usah kang sastro atau kang abu
    ojo momong tok

  34. Wahabi selalu mengada-ngada!
    Lawan.

  35. INGAT ABU SALAFY HARAP BACA TULISAN DI ATAS SUPAYA TIDAK SALAH TERUS

  36. Dan sungguh jika kamu bertanya kepada
    mereka: “Siapakah yang menciptakan mereka,
    niscaya mereka menjawab: “Allah”, maka
    bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari
    menyembah Allah )? (QS. Az-Zukhruf : 87)

    dan (Allah mengetabui) ucapan Muhammad: “Ya
    Tuhanku, sesungguhnya mereka itu adalah kaum
    yang tidak beriman.” (QS. Az-Zukhruf : 88)

    Maka berpalinglah (hai Muhammad) dari mereka
    dan katakanlah: “Salam (selamat tinggal).”
    Kelak mereka akan mengetahui (nasib mereka
    yang buruk) (QS. Az-Zukhruf : 89)

    Dari ayat-ayat di atas dapat kita lihat bahwa Al-Qur’an tidak menyebutkan bahwa orang-orang Musyrik Arab beriman dengan tauhid rububiyyah saja. Sebaliknya Al-Quran mengatakan dengan jelas, bahwa mereka bukan orang yang beriman.

    Terperosoknya para penyembah berhala kedalam
    kemusyrikan ialah disebabkan mereka meyakini
    sesembahannya memiliki sifat-sifat ketuhanan,
    yaitu memiliki kekuasaan atas urusannya, seperti urusan penciptaan, pemberian rezeki, hidup, mati dsb. Oleh karena itu, mereka menolak dan mengingkari akidah tauhid yang dibawa oleh Rasulallah saw.

    Karena, tidaklah masuk akal ada ibadah yang
    tidak disertai dengan keyakinan adanya sifat
    ketuhanan pada diri ma’bud (sesuatu yang
    disembah). Dengan kata lain, meyakini
    terlebih dahulu, baru kemudian menyembah.

    Jadi andai kaum musyrik Arab meyakini tauhid Rububiyyah (sebagaimana klaim Muhammad bin Abdul Wahhab – dan hal ini salah besar) maka tentu saja mereka tidak akan menolak seruan Rasulullah SAW untuk menyembah Allah yang tiada Rabb selain Dia.

  37. KEDOK ABU SALAFY MAU ERBONGKAR kalian tahu apa itu PEMUJA SYAITHAN ? yang bersimbol satanic 666 ?

    Misteri Angka Setan “666” ( Perlu Dibaca ! )

    666 dalam angka Rumawi = DCLXVI atau dalam arti kata lain dalam angka 666 tsb telah dapat merepresentasikan seluruh angka yang terdapat dalam angka Rumawi (D = 500, C = 100, L = 50, X = 10, V = 5, I = 1). Angka 666 dalam bhs Latin bisa diartikan sebagai DIC LVX = “dicit lux” – suara cahaya. Maklum setan dalam bhs Latin sering diberi nama sebagai Lucifer (Lux Ferre) atau sipembawa cahaya. Dalam istilah astrologi disebut juga sebagai Bintang Fajar atau Venus atau planet ke-enam terbesar dalam tata surya kita.

    Semua yang buruk dan jahat konon mempunyai kaitannya dengan angka 666 seperti roulet, apabila semua angka di meja roulet dijumlahkan akan menjadi 666. Berzinah itu dosa berat maka dari itu angka 666 dalam bhs Yunani mempresentasikan XES (sex terbalik) atau Χ Ξ Σ (Chi Xi Sigma) sebab dalam bhs Yunani maupun Ibrani abjad mereka itu juga identis dengan angka. Begitu juga dengan nama dari Kaiser Nero dalam bhs Ibrani ini bisa ditulis dengan angka 666 (Neron Kesar). Racun yang mematikan adalah racun 666 = racun Hexachloride yg diambil dari formula kimia C6H6Cl6.

    Hal inilah yang menyebabkan angka 666 selalu diidentikkan dengan Satanisme atau hal-hal yang berbau pemujaan setan.

    Satanic Symbol
    Simbol atau lambang klenik (gaib) adalah sarana kekuatan yang digunakan pengikut aliran sesat untuk memohon bantuan kekuatan jahat dalam dunia gaib dan pemujaan setan. Tetapi penggunaannya barubisa efektif jika dalam bentuk tiga dimensi.

    Simbol digunakan orang untuk menarik perhatian kekuatan gelap. Sebagian besar dari kita belum sepenuhnya menyadari kekuatan misterius dari simbol-simbolyang digunakan. Terkadang kita menggunakannya sebagai kalung yang melingkari leher, jadi gelang di pergelangan tangan, atau menyimpannya di dalam kamar. Hati- hati! Simbol-simbol itu sesungguhnya bukan gambar tak bermakna. Tapi ada kekuatan jahat di baliknya.

    Waspadalah, di mana pun terdapat pengaruh klenik, simbol-simbol ini pasti digunakan, khususnya yang berhubungan dengan kekuatan jahat. Kuasa kegelapan sudah pasti mengenal simbol-simbol ini dengan mudah. Jadi, bila Anda termasuk salah seorang pemilik simbol-simbol ini dan menggunakannya, kemungkinan besar akan mudah dipengaruhi oleh setan. Inilah beberapa simbol setan:

    Ankh: Sepintas lalu simbol ini mirip dengan salib dalam ajaran kaum Nasrani. Tapi tidak. Gambar ini sama sekali tak ada hubungannya dengan salib. Ankh merupakan salah satu simbol kekuatan terdahsyat dari dunia mistik hitam. Bila ditelusuri sejarahnya, Ankh berasal dari mistik Mesir kuno. Pada masa itu Ankh dipergunakan dalam upacara pemujaan RA, dewa matahari Mesir kuno yang diyakini sebagai wujud lain dari setan. Ra juga dianggap sebagai pencipta alam semesta dan disembah oleh orang-orang Mesir kuno. Lingkaran di atas kepala adalah gambaran matahari.

    Ankh merupakan simbol reinkarnasi. Namun konsepnya berbeda dengan pengertian ajaran Budha dan Hindu. Dalam ajaran Mesir kuno, Ankh bermakna sebagai keabadian hidup. Syarat utama untuk menggunakan simbol ini, orang-orang Mesir kuno diwajibkan mempersembahkan kesucian para gadis perawan dalam sebuah pesta ritualyang menyeramkan.

    Pentagram: Simbol ini sering digunakan oleh para tukang sihir perempuan dalam melakukan prakteknya. Pentagram berhubungan dengan Lucifer dan tukang sihir perempuan percaya bahwa Lucifer berarti “putra sang pagi”. Ada beberapa kebenaran dalam gambaran tentang setan yang dilukiskan sebagai seorang ‘malaikat penerang’ dan merupakan salah satu makhluk terindah yang pernah diciptakan. Karena itu, rasa bangga dan kesombongan telah menguasai diri Lucifer. Karena sifat juga yang membuatnya terpuruk dalam kesesatan.
    Jika pentagram ini diputar secara terbalik, bentuknya jadi semacam bintang yang “bertanduk”. Atau bila diamati secara seksama. simbol bintang ini dalam perputarannya seakan-akan membentuk wajah setan. Dan sampai saat ini Pentagram dijadikan sebuah simbol yang dipergunakan seluruh gereja setan di dunia.

    Hexagram: Disebut Hexagram karena berbentuk bintang segi enam. Hexagram sering dipergunakan dalam upacara ritual mistik dalam dunia gaib hitam. Simbol ini harus tersedia ketika memanggil setan secara berulang-ulang selama ritual berlangsung. Kata ‘Hex’ berasal dari lambang ini.

    Terdapat sebuah catatan penting yang menyangkut Hexagram yang pernah digunakan pesulap terkenal Cellini. Dulu, ia dan muridnya, Cenci, mencoba menantang setan-setan dari dalam sebuah lingkaranyang telah dilukiskan di atas tanah di Coliseum (stadion besar), kota Romawi.
    Kebanyakan para setan memang akan muncul bila diundang, tapi justru kehadiran itu merusak ritual. Tapi Cellini yakin, selama ia dan muridnya berada dalam lingkaran akan aman dari serangan setan. Pada saat itu Cenci mengaku telah melihat lima sosok setan besar berusaha sekuat tenaga untuk menembus lingkaran Hexagram.

