Seri Kumpulan Fatwa-fatwa Wahhhabi(1)

Memakai Seragam Tentara Adalah Bid’ah Dhalâlah!

Di waktu-waktu senggang dan santai, saya biasa meluangkan waktu untuk mencari hiburan dengan membaca buku-buku yang lucu yang menghibur. Maka dihadapan saya ada dua pilihan; membaca buku-buku fukâhiyah (anekdot), seperti kisah-kisah Juha, Abu Nawas, Mati Ketawa Ala Sufi dll. Atau pilihan kedua membaca buku-buku fatwa “para mufti Wahhabi setengah alim setengah jahil”. Sebab fatwa-fatwa mereka mampu menumbuhkan rasa geli saya.

Di bawah ini saya ingin berbagai rasa geli itu kepada pembaca setia Abu Salafy.

Dalam dunia modern, membedakan antara lapisan masyarakat sipil dengan anggota militer biasa dilakukan dengan memberikan seragam yang mencirikan mereka.

Dalam tubuh militer pun masih dipilah-pilah lagi seraagamnya, antara Angkatan Darat, angkatan Laut dan angkatan udara serta polisi dll.

Hal demikian adalah sesuatu yang wajar diberlakukan…. Tidak ada masalah yang perlu dibesar-besarkan!! Tidak ada pula yang menggatakan hal demikian itu jelek atau menyalahi aturan Syari’at Islam!!

Akan tetapi, dalam pandangan mufti-mufti “setengah tiang” yang hidup terkungkung di antara dua lembah gersang padang pasir Gurun Nadj, masalah ini berdeda… ia adalah masalaah serius yang mengancam kemurnian keberagamaan masyarakat Muslim?

Ia adalah masalah serius yang akan melumerkan jati diri masyarakat Muslim!!

Mengapa?

Sebab ia adalah tasyabbuh, menyerupai orang musyrik dan kafir!! Bukankah mereka yang pertama kali berinisiatif menentukan seragam tentara?!

Tidakkah kalian mendengar Nabi saw. bersabda:

من تشبه بقومٍ فهو منهم.

“Barang ssiapa menyerupai sekelompok kaum maka ia dari mereka.”

Jadi menyerupai kaum kafir itu hukumnya adalah haram!!

Demikian difatwakan para mufti primitif dari gurun sahara Nadj.

Dalam kitab ad Durar as Saniyyah,15/363 disebutkan:

إنَّ لباس الشرطةِ مُحَرَّمٌ أيضًا لأنَّه مِنَ التشبُّهِ { من تشبه بقومٍ فهو منهم}!

“Sesungguhnya seragaam tentara itu haram hukumnya, sebab ia termasuk menyerupai, “Barang siapa menyerupai sekelompok kaum maka ia dari mereka.”

Sebab masih kata mereka “Mengenakan seragam tentara itu menyerupai pakaian kaum franji (orang-orang Barat) yang musyrikun.” Baca: ad Durar as Saniyyah,15/365.

Termasuk juga yang diharamkan untuk dipakai para prajurit adalah topi. Baca ad Durar as Saniyyah,15/367.

Selainn itu para Mufti Agung dan Mujtahid Akbar itu tidak ketinggalan mengharamkan pula mengenakan celana panjang! Baca ad Durar as Saniyyah,15/367. Dan apalagi celana dalam!!

Kata para mufti itu, barang siapa mengenakan baju-baju itu lengkap dengan celana panjang dan topinya, maka tidak ada perbedaan antara dia dan orang-orang Barat yang kafir itu!! Baca ad Durar as Saniyyah,15/367.

Setiap Prajurit Muslim (tentunya yang Salafi) harus senantiasa waspada bahwa seragam itu adalah makar jahat kaum yang hendak merusak dan menghancurkan Islam Baca: ad Durar as Saniyyah,15/366. Dan menerimanya sebagai seragam tentara adalah menetapkan syiar-syiar kekafiran dan kemusyrikan!!

