NU Layani ‘Tantangan’ Kelompok Islam Garis Keras

NU Layani ‘Tantangan’ Kelompok Islam Garis Keras
Selasa, 27 Februari 2007 20:02

Jakarta, NU Online
Genderang perang mulai ditabuh Nahdlatul Ulama (NU) untuk menghadapi gerakan dari kelompok Islam garis keras yang muncul akhir-akhir ini. Organisasi kemasyarakatan Islam terbesar di Indonesia ini siap melayani ‘tantangan’ kelompok Islam radikal yang sudah sangat meresahkan warga nahdliyin (sebutan untuk warga NU) itu.

Pada Sabtu (25/2) lalu, Pimpinan Pusat (PP) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) mengeluarkan maklumat yang berisi tentang peneguhan kembali terhadap ajaran dan amaliyah Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) yang selama ini dijalankan oleh warga nahdliyin. Sebanyak 8 ketua Pengurus Wilayah LDNU se-Indonesia menandatangani maklumat yang merupakan respon atas tuduhan sesat terhadap ajaran dan amaliyah NU itu.

“…kami menyadari dengan sepenuh hati, bahwa dewasa ini telah tumbuh dan berkembang gejala pemikiran dan gerakan ke-Islam-an (al-harakah al-islamiyyah) melalui praktek-praktek keagamaan yang dapat melunturkan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah ala NU, maka dengan ini kami menyatakan: …Senantiasa menjalankan amaliah ibadah Ahlussunnah wal Jama’ah ala NU, melestarikan praktek-praktek dan tradisi keagamaan salafush shalih; sepert salat-salat sunnat, salat tarawih 20 rakaat; wirid, salawat, qunut, talqin, ziarah qubur, tahlil, manaqib, ratib, maulid Nabi, haul, dan istighotsah; serta toleran terhadap tradisi budaya yang sesuai dengan nilai-nilai Islam sebagai bagian dari dakwah Ahlussunnah wal Jama’ah ala NU,” demikian salah satu poin dalam maklumat tersebut.

Ketua Umum PP LDNU KH Nuril Huda kepada NU Online menyatakan, gerakan kelompok garis keras itu sudah melewati batas toleransi. Karena mereka tidak lagi sebatas mengambilalih masjid-masjid milik warga nahdliyin, melainkan sudah berani menghasut dan menuduh NU adalah sesat.

“Masjid-masjid NU mulai diambilalih. Muncul banyak buku-buku yang menghujat ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah ala NU. Salat tarawih 20 rakaat; wirid, salawat, qunut, talqin, ziarah qubur, tahlil, maulid Nabi, istighotsah dan lain-lain dianggap ajaran sesat. Ini sudah tidak bisa ditoleransi lagi,” terang Kiai Nuril di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta, Selasa (27/2).

Apalagi, lanjut Kiai Nuril, gerakan mereka sudah sangat luas dan hampir merata di seluruh daerah, tidak hanya daerah yang berbasis nahdliyin. Jika NU tak segera mengambil sikap tegas, maka bukan mustahil tradisi keagamaan yang dijalankan warga nahdliyin selama ini akan hilang.

Tak hanya itu. Hal yang paling dikhawatirkan NU, menurut Kiai Nuril, adalah keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 pun ikut terancam. Pasalnya, kuat disinyalir, kelompok Islam garis keras tersebut berkeinginan menjadi Indonesia sebagai negara Islam.

Karenanya, selain peneguhan kembali terhadap ajaran dan amaliyah Aswaja ala NU, dalam maklumat tersebut juga ditegaskan bahwa NU tetap pada komitmennya untuk setia menjaga keutuhan NKRI. NU tak ingin ada pihak-pihak tertentu yang mencoba mengusik keberadaan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Ditambahkan Kiai Nuril, sebagai tindak lanjut atas maklumat tersebut, setiap PW LDNU se-Indonesia akan menguatkan barisan dalam rangka menghadapi gerakan kelompok Islam garis keras tersebut. “Kita sudah tetapkan ada lima zona konsolidasi NU. Antara lain, zona Sumatera, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan. Masing-masing zona ini akan menghimpun dan mengkonsolidasikan seluruh PW LDNU di provinsi yang berada di wilayahnya,” jelasnya.

Keberadaan zona-zona tersebut, kata Kiai Nuril, diharapkan dapat menata dengan rapih gerakan dakwah NU di daerah-daerah. Dengan demikian, masjid-masjid NU serta ajaran dan amaliyah NU dapat terjaga. “Walaupun berbeda prinsip, tapi kita ingin sama-sama saling menghormati dan menghargai keyakinan masing-masing. Tidak ada lagi tuduhan bahwa NU adalah sesat dan sebagainya,” pungkasnya

________________

SUMBER: NU Online

Iklan

87 Tanggapan

  1. 1. Dakwah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab perlu saudara pelajari kembali, supaya tidak sembarangan menyebut kata2 “Wahabi”. Belajar disini : http://www.salafy.or.id/salafy.php?menu=detil&id_artikel=57

    2. Apa dan bagaimana Dakwah Salaf, coba saudara pelajari lagi, salah satu link : http://www.asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=72
    http://www.asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=82
    (kata kunci: salaf)
    tidak ada maksud lain, agar saudara bisa paham/mengerti/mudeng apa itu salafi.

    3. Parasit yang mengacau, fitnah ini muncul karena Salafi dianggap merebut Masjid NU :)) hahaha… besok – besok Muhammadiyah juga akan teriak2 Masjid Muhammadiyah direbut orang… tolong… tolong… hahahaha… lucu bagi saya..

    Satu sanggahan saja : Masjid itu Rumah Allah, tempat kaum muslimin beribadah, siapa2 yang membangun Masjid akan mendapatkan pahala disini Allah. Kalau NU ataupun Muhammadiyah membangun Masjid lantas mengatakan itu milikku/punyaku (artinya bukan Rumah Allah) Siapapun bahkan anak kecil dapat menilai bahwa membangun Masjidnya TIDAK IKHLAS (Insya Allah) Jadi luruskan NIAT2 kita semua dalam membangun Rumah Allah, jangan karena awalnya Imam NU atau Muhammadiyah lalu digantikan dengan Imam Salafi.. lantas teriak Masjidku dirampas… Luruskan Niat kalian semua dalam membangun/memakmurkan Masjid Allah. (Sekaligus komentar atas tulisan2 yang merasa Masjid NU dirampas, entah itu dalam Blog ini ataupun dalam http://www.nu.or.id/page.php )

    4. Buat admin, luruskan NIAT untuk mendapatkan Ridha Allah dan banyak2lah belajar agama, sehingga bisa menyaingi Ilmu agama Para Dewan Fatwa Saudi Arabiya. Amin

    __________________
    -Abu Salafy menjawab-

    Mas abdullah tulisan sampean yang persis diatas itu (copy-paste) ada empat atau lima yang sampean kirim kesini. tolong sampean tulis satu tema tentang faham wahabi apa kek, soal tauhid kah, atau soal syirk, ziarah dll beserta dalil-dalinya selanjutnya nanti akan kami tanggapi dan diskusikan… tapi jangan kopi paste ya!

    • Mas abdulloh : logika masjid dibangun NU terus yg pake mengaku kaum salafi krn mesjid “milik Alloh”, logikanya kalo gitu, rumah sampeyan dijadikan WC umum aja gmn? kan “milik Alloh”.

  2. wah wah wah… pada takut ya..pembesar2 NU terhadap dakwah yang ingin memurnikan kembali Aqidah Islam kepada Qur’an dan Hadist yang shohih…?

    Iya lah takut…. soalnya mereka bakal kehilangan dunianya (pengkiut, kedudukan dan segala kenikmatan dari menjual ayat2 Allah dengan harga murah.

    Makanya… jangan asal ngaku ahlus sunnah kalo “Telinga2 & hati ente panas ngliat dakwah yang sesuai Qur’an & sunnah !”

    Ahlu sunnah kok takut berhukum dangan Qur’an & sunnah (ya iyalah.. takut kehilangan keuntungan dunia donggg…)

    ____________________
    Abu Salafy menjawab:

    anda menasehati kami…. eh malah anda yang nggak jujur…. walau anda memakai dua nama (abu-abu dan abu gosok) dan dua email… ternyata anda satu orang…. bisa dilihat mas alamat IP anda sama….!

    nggak usah repot-repot en ngomel-ngomel… sampean kirim aja satu tulisan tentang pendapat wahabi/salafy… bisa soal, tauhid, syirik atau ziarah kubur…dll beserta dalilnya… nanti kami sanggah… dan kita diskusikan mana yang lebih kuat dallinya!
    tapi jangan copy-paste ya? soalnya golongan sampean hobi-nya copy-paste!

  3. Abu Salafy menjawab:

    anda menasehati kami…. eh malah anda yang nggak jujur…. walau anda memakai dua nama (abu-abu dan abu gosok) dan dua email… ternyata anda satu orang…. bisa dilihat mas alamat IP anda sama….!
    Memang Anda hacker juga ya? atau baru mulai belajar nge-hack? IP sama bisa jadi karena SATU ISP, men…..dan SATU ISP bisa jadi ribuan atau jutaan PELANGGAN, darimana Anda bisa menyimpulkan orangnya sama HANYA KARENA IP-nya SAMA??? Kecuali kalau memang dia itu pakai alamat IP Public, see ha??

    ___________________
    Abu Salafy menjawab:

    Wah anda ahli dalam ilmu internet juga ya? oke kalo gitu kita tunggu keahlian anda dalam berdalil membela faham wahabi/salafy anda…

    • usatdz abu salafy, saya dukung anda. anda seorang alim dalam agama saya adalah orang sedikit tahu tentang silat. mari kita lawan mereka (wahabi) diarena mana yang mereka inginkan. adu otak apa adu otot.

  4. abuhandzalah,

    betul sekali kata2 antum, emang tuh adminnya mo menang sendiri.. langsung main vonis anda begini kamu begitu.. Hanya Allah dan dia sendiri yang tau kalau2 dia ngelakuin Banyak Nama tapi 1 orang aja…

    abuhandzalah ana mo tanya nih.. orang kek gitu berdosa gak ya???

    Abdulloh25@gmail.com
    ————————-

  5. ana jawab sendiri ya, kalau menuduh seseorang yang tidak sesuai yang dituduhkan yaaa… DOSAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA….

  6. hentikan debat kusir gak bermutu INI..!!!

  7. abu fajr Berkata:
    hentikan debat kusir gak bermutu INI..!!!
    **************************************
    |
    |
    v
    SURUH TUTUP AJA BLOG FITNAH INI.

    ___________________
    Abu Salafy menjawab:

    Pak dolah, tolong tunjukkan fitnah nya dimana? kalo mau tau fitnah baca saja blog/situs2 wahabi/salafy… tuh liat sesama salay/wahabi saling fitnah dan berantem… termasuk komen antum disini ada yang menyeranga sesama wahabi/salafy (tapi ente bilang mereka bukan wahabi/salafy) padahal sami mawon…!