    Dalam spiritual Cina, I Ching, Hexagam juga dipergunakan dengan kombinasi garis lurus dan garis putus yang berhubungan dengan energi “Yin” dan “Yang”. Hexagram, pada dasarnya sama sekali tidak menunjukkan pengertian yang bisa bikin bulu kuduk berdiri.

    Tanduk Unicorn: Jika uang merupakan sebuah problema, simbol ini diyakini bisa menawarkan bebarapa solusi secara mistik. Pertama kali digunakan para pendeta Druid di Skotlandia dan Irlandia. Biasanya, tanduk Unicorn dipakai dalam upacara ritual untuk meminta bantuan keuangan kepada setan. Namalain untuk simbol ini adalah “tanduk Italia”, “tongkat sihir peri” atau “tongkat Leprechaun”.

    Dalam mitologi Indian, simbol tanduk sering disebut-sebut. Kelihatannya seperti lambang kemaluan lelaki. Bila diamati secara seksama, pada beberapa pakaian, simbol seperti ini tampak melingkari leher si pemakai. Sementara di daratan Eropa, simbol unicorn dianggap berhubungan dengan persoalan seksualitas dan merupakan sebuah simbol kekuatan seks. Legenda Unicorn terdapat dalam kisah-kisah kaum Nasrani, Islam, Cina, dan Indian.

    Scarab: Kata Scarab berasal dari bahasa latin; Scarabaeus Sacer. Ia termasuk salah satu hewan anggota dari keluarga kumbang. Orang-orang Mesir kuno meyakini tipe kumbang jenis ini sebagai sesuatu yang keramat, disucikan dan dijadikan simbol, tanda, atau jimat.
    Scarab digunakan dalam upacara ritual untuk memohon hal-hal yang menyesatkan dan kotor. Sedangkan nama lain yang lebih tepat untuk kumbang satu ini adalah “Dung” (maaf, tahi!). Mungkin karena hobinya yang gemar menggali lubang di dekat tumpukan kotoran. Selain untuk tempat bertelur, juga untuk tempat penyimpanan makanan.

    Di daerah tropis, bukan hal aneh bila menemukan kumbang kotoran mempermainkan gumpalan kotoran sebesar apel dengan tubuhnya. Menjijikan memang, tapi itu pula sebabnya mengapa para tukang sihir wanita suka menggunakan kumbang dalam praktek-praktek sihirnya.

    Mata Horus: Horus adalah sosok dewa yang berhubungan dengan matahari. Ia merupakan putra dari Isis dan Osiris. Mata Horus merupakan simbol mistik dari kekuatan gelap yang bermakna ‘Maha Tahu’ dan ‘Maha Melihat’. Biasanya ia dilukis dalam hieroglips (Tulisan Mesir kuno) di dinding-dinding Piramid.Osiris adalah sang raja sekaligus hakim kematian. Ia suami danjuga abang dari Isis. Ia juga merupakan sosok dewa senior tertinggi dalam kepercayaan Mesir kuno.

    Biasanya, Osiris sering digambarkan sebagai figur laki-laki dengan janggut menghiasi dagu dan dibungkus seperti mumi. Di atas kepalanya bertengger sebuah mahkotayang dikenal dengan nama ‘Mahkota Atef’. Biarpun ia pernah mati dalam peperangan, tapi toh ia bisa dihidupkan kembali oleh putranya, Horus. Isis adalah dewi kesuburan dan ibu dari Horus. Selain di Mesir, ia dikenal juga sebagai salah satu dewa dalam legenda-legenda Yunani dan kekaisaran Romawi.

    Bulan Sabit: Melengkapi pembahasan Mata Horus, bulan sabit digunakan sebagai simbolisasi dari Isis. Identitas lainnya adalah Diana, sang Ratu Surga. Kitab-kitab kuno mengkisahkan riwayat keturunannya berasal dari cucu Nuh bernama Cush. Ia menikahi seorang perempuan jahat bernama Semiramisyang kelak menjadi ratu Babylonia.

    Di dalam dunia mistik sesat, ada beberapa bentuk dari perempuan jahat ini, di antaranya: Venus, Ashtoreth, Diana, Isis. Simbol setan sering dikaitkan dengan persoalan hubungan seksyang tak lazim. Di bawah sinar bintang dan rembulan, upacara ritual ini melibatkan para pengikutnya menikmati seks satu sama lain atas nama setan.
    SAMA. Berhati-hatilah terhadap simbol-simbol ini dan praktek-praktek kesesatan yang mungkin tanpa Anda sadari ada di lingkungan sekitar Anda. Biasanya kelompok aliran sesat selalu menjalankan aktifitasnya dengan cara terselubung dan bersembunyi di balik topeng-topeng ilusi yang membiuskan.

    Implementasi SATANIC

    ____________
    Abu Salafy

    Lo ngakunya salafy/wahabi kok percaya dengan ilmu/teori persetanan ya?
    Astaghfirullahaldhiim!

    • bukan nya meyakini tapi ini adalah tuduhan kepada abu salafy yang tertuduh memuja setan tetanic.kalau benar sebaiknya abu salafy segera bertaubat

      __________
      Abu Salafy

      Astraghfirullah menuduh tanpa bukti itu namanya fitnah…
      soal urusan setan dan sihir wahabi/salafy paling cepat percaya soal itu khususnya di negeri 1001 mutowek (saudi arabai) paling percaya soal itu….
      sampai2 ulamanya paling senang dengan hadis palsu yang mengatakan Nabi Suci saw di sihir yahudi
      jadi nggak heran kalo anda paling senang dg urusan begituan

      • pak abu salafy anda kalau bicara pake’ ilmu dong!! jangan asal menggonggong aja,,,,,
        dasar berapa banyak orang yang anda sesatkan dengan adanya wrdpras yang anda buat ni???
        bertaubatlah anda!!!

      • Abu Salafy jiplak artikel syi`ah…?
        Ternyata…….. termaluuu (terlalu dan memalukan)

      • Kenapa anda mendakwahkan ajaran yang mirip syi’ah. yang terus menganggap wahabisebagai musuh.

    • luvi , jumlah ayat dalam al-qur`an itu persis 6666 sehingga angka 666 yang anda munculkan adalah bikinan / karangan non muslim Untuk mendeskriditkan Al-qur`an , sehingga Ummat Islam diidentikkan dengan penyembah Setan.

      • Tolong dihitung kembali apakah 6666. Konon guru SD saya juga mengatakan demikian.
        Dari mana sumbernya?
        Silahkan dibuktikan sendiri jumlahnya! Sekarang sudah banyak alat hitung canggih untuk menghitungnya.

    • @ luvi …..su’uzon adalah kegemaran syetan…….

    • buu buuu

  38. MAAF KALAU BANTAH PAKAI DALIL BUKAN EMOSI ,

    • emang luvi pake dalil ? yang emosi itu anda luvi

    • BWAHAHAHAHAHAHAH….. Luvi ini lucu ya… “Pake dalil, bukan emosi” tapi commentnya sering emosi… ngomongnya pake DALIL… tapi commentnya ilmu persetanan… pas ditanya balik ama abu salafy, jawabnya; ini tuduhan, kalo bener ayo tobat…. bwahahahahhah… ayo comment terus bu… aku paling seneng kalo ibunya yang comment… lucu sih… kayak kehabisan dalil terus gitu, terus commentnya jadi ngalor ngidul gak nyambung nggak karuan…

      ehm… tapi serius lho buu… ditunggu comment2 konyolnya yang lain… (no hurt feelings yah…🙂 )

  39. Sebagian hal yang selalu dibangga-banggakan oleh ASWAJA adalah habib-habib mereka yang mempunyai sanad yang bersambung kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam

    Tapi kenapa, mereka membela Abu Salafy yang tidak dikenal….? Artinya tidak diketahui sanad keilmuannya…

    Bisa jadi Abu Salafy adalah seorang Tokoh JIL (Jaringan Islam Liberal) yang ingin mengadu domba Kaum Muslimin
    Karena ada beberapa orang dari anak-anak JIL berasal dari pesantren NU, sehingga tidak heran mereka kenal dan paham dengan Aqidah Asyariyah

    Waspadalah terhadap fitnah dan adu domba

    Kalau ASWAJA memang bangga dengan sanad……maka tunjukanlah

    Janganlah mengambil ilmu dari orang yang tidak jelas sanadnya, bahkan memujinya hanya karena sesuai dengan hawa nafsu

    • he……he……nt itu yang mau adu domba …….kalo nt mau tukar ilmu masuk lagi di Ummati Pess……nggak pakai moderasi ….