Begitu juga, -masih kata para mufti-mufti Arab gurun sahara Najd- menghentak-hentakkan kaki di sa’at baris/jalan di tempat, dan gerakan kemilitiran seperti memberikan ‘tabik’ hormat adalah haram hukumnya (Ad Durar as Saniyyah,15/363). Karena gerakan seperti itu menyerupai gerakan keledai dan baghla (peranakan kuda dan keledai) yang menghentak-hentakkan kaki jika merasa ada semut atau serangga yang melata di kaki-kakinya! Jadi gerakan para prajurit itu menyerupai dua jenis binatang itu. Baca ad Durar as Saniyyah,15/369.

Abu Salafy berkata:

Jadi agar supaya tidak menyerupai kaum Musyrik dan orang-orang Barat, maka mereka pasti akan menawarkan fatwa agar para tentara Islam di berbagai belahan penjuru dunia mengenakan qamis (baju panjang ala Arab) dengan serban meliliti di atas kepala sebagai ganti topi atau topi baja!!

Jika tidak maka mereka bukanlah Tentara Salafi !!

Masalah gerakan jalan di tempat yang dihukumi haram, mungkin mereka punya gerakan alternetif sebagai gantinya, tapi sayang belum sempat mereka publikasikan atau dibukukan dalam buku kumpulan “Fatwa Jenaka” atau mungkin sudah tetapi belum sampai kepada saya!

Inilah lelucon yang diatas-namakan hukum syari’at yang diramu oleh para fukaha’ kerdil!

Saya juga tidak mengerti, apakah mempersenjataai diri dan Negara Islam dengan senjata-senjata mutakhir, seperti teng lapis baja, pesawat jet tempur dll. Juga termasuk haram hukumnya sebab itu menyerupai orang-orang Barat! Dan menggunakan produk Barat yang kafir musyrik!! Sebab, kenyaataannya, yang bisa diproduksi oleh negera “Seribu Satu Mufti Kerdil” itu hanya sebatas pisau dapur, atau silet-silet tumpul, terbukti silet-siltet mereka tidak mampu merapikan jenggot-jenggot mereka yang agak sedikit kocar-kacir!! (maaf, tidak semua jenggot mereka seperti itu, ada yang rapi seperti orang-orang Eropa juga, tentunya setelah mengunakan alat cukur produk Barat atau Israel!!)

Ada teman setelah membaca fatwa di atas mengatakan, berarti mengulur jengggot tanpa dirapikan juga haram hukunya, bukan Cuma menghentak-hentakkan kaki di waktu baris karena menyerupai keledai, sebeb jenggot kocar-kacir juga menyerupai jenggot kambing gurun pasir, jadi ia harus diharamkan juga!!

Maka saya nasehati dia dengan menggatakan, “Saya tidak berani menyimpulkan begitu, sebab para mufti itu tidak menfatwakannya. Dan saya tidak mau meng-qiyas satu hukum dengan hukum lainnya.” !

About these ads

40 Tanggapan

  1. Ya ampyuuuun,….
    Ndak usyah jawuh-jawuh, boss…

    Waktu sayah mingsih ngantor di kawasan Sudirman, make dasi jugak dibilang bid’ah loooohh…

    Konon katanya busana make dasi ityu menyerupai busana orang barat nyang kapir ityu….

    ( Hwaaa…ka…ka… ngakak guling-guling….)

  2. Sayah cuplik;

    para tentara Islam di berbagai belahan penjuru dunia mengenakan qamis (baju panjang ala Arab) dengan serban meliliti di atas kepala sebagai ganti topi atau topi baja!!

    Pantesan ajah bangsa Arab kalok perang ndak pernah menang….
    Bajunya ndak isa nyamar, terus ndak make topi baja, jugak ndak make clana dalem.

    Karena ndak make clana dalem, maka kalok tiyarap dari jawuh mungsuhnya mingsih isa ngliyat bokongnya (keganjel barang nyang nongol) tinggal nembak ajah….

    Dor….dor….dor….