  8. Assalamu ‘alaikum wr.wb.

    Pak Abu Salafy, maaf saya pingin tanya.
    Kalau yang saya tahu, yang paling getol nyalah-nyalahin orang NU ya memang kelompok salafy itu.
    Sedikit2 dibid’ahkan, sedikit2 disesatkan.
    Pokoknya kalau tentang salafy, saya setuju dengan Pak Abu Salafy …. Salafy cuma ngaku dasar gerakannya kuat .. tapi ternyata antar mereka sendiri pun gontok-gontokan.

    Maaf ngelantur ..

    saya cuma pingin tanya … bagaimana dengan orang-orang yang di PKS ya ?
    saya lihat mereka sedikit lebih toleran … nggak mudah nyalah-nyalahin .. nggak mudah mbid’ah2, dan kalo nggak salah mereka juga masih mau bikin2 acara maulid segala.
    Mohon informasinya.

    wassalam

    _______________________
    Abu salafy menjawab:

    mudah-mudahan aja yang di PKS nggak gampang nyalahin orang.
    tapi omong-omong PKS juga udah disesatkan oleh salafy yang lain, saudara bisa baca tentang itu dalam postingan ini: Lagi Salafy menohok Salafy: Apakah nama anda ada disini dan termasuk kategori “menyimpang”, “sesat” atau “ahli bid‘ah” ?

  9. Gus Abdullah……..Sabaaaaaaaaaaaaaaar, tenaaaang, pengikut Ahlu sunnah itu orangnya tawadhu, menghormati yang lebih tua dan menyayangi ang muda. coba belajar lagi yang benaaaaaaaaar,renungkan dalam-dalam di rumah. Setiap orang punya hak untuk mengapresiasikan dirinya masing2

  10. Ibnu Salafy Berkata:
    Agustus 27th, 2007 pada 9:36 am
    Gus Abdullah……..Sabaaaaaaaaaaaaaaar,
    *************************************
    |
    |
    V
    Alhamdulillah,… Saya juga gak ingin lama2 di blog ini, cuman karena terlanjur masuk… dan liat fitnah2 disini… makanya saya kasi komentar. Yang benar datangnya dari ALLAH dan yang salah dari Syaitan.

    Saya akan kembali menyibukkan diri dengan Ilmu, daripada melayani orang2 yang berhati BATU.

    ______________
    -Abu Salafy-

    Salam Gus Abdullah yang berhati lembut bak sutra Cina.
    Apa setiap yang tidak anda sukai anda bilang itu fitnah?!
    Apa setiap data yang membongkar kesalahan Salafy? Wahhabi anda katakan fitnah?!

    Benar Gus yang benar datangnya dari Allah, bukan dari Arab Saudi atau Ben Baz, Ibn Utsaimin, Syeikh Muqbil dkk.
    Saya setuju anda menyibukkan diri dengan ilmu, tapi ingat ilmu yang benar hanya akan didapat dengan bantuan hati yang bersih, tidak mudah mengafirkan orang Islam… ilmu yang benar tidak didapat dengan hanya membaca satu versi literatur Islam dan membelakangi yang lain.

    Anda boleh mangatakan kami berhati batu dan anda yang berhati lembut bak salju, SHADAQALLAHUL ADZIM.

    • bener ustad abu salafy, org2 wahabi itu m’perlu dikasih pelajaran, sy sedih lihat2 ulama2 tawadhu terdahulu dan terkemudian yg soleh di fitnah, sy mempunyai guru yg tawadhu di palembang umur 87 th yg msh hidup yg merupakan lautan ilmu tp sgt tawadhu…

    • bener ustad abu salafy, org2 wahabi itu m’perlu dikasih pelajaran, sy sedih lihat2 ulama2 tawadhu terdahulu dan terkemudian yg soleh di fitnah, sy mempunyai guru yg tawadhu di palembang umur 87 th yg msh hidup yg merupakan lautan ilmu tp sgt tawadhu…tdk kyh wahabi yg sombong merasa plg tinggi ilmunya!!!!

  11. pak abu salafi saya juga warga nahdizin mungkin hal-hal perebutan orang nahdizin oleh orang islam garis keras disebabkan karena kurangnya kegiatan dari warga nu sendiri !! misal didaerah saya di karanganyar jateng IIPNU yang menjadi barisan muda NU tidak ada kegiatan padahal kaum wahabi- salafy sangat cepat

    Abu Salafy:

    Kami sarankan anda sampaikan keluhan itu ke PB NU.

  12. ikuti pengajian kaum salafi rancu semua kadang2 penafsiran ayat satu dengan yang lain saling bertentangan makanya menyesatkan umat betul sekali

  13. Kang Abu, kalo boleh tahu, dimana sih ada masjid NU yang direbut kelompok lain?

    Kalau ditempat saya dan sekitarnya malah banyak orang NU merebut masjidnya orang lain.

    Yang terjadi pada tahun lalu, ada masjid dalam suatu komplek perumahan KPR, yang dibangun oleh developer. Kebetulan developer ini anggota salah satu organisasi keagamaan (sebut saja organisasi “A”). Karena pada awalnya perumahan tersebut banyak dihuni oleh warga dibawah organisasi “A”, maka pengelolaan masjid oleh developer diserahkan kepada pengurus ranting organisasi “A”. Dan pengurus ranting ini lalu membuat kantor sekretariat disamping masjid. Masjid ini peresmiaannya oleh Ketua Pengurus Pusat organisasi “A”.

    Dalam perjalanan waktu, komplek perumahan KPR tsb mulai berdatangan penghuni-penghuni baru dari warga nadliyin. Barangkali… warga nadliyin nggak mendapat kesempatan untuk menjadi imam sholat subuh, sehingga nggak sempat baca qunut lagi. Puncaknya tahun lalu warga nadliyin yang ada dikomplek dibantu warga nadliyin yang berada di kampung-kampung sekitarnya merebut masjid tsb diatas.

    Dan masih puluhan masjid lainnya yang direbut warga nadliyin dari kelompok lain.
    Gimana mas Abu, kalao yang begini kok PBNU diam aja ya… (atau pura-pura nggak tahu…).

    ___________________
    abu salafy menjawab:

    Contoh-contoh sampean itu dimana lokasinya?

    mas kalo satu dua kali masjid NU di rebut itu sih bukan cerita baru, NU bereaksi setelah banyk sekali msjid-masjid mereka di rebut…. untuk lebih jelasnya kamu bisa masuk ke situs resmi PBNU yang membahas soal ini dan anda bisa tanya langsung disana ini alamatnya http://www.nu.or.id/page.php?lang=id&menu=news_view&news_id=8517

  14. Pada awal tahun 90 an saya pernah jadi anggota Panitya Pembangunan Masjid. Kebetulan tanahnya dapat wakaf dari salah satu BUMN, dan pembangunan fisik masjid dari YAM (Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila). Jadi Panitya hanya mencari dana untuk sarana dan prasarana masjid saja.

    BUMN mewakafkan sebagian tanahnya untuk masjid, karena untuk sholat Jum’at karyawan BUMN tsb sebelumnya memanfaatkan ruang pertemuan (mayoritas warga non nadliyin) .

    Eh… begitu masjid selesai, warga nadliyin sekitar masjid langsung bikin Takmir, sekalian masjid dilengkapi dengan bedug…..

    Ya nggak apa-apa sih karena ini kan rumah Allah, sehingga seharusnya semua kelompok mempunyai kesempatan yang sama untuk memanfaatkan masjid tsb. untuk syiar islam.

    Tapi biasanya yang begini ini sulit sepertinya sudah miliknya sendiri, sehingga kelompok lainnya yang tidak sepaham dengannya ya nggak boleh mengadakan kegiatan di masjid tsb.
    Kalau yang begini ini bagaimana ya kang Abu Salafy…

    ___________________
    Abu salafy menjawab:

    itu terjadi di mana?, di kampung-kampung kami juga banyak mas masjid NU yang di rebut, terutama di daerah pinggiran dimana kebanyakan warganya lugu-lugu.. kalo wahabi merebut masjid orang yang dianggap syirik atau kafir itu biasa, malah dianggap “jihad”. beberapa peninggalan Islam zaman Nabi saw banyak yang di rusak di Saudi Arabia bahkan dijadikan tempat parkir. ironisnya barang-barang mewah peninggalan raja saudi macam kendaraan (mobil dll) malah disimpan di musium.. kalo anda pergi haji atau umroh, film-film dukumentasi seperti itu ditayangkan di pesawat milik maskapai Saudi “Saudia Airline”

  15. Wah ternyata mas Abu Salafy nggak kesatria…

    Postingan saya tentang warga NU banyak merebut masjid di daerah saya langsung di blok. Ternyata malunya mas Abu Salafy besar juga ya….

    _________________
    Abusalafy menjawab:

    mas adi postingan sudara bisa dilihat diatas tulisan anda ini.

    mas adi berkali-kali kami katakan bahwa blog ini bukan blog wahabi/salafy yg serig tidak menampilkan atau bahkan mengedit komen pengunjung, kami bukan hanya menanggapi saudara saja, banyak tanggapan yang masuk, kami tidak bekerja 24 jam non stop ngurusi blog ini. karenanya yang sabar..! semua pasti akan kami muat, bahkan yang masuk spam pun jika bisa keburu kita keluarkan akan kami coba mengeluarkannya dari spam…..

    kalo terlanjur masuk ke spam anda bisa tulis lagi, karenanya jangan bersukdhon sebaiknya berhusnuddon… !!

  16. Setahu saya, pengikut Salafy sangat-sangat dilarang untuk mengkafirkan dan membid’ahkan orang lain (beberapa kali saya mengikuti kajian orang Salafy).

    Tetapi kalau di kajian agama sering dibacakan ayat-ayat Qur’an dan Hadits tentang orang-orang kafir dan bid’ah…. betul.

    Barangkali warga nahdliyin sekitar tempat kajian mendengarkan kajian tsb, dan dicocokkan dengan dirinya kok rada-rada memper, lalu dia bikin woro-woro menuduh orang Salafy mengkafirkan dan membid’ahkan dirinya.

    Kalau ada informasi seperti itu coba ditelusuri dulu kebenarannya. Kita kan sesama muslim, kalau kita berantem diketawain ama Yahudi dan Nasrani…. nggak malukah kita….

    __________
    -Abu Salafy-

    Kami berharap demikian, tapi kenyataannya, fatwa-fatwa ulama Salafy seperti Ibnu Abdil Wahhab, Ben Baz dkk sering ngumbar pengafiran, pembid’ahan dan kata-kata sejenisnya.
    Jadi kalau memang benar kata anda, maka kami tolong diberi informasi.

  17. Saya orang yang freelance, saya bermadzhab Rasululullah, sehingga saya bebas mengikuti pengajian dan kajian dimana saja. baik di NU, Muhammadiyah, Jama’ah Tabliq, di MTA dan di Salafy.

    Dimana-mana sering kita dengar, bahwa diakhirat nanti yang akan dihisab pertama-tama adalah masalah sholatnya. Kalau sholatnya baik, baiklah semua amalnya, dan bila sholatnya rusak, rusaklah segala amalnya.