  40. @khoirudin
    akhi, kalo ente mau dialog/berdebat silahkan datang ke tempat pengajian Salafy di tempat daerah sekitar ente, DIMANA TINGGAL ENTE SKRG?
    ajak ustadz2 salafy, dimana dialognya/debatnya TAPI DENGAN SATU CATATAN DEBAT UNTUK MENCARI KEBENARAN, Kalo untuk pembenaran lebih baik ente diem aja jgn koar2 trus ah g capek tuh mulut/tulisan.

  41. @abu zaki
    walau di kasih sanad juga tetep aja akan ngeyel,tetep aja ora mudeng,lha wong udah dr sananya…wkwkwk

  42. Sebetulnya saya memang suka bangat baca komentar dari mbak luvi supatri, mengingat banyak komentarnya yang bernada lucu dan sering membuatku tertawa sendirian.

    Maaf, saya tidak bermaksud mbak luvi supatri seorang yang lucu. Hanya entahlah, saya tak bisa menahan diri dari tertawa. Sekali lagi, maaf.

  43. buat khoirudin- saudaraku- ga usah emosi… brangkali saudara bisa dengerin kajian ukhuwah NU-SALAFY..mudah2an saudara bisa mengambil ilmu dari kajian tsb..semua muslim adlh saudara…sudah sewajarnya saling nasehat menasehati….

    silakan donwload:
    http://www.kajian.net/kajian-audio/Ceramah/Zainal%20Abidin%20Syamsudin/Dialog%2

  44. bu – abu yg d ambil itu kebenaran dan kejujurannya
    bukan , orangnya kelihatan tapi tukang ngapusi tentang ilmu,cuma gaya aja kayak2nya tol tapi di balik itu amburadul semua gito lho bu abu
    tu jawab dulu yg ibnu tamiyah membungkam wahabi
    yg d tulis kang abu, ziaroh kemakam nabi d ganti
    ke masjid nabawi sudah baca to ngerti to jawab to
    agama kok malsu2 ilmunya ulama kan banyak lagi yg d potong ilmunya ulama to jawab dulu bos abu

  45. kang khoirudin kalo mo debat, tu hubungi ustd firanda, atau antum ke madinah sana. kalau nggak bisa bhs arab jangan kawatir beliau bisa indonesia.

    • @ abu rey
      kalau kemadinah ziarah kemakam nabi, ngapain belajar agama wahabi ke madinah atau ke Arab Saudi wahabi itu faham menyimpang kalo mau belajar agama Islam yg murni (ASWAJA) ke Mesir atau ke Yaman jangan ke Arab Saudi negara wahabi dan sarangnya agama wahabi.

      • Bener ustad abu, ngapain belajar pd org yg menyimpang, nggak level tuh. Al Qur’an itu berisi kisah2 kalau kita membacanya dapat pahala, kok kita baca kisah rosulullah diibilang bi’ah(haram), jd kalau begitu org2 wahabi itu nggak usah baca Al Qur’an, ya nggak ustad Abu, Assalamu’alaikum, wr.wb

    • masa dari Wahabi setiap kali ada maslah yang di suruh debat Ust Firanda terus, apa gak ada yang lain ya, welh welehhh.

  46. KANG ABU WONG JOWO YO NING JOWO WAE

  47. Kenapa tidak menerapkan kata-kata tersebut kepada semua orang……bahwa yang diambil adalah kebenaran dan kejujuran, tanpa memperdulikan sanad keilmuan

    Semoga anda bisa menerapkan kata-kata anda kepada semua orang, bukan hanya kepada orang-orang yang membawa sesuatu hal yang sesuai dengan hawa nafsu….Wallahu’alam….^_^

  48. makasih om jupri tapi kalau wahabi d biarkan bahaya
    banyak orang tersesat

  49. abu salafy meragukan bahwa nabi pernah terkena sihir padahal ada hadist2 yang menetapkan nabi terkena sihir silahkan baca Bukhari: 2939, 3028, 5321, 5323, 5324,
    5603, 5912; Muslim: 4059; Ibnu Majah: 2535; Ahmad: 23104, 23165, 23211,
    23509 dari Aisyah ra.yang menetapkan nabi terkena sihir.berarti abu salafy lebih menetapkan perasaan nnya dr pada kitab yang paling shohih setelah alquan.
    INGAT ABU SALAFY !!!
    nabi terkena sihir bukanlah merendahkan kedudukan beliau terkena sihir.itu merupakan ujian dari allah untuk beliau .sihir yang nabi terkena padanya asalnya membunuh beliau tapi krn beliau manusia yang mulia dan sebagai nabi beliau hanya merasakan sedikit saja dr pengaruh sihir itu

    • @luvi sapitry,

      Mas Dengan segala hormat kepada Bukhari…. bukan berarti bukhari itu tidak ada kelemahannya Bukhari itu manusia biasa yang bisa salah…. Wong Nabi yang maksum saja masih ada ulama yang meyakini pernah salah (saya tidak ikut2 soal ini) lalu apalagi bukhari yang tidak maksum…?

      Dalam soal sihir…. saya lebih menjunjung tinggi kemulian Rasulullah saw daripada memilih hadis bukhari yang menuduh nabi tersehir oleh yahudi lagi…

      makanya banyak orang kafir khususnya yahudi paling senang dengan orang2 yang meyakini nabi saw. tersihir astaghfirullah al-adhim..!

      saya tidak perlu panjang2 soal ini.. cukup bagi saya al Qur’an yang menolak hadis BUKHARI tersebut, bukankah alQur’an lebih tinggi kedudukannya dibanding Hadis?i:

      وَقَالَ الظَّالِمُونَ إِن تَتَّبِعُونَ إِلَّا رَجُلاً مَّسْحُوراً

      Dan orang-orang yang zalim itu berkata: “Kamu sekalian tidak lain hanyalah mengikuti seorang lelaki yang kena sihir”. (Al Furqon[25]; ayat 8

      وَإِذْ هُمْ نَجْوَى إِذْ يَقُولُ الظَّالِمُونَ إِن تَتَّبِعُونَ إِلاَّ رَجُلاً مَّسْحُوراً

      dan sewaktu mereka berbisik-bisik (yaitu) ketika orang-orang zalim itu berkata: “Kamu tidak lain hanyalah mengikuti seorang laki-laki yang kena sihir”. (Surat al Isra (17) : ayat 47

      Maha Suci Allah yang menyatakan bahwa orang-orang yang menuduh dan mengatakan bahwa Nabi saw tersihir ADALAH ORANG-ORANG YANG ZALIM…

      Semoga Allah selalu menjauhkan aku menjadi orang zalim yang menuduh Rasul saw sebagai orang yang tersihir…!