    Kena degh….
    :lol: :lol: :lol:

    • kalau masalah pakaian baguslah kalau gak ikut barat,,pake gamis malah gagah apalagi pake sorban,,sipa bilang arab tak pernah mnng dalam perang,,,baca saja sejrah

  3. Ngakak lagee degh, guling-guling……
    :lol: :lol: :lol:

  4. Ass…
    Wahaby… wahaby., katanya klo utk hal2 kduniyawian mrk brpgang bhwa nabi saw mmbolehkannya, trnyata seragam,brjalan smbil menghntak2n kaki dfatwai haram,bid’ah. Betul2 primitif org2 wahaby nih,hi9… Smuanya bid’ah,dolalah,finnar. Emangnya nerakanya ibnu wahab apa? atau kunci nerakanya yg megang alu syekh,bin baz dll ulama2 wahaby?
    O y,brngkli benthaleb (sy baca smua comen2nya) jg pegang salh satu kunci neraka? ‘Afwan ya ‘ammy.

  5. @ustad Abu Salafy

    Ustad,…. dulu pernah ada buku “MATI KETAWA CARA RUSIA” Saya ada usul ustad menerbitkan buku “MATI KETAWA ALA WAHABI” (Tinggal antum koleksi aja fatwa-fatwa mereka yang jenaka sepert diatas!

    SAYA JAMIN PASTI BEST SELLER !!

    ternyata ustad punya selera humor juga, tapi homornya ilmiah, pake rujukan segala… :-) !!

    ha….ha…ha…ha…………. ngakak abis sampe guling-guling !!

    ______________
    Abu Salafy:

    Salam akhi, Anda ikuti terus aja koleksi fatwa-fatwa jenaka ala Mufti Agung Wahhabi di sini…
    Syukran,

  6. Salam akhi abu salafy,
    kalo wahaby salafy mau jujur mestinya komputer, internet jg bid’ah, kan penciptanya orang kafir!. Tapi merekam malah membuat sesak internet dgn banyaknya website mereka.
    Masa pakai atribut militer seperti itu haram, tp pakai komputer, internet gak haram.
    Saya gak bisa membayangkan jika tentara salafy pakai gamis apa gak gampang kesrimpet, nyosop kalo lari ngejar musuh. Kalo dijinjing malah kliatan auratnya apalagi celana dalam jg katanya haram! Trus pakai apa? Pakai Popok kayak bayi? Hehe…
    Trus gimana dengan senjata? Masa jaman modern gini masih pakai pedang, panah, tombak?
    Wah… Alhamdulillah ulama kita tdk ada yg seperti mereka, seandainya MUI ulamanya seperti itu semua, waduh jd negara apa indonesia ini? Benar2 memprihatinkan!
    Jika saya baca klaim salafy yg katanya ingin memurnikan islam seperti jaman nabi saw dan para sahabat ra, wah kayaknya lebih tepat ingin mengembalikan manusia ke jaman pra-islam, yaitu jaman jahiliyah atau jaman kebodohan.
    Semoga kita semua tidak terpengaruh ajaran mereka.
    Wassalam.

  7. untuk mas gembel boleh aja ketawa denger fatwanya orang orang wahaby, tapi ya mbok di rem dikit mencemo’ohnya, yang pake gamis, serban imamah bukan orang wahaby aja loooh, jadi jangan asal menghina ntar kuwalat loh, para habaib pake jubah, imamah, qadim qadimnya pun pake, serban slempangan mirip2 ama kanjeng nabi, kiyai saya aja pake gituan tiap hari jum’at pas jum’atan, orang JT, orang FPI juga pake, it’ s ok klo mas gembel ga pake tapi ya pliss deh jangan gitu!!!!!
    piss men lana a’ maluna walakum a’ malakum

  8. syaikh abdul qadir al jailani pakaianya perti itu, seikh ahmad at tijani seperti itu pula, pahlawan kita pangeran diponegoro pake kaya gitu juga, Habib Ali al jufry wuih ganteng banget pake baju kaya gitu, habib umar ibn muhammad ibn hafidz pake pakean yang kaya njenengan ketawain itu, Sayid maliki (alm) juga begituan kan niru profil nabi….