    Bagaimana sholat kita yang baik dan benar,agar amal-amal kita besuk menjadi baik, ini seharusnya kelompok-kelompok keagamaan tersebut diatas mengajarkan kepada para pengikutnya, agar tidak salah arah. Apakah wudlu dan sholat kita selama ini sudah sesuai dengan tuntunan Rasulullah? Dari pengajian dan kajian yang saya ikuti:

    NU : pengajian hanya berisi ceramah. Belum saya ketemukan di NU yang mengadakan kajian bagimana tata cara wudlu dan sholatnya rasulullah.

    Muhammadiyah: Ceramah sesekali ada kajian tentang wudlu dan sholatnya rasulullah.

    Jama’ah Tabliq : Sama seperti di NU

    MTA: Kajian masalah, lalu dirujuk ke Al Qur’an dan Hadits.

    Salafy : Kajian Qur’an dan hadits, mulai masalah air, najis, wudlu dan sholat berdasarkan Hadits (seperti yang dilakukan Rasulullah). Pengikut Salafy harus paham dulu ilmunya, baru mengamalkan (i’tiba’) dan dilarang untuk mengamalkan sesuatu tanpa tahu ilmunya/dasar hukumnya (taqlid)

    Jadi kesimpulannya (dari pengajian dan kajian yang saya ikuti): Kelompok yang peduli untuk mengajarkan kepada pengikutnya agar wudlu dan sholatnya benar sesuai yang dituntunkan Rasulullah, hanyalah kelompok Salafy, dan yang mendekati Muhammadiyah.

    Jadi menurut pendapat saya yang awam ini, layaklah kalau kelompok Salafy disebut Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Karena dia sangat getol untuk menghidupkan Sunnah rasul.

    Jama’ah Tabliq juga getol untuk menghidupkan Sunnah Rasul, tapi tidak pernah mengajarkan bagaimana tuntunan menurut hadits.

    Rasanya kok kurang pas bagi kelompok yang cuek dengan Sunnah Rasul, mengaku-aku sebagai Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.

    Semoga semua kelompok segera sadar dan peduli akan tanggungjawabnya, untuk segera membimbing umatnya melaksanakan wudlu dan sholatnya sesuai tuntunan Rasulullah.

    ___________________
    -Abu Salafy menjawab-

    Salam mas Ghani… kalau boleh tahu apa mazhabnya Rasulullah itu?

    Setahu saya di tempat saya, dan sering saya hadiri, pengajian yang diasuh kyai NU juga mengajarkan apa yang kamu katakan hanya diajarkan dalam pengajian Salafy itu.

    Mas Ghani tahukan anda bahwa riwayat-riwayat ttg cara wudhu’ Nabi saw itu beragam, mana yang anda pilih? pasti kan yang dipilihkan ustaz Salafy kamu kan? Ya itu artinya kamu teqlid kepada Ustaz Salafy kamu!!!

    Mas Ghani tahukan kamu bahwa cara tasyahhud Nabi saw dalam riwayat-riwayat itu bermacam-macam, manakah yang kamu pilih? paling-paling yang disampaikan ustaz Salafy kamu, jadi jelas bukan hanya Salafy yang mengklaim dirinya sebagai pengikut Sunnah Nabi saw.

  18. abu salafy menjawab:

    Contoh-contoh sampean itu dimana lokasinya?

    mas kalo satu dua kali masjid NU di rebut itu sih bukan cerita baru, NU bereaksi setelah banyk sekali msjid-masjid mereka di rebut…. untuk lebih jelasnya kamu bisa masuk ke situs resmi PBNU yang membahas soal ini dan anda bisa tanya langsung disana ….

    Kang Abu bisa survey di daerah Surabaya, serta daerah Sidoarjo yang dekat dengan Surabaya (puluhan masjid mas).

  19. ada yang tau ga makna kata “sesat” dg “sesaat”
    hihi…..:D piss…

  20. Masya ALLAH abu salafy,bertobatlah antum,ana akui memang aliran wahabi tuh keras,tp antum terkesan menyombongkan diri dengan ketakwaan antum,masa iya sih masjid direbut sama orang2 islam juga,ga mungkinkan emang mesjidnya dibakar,berhenti memfitnah orang lain.wassalam

    _______________
    Abu Salafy:

    Beda antara fitnah dan menyampaikan informasi berdasar fakta. Apa yang kami tulis di sini adalah berdasarkan faktah!!

    • ini juga fakta loh orang NU merebut masjid muhammadiyah di pondok benowo indah surabaya tanyakan riwayatnya. tiba2 aja orang2 NU merebut dngan kasar membawa tongkt kyu juga masjid besar di manukan sya lupa nmmya. jadi kembalikan lagi donk kalo situ gethol menyebut masjid nu di rebut ! fair khan. halah paling cuman oomng doang !. n juga tambahan knapa sih ipnu ippnu berbaur banget pacaran lagi tidak menunjukkan prinsip2 islami itu fakta loh terjun aj langsung dan tengok di acara kumpulanya berbaurnya laki2 dan permpuan, in fakta loh !

      • “Pada akhir zaman, akan muncul sekelompok anak muda usia yang bodoh akalnya.
        Mereka berkata menggunakan firman Allah, padahal mereka telah keluar dari Islam, bagai keluarnya anak panah dari busurnya. Iman mereka tak melewati tenggorokan. Di mana pun kalian jumpai mereka, bunuhlah mereka. Orang yang membunuh mereka akan mendapat pahala di hari kiamat.” kitab Al-Jami’ al-Shahih,Imam Bukhari.

        terus berjuang wahai abu salafy..

        __________
        abu salafy:

        Insya Allah bihaulillah wa quwwatih

  21. e..ya lupa perkenalkan diri..
    klo saya sejak kecil sch dah besar dilingkungan nahdhiyyin..jadi terserah ente2 mo menilai ane ky gmn..terutama pak abu safy..
    asslmlkm pak abu..

    Waya belajar (ngaji) mslh taharah dari pembagian air,najis smpe wudhu n shalat ke mbah saya..
    Dan allhmdllh skrng jd lbh paham ttg mslh fiqih yg satu ini..
    Jadi di NU juga ngajarin ko klo yg namanya beginian…
    Malah boleh tergolong yg paling hati2 klo urusan “najis” sama “pembagian air”..
    Sayangnya saya blm sempat ngaji utk masalah aqidah sm mbah saya…Keburu lu2s SMA n hrs merantau cari gelar S1…
    Pdhl hrsnya kan yang ni dulu…hihi..Tp gpp seiring berjalannya waktu saya akan terus belajar..Doakan saya yah..
    Trus mana yg salah disini???

    Tp yg saya sayangkan ada beberapa teman saya yg klo ngaji sm orng yg….ya blh dikatakan berbau non NU misalnya Muhammadiyah lah yang dekat.Tmn saya lgs cuek n tak jarang juga menghina…
    Wah…saya jd bingung, hrsnya org NU kan ga ky gini..perbedaan kan dah biasa..betul ga pak abu?

    ___________
    -Abu Salafy-

    Semoga kita semua diberi kesempatan terus untuk mendalami ajaran agama kita…. jangan ada saling sesat menyesatkan apalagi kafir mengafirkan… perbedaan itu biasa-biasa saja… yang tidak biasa adalah mengaku diri paling benar sendiri apalagi ditambah mengejek orang lain.

  22. e..ya lupa perkenalkan diri..
    klo saya sejak kecil sch dah besar dilingkungan nahdhiyyin..jadi terserah ente2 mo menilai ane ky gmn..terutama pak abu safy..
    asslmlkm pak abu..

    Waya belajar (ngaji) mslh taharah dari pembagian air,najis smpe wudhu n shalat ke mbah saya..
    Dan allhmdllh skrng jd lbh paham ttg mslh fiqih yg satu ini..
    Jadi di NU juga ngajarin ko klo yg namanya beginian…
    Malah boleh tergolong yg paling hati2 klo urusan “najis” sama “pembagian air”..
    Sayangnya saya blm sempat ngaji utk masalah aqidah sm mbah saya…Keburu lu2s SMA n hrs merantau cari gelar S1…
    Pdhl hrsnya kan yang ni dulu…hihi..Tp gpp seiring berjalannya waktu saya akan terus belajar..Doakan saya yah..
    Trus mana yg salah disini???

    Tp yg saya sayangkan ada beberapa teman saya yg klo ngaji sm orng yg….ya blh dikatakan berbau non NU misalnya Muhammadiyah lah yang dekat.Tmn saya lgs cuek n tak jarang juga menghina…
    Wah…saya jd bingung, hrsnya org NU kan ga ky gini..perbedaan kan dah biasa..betul ga pak abu?

  23. Afwan ad tambahan sedikit,kenapa ya pada pilkada kemaren pembesar2 NU menyerukan umat untuk memilih fauzi bowo,padahal fauzi bowokan dari sd-slta sekolah dskulan katolik,jadi ga panteslah orang didikkan katolik mimpin jakarta & apakah NU ga risih dpilkada kemaren gabung bareng PDS yang notabennya orang2 dsana misionaris & anti hukum2 islam????

    Abu Salafy:

    Saya rasa akan lebih tepat kalau kritikan itu anda sampaikan kepada PB NU.

  24. maap keposting dobel…
    tadi tak klik refresh soalnya…
    hihihihii….:D

  25. Visi dan Misi

    VISI

    Visi Umum:

    …….dst

    _____________________
    Abu Salafy menjawab:

    Ma’af mas “Orang PKS” tulisan dan komentar-komentar saudara tidak dapat kami muat, karena tidak berhubungan sama sekali dengan artikel blog ini (tulisan saudara berhubungan dengan PKS dan pemilu mendatang)

    sekali lagi ma’af!

  26. assalamualaukum,buat pak abu salafy, sekarang keinti persoalan saja, mengenai bid’ah yang disampaikan oleh kelompak salafy bukan ditujukan pada kelompok tertentu, kalau sampaian merasa dan tidak terima, jangan cuma main umpat, tunjukkan bukti dengan dalil yang sampaian tahu. tentang peringatan maulid misalnya, kalau anda tidak terima itu disebut bid’ah, tunjukkan dalil tentang dianjurkannya peringatan maulid, disinai juga tak tunggu jawabanya, alhamdulillah saya menemukan posting ini jadi kita bisa beradu argumen langsung disini, tentunya untuk mencari kebenaran.

    Abu Salafy:

    Apa anda temukan Nabi saw. melarang merayakan dan menghormati hari kelahirannya?

  27. assalamualaukum,buat pak abu salafy, sekarang keinti persoalan saja, mengenai bid’ah yang disampaikan oleh kelompak salafy bukan ditujukan pada kelompok tertentu, kalau sampaian merasa dan tidak terima, jangan cuma main umpat, tunjukkan bukti dengan dalil yang sampaian tahu. tentang peringatan maulid misalnya, kalau anda tidak terima itu disebut bid’ah, tunjukkan dalil tentang dianjurkannya peringatan maulid, disini juga tak tunggu jawabanya, alhamdulillah saya menemukan posting ini jadi kita bisa beradu argumen langsung disini, tentunya untuk mencari kebenaran (maaf tak ulang, ada yang salah ketik).