      • Ada penjelasan dari Ibnul Qayyim rahimahullaahu. Tapi barangkali sampeyan tidak akan menggubris penjelasan beliau (karena masuk dalam blacklist kuburiyyun, red). Terkait sihir terhadap Nabi Shallallaahu ‘alahi wa sallama oleh seorang munafiq yang bernama Labid bin Al A’sham, beliau rahimahullahu berkata, “Dan telah mengingkari hal ini (disihirnya Rasulullah Shallallaahu ‘alahi wa sallama -red) sekelompok manusia. Mereka mengatakan: “Tidak boleh ini menimpa diri Rasul, bahkan mereka menganggap ini sebagai suatu kekurangan dan aib “. Dan perkaranya tidak seperti yang mereka duga, akan tetapi sihir tersebut adalah dari jenis perkara (penyakit) yang berpengaruh terhadap diri Rasulullah Shallallaahu ‘alahi wa sallama, hal ini termasuk dari jenis-jenis penyakit yang menimpanya sebagaimana beliau Shallallaahu ‘alahi wa sallama juga tertimpa racun, dimana tidak ada perbedaan antara pengaruh sihir dengan racun”. (Zaadul Ma’ad juz 4, hal. 124)

        Beliau juga menyebutkan dari Al Qodhi ‘Iyadh, bahwasanya beliau berkata: “Kejadian disihirnya Rasulullah Shallallaahu ‘alahi wa sallama tidak menodai kenabian beliau. Adapun keberadaan atau kejadian beliau Shallallaahu ‘alahi wa sallama dikhayalkan melakukan sesuatu padahal beliau tidak melakukannya, hal ini tidaklah mengurangi sifat shiddiq yang ada pada diri beliau Shallallaahu ‘alahi wa sallama . dikarenakan adanya dalil bahkan ijma’ atas kemaksuman beliau Shallallaahu ‘alahi wa sallama dari hal tersebut, akan tetapi hal ini suatu perkara duniawi yang mungkin bisa menimpanya. Yang beliau Shallallaahu ‘alahi wa sallama tidak diutus karena sebab tersebut dan tidak diberi keutamaan, karenanya pula beliau dalam hal ini seperti manusia yang lainya, maka tidak mustahil untuk dikhayalkan kepada beliau Shallallaahu ‘alahi wa sallama dari perkara-perkara yang tidak ada hakekatnya baginya, kemudian hilang dari beliau dan kembali seperti keadaan semula.” (Zaadul Ma’ad juz 4, hal. 124)

  50. antum abu salafy meragukan shohih albukhori.bodoh jangan di bawa kemuka umum dong

  51. Tenang aje mbak luvi supatri. Albany juga pernah meragukan hadis al Bukhory.

    Saya meragukan jika ada orang Salafy mengatakan Albany bodoh. Jika ada, yah silakan aje.

  52. telah datang tanggapan ,simak aja perdebatan ini ,sangat menarik dan bs menjelaskan siapa keduanya ,selanjutnya

    http://firanda.com/index.php/home/31/126-bantahan-terhadap-abu-salafy-seri-5-hakikat-kesyirikan-kaum-muysrikin-arab

  53. justru saya mengerti siapa yang jujur dan siapa yg tidak dari artikel semua yg ambil dari internet ini mana yg situsnya jujur dan mana mlintir2 gitu bos
    kalau masalah bukhori mungkin saja ada yg mlintir kalmatnya juga bisa karena sekarangkan musimnya mlintir melintir sebaiknya di runut dulu ini dari pengalaman baca di internet juga lho

    • Ilmu “kayaknya” mah ga bisa dijadikan pathokan bung,..itu dzan namanya…Tunjukkan dengan penjabaran yang baik kalau memang hadits riwayat bukhari, muslim tersebut memang tidak shahih,..

  54. semoga kang abu kerkenan membahas masalah bantahan ust firanda mengenai
    ” Tuduhan Ustadz Abu Salafy Bahwasanya Ibnu Taimiyyah mencela Ali dan mencela Umar bin Al-Khottoob radhiallahu ‘anhumaa”

    http://www.firanda.com/index.php/home/31/117-tipu-muslihat-abu-salafy-cs-3-qtuduhan-ustadz-abu-salafy-bahwasanya-ibnu-taimiyyah-mencela-ali-dan-umar

    syukron katsir atas semua pencerahannya kang abu…semoga Allah senantiasa permudah urusan antum dalam menegakkan ajaran islam dari pengaruh ajaran wahabi

  55. sebaiknya g usah d jawab pakai dalil
    paling teman2 wahabi g myambung
    biasanya orang2 samin kan gitu

  56. Semakin terlihat jelas di mata orang yang mengaku berilmu. siapa yang sebenarnya melakukan kecurangan? kedustaan atas nama ulama besar.
    Silakan liat di
    http://firanda.com/index.php/home/31/127-tipu-muslihat-abu-salafy-bag-4-qsiapa-yang-berdusta-ibnu-taimiyyah-atau-abu-salafyq
    Dan anda akan tahu siapa yang berdusta..

  57. Temen-temenku yang saya cintai karena Alloh…Imam Bukhory banyak menulis kitab-kitab hadits, diantaranya kitab Jami’ As Shohih atau yang lebih dikenal dg Shohih Bukhory, Kholqu Af’alil ‘Ibaad, Al Adabul Mufrod, Rof’ul Yadain fis Sholah, dll…dan setau saya selama saya belajar ilmu mustholahul hadits…Imam Bukhory hanya mensyaratkan untuk memasukkan hadits-hadits shohih hanya dalam Shohih Bukhory saja dan syarat Imam Bukhory ini diterima oleh para ulama ahlul hadits, sehingga hadits-hadits dalam Shohih Bukhory semuanya shohih kecuali ada beberapa hadits yang dikritik oleh Ulama ahlul hadits yang setingkat dengan beliau seperti Imam Ad Daraquthni tapi kritikan ini pun ga berpengaruh insyaAllah terhadap keshohihan kitab Shohih Bukhory… adapun selain kitab Shohih Bukhory, Imam Bukhory hanya membawakan sanad dan hadits tanpa mensyaratkan haditsnya shohih…Coba temen-temen baca kitab Tadribur Rowi karya Imam As Sutuyhi Asy Syafi’i ketika menjelaskan kitab At Taqrib karya Imam An Nawawi ttg ilmu mustholah hadits…jadi kalo ada ulama ahlul hadits (misalkan Syaikh Al Albany -rohimahullah-) yang mendho’ifkan hadits riwayat Bukhory dalam kitab Al Adabul Mufrod maka jangan disalahfahami kalo beliau mendho’ifkan hadits yang terdapat dalam Shohih Bukhory….kita harus adil dalam menilai seseorang… dan tuduhan-tuduhan buruk yang diberikan kepada Syaikh Al Albany -rohimahulloh- setelah saya cek ke sumber kitab aslinya tidaklah benar, atau menukilnya kurang lengkap….karya dan jerih payah Syaikh Al Albany dalam berkhidmat pada sunnah amatlah banyak dan patut disyukuri, diantaranya beliau menulis kitab :
    1)Shohih Sunan Abi Daud
    2)Dho’if Sunan Abi Daud
    3)Shohih Sunan Tirmidzy,
    4)Dho’if Sunan Tirmidzy,
    5)Shohih Sunan Ibnu Majah,
    6)Dho’if Sunan Ibnu Majah,
    7)Shohih Sunan Nasai,
    8)Dho’if Sunan Nasai
    9)Silsilah Ahadits Shohihah
    10)Sisilah Ahadits Dho’ifah
    11)Irwaaul Gholil fi Takhrij Ahadiits Manaaris Sabiil
    12)Sifat Sholat Nabi
    13)Sifat Hajjatun Nabi
    14)Takhrij Hadits Riyadhus Sholihin
    15)Takrij Hadits Adabul Mufrod
    16)Ahkamul Janaiz
    17)Khutbathul Hajah
    dan masih banyak lagi kitab yang lain yang ga bisa saya sebutkan semuanya disini….beliau juga mendapatkan penghargaan dari Rabithah Alam Islami atau lembaga yang semisal dengan itu, (saya agak lupa) atas jerih payah dan jasa-jasa beliau terhadap islam dan sunnah…
    Jadi sebelum mengomentari para ulama, hendaknya kita mengintrospeksi diri kita dulu…Siapa kita dan siapa Syaikh Albany….Apa yang telah kita sumbangkan kepada Islam dan kaum Muslimin dan Apa yang telah Syaikh Al Albany sumbangkan kepada Islam dan kaum muslimin….Umur dan jenggot beliau putih karena mengabiskan waktu beliau untuk mempelajari hadits rosul, sementara umur kita habis untuk perkara yang sia-sia… tentunya khidmat Syaikh Al Albany -rohimahulloh- terhadap sunnah adalah dengan taufiq dari Allah..Nas’alullahat taufiq wa hadaanallahu waiyyakum…amin

  58. Bismillah…Assalamu’alaikum….
    Sahabat seiman sebangsa dan seplanet,
    saya seorang yang awam dan bodoh dengan bangga bodoh di hadapan Allah,dan belajar menjaga lisan yang Allah ciptakan,walau saya tak faham,namun ketahuilah,(eh maaf sudah pada tau malah bahkan pada ahli) jangan sahabat umbar dalil tanpa manfaat (maaf saya pura2 ngert) hafal dalil yang banyak tak akan ada artinya jika untuk memerangi sesama muslim juga, jangan sampai mencari dalil seharian untuk menyerang lawan diskusi,meski tetap saya bangga dengan sahabat2 yg benyak hafal dalil,minimal buat saya bertanya.
    saya yg bodoh hanya ingin shalat yg membawa saya ke surga kelak,khayalan saya yg pada hafal dalil pastinya lebih dulu dari saya masuk surganya,tapi itu logika saya…
    sebab sayah alfiahnya aja gak tamat…tapi saya nangis membaca sesama muslim saling mengolok-olokan…menurut sayah yg tetab bangga dengan bodoh di hadapan Allah..terapkan di kehidupan sehari-hari,jika masyarakat merasakan sahabt2ku bermanfaat dan dicintai,tak perlu menunjukan nash or hadits sohih dengan berapi-api,mungkin itu yg disebut satu ayat tapi manfaat..