  9. @Abu Salafy
    Usulan yang bagus! Buat buku “Mati Ketawa ala Wahabi”, insya Allah bisa best seller tuh!

  10. @abu salafy.
    Salam,
    Setuju dgn usulan akh nahdliyin, saya menanti buku “Mati Ketawa Ala Wahabi”. Pasti laris!

  11. @abu salafy
    Ini bukan april mob yg telat kirim khan??
    Saya daftar beli kl dah jd bukunya yaa..
    Koq sy blom denger temen2 salafy cerita ttg fatwa yg ini…
    Luar biasa cara kerja Allah, akhirnya salafy akan hanya sibuk gali lubang tutup lubang atas fatwa2 mrk. Dan apa para ulama yg ngeluarin fatwa2 itu gak sadar kl para pengikutnya jd ga bs tidur dapat masalah baru (fatwa2 aneh tapi nyata) yg harus dibela….capeeekkk..deeehhhh…

  12. wah bisa2 kita telanjang kalau semuanya terus menyerupai barat.wong semuanya itu dari barat.apa mungkin telanjang aja ya biar ndak menyerupai orang barat

  13. Salam

    Setelah membaca blog ini, saya merasa bahwa wahabi itu emang ” biang Kerok” nya Islam ya.
    Pura2 jalan menurut syariat nabi, merasa mereka cuma yang punya nabi.
    trus kalo bukan salafi wahabi berarti ahli bid’ah, dan tempatnya di neraka.. pernah ke neraka tah mufti2 mereka itu..

    Salut Buat antum yang mengemas blog ini dengan sempurna..

    Wassalam

    • قال الله تعالى :يا أيهاالذين آمنوا لايسخر قوم من قوم عسى أن يكون خيرا منهم……”Wahai orang orang yang beriman jaganlah suatu kaum di antara kamu menghina sekelompok kaum yang lain, bisa jadi kaum yang di hina itu lebih baik dari kaum yang menghina ….”
      Saudaraku seiman..! janganlah kamu menilai sesuatu secara subyektif, perlu anda klarifikasi secara lebih dalam, tanpa di landasi oleh asumsi buta tentang wahabi,wahabi sepengatahuan saya bukanlah suatu aliran atau madzhab, beliau adalah seorang ulama mujaddid (pembaharu islam) yg berjuang gigih mengembalikan umat ke jalan Allah SWT dan RasulNya, jika anda menjadikan beliau sbg nisbah ( menggolongkan ke dia) itu adalah salah sekali.
      Bid’ah saya ingin menjelaskan bahwa yg di maksud adalah mengenai urusan ibadah(عبودية) adapun mengenai adat( العادة) itu tidak termasuk dalam pengertian bid’ah,sbg sabda Rasululloh Saw :”من أحدث في أمرنا ما ليس من فهو رد” coba perhatian kata kata ” في أمرنا” itu maksudnya dalam urusan agama.

  14. Mas Abu Salafy saya lihat dan baca nihh Postingan Sampean bikin saya geli..aja….di Jaman kaya gini ko ada yaa..orang Primitif kaya gitu..ini betul2 Memalukan Umat Islam terus terang saya Geli sekaligus Malu sebagai Muslim melihat Fatwa2 konyol ulama Wahaby yg berfatwa Cupu seperti itu….

  15. @berabeh
    org barat aja skrg banyak yg ( ma’af ) telanjang

  16. wahabi botak-bodoh.
    u salafy(wahaby)yogyakarta, tulisan nt semakin mempertegas kebodohan nt, apakah beliau2 mengharamkan pakaian berdasi, celana panjang yang lebih mata kaki, or dll.
    hanya pemahaman wahabi yang menghamkan pakaiaan selain pakain tempo dulu.
    AKIDAH ANDA SANGAT DANGKAL SEKALI, MAU MENGHANCURKAN BUDAYA BANGSA DEMI AKIDAH DANGKAL ANDA??