    Abu Salafy:

    Ndak apa-apa. sudah kami jawab.

  28. Abu Salafy:
    Salam Gus Abdullah yang berhati lembut bak sutra Cina.
    Apa setiap yang tidak anda sukai anda bilang itu fitnah?!
    Apa setiap data yang membongkar kesalahan Salafy?Wahhabi anda katakan fitnah?!
    Benar Gus yang benar datangnya dari Allah, bukan dari Arab Saudi atau Ben Baz, Ibn Utsaimin, Syiekh Muqbil dkk.
    Saya setuju anda menyibukkan diri dengan ilmu, tapi ingat ilmu yang benar hanya akan didapat dengan bantuan hati yang bersih, tidak mudah mengafirkan orang Islam… ilmu yang benar tidak didapat dengan hanya membaca satu versi leteratur Islam dan membelakangi yang lain.
    Anda boleh mangatakan kami berhati batu dan anda yang berhati lembut bak salju, SHADAQALLAHUL ADZIM.

    abu sayev:

    wah masalah mengkafirkan orang.

    begini pak kiai, saya hidup di kampung yang mayoritas n.u, dan saya tahu keyakinan mereka, mereka tidak pernah mau shalat di masjidnya orang Muhammadiyah, apalagi kalau berimam dalam shalat.

    orang-orang salafy tidak pernah masalah shalat berjama’ah dengan siapapun orang Islam termasuk dari n.u

    sekarang, mana yang suka mengkafirkan orang.

    ____________
    -Abu Salafy-

    Sekedar tidak mau shalat dibelakang orang Muhammadiyah misalnya tidak berarti mengafirkan mas!
    Semua juga tahu kalau sebagian ulama dan syeikh Wahhabi suka gegabah mengafirkan dan memusyrikkan orang-orang Islam, hanya karena perbedaan tertentu dalam masalah agama.

  29. # saif Berkata:
    September 8th, 2007 pada 10:20 am

    assalamualaukum,buat pak abu salafy, sekarang keinti persoalan saja, mengenai bid’ah yang disampaikan oleh kelompak salafy bukan ditujukan pada kelompok tertentu, kalau sampaian merasa dan tidak terima, jangan cuma main umpat, tunjukkan bukti dengan dalil yang sampaian tahu. tentang peringatan maulid misalnya, kalau anda tidak terima itu disebut bid’ah, tunjukkan dalil tentang dianjurkannya peringatan maulid, disinai juga tak tunggu jawabanya, alhamdulillah saya menemukan posting ini jadi kita bisa beradu argumen langsung disini, tentunya untuk mencari kebenaran.

    Abu Salafy:
    Apa anda temukan Nabi saw. melarang merayakan dan menghormati hari kelahirannya?
    =========================

    abu sayev:
    pak kiai, pak kiai pernah temukan Nabi larang orang taruhan main kartu remi atau kartu ndol (dikampungku disebut).

    pak kiai pernah temukan Nabi melarang minum vodka, whiskei, atau ciu.

    ____________
    -Abu Salafy-

    Di sinilah diperlukan kedalaman ilmu.
    Kullu muskirin haram…. ma askara katsuruhu faqaliluhu haram.
    Aluqra’n sudah terang melarang qimar.
    Lalu maulid apanya yang menentang dasar-dasar agama? Apa yang dikerjakan warga Ahlusunnah ketika membaca maulid? Tahukan anda wahai saudaraku abu sayev? Sebutkan satu saja dari yang mereka lakukan yang melanggar syari’at?

  30. tentang pengabilan mesjid2 nu saya tidak setuju itu rumah tuhan tapi yg lebih saya takuti klo ajaran2 garis keras itu bisa mengkafirkan orang dg ajaran2anya itu yg bahaya.klo blh saya usul hati2 lah wahai orang2 muslim. islam akan hancur oleh orang2 islam yg mngaku islam yg menggunakan qur’an dan hadis apalgi yg sudah memfitnah dan mau memecah belah negara,hrsnya kita sadar negara islam blm tentu bisa mensejahterakan negaranya,klo yg terjadi fitnah gmana?hrsnya kita bersyukur hidup di negara yg mayoritas 80% muslim,saya netral saya dari pesantren tebu-ireng.dan saya cuma bisa berusaha utk membantu menyadarkan orang2 agar lebih ati2 dg ajaran2 yg di masuki sifat2 dajjal.smoga allah swt menjaga qur’an dan hadis dari2 orang2 kafir dan memberi hidayah supaya orang2 kafir yg menggunakan al-quran segera sadar dan mengerti apa itu islam.amin.tq.wassalam Wr Wb

  31. Abu Salafy:
    Apa anda temukan Nabi saw. melarang merayakan dan menghormati hari kelahirannya?
    =========================

    abu sayev:
    pak kiai, pak kiai pernah temukan Nabi larang orang taruhan main kartu remi atau kartu ndol (dikampungku disebut).

    pak kiai pernah temukan Nabi melarang minum vodka, whiskei, atau ciu.

    Abu Salafy:
    Di sinilah diperlukan kedalaman ilmu.
    Kullu muskirin haram…. ma askara katsuruhu faqaliluhu haram.
    Aluqra’n sudak terang melarang qimar.
    Lalu maulid apanya yang menentang dasar-daras agama? Apa yang dikerjakan warga Ahlusunnah ketika membaca maulid? Tahukan anda wahai saudaraku abu sayev? Sebutkan satu saja dari yang mereka lakukan yang melanggar syari’at?

    abu sayev:

    disinilah diperlukan kedalaman ilmu

    &&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&
    =============================
    Kullu muskirin haram…. ma askara katsuruhu faqaliluhu haram.

    Aluqra’n sudak terang melarang qimar.

    “Siapa yang mengada-adakan perkara baru dalam agama kami yang hal tersebut bukan dari agama ini maka perkara itu ditolak”.

    =============================
    semua bermakna umum, dengan tidak menyebutkan jenis masing-masing
    &&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&
    &&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&

    maksud saya menanyakan ini:
    =============================
    pak kiai, pak kiai pernah temukan Nabi larang orang taruhan main kartu remi atau kartu ndol (dikampungku disebut).

    pak kiai pernah temukan Nabi melarang minum vodka, whiskei, atau ciu.
    ============================
    karena pak kiai bertanya ini:

    Apa anda temukan Nabi saw. melarang merayakan dan menghormati hari kelahirannya?
    ============================
    &&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&&
    ============================
    sekarang saya tanya pak kiai, kalau itu tidak dilarang oleh Nabi, dan itu sebagai ibadah yang benar, kenapa Nabi tidak pernah melaksanakan ???????
    ============================
    dadi,ojo dumeh pak !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    _____________
    -Abu Salafy-

    Memang tidak mudah berbicara dengan seorang yang logikanya kacau, merayakan hari maulid Nabi saw misalnya dengan praktik tertentu; membaca ringkasan sejarah Nabi saw., membaca shalawat dan pujian atas beliau… apanya yang menyalahi syari’at?! Bukankah Syari’ah telah memerintahkan kita menta’dzim Nabi saw.?

    Mas abu saya persilahkan saudara merenungkan sebuah hadis ketika Nabi saw ditanya mengapa beliau berpuasa hari senin, maka beliau menjawab karena pada hari itu aku dilahirkan, dan pada hari itu aku diangkat menjadi Nabi … Apa itu bukan sebuah bukti disyari’ahkannya menghormati dan menta’dzim hari kelahiran beliau saw.?! Tentang tekhnis pelaksanaannya ya terserah yang penting tidak memuat hal-hal yang bertentangan dengan syari’ah, seperti dengan melibatkan hal-hal yang dilarang dalam agama!

    kami berharap anda dan para pembaca sudi merenungkan makalah yang akan kami muat beberapa hari lagi tentang kesalahan konsep Wahhabi tentanbg Bid’ah! biar setiap hari kami bertemu dengan kesempitan berpikir seperti ini, setelahnya terserah saudara, mau menerima atau menolaknya!!

  32. untuk mas-2 dan adik-2 salafiyun yangt terhormat! Salam atas kalian semua, semoga Allah menyatukan hati-hati dan pikiran kita atas islam yang haq.
    mas abu savef yang saya kagumi, saya perlu sampaikan saya berita agak kurang enak mungkin buat sampean dan teman-2 salafiyun, beberapa hari lalu ada seorang warga nu dari keluarga MD?PERSIS berat wafat, keluarganya minta agar jenazahnya dishalatkan setelah jum’atan di masjid MANARUL ISLAM, tetapi sayangnya, para pengurus dan ustadz-2 Salafiyun di sana menolaknya dengan alasan: “Da semasa hidupnya telah menyimpang dari akidah kami!” keluarganya sempat cemat, akhirnya entah bagaimana kesepatakan di balik layar yang terjadi, akhirnya, alhamdulillah, jenazah terrsebut diizinkan dishalatkan di masjid Wahabi tersebut! setelah selesai shalat jum’at ada seorang ustadz Salafy berdiri dan berpidato mengatakan bahwa saudara kita yang sedang di keranda ini alhamdulillah sudah taubat dan kembali kepada akidah kita, jadi mari kita shalati jenazahnya!
    Saya sedih menyaksikan kejadian tersebut, masak ya sih fanatisme saudara-2 kita Salafaiyah sampai sedemikian berat. hanya tidak sama mazhabnya aja dilarang dishalatkan di masjid mereka. Lebih dari itu semua, rupanya bahwa izin itu baru diberikan setelah ada pembuktian bahwa si mayyit teleh taubat. subhanallah. di masjid haram dan masjid nabawi saja semua muslim dari mazhab apapun boleh dishalatkan dio sana, padahal mereka itu kan “BIANG”nya salafiyun di negeri kita.
    Kabar ini saya angkat di sini bukan untuk menjelek-jelekkan salafiyun tapi, justru ingin meminta mereka agar bersikap islami dan tidak memberi peluang bagi kelompok lain untuk mengatakan bahwa kalian memeng ekstrim dan berlebihan dalam khilafiyah, akhirnya ada benarnya kal;au ada yang mebgatakan bahwa Salafiyun itu mudah megafirkan kamu muslimin lain dari selain mereka.
    Kejadian ini bisa kalian cek kebenarannya. ia terjadi hari jum’at lalu 18/10/2007M.
    jadi dimanakah letak pembelaan kaum Salafy atas tuduhan warga NU bahwa kalian merebut masjid-2 NU lalu kalian membela diri dengan mengatakan masjid itu kan milik Allah, jadi bebas setiuap muslkim mamakmurkannya! tapi kenapa kalau ada muslim dari kelompok lain mau dishalati di masjid Salafiyun kon tidak diizinkan. ini tidak adail dan tidak jujur! Wassalam.