  59. teman 2 wahabi sebetulnya ngerti kemunafikannya
    tapi mundur isin.

  60. @khoirudin
    duh ente ini kerjaannya koar koar muloe,, ente dah siap dialog..??? SKRG TEMPAT ENTE DIMANA ..!!?? KOAR2 MANJANG, TONG KOSONG NYARING BUNYINYA…..

    • Mau saran abu salafy,
      Seharusnya ada menu “disclaimer” di bagian atas, setelah menu: “daftar artikel blog ini”, tulisannya:

      “Isi diluar tanggung jawab penulis blog. Kami tidak memeriksa isi dari blog ini dan kami tidak menjamin Anda apapun dari blog ini”
      😀 He3.. Jadi bisa buat sanggahan buat para pengikut mas yang menuntut dihari akhirat nanti..he3.

  61. danikahikingf@yahoo.co.id

    ini email saya wahai Pengikut ABU SARAFY
    Kata bapak TEBE ??????

    DASAR GILA ENTE SEMUA !!! BAHLULLLL
    iya gak bang ALI

  62. kenapa komentar ana belum dimuat, kamu malu ya mas abu salafy. hendaknya kamu bertaubat kepada Allah, ingatlah hari akhirat… hari dimana kamu akan di sidang oleh ALlah, apakah kamu siap berdialog dengan Abu Sufyan di hadapan ALlah???

  63. debat sama teman2 wahabi nggak perlu yg pinter eman2 ilmunya ketinggian cukup yg biar yg tong kosong ja cukup dan berani insya nggak bakalan kalah deh kalau cuma sma wahabi paling juga gitu2 aja.siap

  64. @khirudin
    din..din… bual koq dpliara, ajarannya abu salpy pa ya…. btw, qt tetep doain moga ente, segera sadar n meniti manhaj salaf, jauhi tuh pahamna abu salapy, insya Alloh bermanfaat. Hadaaniyallohu wa iyyakum..
    din…din… (kaya manggil mudin)

  65. dak usah cari saya saya akan datangi kamu

  66. yooo kita yang pendukung abu slafy membuat
    komunitas biar lebih siiip gitu lho, aku sangat siap
    dan tunggu beritanya kita bisa ngumpul dmn mulainya

  67. masih mending fir’un ketimbang binbaz, ibnu tai miyah
    atau si abdul waaaahab
    yo santri nyoblos fir’un ya

    • Mas mas piye kowe iki, wong fir’aun ngaku tuhan dicoblos, welah-welah-welah, jelas banget mas fir’aun masuk neraka,

      mas tahu gak neraka, bila kaki diberi bara api, maka otak akan mendidih.

      itu siksa yang terkecil

      semoga Allah melidungi kita dan keluarga kita dari api neraka, amin, aimn, amin

    • khoirudin@ anda benar2 dalam kebingungan dan kedunguan..lha udah jelas fir,on itu tempatnya dineraka masak ente bilang lebih mending……sudah hilang akal sehat antum! Waliudzubillah

  68. yooo kita yang pendukung abu salafy membuat
    komunitas biar lebih siiip gitu lho, aku sangat siap
    dan tunggu beritanya kita bisa ngumpul dmn mulainya
    oh…yaaa lupa
    nanti pakai kaos bertulisan abu salafy memang oye

  69. TERNYATA USTAD FIRANDA ANDRIA SEORANG AL KADZDZAB (PEMBOHONG)

    Gelar “kadzdzab” (gemar berdusta) yang disematkan oleh salah seorang ulama besar di Madinah Asy-Syaikh Abdullah bin Abdirrahim Al-Bukhari Hafizhahullah kepada seorang pelajar di Madinah yang bernama Firanda Andirja memang merupakan gelar yang layak disandangnya.

    mau tau lengkapnya baca disini:

    Dusta Firanda Ditengah Badai Fitnah Yang Sedang Melanda (Bag:1)

    Penulis: Al-Ustadz Abu Karimah Askari bin Jamal Hafizhahulloh

    http://www.salafy.or.id/print.php?id_artikel=1733

    Dusta Firanda Ditengah Badai Fitnah Yang Sedang Melanda (Bag:2)

    http://www.salafybpp.com/categoryblog/99-dusta-firanda-ditengah-badai-fitnah-yang-sedang-melanda-bag2.html

    Dusta Firanda Ditengah Badai Fitnah Yang Sedang Melanda (Bag:3)

    http://www.salafybpp.com/fataawa/106-dusta-firanda-ditengah-badai

  70. Wah ust abu salafy lagi sibuk bgt ya….sampe blm buat balesan firanda.com yang udah nyampe seri 07,,hhhmm banyak bgt
    kita setia menunggu ustad abu…jazakumullah

    __________
    Abu Salafy

    Iya betul akhi saya lagi sibuk sekarang…
    Insya Allah smua tulisan Ust. Firanda akan saya bantah.
    doakan!
    Jazakumullahu khoiran kadzalik

    • anda tidak bakalan bisa membantah tulisan-tulisan ustad firanda!!
      kalau memang bisa, maka tidaklah benar tulisan-tulisan anda!! karena yang namanya kebenaran tidak tidak akan bisa terkalahkan dengan yang namnanya kebathilan!!!

      • @ahmady alwahaby

        kok belum apa2, sudah dibilang tidak benar….ngapain juga ustad abu ngebantah kalo belum ditulis aja sudah di vonis…ada2 aja…

      • ya begitu deh…..selalu ngerasa beneeeer sendir, golongannya suciii…sendiri…Nauzubillah.
        Bapak-bapak, ubi-ibu, waspadai anak-anak kita, keluarga kita dari faham-fagam yang menyimpang jauh dengan tuntunan Rasulullah SAW. Seperti WAHABI ini. karena jangan kan orang lain yang beda faham…Kedua orang tuanya pun sampai-sampai di paksa Sahadat lagi. dia bilang “Bapak telah keluar dari Islam, musrik” YaAlloh…menggiris saya denger nya …Dia adalah temen saya sendiri, teman dari kecil.

    • Y NT LAGI SIBUK DIKUBURAN LG MINTA SAMA WANGSIT, G TAU LG K IRAN LAGI MUT’AH WOK WOK WOK

    • Kalau ketemuan berani ndak mas Abu Salafy?
      jadi biar hidungnya kelihatan….

  71. saya pigin ketemu ssama abu jufri bos

  72. haaah cape , di ajak ketemu dialog ga mau … berkoaar doank , kayak udang di balik batu aja ngumpet terus

  73. buat bos muslm sunni
    wahabi harus d buali bos biar impas
    tukang ngapusi ya gak usah d seriusi eman2 pikirannya

  74. hore… hidup ustad firanda….
    tetap konsisten dengan dakwah salaf(bukan dakwah abu salafi ya??)!!

  75. to gw

    Apa benar mas senang dan mau diajak dialog ? kalau memang benar, saya mau berdialog dengan sampeyan.

    Untuk mudahnya materi dialog akan saya bagi menjadi dua sesi.

    Pertama, mencari mana yang lebih benar dalam metoda beristidlal.

    Kedua baru masuk materi permaslahan.