  17. Benar nih abu? Masak sih? Ngga becanda kan? Jangan gitu donk?
    Masak sih celana dalam juga haram?
    hahahaha…kwakakakak…
    *ngakak sampai keblinger*

  18. Ass wr wb

    Afwan numpang ketawa huahahahaha (ketawa sambil guling2 telanjang; soalnya semuanya dari Barat; bid’ah bid’ah hihihi)
    Ustad lucu juga yah sampe om jojon kalah lucu huauahaha

    Jadi inget waktu itu saya ketemu wahabi lagi ngobrol sama sohibnyai, tapi kok pake HP yah …? harusnya pake kaleng dikasih tali aja untuk komunikasi, kan itu barang buatan Barat. hihihi

    Oh iya, ana pesen bukunya 1 kalo dah terbit, lumayan buat bacaan temen2 dikantor yang lagi bete … :)

  19. Intinya salafy Saudi itu kesurupan oleh agen inggrish Lawrent of Arabiah – mereka (Barat) dulu pernah kalah perang saat Salahuddin Alayyubi membuat acara Mulutan / Maulid an dan akibatnya semangat juang ArRosul saaw nyetrum ke tentara2 Muslimin sehingga mereka berhasil menang dlm pertempuran2 dg kaum Salib.
    Makanya itu Arab Saudi mem-bidah-kan Maulid!! – Karena boz nya bikin S.O.P agar ummat Islam tidak usah memperingati orang2 alim. Jadi menurut ane orang2 yg membidahkan Maulid dialah si tukang Bidah itu sendiri dan dialah jongosnya Kaafiriin. Kasean deh…

    Temen ane yg alim cerita setelah pulang dari pengajian isyak. Nantinya pak, perang akhir zaman itu tidak ada lagi pestol, rudal, pesawat, tank2 dan alat2 canggih seperti yg kita lihat ini, tapi perang besar nanti cukup menggunakan pedang saja. Hahhh … anan terperangah. Dari mana antum tau itu akhi?? Jawabnya, ini ada di hadisnya lho…. o o oh ana manggut2 biar kelihatan jadi orang alim juga, tapi dikalangan mereka ana agak dipinggirkan karena celana panjang ana kurang pendek…. dan ana pake celana dalam. Yg ngetrend kan celana panjangnya mendekati dengkul – terlihat sakti mandraguna kayak WiroSableng. Wah kalo akhir zaman nanti perang ndak ada pestol, ana perlu bikin Mercon sreeeng Dooor – isinya bubuk lombok pedess – pasti musuh kepedesan……. tinggal di ketapel in – pasti kita menang – ini hadits lho – Jadi menurut ane IRAN itu nggak ada gunanya bikin2 rudal – apa bikin rudal ada pada zaman Nabi? Bisa2 Rudal Iran itu Bid ah DOLA-lah lah lah la yak opo?

  20. @wahabi yogya
    ana heran kalau pakaian nya di bid ahkan tapi
    orang orangnya ( tentara amerika ) di beri karpet merah ngangkangi wilayahnya

  21. @Abu Zulfikar.
    Mohon ijin mengomentari perang akhir zaman.
    Menurut saya perang akhir zaman sangat logis klo hanya menggunakan pedang (senjata tajam) saja. Kenapa?
    Karena saat itu semua sumberdaya di bumi ini telah habis, minyak bumi kering, nuklir habis, listrik gak nyala lg, dan semua jenis teknologi modern telah lumpuh karena tidak ada energi untuk menggerakkannya.
    Mesin2 perang pun lumpuh.
    Nah, di saat seperti itu, orang klo pengen perang pake apa? satu2nya cara ya jotos2an atau membuat pedang dari besi2 rongsokan mesin2 perang yang lumpuh tadi, alias kembali ke teknologi baheula.

    So…entah itu ada hadits nya atau tidak, menurut saya, perang akhir zaman pake pedang saja itu adalah SANGAT LOGIS!!!