  33. Abu Salafy:
    Memang tidak mudah berbicara dengan seorang yang logikanya kacau, merayakan hari maulid Nabi misalnya dengan praktik tertentu; membaca ringkasan sejarah Nabi saw., membaca shalawat dan pujian atas beliau… apanya yang menyalahi syari’at?! Bukankah Syari’ah telah memerintahkan kita menta’dzim Nabi saw.?
    Mas abu saya persilahkan saudara merenungkan sebuah hadis ketika Nabi ditanya mengapa beliau berpuasa hari senin, maka beliau menjawab karena pada hari itu aku dilahirkan, dan pada hari itu aku diangkat menjadi nabi … Apa itu bukan sebuah bukti disyari’ahkannya menghormati dan menta’dzim hari kelahiran beliau saw.?! Tentang tekhnis pelanksanaannya ya terserah yang penting tidak memuat hal-hal yang bertentangan dengan syari’ah, seperti dengan melibatkan hal-hal yang dilarang dalam agama!
    kami berharap anda dan para pembaca sudi merenungkan makalah yang akan kami muat beberapa hari lagi tentang kesalahan konsep Wahhabi tentanbg Bid’ah! biar setiap hari kami bertemu dengan kesempitan berpikir seperti ini, setelahnya terserah saudara, mau menerima atau menolaknya!!

    ABU SAYEV:

    memang susah bicara kebenaran kepada ahli bid’ah kalu sudah kadung suka,

    alasannya menta’dzim Nabi, eee tidak sesuai dengan syariat Nabi.

    kalau yang jadi dasar adalah puasa Nabi pada hari senin, kenapa kok tidak mencontoh puasanya setiap hari senin.

    kalau alasannya:
    Tentang tekhnis pelanksanaannya ya terserah yang penting tidak memuat hal-hal yang bertentangan dengan syari’ah, seperti dengan melibatkan hal-hal yang dilarang dalam agama!

    pak kiai

    merayakan dengan acara seremonial setiap tahun, itu sejalan dengan syari’at Islam….., atau ajaran orang nasara.

    buang buang biaya untuk acara foya-foya dengan alasan menta’dzim Nabi, tanpa ada faedah apa apa kecuali capek karena habis begadang semalaman dalam gurau tawa dan bergumul dengan gumpalan asap rokok….apakah itu tidak menyalahi syariat. Itu mengagungkan Nabi…., atau mengagungkan nafsu

    KALAU ADA YANG KEBENARANNYA PASTI AKAN KAMI TERIMA DENGAN MENGHARAP RIDHA ALLAH, TAPI KALAU TERNYATA SESUATU YANG TIDAK BISA KAU TUNJUKKAN KEBENARANNYA benar kata kamu ” SELANJUTNYA TERSERAH ANDA”
    maka
    SAYA MENOLAK

    ___________________
    Abu salafy:

    Salam mas Abu, kami kagum atas semangat anda dalam membela apa yang anda yakini selama ini dengan berapi-api seperti sampai komputer kami rasanya mau terbakar.

    Anda berkata: memang susah bicara kebenaran kepada ahli bid’ah kalu sudah kadung suka, Anda kami persilahkan memahami dengan baik makna bid’ah dan sunnah itu apa? biar nggak kelihatan norak sering menyebut kata bid’ah tanpa paham maknannya secara tepat!

    Lagi-lagi anda sewot dengan urusan maulid Nabi saw. dengan menuduhnya sebagai prakti bid’ah… kalau anda tidak mau melakukannya ya sudah biar para pecinta Nabi mulia saw, mereka mengespresikan kecintaan dan pengagungan mereka kepada Nabi pujaan dan junjungan mereka. Demi cinta kepada Nabi saw. apa arti harta yang kita keluarkan. Anda sok pahlawan dan sok jadi hakim tukang vonis dan tuduh ketika anda berkata: kalau yang jadi dasar adalah puasa Nabi pada hari senin, kenapa kok tidak mencontoh puasanya setiap hari senin.

    Anda terlalu PD dengan menganggap syariat tidaknya sebuah amalan itu bergantung kepada ketentuan anda dan ustadz-ustadz anda serta imam-imam besar Wahhabi, apa yang difirmankan Ibnu Abdil Wahhab dan para pengikutnyaadalah Syari’at dan Haq dan apa yang dilarang Ibnu Abdil Wahhab dan para pengikutnya.

    anda berkata alasannya menta’dzim Nabi, eee tidak sesuai dengan syariat Nabi. mas abu yang terhormat, di mana sih letak ketidak-sesuainya dengan syari’at Nabi saw.? Tolong tunjukkan mungkin kami bisa kembali mengikuti pendapat anda!

    Saya jadi ragu sekarang ini kalau anda masih sadar ketika menulis kalimat di bawah ini

    :buang buang biaya untuk acara foya-foya dengan alasan menta’dzim Nabi, tanpa ada faedah apa apa kecuali capek karena habis begadang semalaman dalam gurau tawa dan bergumul dengan gumpalan asap rokok….apakah itu tidak menyalahi syariat. Itu mengagungkan Nabi…., atau mengagungkan nafsu

    Anda ini sedang mengkritik acara maulid atau acara CANGKRUAN?! Acara maulid Rasulul a’dzam saw. itu seperti yang sudah saya katakan, berkumpul membaca sejarah ringkas Nabi saw., membaca shalawat atas beliau saw., membaca bait-bait atau prosa yang memuat pujian atas kemulian dan keagungan pribadi beliau, lalu setelahnya terkadang dibagikan sajian masakan ringan atau lengkap untuk para hadirin…. apanya mas yang tidak sesuai dengan syari’at Nabi saw.?

    kalau anda mengatakan: Ya tapi banyak orang memaksa diri sampai hutang ke sana kemari demi mengadakan acara tersebut di rumahnya, itu bukan salah acara maulidnya mas, itu mungkin salah orangnya yang memaksa diri…. tapi tidak berarti setiap acara peringatan maulid menjadi bid’ah!!!
    Atau ketika melaksanakan acara maulid ada tercampur dengan hal-hal yang dilarang syari’at, maka salahkan tambahan dan penyimpangan itu.

    Saya pikir saya sudah cukup menjelaskan, tinggal saya menanti apakah Allah SWT berkenan memberikan hidayah-Nya kepada anda dan teman-teman sealiran dengan anda atau tidak! Itu juga bergantung kesiapan hamba dalam menerimanya. Semoga kita semua diberi hidayah-Nya. Amin!

  34. # ari Berkata:
    Oktober 13th, 2007 pada 2:42 pm

    tentang pengabilan mesjid2 nu saya tidak setuju itu rumah tuhan tapi yg lebih saya takuti klo ajaran2 garis keras itu bisa mengkafirkan orang dg ajaran2anya itu yg bahaya.
    ====================================
    klo blh saya usul hati2 lah wahai orang2 muslim. islam akan hancur oleh orang2 islam yg mngaku islam yg menggunakan qur’an dan hadis
    ====================================

    abu sayev:
    pak kiai tolong ini dibantu santri tebu ireng:
    ====================================
    biar Islam nggak hancur, kemudian orang2 Islam harus mengaku menggunakan apa?????????????????????
    santrinya saja sudah horor apalagi kiainya.
    ====================================
    ====================================
    apalgi yg sudah memfitnah dan mau memecah belah negara
    ====================================

    abu sayev:
    ha….ha….ha…..saudara ari ini pasti baru nglindur dari boboknya, jadi ngomongannya agak kongslet, makanya sebelum tidur berdoa dulu

    katanya santri kok ngomongnya ngacau….

    mas, siapa yang memecah belah negara….kita tidak pernah berbuat makar kepada negara, meskipun yang mimpin kiaimu itu…..
    tapi, lihat ketika negara ini tidak dipimpin oleh kalanganmu….

    jihad membela gusdur merebak di mana-mana

    ============================================
    ,hrsnya kita sadar negara islam blm tentu bisa mensejahterakan negaranya,klo yg terjadi fitnah gmana?hrsnya kita bersyukur hidup di negara yg mayoritas 80% muslim,saya netral saya dari pesantren tebu-ireng.dan saya cuma bisa berusaha utk membantu menyadarkan orang2 agar lebih ati2 dg ajaran2 yg di masuki sifat2 dajjal.smoga allah swt menjaga qur’an dan hadis dari2 orang2 kafir dan memberi hidayah supaya orang2 kafir yg menggunakan al-quran segera sadar dan mengerti apa itu islam.
    ============================================
    pak kiai, ternyata ajaran takfir itu dari pesantrenya saudara ari….dimana ya tadi……….

  35. kpd: pak Nu yang dianggap kyai
    apa antum bisa menunjukkan dalil tentang tahlilan…?
    jika tidak dalil mengapa repot2 tahlilan….
    jika ada mana dalilnya…?

    Abu Salafy:

    Bagi peserta baru harap baca makalah-makalah di blog ini. tentang tahlil sudah dibahas di blog ini. cari aja.

  36. kpd:pak NU yang dianggap kyai
    Apa antum bisa menynjukkan dalil tentang tahlilan?
    jika tdk buat apa repot2 tahlilan?
    jika ada mana dalilnya?

  37. kpd :semua ahli bid’ah
    kembalilah ke pangkuan sunnah jangan terpedaya dengan iblis laknatulloh lewat amalan amalan yang gak ada sumbernya…

    Abu Salafy:

    Benar sekali kata kamu…. jangan turuti iblis dengan mengatakan sesuatu yang tidak kamu ketahui sebagai tidak ada dasar syari’atnya…. janganlah ketidah-tahuanmu sebagai segalanya dalam menentukan.

  38. kpd :pengikut salafy
    jangan menyerah di atas jalan lurus yaitu jalannya Rasululloh dan para sahabatnya….murnikan terus Tauhid dari racun syirik

    Abu Salafy:
    Kalau sudah ada jalannya Rasulullah saw. apa masih perlu jalan yang lainnya?

  39. Abu salafy:
    Salam mas Abu, kami kagum atas semangat anda dalam membela apa yang anda yakini selama ini dengan berapi-api seperti sampai komputer kami rasanya mau terbakar.

    abu sayev:
    maaf pak kiai, yang mau terbakar bukan komputernya, tapi sampean yang mendidih….

    abu salafy:
    Anda berkata:memang susah bicara kebenaran kepada ahli bid’ah kalu sudah kadung suka,Anda kami persilahkan memahami dengan baik makna bid’ah dan sunnah itu apa biar ngak kelihatan norak sering menyebut kata bid’ah tanpa paham maknannya secara tepat.

    abu sayev:
    anda berkata: Memang tidak mudah berbicara dengan seorang yang logikanya kacau, Anda kami persilahkan merenungkan dengan baik tentang praktek-praktek bid’ah, biar nggak kelihatan norak sering menyebut sesuatu bid’ah sebagai hasanah, kadang membantah kebid’ahan tidak bersubstansi pada faham/makna secara tepat.

    Abu Salafy:

    Agar pemahaman saudara tentang bid’ah tidak keliru kami persilahkan anda membaca makalah terbaru kami tentang Sunnah versus Bid’ah! setelahnya kami nanti komentar anda. Setuju?