    Untuk materi pertama saya atau anda akan dianggap gugur jika pernyataan dari masing-masing pihak membentur pernyataannya sendiri.
    Secara otomatis yang bersangkutan dinyatakan kalah dan dialog tidak dilanjutkan ke sesi berikutnya.

    Untuk bisa masuk ke sesi kedua nanti ada pertemuan berikutnya dengan cara mengulangi sesi pertama setelah yang bersangkutan memperbaharui (mengganti cara berdalil) yang benar benar bebas dari kontradiksi pernyataan.

    Bagaimana ? saya tunggu jawabannya dan dimana kita bertemu.

    Syukron

  76. jaga perdamaian dunia aja …

    by
    kayu jabon
    jasa ekspedisi

  77. Assalamu’alaikum Ustadz Abu Salafy. Semoga rahmah Allah menaungi hari-hari Ustadz. Saya selalu mendoakan semoga Ustadz diberi kekuatan dan kesabaran dalam membela akidah Aswaja dan ilmu yang disampaikan menjadi ilmu yang bermanfaat. Amin.

  78. luvy sapitry,coba kau buka lg blog ABU SYAFIQ dr malaysia.wahabi skrg menghalalkan sodomi,apa masih mau ikut coy?coba lu lihat ustad lutfi yg td nya salafi skrg jd orang kuat tablig,kalau dibanding lu luvy,weh ilmu mu jauh lg dr ustad lutfi ,dikebon jeruk,kau blajar kat mana lipia,iain,era muslim atau bc buku2 wahabi?yg sesatnya di tauhid ala wahabi tu,mrk kata org kapir ada iman jd,fuck you

  79. mana ada nabi membagi tauhid ala wahabi,yg lbh teruk isi nya iyu byk kafir syirik bukan tauhid ,luvy

  80. @GW
    Tuh dilayanin sama Akh M.Abdullah Habib. Ente jangan bekoar doang.
    @Akh M.Abdullah Habib, semoga kasih sayang Allah menuntun Anda pada jalan Aswaja.

  81. Ma’af yah, yang ana tahu orang musyrik sebelum kelahiran Nabi Sallallahu ‘alaihi wassalam itu mengakui Allah sebagai pencipta, pemberi rizki dll . Buktinya nama ayahnya Nabi Muhammad itu Abdullah (hamba Allah), padahal bapaknya Nabi itu lahir pada jaman jahiliyah (sebelum jaman nabi). Belum pernah ana denger ada nama orang musyrik itu Abdullatta, Abduluzza dll.

  82. WAHABI WAHABI DI SINI GOBLOG GOBLOG YA..
    Dah KETAUAN SI FIRANDA DIKATAKAN SEBAGAI PENDUSTA OLEH GURUNYA SENDIRI YG DARI MADINAH ,MASIH AJA DIBELA SI FIRANDA PENDUSTA INI.
    GoBLOG

  83. WAHABI WAHABI DI SINI GOBLOG GOBLOG YA..
    Dah KETAUAN SI FIRANDA DIKATAKAN SEBAGAI PENDUSTA OLEH GURUNYA SENDIRI YG DARI MADINAH ,MASIH AJA DIBELA SI FIRANDA PENDUSTA INI.
    GoBLOG ngikutin PENDUSTA

  84. sory aq hanya cukup mengocopy karena bagiku ini hanya cukup copy
    klo d sampaikan kebenaran d katakan mefitnah n benci itulah wahabi
    padahal dah d dukung fakta n bukti
    jadi g buang2 energi deh utk menjawab pr wahabi
    kamu memang wahabi yg asli bukan salafy
    tapi kamu malu menerima nama wahabi maunya pakai nama salafy
    biar orang pada g ngerti trus terjebak dg nama salafy klo kamu yg bener n aslinya wahabi
    salafy untuk menutupi wahabi ngapusi ciri khas wahabi
    bukan ciri2 salafy yg asli pewaris nabi
    tp kamu malu d undang nama wahabi
    katanya kembali ke quran n hadis yg murni
    ternyata itupun ngapusi alias gataki
    sekarang sampai d pondok yg ada plosok2pun banyak yg ngerti klo itu hanya promosi
    trus pd lari dan kembali ke pemahaman semula yg d wariskan ulama pewaris nabi
    bukan pewaris ulama wahabi abdul wahab ibnu taimiyyah ,binbaz dan yg lain2 lagi
    oh yaaa al albani aku meh lali ngko ndak meri
    apalagi setelah d bongkar abusalafy memalsu buku2 yg asli
    wahabi g bisa jawab apalagi ngedel jadi bisanya hanya bingungi
    semakin mantap ke pemahaman yg asli nambah mantap dan ora ragu2 lagi
    wahabi tetep aja wahabi
    klo koment ini pasti d spam karena aku sudah mengerti tdk sesuai doktrin wahabi
    tapi akan saya munculkan di bloknya abu salafy yg jujur n terbuka ini
    karena itu sdh menjadi kebiasaan n ciri khas murid n ustad n generasi penerus wahabi
    ditambah menghujat ,mefitnah,memaki bidah,syirik ,n takfiri itulah yg di NAMAI
    wa wa wa wa wa
    ha ha ha ha ha
    bi bi bi bi bi bi bi

  85. USTADZ ….. FIRANDA SANG PEMBOHONG

    Abdullah Bin Abdurrahim Al-Bukhari Hafizhahullah Ta’ala. Beliau benar- benar mengetahui akhlak Firanda yang sangat buruk ini, sebab beliau yang menghadapinya secara langsung tentang fitnah keji yang dia sebarkan olehnya. Berikut ini fatwa Beliau:

    Terjemahan :

    “Ditempat kalian terjadi fitnah, apakah ditempat kami tidak terjadi fitnah? Kami juga mengalami fitnah, bahkan fitnah yang lebih banyak dibanding kalian, kalau kita terus berjalan dibelakang setiap mereka, yakni setiap orang dari mereka para pelaku kejahatan berbicara, dan jumlah mereka sungguh banyak –semoga Allah tidak menambah lagi jumlah mereka menyebabkan kita tidak lagi mengajar manusia, tidak lagi membuat karya ilmiah, tidak lagi menulis, tidak lagi mengajar dan menyebarkan agama.

    termasuk orang yang paling fajir diantara mereka (ahli fitnah). paling buruk dan pendusta sekarang ini adalah si jahat yang dikenal dengan nama Firanda yang berasal dari Indonesia. Si jahat dan pendusta besar ini berjalan di kota Madinah mendatangi sebagian para pelajar dan sebagian orang, dan membuat kisruh bahwa Syaikh Abdullah (al-Bukhari) tidak menyisakan satupun, semuanya dikritik, dia mengkritisi si fulan, mengkritisi Syaikh al-Abbad dan anaknya dan saya tidak tahu siapa lagi, sebab ketika mereka datang kepadaku, dia bersama yang lain dari pengikutnya Ali Musri dan aku membicarakan mereka dan kebodohan mereka, si bodoh yang ngawur Ali Musri dan sikap dia pada tahun yang lalu. Dan aku mencela Firanda atas bukunya yang berbicara tentang Ihya At-Turats, Aku jelaskan kebobrokan Ihya At-Turats dan memaparkan kepada mereka siapa itu Ihya At-Turats. mereka berkata: Demi Allah wahai Syekh, kami benar-benar tidak tahu, jazakallah khaer engkau telah menjelaskannya. Maka saya berkata : nah, sekarang aku telah menjelaskan, apa yang akan kamu lakukan sekarang? Tentunya orang ini (maksudnya Firanda,pen) dia keluar dari kediamanku dalam keadaan dia tidak tahu apa yang akan dia lakukan dan perbuat setelah menyebarkan kedustaan, kefajiran dan kejahatan ini. Bahkan teman-temannya yang ketika itu bersamanya, diantara mereka Nur Ihsan dan yang bersamanya, mereka berkata: wahai syaikh, kami tidak memahami ucapanmu ini dengan pemahaman itu, dan engkau telah mengetahui bahwa orang ini (maksud mereka Firanda,pen) jahat dan pendusta,fajir, bahkan kelewat batas dalam berdusta pula. Maka kita semoga Allah memberkatimu- setiap hari kami menghadapi fitnah, dan setiap hari kami menghadapi para pencari fitnah. Kalau sekiranya kita menyibukkan diri dengan mereka, kita tidak akan mendakwahi manusia, tidak mengajar lagi, ya akhi, tinggalkan mereka…