  22. matahari kn jg bs jd energi pengganti bahan bakar, air jg…
    kn sdh byk tuh kendaraan yg memakai solar cell n hibrida.

    http://obengware.com/news/index.php?id=3059

    http://picasaweb.google.com/peter.kusnadi/FotoFotoKendaraanHibrida#5153652330314346098

  23. celaan tanpa dalil sedikitpunn… ckckck…
    Tidak mencerminkan ahlak salaf seperti nama blog ini… Payah

  24. :lol: :lol: :lol: wakakakakakakak (sorry copas). Lah terus kalo pake baju tentara haram, perangnya pake seragam GAMIS dan senjatanya PEDANG dan kendaraannya ONTA & KELEDAI aja gitu? :lol: :lol: :lol:

    Kebayang ngga sih, para tentara Saudi Wahabi kalo perang naik Tank & Pesawat Tempur pakaiannya GAMIS sama IGAL.
    Pasti kalo lari keserimpet Wakakakakakak DASAR FATWA BAHLOL dari ULAMA BAHLOL dan dari SEKTE BAHLOL. Ngaakaak sampe Nyungseep…..

  25. Kalau seragam tentara haram, kira-kira apa yang terjadi jika para tentara Wahabi waktu berperang itu terjun payung pakai gamis tetapi tidak memakai celana dalam, pasti lucunya tidak mufakat. dan pasti juga peperangannya jadi berantakan tidak karuan…. :)

  26. sy ikut berdiskusi disini dlm mencari kebenaran bukan untuk memojokkan. saya-saya maunya tidak ikutan-ikutan dalam artikel ini. tapi celakanya saya tidak bisa menahan tawa. maafkan saya ya wahabi.

  27. Baru kali ini Saya ketawa sampai celana basah….aduuhh udah dong..jangan nglawak kaya gitu, kesian wahabinya

  28. Bismillah,
    Perkataan kalian sungguh tidak mencerminkan ahlaqulkarimah, berkatalah yg baik atau diamlah. kelihatan siapa yang faqih dlm agama dan siapa yg nol besar dari omongan ocehan kalian yang menghina tuntunan. Salafiyun tidak sembarangan membid’ahkan sesuatu, kalian sj yg ndak pernah kaji kitab-kitab salaf secara detail hingga paham. Ana kasihan pada antum, yg engkau hinakan adalah ahludzikr yang hafal al-qur’an dan ratusan ribu hadits, sdangkan kita ini sampai dimana ilmu keilmuan kita ??? Belajarlah dulu baru antum akan mengetahuinya. 10 thn yg lalu ana jg spt antum, walhamdulillah ana belajar dan berusaha mengikuti jalan manhaj salafussholih. kebenaran sesuatu hanya bisa diketahui dan diamalkan melalui Al-Qur’an dan Assunah. Bukan dgn hawa nafsu apalagi jaman ini sbg tolok ukurnya, ya coba baca QS. Al An’am 116.
    Hawanafsu antum akan sgra membatah yg ana nasehatkan tp coba kendalikanlah apakah yg ana nasehatkan mengajak ke neraka??bukankah ana ajak kembali mempelajari Al-Qur’an wa Sunaturrosulillah bukan?? Fikir-fikir lagi pertimbangkan dg hati yg jernih..maka insyaAlloh tuturkata bahasa antum yg seperti di atas akan menjadi lebih baik lagi, InsyaAlloh. Wallohulmusta’an

    Abu Salafy:

    Akhi, Anda itu terlalu Ghuluw (sikap kultus berlebihan) terhadap persosn!! Anda katakan ulama yang Anda kulrus itu mengahafal ratusan ribu hadis, padahal jumlah hadis yang telah dihimpun ulama kita tidak sebanyak itu! kecuali ditambah hadis-hadis palsu dan israiliyah (ocehan pendeta yahudi)! tapi apa gunanya mengahafal ratusan ribu hadis palsu dan israiliyat?! Selain itu, Anda hanya berkata-kata, tanpa bukti. Apa Anda dapat buktikan klaim paslu Anda itu? Siapa yang pernah menyaksikan ulama yang Anda kultus itu menghafal ratusan ribu ulama!
    Kalau masalah menghafal Al Qur’an, apa Anda lupa hadis nabi saw. bahwa di antara para penghafal Al Qur’an itu banyak yang munafik yang setiap ayat Al Qur’an itu melaknatinya! Bukankah kaum Khwarij banyak yang menghafal Al Qur’an, walau demikian menurut imam besar Sekte Wahabi; Ibnu Abdil Wahhab mereka tetap divonis kafir!!
    Akhi kang mas, tidak usah repot-repo membela ulama wahabi yang serting serampangan menvonis sesat kelompok lain!!! Banyak buktinya, mas! Blog ini hanya memuat secuali serpihan-serpihan bukti-bukti!
    wassalam.

  29. hik hik..ada yang kebakaran jenggot m alghifari.

    albani hafal ratusan ribu hadits? PRETTTTT
    bin baz ?PRETTTTT

    MUQBIL kojor ngatain auliya ?PRETTTTT

  30. kalau antum nak meghina benda lain ana ngak kisah tp jangan dihina janggut itu…jgn samakan janggut itu dgn janggut kambing wahai mubtadi`

  31. ustad….
    ane mo tny klo pake pistol,trus senapan otomatis ak 47,m16,pesawat militer dll ada gak fatwa nya yaa…

  32. untuk abu salafy yg saya hormati, saya hanya anak tukang becak. bukan siapa-siapa. anda itu itu sadar tidak klo yg anda caci maki itu juga orang yg menegakkan sholat. anda itu pinter keblenger. ajining diri saka lati. klo ucapan anda dalam tulisan seperti ini bgmn orang mau simpati. saya ingin bertemu dengan panjenengan. kapan anda ke jogja saya tunggu anda. tenang…saya hanya lulusan SMP ko…pasti kalah klo rembugan dengan panjenengan…tetapi tetap saya tunggu lho….tapi klo sudah takut ketemu duluan, ya kulo maklum….saya sedikit mlesetkan istilah eross candra Sheila on 7, karna anda bukan pejantan tangguh, tapi hanya pejantan pengecut……..hidup eRossMAnia……TAK TUNGGU…………………..

  33. @sastromoeni
    Sampean kok kebakaran jenggot kaya org kalah perang, kalo sampean menuduh abu salafy org yg ga punya hati karena menyampaikan fatwa jenaka dari “KONON KTNYA ULAMANYA WAHABY” di tambah pinter keblinger, lalu apakah Ulama2 yg dibunuh oleh MOyangnya wahaby org ga shalat ? yg dikafirkan wahaby ga shalat? yg di syirikkan wahaby ga shalat? YG dibid’ahkan wahaby ga shalat ?
    kalo MENYAMPEKAN FAKTA dihukumi pinter keblinger lalu Wahaby yg suka mengkafirkan org boleh dong dibilang BODOH, KEBLINGER, KUADRAT. salam saya juga org desa tapi alhamdulillah terhindar dari firus mematikan “WAHABY/SALAFY

  34. hi hi hi hi,…..
    sudah jelas kaya’ gini kok masih aja PeDe ngadain pengajian di Masjid Kantor2,…..trus dalihnya menegakkan sunnah dan memurnikan Islam,…..
    Kang Abu lanjut pengajarannya pada kami2,……

  35. @sastromoeni
    tersinggung ni yeee..

  36. telah aku saksikan hal yang paling memalukan yang pernah terbaca oleh mataku, semua ini membuatku ragu akan hal yang aku yakini selama ini, aku pikir kaum muslimin itu adalah padanan yang satu, ternyata tidak, kalian adalah kaum yang saling bermusuhan antara satu dengan yang lain, tidak cukupkah Al-qur’an dan sunnah yang telah diridoi tuhan Allah sebagai pedoman hidup kalian … sepertinya kalian perlu membaca injilku …

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 222 pengikut lainnya.