  40. abu salafy:
    Lagi-lagi anda sewot dengan urusan maulid Nabi saw. dengan menuduhnya sebagai prakti bid’ah… kalau anda tidak mau melakukannya ya sudah biar para pecinta Nabi mulia mereka mengespresikan kecintaan dan pengagungan mereka kepada Nabi pujaan dan junjungan mereka. Demi cinta kepada Nabi saw. apa arti harta yang kita keluarkan.

    abu sayev:
    lagi-lagi anda sewot dengan keyakinan kami bahwa ritual ibadah untuk merayakan maulid Nabi adalah praktik bid’ah….kalau anda mau melakukannya ya sudah, biar para pecinta Nabi mulia mengekspresikan kecintaan kepada beliau dengan dakwah kepada yang mau merujuk kepada ajaran yang dibawa oleh Nabi tercinta. masalah banyak-sedikitnya harta yang dikeluarkan untuk dakwah, kalau saya melihat yang penting tidak membebani pihak yang bersangkutan.

    Abu Salafy:

    Silahkan baca makalah terbaru Sunnah versus Bid’ah.

  41. abu salafy:
    Anda sok pahlawan dan sok jadi hakim tukang vonis dan tuduh ketika anda berkata: kalau yang jadi dasar adalah puasa Nabi pada hari senin, kenapa kok tidak mencontoh puasanya setiap hari senin.
    Anda terlalu PD dengan menganggap syariat tidaknya sebuah amalan itu bergantung kepada ketentuan anda dan ustadz-2 anda serta imam-imam besar Wahhabi, apa yang difirmankan Ibnu Abdil Wahhab dan para pengikutnyaadalah Syari’at dan Haq dan apa yang dilarang Ibnu Abdil Wahhab dan para pengikutnya

    abu sayev:
    anda sok pahlawan dan sok jadi hakim tukang vonis ketika anda mengatakan:

    “Anda terlalu PD dengan menganggap syariat tidaknya sebuah amalan itu bergantung kepada ketentuan anda dan ustadz-2 anda serta imam-imam besar Wahhabi, apa yang difirmankan Ibnu Abdil Wahhab dan para pengikutnyaadalah Syari’at dan Haq dan apa yang dilarang Ibnu Abdil Wahhab dan para pengikutnya”

    pak kiai,…..
    saya hanya menegaskan apa yang anda katakan bahwa alasan anda merayakan maulid Nabi adalah puasa Nabi setiap hari senin yang merupakan hari dimana Nabi dilahirkan dan diangkat sebagai Nabi. kalau memang sudah ada contoh dari Nabi, kenapa kok bukan praktik itu saja yang dilakukan, malah bikin acara baru “perayaan setiap tahun yang anda yakin pula bahwa Nabi tidak mencontohkan”

    ___________
    -Abu Salafy-

    Anda meminta bukti apakah boleh mengagungkan, menghormati dan merayakan hari kelahiran kanjeng Nabi mulia saw…. kami sebutkan buktinya, eh saudara malah mengelak dengan mengatakan ini dan itu…. Saudara perlu renungkan substansi masalahnya … yaitu dibenarkannya melakukan pengagungan atas hari kehaliran beliau dan itu telah beliau praktikan dengan berpuasa… lantas masalahnya, apakah tidak boleh mengekspersikannya dengan bentuk lain yang tetntunya tidak keluar atau menyalahi syari’at?

    Makanya, kami persilahkan saudara merenungkan makalah kami tentang Sunnah versus Bid’ah, meluruskan kesalah-pahaman Wahhabi dalam memahami konsep Bid’ah.

  42. abu salafy
    anda berkata alasannya menta’dzim Nabi, eee tidak sesuai dengan syariat Nabi. mas abu yang terhormat, di naka sih letak tidak sesuainya dengan syari’at Nabi saw.? Tolong tunjukkan mungkin kami bisa kembali mengikuti pendapat anda!

    abu sayev:
    pak kiai, letaknya yaitu: Nabi tidak pernah mensyari’atkan acara ulang tahun beliau dirayakan dalam sebuah ritual ibadah.

    ===============================
    Tolong tunjukkan mungkin kami bisa kembali mengikuti pendapat anda!
    ===============================
    saya menasehati pak kiai, itu bukan pendapat saya….tapi pemahaman saya.
    pak kiai, jangan menjadikan cemoohan menjadi mengarah kepada kesalahan yang, harus diikuti itu pendapat Rasulullah.

    ____________
    -Abu Salafy-

    Sekali lagi kami persilahkan saudara merenungkan makalah kami Sunnah versusu Bid’ah!

    Maaf mas Abi Sayev, apa maksud suadara dengan kata-kata: pendapat Rasulullah. Apa saudara mengatakan bahwa itu pendapat Rasulullah saw.? seperti layaknya ulama atau bahkan seperempat ulama mengutarakan pendapatnya bisa salah dan bisa benar?! kami berlindung kepada Allah dari anggapan dan keyakinan seperti itu… semua yang datang dari Rasulullah saw. adalah wahyu bukan pendapat. Kami yakin bahwa penyebutan istilah itu untuk Rasulullah saw. adalah bid’ah dhalalah.

  43. Abu Salafy:
    Sekali lagi kami persilahkan saudara merenungkan makalah kami Sunnah versusu Bid’ah.
    Maaf mas ABi Sayev, apa maksud suadara dengan kata-kata:pendapat Rasulullah. Apa saudara mengatakan bahwa itu pendapat Rasulullah saw., seperti layaknya ulama atau bahkan seperempat ulama mengutarakan pendapatnya bisa salah dan bisa benar?! kami berlindung kepada Allah dari anggapan dan keyakinan seperti itu… semua yang datang dari Rasulullah saw. adalah wahyu bukan pendapat. Kami yakin bahwa penyebutan istilah itu untuk Rasulullah saw. adalah bid’ah dhalalah.

    abu sayev:

    orang cethek pikir pasti akan berfikiran bodoh tapi sok pinter, lagian siapa yang mengatakan “pendapat Rasulullah” itu bukan berdasar wahyu Allah.

    jangan kamu samakan dengan kebiasaan kalian, berpedoman dengan pendapat orang walau tidak berdasar syari’at, kalau kami anti pak kiai.

    kalau pak kiai menelan mentah-mentah tentang apa yang saya katakan tentang mengikuti pendapat Rasulullah,

    trus yang ini:

    Hadis Abu Zar r.a katanya:
    Aku pernah bertanya Rasulullah s.a.w: Wahai Rasulullah! Apakah amalan yang paling utama? Rasulullah s.a.w bersabda: Beriman kepada Allah dan berjuang pada jalan-Nya. Aku bertanya: Hamba yang bagaimanakah paling utama? Rasulullah s.a.w bersabda: Hamba yang paling baik menurut pemiliknya dan paling banyak harganya. Aku bertanya lagi: Bagaimana Jika aku tidak bekerja? Rasulullah s.a.w bersabda: Engkau boleh membantu orang yang bekerja atau bekerja untuk orang yang tidak memiliki pekerjaan. Aku bertanya lagi: Wahai Rasulullah! Apa pendapatmu jika aku tidak mampu melakukan sebahagian dari amalan? Rasulullah s.a.w bersabda: Engkau hendaklah memberhentikan kejahatanmu terhadap orang lain kerana, hal itu merupakan sedekah darimu kepada dirimu (HR Muslim)

    apa ketika sahabat bertanya kepada Nabi tentang pendapat beliau, dia melakukan bid’ah dhalalah.

    apakah dia tidak yakin bahwa itu datangnya dari wahyu Allah.

    mikiiiir pak.

    aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk

    _____________
    -Abu Salafy-

    Tolong kalau tidak kebaratan cantumkan teks arabnya agar kita bisa berdiskusi lebih jauh, jangan-jangan teksnya tidak seperti terjemahan sauadara.

    Oh Ya, apa tawaran kami agar anda membaca dan merenungkan tulisan kami tentang sunnah versus bid’ah sudah dilakukan. mari kita diskusikan aja tema tersebut, biar kalian tidak terus-terusan mbulet tentang bid’ah tanpa paham jelas maknanya.

  44. Abu Salafy:
    Tolong kalau tidak kebaratan cantumkan teks arabnya agar kita beisa berdiskusi lebih jauh, jangan-jangan teksnya tidak seperti terjemahan sauadara.
    Oh Ya, apa tawaran kami agar anda membaca dan merenungkan tulisan kami tentang sunnah versus bid’ah sudah dilakukan. mari kta diskusikan aja tema tersebut, biar kalian tidak terus-terusan mbulet tentang bid’ah tanpa paham jelas maknanya.

    abu sayev:
    pak kiai, saya kira masalah teks arabnya, pak kiai sudah mengetahui jadi kalau ingin menjelaskan terjemahan sesuai dengan pemahaman pak kiai, tolong saya dikasih tahu, kalau benar yang pak kiai sampaikan saya akan rujuk dengan pemahaman pak kiai (tentang masalah pendapat Rasulullah)

    lalu yang yang saya ingin tanyakan kepada pak kiai, menurut pemahaman pak kiai apa yang dimaksud “pendapat” itu. jadi kita bisa klarifikasi maksud dari pemahaman saya dan pemahaman pak kiai.

    masalah artikel pak kiai yg tersebut, Insya Allah akan saya baca.

    Abu Salafy:

    Baca dulu, nanti kita lanjutkan diskusi, siapa tau anda menjadi sadar setelah membaca dan merenungkannya. Amin. Man Jaahada fiinaa lanahdiyannahum subulanaa.

  45. Abu Salafy:
    Baca dulu, nanti kita lanjutkan diskusi, siapa tau anda menjadi sadar setelah membaca dan merenungkannya. Amin. Man Jaahada fiinaa lanahdiyannahum subulanaa.

    abu sayev

    PAK KIAI, SAYA SUDAH BACA, TRUS BAGAIMANA PERTANYAAN SAYA??

    Abu Salafy:

    Apa anda setuju? kalau tidak tolong didiskusikan di sini. Ok!

  46. abu sayev

    PAK KIAI, SAYA SUDAH BACA, TRUS BAGAIMANA PERTANYAAN SAYA??

    Abu Salafy:
    Apa anda setuju? kalau tidak tolong didiskusikan di sini. Ok!

    abu sayev:

    masalah diskusi tentang tema sunnah vs bid’ah urusan belakang, bagaimana dengan pertanyaan saya pak, masalah makna “pendapat” menurut presepsi anda.
    jangan memotong diskusi yang belum rampung

    Abu Salafy:

    kalau belum bisa mengkritik tulisan kami sekarang ya ngak apa-apa kami sabar menanti sampai Anda bisa dan sempat.

  47. abu sayev

    PAK KIAI, SAYA SUDAH BACA, TRUS BAGAIMANA PERTANYAAN SAYA??