    • INILAH KEBOHONGAN ABU SALAFI ALKADDZAB

      ini juga dalam tafsir Ibnu katsir kalau orang musyrik sangat percaya pada Allah

      وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ فَأَنَّى يُؤْفَكُونَ (61) اللَّهُ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ إِنَّ اللَّهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ (62) وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ نَزَّلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ مِنْ بَعْدِ مَوْتِهَا لَيَقُولُنَّ اللَّهُ قُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لَا يَعْقِلُونَ (63)

      لفظ: “سافروا مع ذوي الجدود والميسرة” (1)
      وقوله تعالى: { وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ } أي: السميع لأقوال عباده، العليم بحركاتهم وسكناتهم.
      { وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأرْضَ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ فَأَنَّى يُؤْفَكُونَ (61) اللَّهُ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ إِنَّ اللَّهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ (62) وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ نزلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَحْيَا بِهِ الأرْضَ مِنْ بَعْدِ مَوْتِهَا لَيَقُولُنَّ اللَّهُ قُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لا يَعْقِلُونَ (63) } .
      يقول تعالى مقررا (2) أنه لا إله إلا هو؛ لأن المشركين -الذين يعبدون معه غيره -معترفون أنه (3) المستقل بخلق السموات والأرض والشمس والقمر، وتسخير الليل والنهار، وأنه الخالق الرازق لعباده، ومقدر آجالهم، واختلافها واختلاف أرزاقهم ففاوت بينهم، فمنهم الغني والفقير، وهو العليم بما يصلح كُلا منهم، ومَنْ يستحق الغنى ممن يستحق الفقر، فذكر أنه المستبدُّ بخلق الأشياء (4) المتفرد بتدبيرها، فإذا كان الأمر كذلك فلم يُعبد غيره؟ ولم يتوكل على غيره؟ فكما أنه الواحد في ملكه فليكن الواحد في عبادته، وكثيرًا ما يقرر تعالى مقام الإلهية بالاعتراف بتوحيد الربوبية. وقد كان المشركون يعترفون بذلك، كما كانوا يقولون في تلبيتهم: “لبيك لا شريك لك، إلا شريكا هو لك، تملكه وما ملك”.

      siapa sekarang yang pendusta sebenarnya

      abu Salafi alkaddzab

    • Assalamu ‘alaikum

      Untuk semua, pasti kita akan melihat neraka yang bahan bakarnya dari batu dan manusia

      bila kaki kita diberi bara api maka mendidihlah otak kita, itu siksa terringan, camkan.

      untuk selamat pegang terus Al Qur’an dan As sunnah

      gigit dengan gerahan sunnah dan sunnah khalifah yang diberi petujuk

      ikuti jalan kaum mukminin awal

      insya Allah kita akan selamat dari api neraka, menuju surga yang penuh kenikmatan, amin, amin, amin.

      • wahai sdrku,ana mo tanya(tlg jawab dengan jujur) :”APA DAN SIAPA SIH yg antum2 sebut “WAHABI” itu ? Tidak ingatkah antum,bhw Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, …”man khaala fii mukminin ma laiisa fiihi askanahullahu raadzghotal haabal…” (Barang siapa yg mengatakan kpd seorang mukmin,apa yg tdk ada pd orang mukmin itu maka ,Allah akan memasukkannya kedalam cairannya ahli Neraka”…)-Shahih : HR.Abu Dawud(no.3507).Ahmad(II/70),AL-Hakim (II/27)disepakati oleh adz-Dzahabi ! dari Shahabat ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma,lihat Silsilah al-Ahaadits ashShahiihah(no.437) mari,rame2 kita tinggalkan “taalibil ilmi” di blog ini ! karena pengampunya…BTI (Bicara Tanpa Ilmu) !!! Lebih baik kunjungi ….. (www.mantankyiainu.blogspot.com) dan (www.radiorodja.com) !!! Lebih berBOBOT dan berMANFAAT ,Insyaallah… Sukron . (www..sinsano@gmail.com)

    • Y DI FITNAH OLEH ORANG 2 AHLUL BID’AH SEPERTI AL USTAD ABU SALAFI YANG SESAT DAN MENYESATKAN “

  86. Sepi nih…menunggu bantahan dari al-ustadz abu salafy hadahullaahu terhadap tulisan al-ustadz firanda hafidzhullaahu….

    ________________
    Abu Salafy

    Insya Allah saya akan bantah akhi… tunggu saja!

  87. ternyata tulisan abu salafi menyesatkan umat, kutipannya semua palsu , saya bisa membuktikan bahwa pendapat abu salafy didorong hawa nafsunya untuk mengalahkan firanda, bukan adlin dhabid, tidak tuntas membaca tafsir , yang menyatakan mereka musyrikin mengakui Allah bukan hanya satu tafsir, tetapi dilewati begitu saja oleh abu salafi majhul, saya menyampaikan tantangan terbuka kepada abu slafi almajhul……….

  88. coba Abu salafi baca Ini

    قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلَّا نَعْبُدَ إِلَّا اللَّهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ (64)

    وقال آخرون: هو قولُ”لا إله إلا الله”.
    ذكر من قال ذلك:
    7199 – حدثني المثنى قال، حدثنا إسحاق قال، حدثنا ابن أبي جعفر، عن أبيه، عن الربيع قال، قال أبو العالية:”كلمة السواء”، لا إله إلا الله.
    * * *
    وأما قوله:”ألا نعبُدَ إلا الله”، فإنّ”أنْ” في موضع خفض على معنى: تعالوا إلى أنْ لا نعبد إلا الله. (1)
    * * *
    وقد بينا – معنى”العبادة” في كلام العرب فيما مضى، ودللنا على الصحيح من معانيه بما أغنى عن إعادته. (2)
    * * *
    وأما قوله:”ولا يتخذ بعضُنا بعضًا أربابًا”، فإنّ”اتخاذ بعضهم بعضًا”، ما كان بطاعة الأتباع الرؤساءَ فيما أمروهم به من معاصي الله، (3) وتركِهم ما نهوهم عنه من طاعة الله، كما قال جل ثناؤه:( اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إِلا لِيَعْبُدُوا إِلَهًا وَاحِدًا ) [سورة التوبة: 31]، كما:-
    7200 – حدثنا القاسم قال، حدثنا الحسين قال، حدثني حجاج قال، قال ابن جريج:”ولا يتخذ بعضنا بعضًا أربابًا من دون الله”، يقول: لا يطع بعضُنا بعضًا في معصية الله. ويقال إنّ تلك الرُّبوبية: أن يطيعَ الناس سادَتهم وقادتهم في غير عبادة، وإن لم يصلُّوا لهم.

    الكتاب : جامع البيان في تأويل القرآن
    المؤلف : محمد بن جرير بن يزيد بن كثير بن غالب الآملي، أبو جعفر الطبري،

    coba abu slafi majhul baca ini ngerti tidak

    وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا مُوسَى بِآَيَاتِنَا وَسُلْطَانٍ مُبِينٍ (96) إِلَى فِرْعَوْنَ وَمَلَئِهِ فَاتَّبَعُوا أَمْرَ فِرْعَوْنَ وَمَا أَمْرُ فِرْعَوْنَ بِرَشِيدٍ (97)

    كل من ادّعى الربوبية دونه، وبُطُول قول من أشرك معه في الألوهية غيره =(إلى فرعون وملئه) ، يعني إلى أشراف جنده وتُبَّاعه (1) =(فاتبعوا أمر فرعون) ، يقول: فكذب فرعون وملأه موسى، وجحدوا وحدانية الله، وأبوا قبول ما أتاهم به موسى من عند الله، واتبع ملأ فرعون أمرَ فرعون دون أمر الله، وأطاعوه في تكذيب موسى ، وردّ ما جاءهم به من عند الله عليه = يقول تعالى ذكره:(وما أمر فرعون برشيد) يعني: أنه لا يُرشد أمر فرعون من قَبِله منه، في تكذيب موسى، إلى خير، (2) ولا يهديه إلا صلاح، بل يورده نار جهنم. (3)

