Ibnu Abdil Wahhâb: Selain Wahhâbiyah Kafir/Musyrik! (9)

Ibnu Abdil Wahhâb: Selain Wahhâbiyah Kafir/Musyrik! (9)

Kelompok Khawarij adalah salah satu kelompok yang telah disebut-sebut Nabi saw. dalam sabda-sabda beliau. Mereka adalah orang-orang yang meluncur keluar dari agama bak anak panah melesit dari busurunya. Kendati kehebatan ibadah mereka tidak diragukakan, namun karena penyimpangan akidah, mereka dikecam sebagai sejelek-jelek kelompok. Mereka sangat kejem, bengis, tidak kenal rahmat kepada siapapun yang tidak sependapat dengan mereka. Kejahatan mereka telah direkam ulama dalam buku-buku mereka. Berapa banyak nyawa tak berdosa melayang akibat tebasan pedang mereka.

Ciri paling menonjol dari kaum Khawarij adalah mengafirkan siapapun yang tidak sependapat dengan mereka. Dan kesesatan inilah yang memotivasi semua tindak kekerasan dan kejahatan serta kekejaman mereka. Sayyidina Ali ra. Adalah sasaran yang paling mereka benci.

Mereka mengafirkan Sayyidina Ali ra. dan kelompokknya dengan dasar kesempitan berpikir mereka dan karena kebodohan mereka dalam memahami apa itu imam, Islam dan apa itu kekafiran dan kemusyrikan.

Memperhatikan ciri ini, tidaklah berlebihan apabila para ulama Islam menyebut penganut Sekte Wahhabiyah bentukan Ibnu Abdil Wahhâb sebagai Khawarij. Akan tetapi, bukan menyadari kekeliruan mereka, kaum Wahhâbiyah malah menvonis kafir siapapun yang menyebut mereka sebagai Khawarij.

Contoh Kelima Belas:

Mengafirkan Siapa Saja Yang Menyebut Kaum Wahhâbiyah sebagai Khawarij!

Dalam sejarah umat Islam, kita tidak mengenal kelompok yang lebih kaku atas dasar kebodohan dan ekstrim dalam sikapnya terhadap kelompok lain seperti kaum Khawarij! Mereka tidak pernah mau berhati-hati dan memerhatikan rambu-rambu agama dalam menghukum kafir yang tidak sependapat dengan mereka. Mereka telah mengafirkan Sayyidina Ali ra. dan para sahabat pendukung Ali ra. tuduhan itu jelas jauh lebih buruk dan keji dibanding tuduhan ulama Islam bahwa kaum Wahhabiyah adalah Khawarij Modern.

Akan tetapi seperti diketahui dalam sejarah bahwa Sayyidina Ali as. yang dikafirkan kaum Khawarij itu, beliau tidak mengafirkan mereka!

Dengan memerhatikan kenyataan ini, kita dapat menilai bahwa Syeikh Ibnu Abdil Wahhâb telah melampaui batas kewajaran dalam menerjang rambu-rambu agama ketika ia mengafirkan siapa yang menyebut kaum Wahhâbiyah sebagai Khawarij. Pengafiran atas mereka dapat Anda baca dalam ad-Durar as Saniyyah,10/163

9 Tanggapan

  1. asww. temen2 mohon
    1. tahan diri unruk tidak memakai kata2 kasar, dan sikap2 tidak ilmiah dalam menghadapi salafy wahaby.
    2. sebarkan pada kalangan intelektual untuk sgera memikirkan masalah “salafy wahaby ” ini, untuk mengkaji secara jelas apakah mereka benar atau salah. Dan kalau benar salafy wahaby salah, sikap bagaimana yang tepat: sehingga tidak merugikan kaum muslimin.
    3. usaha2 seperti abu salafy ini perlu digalakkan, untuk penyadaran umat, tapi materi, info, dan isi harus bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya
    4. hindari bahasa atau sikap mengklaim dan memvonis, karena bukankah sikap2 seperti ini yang ingin dibersihkan dari kelompok salafy wahaby

  2. terlepas dari berbagai kesalahan wahaby salafy, sebaiknya kita tetap memposisikan mereka sebagai saudara kesasar yang harus ditunjukkan jalan.
    wahaby memang sudah keterlaluan sekali, masak orang ziarah kubur, dibilang penyembah kuburan. orang mengadakan tahlilan, dibilang bid’ah!

  3. sekilas saya baca tulisan ini tentang wahaby mengkafirkan ahlusunnah adalah fitnah, justru merekalah yang menjelaskan bahaya pengkafiran. lihat lah situs-situs ahlussunnah/salafi… tentulah antum dapatkan kejelasannya. hati-hati dengan berita dari orang2 munafik, bertabayunlah dulu sehingga tdk membahayakan orang lain.