    Abu Salafy:
    Apa anda setuju? kalau tidak tolong didiskusikan di sini. Ok!

    abu sayev:

    masalah diskusi tentang tema sunnah vs bid’ah urusan belakang, bagaimana dengan pertanyaan saya pak, masalah makna “pendapat” menurut presepsi anda.
    jangan memotong diskusi yang belum rampung

    Abu Salafy:
    kalau belum bisa mengkritik tulisan kami sekarang ya ngak apa-apa kami sabar menanti sampai Anda bisa dan sempat.

    abu sayev:

    pak, kalau anda belum bisa menjawab pertanyaanku, nggak apa-apa. saya tunggu sampai kamu menemukan jawabannya.

    MASALAH KRITIK ITU MUDAH,
    komentar awalku pak: BERKATA ATAS NAMA RASULULLAH UNTUK MEMPERTAHANKAN BID’AH. itu sangat berat pak.
    selanjutnya tergantung anda.

    Abu Salafy:
    mas abu sayev, tolong dibaca dan ditanngapi artikel tentang SELAIN WAHHABIYAH KAFIR/MUSYRIK!

  48. YEV…aku nggak mau ngikutin imamnya salafy bukan berarti aku mengkafirkan tapi takut aja kalo jadi ikut2an salah soal akidah, soalnya kalo dari apa yg ada wahabi beranggapan bahwa “Allah duduk atas arsy”…nah yg jadi masalahnya “duduk” nya ini, sementara kata2 “duduk” ini kan adanya setelah adanya ciptaan Allah, jadi sebelum terjadinya ciptaan Semesta berserta isinya ini Allah gimana, nah itu yg jadi masalah……..YEV hehehehe jadi seakan2 abang dan none WAHABI hampir menayamakan Allah dgn ciptaanNya….jadi apa bedanya ama Nasrani yg beranggapan bahwa Tuhannya Seperti Manusia yg beranak dan diperanakkan…..gitu lho….YEV…..tapi aku tidak mengkafirkan kamu dan temen2mu itu…..taku2 aja kalo2 keseret faham “Allah duduk atas Arsy”….qiqiqiqiqiq

  49. jangan berdebat masalah benar & salah dlm keyakinan bapak2, kalau memeang bapak2 mau membuktikan kebenaran keyakinan masing2, saya sarankan mintalah bapak2 segera diambil sama Allah, supaya bepak2 mengetahui siap yang benar dan yang salah dihadapan Allah

  50. Jangan beradu pndapat lg trus2an , bljar dulu yg benar.. klo ada pbedaan pndapat, kembalilah kpd Al-Quran dan Al-Hadist,.ok?

  51. orang2 NU juga banyak merebut masjid komunitas lain seperti masjid alfalah perumahan sidoakare indah sidoarjo, dan masjid di perum sidokare asri (bhkn 2 masjid/ langgar).
    padahal yg bangun dari wakaf/ donatur komunitas lain.
    ini baru contoh 1 kelurahan… (sempit).
    wallahu musta’an.., nulis berita yg adil..akhi

  52. ya yg adil… dan jujur
    terus yang kami tahu salafy tidak ingin mendirikan negara islam…
    tidak seperti khawarij spt LDII, NII, JI, IJ, Abu bakar basyir cs dan turunannya spt HTI. Mereka
    buat negara dalam negara…
    bertaubatlah…

  53. ayes ngasong said :

    Benarkah kita harus harus marah jika ada orang menyebut diri kita ” KAFIR “,
    Dan Benarkah kita memang boleh bangga jika ada yang mengatakan bahwa kita adalah ” ISLAM “.
    Bukankah Islam atau Kafir hanya Allah SWT yang tahu dan berhak menjulukinya.
    Benarkah kita telah yakin bahwa Allah selalu melindungi dan menyayangi kita yang ISLAM ini.
    Jika benar, lalu kenapa kita harus takut, malu, dan mengamuk jika ada orang lain menghina diri kita dengan tuduhan bahwa diri kita adalah kafir.
    Tidakkah lebih baik biarlah diri kita hina di mata orang tatapi mulia di mata Allah SWT.
    Mengaku jangan jangan diri ini memang masih kafir di hadapan Allah SWT, lalu berserah diri dengan penuh pengharapan agar Allah mau mengampuni kekafiran kita serta tak pernah lupa kita memohon kiranya Allah selalu menuntun kita ke dalam IslamNya adalah lebih baik daripada , dengan bangga kita mengaku telah Islam di hadapan Allah SWT tetapi kita selalu takut kehilangan keakuan ke-islaman diri kita di mata orang banyak….

  54. @ Ayes Ngeseng
    Benar….masalah iman dan kafir itu cuma allah yang bisa memutuskannya, tapi kan allah telah menurunkan kitabnya yang disituterdapat kaidh tentang iman dankufur jadi selama kita mengambil acuan padanya maka tidak masalah kita mengkafirkan orag dengan memperhatikan syarat da penghlang2 takfirnya…Contoh : didalam alqur’an dikataka bahwa orang yang menjadikan isa putra maryam as sbg tuha aalahkafir….maka jika kita tahu bahwaseseorang berkeyakinan seperti itu berarti kita tidak boleh ragu dan takut untuk memvonisnya KAFIR…..ana kira anda sdh faham dan bisa mengambil makna dari perkataan ini.

  55. Klu kita bs sbg manusia mencap sesorang itu kafir a atas dasar petunjuk Alqur’an. Saya ingin bertanya apakah Abu Sofyan bapak Muawyiah datuknya Yazid Islam atau kafir.?

  56. kalau masjidnya orang NUdiambil orang non NU alias salafi dan yang lain gak papalah. biar sholatnya jama’ahnya itu bagus. apalagi dengan shofnya yang gak karu-karuan. makanya kiyai-kiyai NU tuh jangan ngurusin istighosahan, tahlilan, thoriqatan aja, malah sunnahnya tidak ditegakkan. eeeehhh… malah bid’ahnya yang di bela-bela.
    saya juga dibesarkan dilingkungan keluarga NU tapi melihat gelagat dan ajaran orang-orang NU yang nyleneh makanya saya hijrah(pokoknya bukan orang NU lagi).
    oya, tolong deh orang-orang NU itu dikasi kajian tentang aqidah yang benar, biar gak banyak ngelkuin yang syirik-syirik, coba lihat aja di makam-makam yang dianggap wali dan kiyai pasti banyak cari barokah, psugian, tawassul pada yang mati. emang kagak pede langsung minta pada Allah, aduuuhhh..pokonya geram dech..lihat orang-orang NU tuh. Pokoknya kebobrokan manusia itu gudangnya di orang-orang NU. saya berdoa agar negara indonesia ini jangan sampai dipimpin orang NU yang fanatik, ntar jadi ladangnnya kesyirikan lho… apalagi Mr. Durr (alias Gus Dur) yang mimipin!! jangan deechhhh…..

  57. ADAKAH ULAMA NGAJAK UMAT TAAT HANYA TEORI PRAK TEK??????BANYAK ILMU TP TAK AD DAKWAH TIDURPARA ULAMA

  58. marilah kita semua tidak saling menyerang satu sama lain tapi sama sama berhijrah ramai ramai ke amerika dan eropa lalu disana berkoar koar bahwa kita yang paling benar jadi kita jadikan tanahnya kaum kristiani pusat dakwah islam berbagai aliran , Insya Allah kita mampu membumikan islam di amerika dan eropa , bukan gontok gontokan di negeri mayoritas muslim

  59. assalamu’alaikum…

    maap kang abu salafy,,masalah NKRI rentan politis ,,,saya takut jadi polemik yang membawa madhorot kepada umat Islam…
    salam dari majelis hadits arbain an nawawiah dan tafsir ibnu katsir..
    salam dari majelis bulughul maram dan tafsir al ibiz…
    guru kami sering berpesan agar para pemimpin bangsa tidak melupakan syariah dan menegakkan sholat….

    maap kang ya sekedar komment saja,,,,dan sedikit berbagi saja,,,
    lebih baik fokus masalah aqidah saja,,,

    wassalam…

  60. Bismillah. Simpel aja ye
    Setau aku Ahlus Sunnah Wal Jama’ah itu maknanya pengikut Sunnah Nabi dan Jama’ah para Shahabatnya, jadi sama aja antara Ahlus Sunnah Andalusia (Spanyol Portugal), Hijaz (Makkah Madinah) maupun Indonesia. Jadi aku ngerasa aneh kalau ada Ahlus Sunnah Wal Jama’ah ala NU, sehingga maknanya bukan pengikut Sunnah Nabi dan Jama’ah para Shahabatnya, akan tetapi pengikut Sunnah Gusdur dan Jama’ah Nahdhliyiin. Wallahu a’lam

  61. Sy skrg ne kok bingung ya liat islam jd byk alirannya, pdhal mn yg benar manusia gak tau Tuhan yg nantinya memutuskan stlh mati mau tiraruh di syurga apa neraka.
    Pengalaman sy, Bpk syg seorg muslim yg rajin menunaikan sholat puasa, dengan kerendahan hati pd setiap org tdk memandang apa agamanya.
    Selalu berusaha berbuat baik buat kluarga dan masyarakat sekitar.
    Saat meninggal, sehari sebelum meninggal, minta potong rambut, potong kuku tangan dan kaki, minta mandi keramas, pagi jam 5 setelah jalankan sholat shubuh meninggal….
    Sy merasa..manusia tdk bs menentukan kt mati masuk mana..yg penting jalankan dengan hati baik dengan kesabaran dan penuh kasih sayang pd manusia, hidup damai tenang, saat meninggalpun dengan gampang Malaikat memejamkan mata kt….” Sy bandingkan meninggal melotot mati dengan bom sangat mengerikan, dibandingkan dengan Bpk syg meninggal dlm keadaan bersih dan wangi dengan senyum ketenangan”

  62. abu salafy, semakin hari saya semakin kasihan dengan anda, bagaimana dengan diskusi langsung tanpa perantara internet, ente ahlussunnah yang bermazhab syafii khan??, bagaimana klo qt bedah buku Al-Umm nya imam syafii. dan kita lihat apa yang imam syafii katakan tentang sholat, tahlil, ziarah kubur, dan atau tentang yang anda bela mati2an, kita lihat kebenarannya. klo hanya menyalah2kan tanpa adanya kebenaran, ANAK KECIL JUGA BISA, BAHKAN ANAK ANDA MUNGKIN LEBIH JAGO

    ____________
    Abu Salafy:

    Kami tahu keresahan wahabi/salafy dengan hadirnya blog ini yang membantah tuduhan-tuduhan palsu mereka lewat internet.

    Bukankah debat disini lebih afdol, karena semua yang kita ucapkan akan tersimpan dan terekam disini selamanya (asal tidak dihapus oleh wordpress). dan yang terpenting lagi bisa diikuti oleh semua orang yang mengerti bahasa Indonesia di seluruh dunia. sementara debat terbuka hanya diikuti oleh segelintir orang.

    terus anda harus tahu blog ini hadir, untuk membantah blog-blog dan situs-situs wahabi/salafy yang menuduh umat islam ahlussunnah sebagai penyembah kubur, syirik, sesat, dll.

    jadi segala tuduhan palsu lewat blog kita bantah lewat blog, buku dengan buku, dst !!