    الكتاب : جامع البيان في تأويل القرآن
    المؤلف : محمد بن جرير بن يزيد بن كثير بن غالب الآملي، أبو جعفر الطبري،

    يُنَزِّلُ الْمَلَائِكَةَ بِالرُّوحِ مِنْ أَمْرِهِ عَلَى مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ أَنْ أَنْذِرُوا أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنَا فَاتَّقُونِ (2)

    بالياء وتخفيف الزاي ونصب الملائكة. وحُكي عن بعض الكوفيين أنه كان يقرؤه: ” تَنزلُ المَلائكَةُ” بالتاء وتشديد الزاي والملائكة بالرفع، على اختلاف عنه في ذلك ، وقد رُوي عنه موافقة سائر قرّاء بلده.
    وأولى القراءات بالصواب في ذلك عندي قراءة من قرأ( يُنزلُ الْمَلائِكَةَ ) بمعنى: ينزل الله ملائكة. وإنما اخترت ذلك، لأن الله هو المنزل ملائكته بوحيه إلى رسله، فإضافة فعل ذلك إليه أولى وأحقّ واخترت ينزل بالتشديد على التخفيف، لأنه تعالى ذكره كان ينزل من الوحي على من نزله شيئا بعد شيء، والتشديد به إذ كان ذلك معناه ، أولى من التخفيف.
    فتأويل الكلام: ينزل الله ملائكته بما يحيا به الحقّ ويضمحلّ به الباطل من أمره( عَلَى مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ ) يعني على من يشاء من رسله( أَنْ أَنْذِرُوا ) فإن الأولى في موضع خفض، ردًا على الروح، والثانية في موضع نصب بأنذروا. ومعنى الكلام: ينزل الملائكة بالروح من أمره على من يشاء من عباده، بأن أنذروا عبادي سطوتي على كُفرهم بي وإشراكهم في اتخاذهم معي الآلهة والأوثان، فإنه لا إله إلا أنا ، يقول: لا تنبغي الألوهة إلا لي، ولا يصلح أن يُعبد شيء سواي، فاتقون : يقول: فاحذروني بأداء فرائضي وإفراد العبادة وإخلاص الربوبية لي، فإن ذلك نجاتكم من الهلكة.

    silahkan perhatikan itu tafsir At-Thobary almajhul, siapa sebenarnya pembohong besar pasti abu salafy penghuni neraka ini saya tantang anda saya orang madura, ayoo kita bertemu di mana yang bisa menyaksikan kebohongan anda tersebut, akan saya beberkan kealpaan anda memahabi tafsir

  89. MENGAPA SEBAB ANDA MENOLAK TAFSIR ITU KARENA ANDA ERGOLONG MUSYRIK KALI

  90. INI ORANG MUSYRIK BERDOA ABU SALAFY ALMAJHUL

    حدثني يونس قال، أخبرنا ابن وهب قال، قال ابن زيد في قوله:(أولئك ما كان لهم أن يدخلوها إلا خائفين) ، قال: نادى رسول الله صلى الله عليه وسلم:”لا يحج بعد العام مشرك ، ولا يطوف بالبيت عريان. قال: فجعل المشركون يقولون: اللهم إنا منعنا أن ننزل!.

    ………….

  91. Abu Salafy kebakaran jenggot

    Semua comment comment ana yang membongkar identitas makar dan kebohongan Abu Salafy di hapus….

    Wahai kaum muslimin janganlah kalian tertipu dengan ucapan Abu Salafy…..

    dia ingin menjauhkan kalian dari kebenaran dan menyeret kalian kepada kesyirikan…..,

    Bukankah Allah saja yang pantas untuk di sembah?????

    dan Pantaskah beribadah di dan kepada kuburan orang yang di anggap sholih ????

    Bukankah syirik itu hinaaaaaa?????
    Bukankah Tauhid itu muliaaaaa?????

  92. aku lebih bangga meliat kalian berjihad di gaza sana daripada berkoar2 di sini buktikan lah bahwa kalian adalah orang2 yang benar2 ingin panji allah tertanam kembali di bumi ini…
    allah aku berlindung padamu dai kejinya fitna dunia, wanita dan dajjal, beserta gangguan setan yang engkau murkai dan para bala tentaranya yang berada di hati2 hambamu…..

  93. Wahabi is bhe dest..

  94. Orang kalau sudah kena doktrin virus wahaby, kayak orang bingung.

    saat dibacakan al-Qur’an pasti dia akan jawab: Baca alQur’an dong, jangan pendapat anda sendiri !

    saat dibacakan Hadits, pasti ia akan menjawab: Ikuti dong Sunnah Rosul, jangan ngomong doang !

    memang nggak penah nyambung diajak diskusi.

    Betapa pun Blog ini menampilkan ayat-ayat alQur’an atau Hadits-Hadits Rosululloh SAW, orang yang udah terkena virus wahaby, pasti nggak nyambung bin bingung bin botot lalu bilang : Ikuti dong alQur’an, ikuti dong al-Hadits…!

    Lalu mereka lari mengikuti Ibnu Tai mi’ah, Muhammad bin AbdulWahhab, alBany, Bin Baz, Utsaimain.

    • wkwkwkwk… dakwah salaf lebih unggul dari dakwah2nya penentang mereka, dakwah golongan yang dinisbatkan wahabiyyin lebih unggul secara akademis dan disiplin ilmu ketimbang orang2 yang menentang mereka, trust me..!!! ane dulu juga sama pernah membenci mereka, tapi lama kelamaan ane cermati mereka cerdas2 dan membeberkan segala masalah dengan rujukan yang ilmiyyah, bukan semata egois mereka atau nafsu mereka…
      wahabi is the best… saya yakin semakin lama semakin banyak yang sadar jika sering membaca dan membandingkan argument atau bahkan sanggahan antara keduanya…

      semoga kita termasuk orang yang tidak salah langkah…

  95. Assalamualaikum, afwan Ustadz Tolong terangkan tafsir dari ayat ini?

    “Katakanlah,’Kepunyaan siapakah bumi ini, dan semua yang ada padanya, jika kamu mengetahui?’ Mereka (kaum musyrikin) akan menjawab, ‘Kepunyaan Allah’. Katakanlah, ’Maka apakah kamu tidak ingat?’ Katakanlah, ’Siapakah yang memiliki langit yang tujuh dan yang memiliki ‘Arsy yang besar?’ Mereka akan menjawab, ’Kepunyaan Allah’. Katakanlah, ’Maka apakah kamu tidak bertakwa?’ Katakanlah, ’Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu sedang dia melindungi, tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)-Nya, jika kamu mengetahui?’ Mereka akan menjawab, ’Kepunyaan Allah’. Katakanlah, ’(Kalau demikian), maka dari jalan manakah kamu ditipu?’ ” (QS. Al-Mu’minuun [23]: 84-89)

    syukran

  96. Assalamu’alaikum ayyuhal ikhwah…

    Saya berkomentar tidak berkepentingan untuk membela siapapun, saya mengajak orang2 yang awam -seperti saya- dan baru mencoba investigasi dan juga mencari kebenaran dengan disiplin ilmiyyah

    1. berhentilah beribadah hanya karena ustadz anda berkata ini dan itu tanpa mencari sumbernya

    2. berhentilah melakukan sesuatu hanya karena ustadz dan nenek moyang anda berkata kadza wa kadza

    3. bandingkanlah golongan yang berseteru, jika wahabi dan aswaja yang berseteru silahkan lihat paparan dan penjelasannya sekaligus hitung bukti2 yang mereka kemukakan, begitupun yang lain (bisa lihat website2 mereka,majalah2, maqolat2 mereka juga)

    4. biasakan dengan melihat bantahan dan sanggahan juga

    5. ikutilah hadits shahih dan sharih, sebab lebih menyelematkan anda meskipun berbenturan dengan kebiasaan anda sebelumnya

    6. lakukan investigasi sendiri

    7. berserah diri dan mengadu pada Allah untuk ditunjukkan kebenaran dan dikuatkan dada dan sekujur tubuh untuk mengikuti yang benar
    dan menolak yang selama ini telah salah dan kita ikuti tanpa ilmu

    syukron membaca komentar saya…

    ‘asallahu yahdiyani waiyyakum,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s