    ______________________________
    -Abu Salafy-

    Mas sugeng, apa buktinya kalau yang kami ungkap ini fitnah? Bukankah kami telah cantumkan sumbernya?! Apa setiap berita yang tidak menguntungkan wahhabiyah dan membongkar kedok mereka Anda sebut sebagi fitnah dan berita orang munafik?!

    Cara terbaik bagi Anda adalah mengecek dulu sumber rujukan yang kami sebutkan dan perhatikan juga sikap ulama Wahhabiyah terhadap lawan mazhab mereka, Anda pasti akan mengetahui hakikat sebenarnya doktrin Takfiriyah.

    Wassalam.

  4. walah-walah mas sugeng, kamu ini gimana sih, kok ndak malu menuduh data yang ada dengan fitnah?1 Mengapa kamu tidak mencoba mengkonfirmasikan dulu dengan merujuk langsung atau tanya ke ustadz Wahabi kamu apa benar kutipan yang disebut pak abu salafy di sini.
    Tapi kayaknya memang begini mental si wahabi- wahabi di sini, sudak terlanjur didoktrin jangan percaya Ahlusunnah, jadi selalu aja semua bukti dibilangnya fitnah.

  5. @WONG CILIK

    http://antosalafy.wordpress.com
    masuk kategorai yg mana nich?

    ANTOSALAFY sih menurut para blogger termasuk yang ini:

    1. ANTO SALAFY BADUT WORDPRESS

    http://retorika.wordpress.com/2007/11/09/antosalafy-badut-wordpress/

    2. SIAPA ITU ANTOSALAFY?

    http://amed.wordpress.com/2007/11/08/siapa-itu-antosalafy/

    3. BLOGGER PALING MENYEBALKAN !

    http://anwarchandra.wordpress.com/2007/06/20/blogger-paling-menyebalkan/

    4. MEMBANTAI TUDUHAN ANTOSALAFY

    http://secondprince.wordpress.com/2007/11/06/membantai-tuduhan-antosalafy/

    5. LAGI-LAGI ORANG MENUDUH SESAT SEENAK JIDAT

    http://kabutorider.wordpress.com/2007/12/19/lagi-lagi-orang-menuduh-sesat-seenak-jidat/#more-90

    NAH ITULAH SEKILAS TENTANG ANTO SALAFY MENURUT PARA BLOGGER WORDPRESS !!

  6. sauadara-saudaraku, fikirkanlah, alangkah menyedihkan, dan kita harus segera Memikirkan dan mencari pemecahannya jika:
    1. info-info dari abu salafy tentang wahabi benar adanya.
    2. paham wahaby /kaum wahaby ternyata menjadi salah satu sumber perpecahan yang membuat umat islam tidak bersatu
    3. paham itu memperlemah dan ,menghancurkan potensi2 umat islam
    4. Jadi yang obyektif: Kaji, uji, buktikan: benarkah info-info dari abu salafy, trus kalau benar bagaimana mengatasinya?
    5. perlu ditegaskan: tidak setuju pada ajaran salafy wahaby bukan berarti setuju pada kemusrikan, bid’ah, klenik, takhyul dan khurafat, semua ini memang harus dibasmi.
    6. Hanya sesuatu yang dinilai syirik, bidah, klenik, takhyul, sesat, jahil, tasyabuh dll harus benar-benar bisa dibuktikan, jangan sampai menjadi mengklaim. memvonis, atau menuduh.memfitnah, dan mencemarkan.
    7. Bahwa syirik, bidah, klenik, dan hal2 yang merusak agama harus dibasmi. Tapi bukan berarti harus dengan paham wahaby, dan tidak mendukung wahaby bukan berarti pro syirik dan bid’ah. Tolong ini dicamkan
    6. Maaf. semoga sikap anda-anda yang mencela abu salafy atau mengaburkan persoalan yang sedang coba diatasi abu salafy bukan karena iri hati: kok bukan aku yang bisa mencounter wahaby ya? wah aku nggak suka ada yang lebih hebat dari aku, (maaf semoga tidak begitu)

  7. salafy di indonesia adalah wahabi. wahabi itu akidahnya nyeleweng. wahabi itu adalah khawarij.

    coba cari tau siapa itu muhammad bin abdul wahab. cari tau asal usul ibnu saud. cari tau tentang lawrence of arabia.

    wahabi = salafy = sesat = pembantai umat islam

  8. salafi itu benar ….anto yang ga benar masi kurang ilmu…….padahal di sendiri bid ah ……pake internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s