  63. assalamualaikum, wr wb. saya sebagai orang awam tentang Islam, kecewa terhadap dakwah yang kurang hikmah. Saling tuding, saling tantang, menyesat-sesatkan, atau malah mengfir-kafirkan. Siapa saja, meski mengaku salafy, kalau ucapan dan hatinya tdk salafy ya dosa. siapa menuduh saudara seiman kafir atau sesat, akan menimpa si penuduh sendiri. Kebangkan dakwah bil hikmah, maudzoh hasanah, jadil billati hiyaahsan. Yang penting bukan simbol, tetapi substansinya.

  64. sori ada yang lupa, perbedaan pendapat itu wajar-wajar saja. Sejak zaman Nabi SAW saja sudah ada perbedaan pendapat di antara sahabat. Apalagi pada zaman imam mazhab pada abap 4 H atau sekarang. Menurut saya kok saru kalau dibesar-besarkan, apalagi kalau merasa paling benar. Hati-hati, sikap itu bisa menjadi firqoh. Hormati saja, hargai saja perbedaan itu sepanjang ada dalilnya baik alquran, hadits atau ijma ulama. Lihat saja pada surat Asyura ayat 10. Kalau yang mengaku salafi, wahabai, NU atau yang lain, pasti mau dong baca ayat itu. Sori ya, bukannya menggurui, saya kawatir, anda-anda ini dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab untuk melecehkan Islam.

  65. et deh mas..

    udahlah jgn pada ribut..
    jalani aja keyakinan masing2..
    ga usah banyak debat..
    banyakin kontribusinya aja buat umat ^^

  66. sudah…sudah jgn ribut terusss…gini aj,biar fair sampean-sampean bandingin aj kitab2 pegangan org salafy (wahabi) dgn kitab2 pegangan org NU (tp yg asli b.arab lho…!jgn yg terjemahan.kalo ada yg ga bisa bacanya, apalagi memahaminya, ga usah banyak omong deh ttg islam!!! ‘kan islam sumber utamanya Qur’an&Hadits yg berbahasa arab).fair kan???
    oh iya…sekedar usul buat sampean2 yg berdebat, coba deh baca dgn seksama kitab “الدرر السنية في الرد على الوهابية” susunan syaikh ahmad bin zaini dahlan, dan kitab “المقالات السنية في كشف ضلالات أحمد ابن تيمية” susunan syaikh abdullah al-harary.
    selamat membaca!!!
    هداني الله ووفقني وإياكم

  67. sudah…sudah jgn ribut terusss…gini aj,biar fair sampean-sampean bandingin aj kitab2 pegangan org salafy (wahabi) dgn kitab2 pegangan org NU (tp yg asli b.arab lho…!jgn yg terjemahan.kalo ada yg ga bisa bacanya, apalagi memahaminya, ga usah banyak omong deh ttg islam!!! ‘kan islam sumber utamanya Qur’an&Hadits yg berbahasa arab).fair kan???
    oh iya…sekedar usul buat sampean2 yg berdebat, coba deh baca dgn seksama kitab “الدرر السنية في الرد على الوهابية” susunan syaikh ahmad bin zaini dahlan, dan kitab
    “المقالات السنية في كشف ضلالات أحمد ابن تيمية” susunan syaikh abdullah al-harary.
    selamat membaca!!!
    هداني الله ووفقني وإياكم

    • perbedaan selama dlm wilayah alkuran n assunnah tentu rahmat…masalahnya klu perbedaan itu antara hadist palsu n shohih ???trus dijadikan pijakan..?apa itu juga trmasuk rahmatan lil alamin?

  68. TAKLID BUTA YNG MENGAKAR DITUBUH ORGANISASI NU SALAH SATU KEBODOHAN DRI PETINGGINYA…SIMPEL AJA KLU DIKASIH DALIL YNG LBH KUAT TENTANG HUKUM ALLAH…COBA TERIMA GA USAH MALU MALU…ANDA MENGAKU AHLUSUNNAH WAL JAMAAH TP ANDA BUTA TRHADAP AHLUSUNNAH WALJAMAAH…GA MENGERTI APA ITU ALKURAN N ASSUNAH..APA ITU KEHIDUPAN ROSUL DAN PARA SHABAT SERTA TABIINNYA…ANDA TELAH MEMBUTAKAN UMAT DRI KEMURNIAN ISLAM…

  69. maaf pak kiai .. saya mau tanya ,, mana lebih pintar dan lebih ikhlas serta ittiba’ dalam amal nya menurut wahyu yg di turun kan kepada rasuL???? sahabat yg telah di ridhai ALLAH ?? atau pak kiai dan para pengikut nya yg mulia ???

    • mengetahui cara mengamalkan wahyu yg benar itu dgn di didik guru (kiyai atau ulama’) ..ini pentingnya sanad(jalur keilmuan ) ,bolehlah anda langsung mengamalkan suatu ayat atau hadist dgn catatan ilmu anda selevel dgn mujtahid yg 4 yg ilmunya di akui oleh mayoritas ulama’….jk ngaji aja msih belepotan tajwidnya,ya pilih cara yg gampang aja,yaitu dgn bertanya pada ulama atau org yg ahli d bidang agama,,,

  70. Mas Abu Salafy…
    Seng Sabar Mas… Aku salut Sama Pean….

    Inilah Fitnah Aqidah Akhir Zaman…
    di dudui seng enak kok njalok seng repot wong sakiki,,, saya sependapat denga komment pean dan cak Purnama diatas ini…

    jarno cek koar2 est.. kono2 wong cangkem2e dewe… kok repot..

    Qoidah yang di Di sepakati seluruh Mayoritas Ulama’ didunia( Ahlu Sunnah wal Jama’ah) itu:

    1. Sopo wonge seng ngucap 2 Kalimat Syahadat itu sudah Islam. darah dan hartanya dilindungi.
    2. Iman yang bisa menjadi media bebas dari SElamanya di Neraka itu menyakini Bahwa Allah itu Satu dan Nabi Muhammad itu UtusanNya.
    3.Barang siapa yang mati dalam keadaan sudah mengucap dua kalimat syahadat dan berkeyakinan dengan wahdaniyyah dan risalah serta dia tidak tau(awam) dengan Perincian2 dan furu’2 agama itu pun akan selamat dari selamanya di dalam neraka.
    4. barang siapa yang sudah di legalitas keimanannya itu tidak akan Kafir SELAMA dia tidak berbicara, berkeyakinan atau berbuat sesuatu yang mengandung pembohongan terhadap Nabi s.a.w.
    5.Orang Yang Bodoh dan Orang yang melakukan Kesalahan(sebab kebodohannya: namanya juga orang awam) dari Ummat Muhammad itu tidak Akan menjadi Kafir denga perbuatan2 yang berbau Kafir selama dia belum mengerti dan jelas akan hujjah yang akurat akan perbuatan kafir itu.
    6. seorang Muslim apabila melakukan hal yang bersifat kafir tapi dia tidak tau maksud dan artinya, serta ada Qoro-in (sinyal) yang menunjukkan bahwa dia tak ingin/ragu melakukannya seandainya dia Tau..

    Bila Mereka2 sudah tau dg ini,,,Cangkeme bakal meneng teko ngilokno sesama umat Islam !!!!
    Selalu Husnu Dhon dg mereka, Nurut dengan Para Ulama’ lebih2 perbuatan yang telah temurun dari Para Ulama’ Yang sudah Di Akui Kredibelitasnya seperti MAdzhab 4.

    meski Gk Tau Dalilnya? Karena Akal kita gk Minim, dan Bodoh.
    lek kepingin belajar dalil, monggo TAPI SENG SPORTIV, ojok FANATIK.

    Orang Islam itukan terdiri dari berbagai macam latar belakang, ada yang pintar ada yang sedang ada yang awam,, khusus bagi orang awam cukup pilih cara yang gampang dg cara cukup tanya pada SANG AHLI,

    kenapa? cek gk ngeriwuki, tapi lek ngotot pengen ngerti dalil e yo belajar seng tenan, ojok mek 3 tahun terus mandek gk belajar, karena dalam belajar itu kadang ada salah paham dsb.

    Kata siapa Ulama’ NU itu melakukan Pembodohan, karena Beliau2 cara belajarnya itu dari yang mudah terus kalau masih haus di kasih yang labih banyak dan banyak, Step by Step Lah,,

    kuater salah paham,

    Mas Abu Salaf coba pean buka Bughyah Musytarsyidin cet. dar Alfikr Bab At Tawassul Bi Ahlil FadlLi wa Al-Rodd ‘ala Ahlil Bida’-i wa Hukmu Khowariq Al ‘Adah Hal. 486-487

    biarlah komment kita di injak2, jangankan suara kita wong kalamullah ( Alqur’an) adja di kommenttari dg jailnya oleh Pendahulu2nya.. contoh ; INNahu Asathirul Awwalin, itu Al qur’an mas,

    makane pean tak jaluk seng sabar,,

    Ihdina Ya Allah Shirothokal Mustaqim…

  71. betapa telaten dan sabar ustadz Abu salafy meladeni wahabi yang dangkal ilmunya, semoga anda tetap diberi kekuatan untuk melakukan hal itu pak ustadz, amin.

  72. Yg jelas klo masjid buat acara keagamaan yg tidak membodohi umat,menjual ayat2 Alloh untuk amplop,itu sudah benar,tpi mayoritas masjid diindonesia masih seperti ini,emang Masjid rumah Alloh,tpi yg membangun dari awal biasanya yg menjadi pengurus yg mencari dana dll dan apabila klo orang islam yg baik kepengin jadi ulama klo gak ada struktur dimasjid jg susah untuk mengembangkan ilmunya,soalnya gak tahu dia datangnya dari mana walaupun 7anya baik dan sesuai dg tuntunan al qur’an dan hadist,tapi mereka jg kadang2 mengambil keuntungan dimasjid yg dia datangi klo sdh menguasai,jadi yg jelas,orang islam yg bertujuan baik klo mau berdakwah disuatu masjid yd ada pengurusnya sowan dulu/jdi jama’ah dulu gak perlu menguasai masjidnya,dan sedikit demi sedikit rubahlah jama’ah yg islamnya belum benar,tapi fakta memang benar ada sebuah kelompok islam yg perjuangan ya melalui PARPOL dia masuk kemasjid klo sdh jadi pengurus lantas dia menguasai masjid itu dan pengurusnya kelompoknya dia intinya dia gak mau membangun tapi merebut tempat dakwah dengan gratis,bukan cuma masjid Rumah sakit jg direbut dan namanya diganti nama Partai dia,maaf ini fakta

  73. yg mengaku umat islam wajib berpedoman pd Alqur’an n Hadist, dk usah neko2, kebanyakan amalan ntar jd gila.

  74. Begitukah, anda itu begitu mesra dengan orang kafir, bahkan sampai anda bela hingga titik darah yang penghabisan itu gereja.
    Sementara anda sangat keras dengan saudara seiman yang mengajak pada ajaran Nabi saw yang murni.
    Apakah tidak mentadaburi Quran, coba Anda renungkan Al-Tahrim ayat 9. Jangan hanya mengikuti keinginan sendiri/kelompok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s